silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
NAMA :AGUSTA RIZQIYANI
NIM:858718093
ijin berkomentar dari video diatas
secara keseluruhan video ini menunjukkan praktik pengajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan anak usia dini
yaitu keterlibatan aktif yang memungkinkan anak untuk aktif dan mandiri dalam meneyelesaikan tugas,aktivitas yang variatif menggunting,mewarnai,menempel membantu anak tetap fokus dan terlibat.,tema juga sesuai guru telah berhasil mengintrgrasikan nilai kejujuran dalam berbagai aktivitas,,,
Nama: Dany Irvina Safitri
NIM: 857994235
UPBJJ: Yogjakarta
Salut: Payaman
menurut saya dalam vidio tersebut menggambarkan pendekatan yang kreatif dan interaktif dalam menanankan nilaikejujuran padaanak usia dini.dengan penyesuaian dan penekanan pada pemahaman yang lebih me dalam tentang nilai-nilai tersebut, pendekatan ini efektif.
Assalamu’alaikum….
Nama saya Rukiana Wildayanti… Menurut saya vidio pembelajaran ini sangat bagus. Kreatif dan tentunya sangat efektif untuk anak usia dini. Terimakasih 🙏
Nama : DIAH AYU KOMAIROH
NIM : 859678895
Menurut saya tentang video diatas,
Guru dapat menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini dengan memberikan penghargaan sebagai bentuk motivasi. Salah satu contoh penghargaan yang dapat diberikan adalah dengan menggunakan objek seperti penjepit jemuran sebagai reward bagi anak yang berhasil menyelesaikan tugas dengan baik. Guru dituntut untuk kreatif dalam memilih bentuk penghargaan, seperti bintang, stiker, atau bentuk lainnya yang dapat memotivasi anak untuk terus berprestasi.
Terimakasih 🙏
Nama : Vivi Norvita Sari
Nim : 858824798
upbjj : Malang
Tanggapan saya terhadap video tersebut adalah penghargaan kejujuran melalui objek seperti penjepit jemuran yang dijepitkan dibaju anak sebagai tanda reward ketika anak sudah menyelesaikan tugas yang diberikan , hal ini mengajarkan bahwa nilai kejujuran itu penting sekali yang harus ditanamkan diusia dini karena membentuk karakter anak yang bertanggung jawab akan sebuah tugas yang diberikan oleh guru. pada video tersebut sangat meninspirasi dan banyak hal yang bisa diambil diterapakan untuk pembelajaran dikelas. terimakasih
Video “Melalui Penjepit Jemuran” memberikan pendekatan yang sangat kreatif dan sederhana dalam mengajarkan anak usia dini tentang kemandirian dan keterampilan motorik halus. Dengan menggunakan aktivitas sehari-hari yang familiar seperti penjepit jemuran, anak-anak dapat belajar sambil bermain, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Saya sangat mengapresiasi cara penyampaian dalam video ini yang mudah dipahami serta dapat langsung diterapkan di rumah maupun di lingkungan sekolah.
Nama: nadia prasetyawati
NIM: 858755195
UPBJJ : Surabaya
Dari video diatas saya mendapatkan inspirasi dalam menanamkan kejujuran pada anak usia dini. metode yang digunakan juga sangat mudah untuk diterapkan dan alat yang digunakan juga mudah ditemui. dengan menerapkan metode tersebut anak dapat bertangungjawab dalam menyelesaikan tugasnya dan jujur bahwa sudah benar-benar menyelesaikan tugasnya