silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. NAMA : Achita Ferdiana
    NIM : 857988865

    Video tersebut dapat memberikan cara atau metode yang dapat digunakan kita sesama pendidik untuk menanamkan kejujuran pada nak melalui penjepit jemuran,sehingga anak terbiasa jujur dalam melakukan segala hal atau pekerjaan melalui reward penjepit jemuran tersebut. Terimakasih video sangat menginspirasi.

  2. Nama : Rifa Misdayanti
    NIM : 858304631

    Dalam video pembelajaran tersebut ada beberapa cara untuk melatih nilai kejujuran pada Anak Usia Dini yaitu dengan menggunakan penjepit jemuran, penjepit jemuran digunakan sebagai reward atau penanda kepada anak yang sudah mau jujur terhadap menyelesaikan tugas yang diberikan kepadanya, dengan menggunakan penjepit jemuran sederhana ini dapat menanamkan nilai-nilai kejujuran pada Anak Usia Dini serta ketertiban dan keteraturan pun dapat dilakukan tanpa harus banyak bicara.
    Dengan adanya cara ini, guru sangat terbantu untuk mengatasi masalah tersebut jika terjadi di sekolahnya nanti.

  3. Nama : Lia Nurmulia
    NIM : 857312801

    Dalam Video diatas saya mendapat tambahan ilmu, bahwa nilai kejujuran dan kedisiplinan pada anak sangat penting dilakukan pada anak usia dini. Dengan cara unik memakai penjepit jemuran yang sebelumnya tidak terpikir oleh saya sebagai guru.

  4. Nama: Ni’matul Arsyidah
    NIM : 858532008
    Video tersebut sudah bagus. Gurunya sangat kreatif yaitu dengan memberi penjepit baju kepada anak yang sudah menyelesaikan tugas. Sehingga guru dapat mengetahui anak yang jujur dan tidak. Dan secara tidak langsung hal itu dapat menanamkan nilai kejujuran pada anak. Namun, jika dipraktikkan di lembaga masing-masing, terkadang dalam suatu kelompok ada anak yang sangat aktif dan sangat ‘kreatif’ (jahil) sehingga justru penjepit baju dijadikan mainan bahkan dilempar-lempar. Alangkah baiknya jika dalam video tersebut diberi contoh lebih dari satu.

  5. Nama : Roekhana Azizah
    Nim : 858532015
    Setelah menonton vidio ini memberi saya inspirasi untuk saya terapkan pada pembelajaran disekolah. Dalam tayangan vidio ini guru sangat kreatif untuk mengetes kejujuran anak dengan penjepit pakaian yang sudah selesai mengerjakan mendapat penjepit pakaian. Cara yang unik yang sebelumnya belum pernah terpikirkan oleh saya. Terimakasih dengan vidio ini saya mendapatkan inspirasi dan mendapat tambahan ilmu.

  6. Assalamualaikum, warahmatullahi wabarakatu .
    Nama : Nofri Safitri
    NIM : 859781881
    Menurut saya vidio diatas sangan bermanfaat dan sangat kreatif , vidio tersebut membuat saya terinfirasi , dan bagus untuk ditiru dilembaga saya tempat saya mengajar .

  7. Assalamualaikum, warahmatullahi wabarakatu .
    Nama : Nofri Safitri
    NIM : 859781881
    Izin berkomentar bapak / ibu

    menurut saya vidio diatas sangat bermanfaat bagi saya, dan menjadi infirasi untuk ditiru dilembaga paud tempat saya mengajar .tentang bagaiamana menanamkan kejujuran pada Anak melalui penjepit jemuran menurut saya sangat menarik dan bagus . trimakasih Guru pintar online .

  8. Assalamualaikum wr.wb.
    Nama : Aini Jahrah
    Nim : 858317122

    Menurut saya dalam video menanamkan kejujuran melalui penjepit jemuran diatas sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang pendidik, sehingga saya dapat mempraktekkannya dalam pembelajaran disekolah saya .Terimakasih sudah menginspirasi.

  9. kegiatan dalam video pembelajaran benar-benar sesuai dengan tema yang ditentukan, yaitu menanamkan kejujuran pada anak usia dini. Hal ini penting agar pesan yang ingin disampaikan oleh guru dapat diterima dengan baik oleh anak-anak.

    Keragaman Kegiatan:
    Memberikan variasi kegiatan yang melibatkan berbagai jenis aktivitas seperti mewarnai, menempel, menghitung, dan membentuk menggunakan tepung terigu dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan bagi anak-anak.

    Penekanan pada Kebenaran dan Jujur:
    setiap kegiatan dengan mengingatkan anak-anak tentang pentingnya kejujuran dan memberikan contoh konkret tentang bagaimana mereka dapat bertindak jujur dalam kegiatan tersebut.
    dengan ada nya video tersebut saya dan teman guru lain nya sangat terinspirasi sekali

  10. Nama : Serla Suci Suminar
    Prodi / semester : PG PAUD / 2
    NIM : 857535293

    Dari video tersebut dapat menjadi inspirasi dan solusi bagi kita sebagai pendidik dalam menanamkan sikap kejujuran kepada anak . Dengan melalui penjepit jemuran anak yang belum mengerjakan akam terlihat dan tidak bisa berbohong kepada guru bahwa dia sudah mengerjakan . Dari sini anak akan termotivasi dan merasa takut jika berbuat bohong lagi . Videonya sangat bagus namun saran dari saya videonta akan terlihat sempurna jika pemaparannya lebih dikemas secara menarik sehingga memudahkan kita sebagai pendengar dalam memahami isinya , keseluruhannya sudah sangat bagus dan menjadi inspirasi bagi para pengajar bila mengalami kasus yang sama

Leave a Reply