silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Kejujuran merupakan hal terpenting yang harus ditanamkan sejak dini, melalui video ini kita dapat belajar salah satu solusi utnuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini. Cara penggunaan penjepit kejujuran ini efektif namun terdapat kelemahannya yaitu pada anak yang aktif dan penasaran mereka akan bermain menggunakan penjepit tersebut sehingga dapat menjepit anggota tubuh lain atau temannya, oleh karena itu sebagai guru harus memberikan pengawasan ekstra ketika melaksanakan metode ini atau dapat mengganti penjepit dengan stiker,

  2. Nama :Erika Oktaviani
    NIM : 859523563
    Melalui penjepit jemuran menanamkan nilai kejujuran bagi anak, penjepit jemuran menjadi tanda bagi anak, bahwa anak telah menyelesaikan tugasnya, dengan kegiatan sederhana menumbuhkan semangat dan minat anak untuk belajar sehingga anak berjuang untuk menyelesaikannya, membuka wawasan, ide, pengetahuan dan kreativitas saya untuk mencari hal-hal sederhana lainnya, untuk menumbuhkan semangat dan minat anak

  3. Assalamulaikum wr wb
    Judul: Melalui Penjepit Jemuran

    Vidio ini sangat membantu anak -anak dalam melatih kejujuran dan melatih kepercayaan diri anak dalam melakukan kejujuran media yang didapat membantu anak usia dini contoh media buku cerita guru bercerita dengan mengunakan buku cerita tentang kejujuran .

  4. Nama : Siti Hanna Rozika
    NIM : 856259509

    setelah melihat video ini saya sangat terbantu untuk menanamkan kejujuran pada anak, yaitu seperti yang ditampilkan di dalam video, anak diajarkan untuk jujur ketika anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan penggunaan stiker. dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya terlihat di video tersebut, itu merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini.

  5. Nama : Nurlela
    NIM : 856636313
    dari video ” Melalui Penjepit Jemuran ” merupakan ide yang menarik dalam menanamkan nilai kejujuran anak usia dini,karena sejak dini anak akan terbiasa bersikap jujur dalam setiap hal. serta terbiasa untuk melaksanakan tanggung jawabnya tanpa harus dipaksa oleh oranglain.

  6. NAMA : ANDRIANI
    NIM : 857860064

    Video tersebut sangat bermanfaat bagi kami sebagai pendidik, yaitu memberikan variasi yang baru dan seru dalam menerapkan nilai kejujuran kepada anak dalam proses belajarnya. Bahkan solusi dari video tersebut sangat mudah, praktis dan membuat anak tertarik untuk ikut menerapkannya sehingga anakpun senang dalam melakukan kejujuran didalam kelas.

  7. Dalam video tersebut dapat di simpulkan bahwa menanamkan kejujuran anak usia dini dapat dengan cara pemberian reward melalui penghargaan. Penghargaan yang dicontohkan kali ini adalah melalui penjepit jemuran. anak yang telah selesai mengerjakan sesuatu mendapat penjepit jemuran sebagai hadiah terhadp anak. karena telah menyelsaikan tugas dengan baik. Sebagai guru di tuntut untuk kreatif. bentuk penghargaan dapat di variasikan misalnya pemberian bentuk bintang , pemberian stiker -stiker, atau bentuk yang lainnya yang dapat menumbuhkan motivasi anak .

  8. PAUD15 Melalui penjepit jemuran: melaui vidio tersebut mananamkan nilai kejujuran bagi anak usia dini dan memberikan apresiasi bagi anak yang sudah menyelesaikan tugasnya.

  9. NAMA : HALIDAE
    NIM : 858191823
    Prodi : PGPAUD
    TUGAS : Sesi 7 Penelitian Tindakan Kelas
    Suasana kelas yang penuh dengan kegiatan kreatif dan bervariasi merupakan langkah tepat dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini. Dengan memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan mereka, guru telah menciptakan lingkungan yang mendukung untuk pembelajaran yang berarti.

  10. Assalamualaikum wr.wb
    Saya sela riftana dari prodi PGPAUD semester 2
    Akan mengomentari video di atas
    Video ini sungguh menginspirasi! Melalui penggunaan penjepit jemuran sebagai simbol kejujuran, kita diajak untuk merenungkan betapa pentingnya nilai ini dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang kreatif ini tidak hanya memberikan pesan yang kuat, tetapi juga merangsang pemikiran dan refleksi tentang integritas dan kejujuran. Terima kasih telah berbagi ide dan nilai-nilai berharga ini melalui video yang informatif dan inspiratif. Semoga pesan kejujuran ini dapat meresap dalam hati dan perilaku kita sehari-hari. Salut untuk upaya dalam menjadikan kejujuran sebagai landasan utama dalam berinteraksi dengan dunia sekitar.

Leave a Reply