silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Muchtar M Noor

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Drs. Tarhadi, M.Si.

1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.

2. Penggunaan media labih optimal.

3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

637 Comments

  1. Nama : Eka Pambudi Fitriani
    NIM : 857760266
    UPBJJ : UT Semarang

    analisis saya terhadap video pembelajaran di atas yaitu :

    1. kelebihan
    a. guru menjelaskan materi dengan sabar dan berulang – ulang sampai peserta didik paham dengan materi
    b. sudah menggunakan media pembelajaran yang menunjang proses pembelajaran
    c. melakukan tanya jawab dengan peserta didik
    d. pemberian tugas agar peserta didik semakin memahami materi yang sedang dipelajari

    2. kekurangan
    a. pada awal pembelajaran, guru tidak memberi apersepsi terlebih dahulu sehingga peserta didik belum fokus untuk menerima materi pelajaran
    b. siswa kurang memahami konsep perkalian
    c. metode dan media pembelajaran kurang menarik perhatian peserta didik

    3. saran
    a. pada awal pembelajaran sebaiknya siswa di jelaskan dulu tentang konsep perkalian
    b. kemudian usahakan untuk memakai media pembelajaran yang menarik agar peserta didik lebih mudah memahami materi
    c. dalam menjelaskan materi hendaknya dilakukan secara runtut.

  2. Nama : Nurisa
    Nim : 856576329

    Berdasarkan video pembelajaran yang saya lihat terlihat guru menjelaskan dengan cukup baik dan tegas. Guru banyak memberikan latihan soal tentang perkalian. Namun, hendaknya guru tidak memberikan pertanyaan yang terlalu sulit diawal pelajaran yaitu tentang perkalian 7 sehingga masih banyak siswa yang kebingungan untuk menjawab.

  3. Analisis saya terhadap pembelajaran yang dilakukan ibu guru tersebut adalah guru tidak menyapa siswa terlebih dahulu, sehingga siswa tidak memperhatikan bu guru. Metode pembelajaran yang dilakukan juga metode ceramah saja, dan hal ini sangat membuat siswa cepat merasa bosan. Saat siswa sudah merasa bosan sebaiknya bu guru harus menarik perhatian siswa. Bisa dilakukukan dengan cara melakukan ice breaking. Terimakasih.

  4. NAMA :Muhatibah
    NIM : 858437549
    Prodi : S1-PGSD

    Menurut saya, kegiatan pembelajarannya kurang efektif karena kegiatan pembelajaran tersebut tidak ada kegiatan awal pembelajarannya. Guru tersebut penguasaanya kurang terlihat banyak siswa yang tidak fokus dan bermain-main.

  5. Nama : Henni Dina Maya Sova Saragih
    Nim : 859877253
    Prodi : S1 PGSD

    Menurut pendapat saya tentang vidio perkalian dasar terdapat kelebihan dan kekurangan .
    kelebihan :
    1. Guru menggunakan media dalam pembelajaran yang dapat dilihat oleh siswa .
    2. guru tampak sabar melihat siswa yang kurang fokus dalam menerima pelajaran di kelas
    3.guru menggunakan metode yang baru yang menarik minat belajar siswa sehingga siswa lebih mudah memahami apa yang diajarkan ,dan membuat latihan dirumah untuk mengetahui sejauh mana yang telah dipahami para siswa

    kekurangan :
    1 sebelum memulai pelajaran sebaiknya guru terlebih dalulu mengkondusifkan kelas ,sehingga siswa siap untuk memulai pelajaran .
    2.guru sebaiknya tidak hanya berpatokan pada yang ditulisnya dipapan tulis akan tetapi guru juga dapat membuat contoh yang menarik dan mudah dipahami
    contonhya 2 x 4 artinya guru dapat menjelaskan 2 x 4 = 4+4 = 8
    dengan seperti ini para siswa akan lebih mudah paham dan mengerti.
    Terimakasih.

  6. Nama: Bintang Kartika Simangunsong
    NIM : 856075907
    Prodi : S1 PGSD
    Vidio perkalian dasar memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan.
    penjelasan guru terlalu cepat dan penjelasan konsep juga kurang jelas.
    terlihat guru tidak memberikan konsep penjumlahan berulang tetapi langsung menuju contoh perkalian.alhasil menyebabkan siswa kurang paham ketika guru memberipertanyaan tentang perkalian tidak ada satupun siswa yang dapat menjawab.
    Secara keseluruhan, perkalian dasar dapat menjadi alat yang berguna dalam pembelajaran anak-anak, tetapi harus digunakan dengan bijak dan disertai dengan interaksi langsung antara guru atau orang dewasa dengan anak-anak.

  7. Nama: Bintang Kartika Simangunsong
    NIM : 856075907
    Prodi : S1 PGSD
    Menurut saya tentang video tersebut, terlihat guru tidak menyapa murid-murid nya saat pertama kali masuk,
    guru langsung memberi materi tanpa memberi tahu apa yang akan dipelajari pada hari ini dan dalam pembelajaran tidak ada guru menyuruh atau melibatkan siswa maju kedepan untuk melakukan perkalian.
    Sebaiknya guru tersebut memberikan perkalian yang lebih bervariasi lagi supaya murid-murid tersebut lebih mengerti pada konsep perkalian.
    Terimakasih.

  8. Nama: Jelfi Mepa Gultom
    Nim: 859877207
    Pokjar: Simalungun
    Prodi: S1 PGSD

    Menurut saya, berdasarkan video tersebut dapat dilihat bahwa:
    1. Guru melewatkan kegiatan pendahuluan (orientasi) dimana pada pembukaan kegiatan pembelajaran guru tidak menyapa siswa dan tidak mengkondisikan kelas agar siap belajar. Langsung menjelaskan materi apa yang akan mereka pelajari. Jika kelas dalam kondisi tidak siap belajar maka materi apapun yang ingin disampaikan oleh guru tidak akan berhasil. Untuk itu, hal pertama yang dilakukan sebelum pembelajaran dimulai, guru harus dapat menguasai kelas dan memastikan bahwa siswa nya dalam kondisi siap untuk menerima pembelajaran. Guru juga tidak memberikan motivasi kepada siswanya.
    2. Guru kurang menguasai materi dan penjelasannya, kurang menarik sehingga kebanyakan siswa tampak asik dengan kegiatan mereka sendiri dan tidak memperhatikan gurunya saat menjelaskan guru juga tidak perhatian dengan kondisi siswanya karena membiarkan siswanya tidur tanpa ditegur.
    3. Pada saat video di awal, penyampaian materi kurang antusias. Sebaiknya materi perkalian yang disampaikan secara bertahap, supaya siswa mengetahui konsep berhitung dalam video tersebut guru menerangkan perkalian dasar, akan tetapi yang ditanyakan pada siswa sudah perkalian. angka tinggi dan guru tidak menanyakan kepada siswa apakah mereka benar sudah mengerti atau belum namun langsung ke pertanyaan, alhasil tidak satupun siswa yang mengerti apa yang diterapkan oleh guru.
    4. Dari awal sampai pertengahan video, guru kurang dapat menguasai kelas suasana kelas menjadi ribut pada saat guru memberi tugas kepada siswa untuk menghapal perkalian. Sebaiknya jika ingin menugaskan siswa untuk menghapal perkalian harus dilakukan diluar jam pelajaran dan perkalian yang dihafal harus bertahap misalnya perkalian 1-5 dan pertemuan berikutnya perkalian 6-10.
    5. Setelah diakhir video, guru tampak antusias dalam penyampaian materi dan melibatkan siswa melalui pertanyaan sehingga terlihat siswa mulai aktif dan semangat.

  9. Laporan Analisis Masalah dalam pembelajaran
    Masalah : Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
    Nama: Raden Anita Rahman
    NIM : 857102999
    Prodi : S1 PGSD – Semester 6
    UPBJJ JAKARTA

    Berdasarkan dengan vidio yang ada saya akan melampirkan analisa yang saya dapati setelah menganalisa melalui vidio yang terlampir
    Masalah yang terjadi pada vidio tersebut ada 2 kasus
    1. Pada kasus yang pertama guru mengajarkan perkalian tanpa adanya komunikasi 2 arah sehingga peserta didik hanya diam dan kurang memahami mengenai apa yang guru jelaskan
    2. Guru tidak melakukan pendekatan dengan menjelaskan bagaimana dasar dari perkalian itu sendiri
    3. Guru kurang mengkomunikasikan bagaimana yang dimaksud dengan penjumlahan berulang untuk menghitung perkalian
    4. Pada saat memberikan tanya jawab, siswa belum memahami jelas apa itu perkalian dan bagaimana langkah pengerjaannya kemudian guru langsung mananyakan perkalian diatas 6 sehingga peserta didik semakin kesulitan
    5. Pada kasus kedua barulah guru melakukan komunikasi 2 arah sehingga para peserta didik tertarik dalam pembelajaran
    6. Guru menjelaskan bagaimana pengaplikasian penjumlahan berulang dalam menghitung perkalian
    7. Sehingga peserta didik memahami mengenai langkah dari perkalian dasar

    sekian analisa masalah yang dapat saya lampirkan pada masalah ” Kurang Mengetahui Perkalian Dasar “ sekian terimakasih.

  10. Nama ; ISWORO MARHAENI
    NIM : 857078342
    PRODI : S1 PGSD

    Setelah melihat video tersebut murid terlihat tidak antusias mengikuti pelajaran matematika,murid cenderung asyik bermain sendiri dan cenderung dibiarkan.Guru juga kurang menguasai situasi kelasnya.Dalam mengajar guru monoton hanya menyampaikan materi matematika saja tanpa diawali dengan pendahuluan ,misalkan ice breaking,karena ice breaking sangat dianjurkan untuk memulai suatu pelajaran,apalagi matematika salah satu pelajaran yang menguras otak anak,
    Tetapi kelebihannya guru begitu sabar menghadapi murid-muridnya .
    Saran saya supaya guru selalu mempunyai ide-ide sistem mengajar agar murid tidak bosan dalam mengkuti pelajaran khususnya matematika.

Leave a Reply