Sinopsis

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Muchtar M Noor

Pada video yang berjudul “Kurang Menguasai Perkalian Dasar” ditunjukkan guru mengajarkan perkalian dengan menggunakan tabel perkalian. Jarak tempat duduk murid ke tabel perkalian yang dipasang pada papan tulis cukup jauh sehingga murid yang duduk di tengah sampai belakang tidak dapat membacanya. Mereka hanya menghafal perkalian dari suara guru. Dalam menjawab PR perkalian, hampir semua murid tunjuk jari ketika guru menanyakan siapa yang bisa menjawab soal-soal PR perkalian. Semua murid menjawab dengan benar. Sebaiknya guru mengajarkan perkalian melalui konsep dasar perkalian, sehingga murid tidak sekedar menghafal. Karena perkalian dengan hafalan bisa cepat lupa dan terbatas besar bilangan yang dikalikan; sedangkan perkalian yang diajarkan melalui kosep dasar perkalian akan membuat murid mengerti arti perkalian bilangan yang tidak akan lupa..
Drs. Tarhadi, M.Si.

1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.

2. Penggunaan media labih optimal.

3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

17 Comments

  1. NAMA : HERNAWATI
    NIM : 817163711
    Menanggapi vidio yang disajikan, ialah menyoroti pembawaan guru yang ceria untuk kelas 1 namun adapun hal yang perlu diperhatikan terkait pakaian yang rapi, hal ini akan menjadi memori yang diingat oleh peserta didik, maka dari itu semua gur dan calon guru mesti memperhatikan keseluruhan dari dalam diri dan katakteristik peserta didik

  2. Nama: Nurpegi
    Nim: 858108011
    dari vidio tersebut dapat dilihat bahwa tantangan guru dalam mengajarkan perkalian dasar adalah siswa tidak dapat fokus dalam memperrhatikan materi yang ibu guru sampai kan. maka dari itu melalui media chart sebagai alat bantu visual dapat menajdi solusi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa. dengan cara menyajikan informasi secara jelas dan menarik dan mudah dipahami maka diharapkan siswa dapat lebih mudah mencerna kosep perkalian yang anak- anak pelajari.

  3. Perkenalkan saya Miftakhul Khasanah, mahasiswa UT semester 8 dengan jurusan PGSD. Dari video pembelajaran ini saya menganalisis masalah yang dihadapi guru dan murid dalam pembesaran diantaranya :
    – Kesiapan belajar siswa: Pembukaan/apersepsi dalam mengingat kembali pelajaran terlalu monoton

    – Penjelasan guru terlalu cepat dan singkat serta tidak adanya kesempatan siwa untuk bertanya membuat pembelajaran tidak aktif, dan membuat siswa bosan hingga mengantuk dikarenakan hanya mendengarkan guru berbicara

    – Media pembelajaran yang digunakan juga kurang sesuai dengan pemahaman siswa, penjelasan materi oleh guru juga kurang mengenai media/alat peraga yang dipakai.

    Dari analisis masalah diatas, alternatif tindakan yang dapat dilakukan guru yaitu dengan mempersiapkan rancangan pembelajaran yang menarik disertai media pembelajaran yang konkret agar murid dapat memahami secara nyata, kemampuanguru dalam menjelaskan juga perlu diinovasika lagi agar murid tidak bosan dalam pembelajaran.
    Sekian dari masukan saya, terima kasih.

  4. Nama : Ananda Putri Devani
    Nim : 878248591
    Pokjar : Labuhanbatu Selatan

    Dari vidio diatas dapat disimpulkan bahwa menjadi seorang guru harus kreatif dan aktif dalam menyajikan materi yang diajarkan kepada siswa sehingga siswa dapat menangkap materi dengan cepat. Dengan menggunakan media ajar maka proses pembelajaran akan berlangsung dengan jelas dan menarik sehingga siswa tidak bosan .

  5. Nama : Ananda Putri Devani
    Nim : 878248591
    semester : 8
    Pokjar : Labuhanbatu Selatan
    Dari video diatas dapat disimpulkan bahwa menjadi seorang guru harus kreatif dan aktif dalam menyajikan materi yang diajarkan kepada siswa sehingga siswa dapat menangkap materi dengan cepat dan tanggap. Dengan menggunakan media terbuka maka proses pembelajaran akan berlangsung dengan jelas dan menarik sehingga siswa tidak bosan.

  6. Assalamualaikum warihmatullahi wabarokatuh
    Perkenalkan saya Saverina ( 860216747 ) , mahasiswa UT semester 6 dengan jurusan PGSD.
    Dari video pembelajaran ini saya menangkap bahwa dari sisi
    – pembukaan pembelajaran beliau harus bisa mengontrol situasi anak anak di dalam kelas terlebih dahulu sebelum memulai pembelajaran mungkin dengan menarik perhatian peserta didiknya dengan ,melontarkan sebuah pertanyaan jika tetap gaduh bisa menggunakan opsi lain yaitu mengadakan mempraktekkan ICE BREAKING agar bisa menarik perhatian peserta didik terutama kelas jenjang renda kelas 1 sampai 3
    – pembawaan beliau ceria dan suara yang lantang jelas dan bisa mengkondisikan suasana kelas ketika sudah masuk pembelajaran
    – ada hal yang harus diperhatikan terkait pakaian yang di pakai beliau, jika tidak dalam keadaan sakit kalau bisa memakai pakaian atau atribut yang sesuai mencerminkan seorang guru yang rapi, karena hal ini akan menjadi memori yang diingat oleh peserta didik, maka dari itu semua guru dan calon guru harus memperhatikan keseluruhan baik dari segi penampilan , dari segi perkataan , tingka laku .

    Dari analisis masalah diatas, alangkah baiknya guru mempersiapkan rancangan pembelajaran ( RPP) , rangkuman materi yang masuk di dalam RPP di sertai tampilan gambar atau vidio yang menarik disertai media pembelajaran yang sesuai agar murid dapat memahami secara nyata, kemampuan beliau dalam menjelaskan juga perlu di uprage lagi agar murid lebih banyak memperhatikan dan tidak bosan dalam pembelajaran.

    terima kasih wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

  7. Nama : Nur Alfia Sitorus pane
    Nim : 878263025
    Upbjjj : Medan
    Berdasarkan video pembelajaran di atas, Saya menganalisis masalah yang dihadapi guru dan murid yakni:
    Guru memiliki kekurangan dalam kegiatan pembelajaran di awal di mana guru tidak memulai dengan berdoa bersama karena tidak adanya doa menghilangkan kesempatan untuk mempersiapkan siswa secara mental dan spiritual untuk belajar. Guru juga Kekurangan dalam penjelasan yang kurang jelas dan juga di mana guru kurang bervariasi dalam penggunaan media pembelajaran dan metode pembelajaran, Kiranya untuk memudahkan guru dalam menjelaskan materi dan untuk menarik perhatian siswa guru lebih kreatif dalam memilih media pembelajaran mungkin seperti video yang dapat menarik perhatian siswa dan juga menggunakan metode pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa.

    Adapun kekurangan siswa yakni tidak mempersiapkan diri secara mental untuk belajar dan juga suasana kelas yang kurang ramah dan kurangku fokus dan kurang kondusif untuk belajar. Hal ini mungkin dapat di perbaiki dengan guru sebaiknya memulai pembelajaran dengan menyapa siswa terlebih dahulu dan juga mengajak siswa untuk berdoa bersama di kegiatan awal pembelajaran.

Leave a Reply