silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. Menanamkan kejujuran pada anak usia dini melalui penggunaan penjepit jemuran
    Dalam video tersebut, guru melatih anak untuk jujur dalam menyelesaikan tugasnya dengan memberikan reward penjepit jemuran. Dengan pemberian reward anak – anak menjadi semangat dalam menyelesaikan tugasnya tanpa harus berbohong lagi. Dan pastinya ketika melihat teman – temannya mendapatkan penjepjt jemuran, dirinya jadi terdorong agar cepat cepat menyelesaikan tugasnya.

  2. Nama : Ella Marisa
    NIM : 856102821

    Setelah menyaksikan vidio ini, saya mendapatkan ilmu baru yang dapat saya terapkan di dalam kelas yaitu bagaimana cara menanamkan sikap kejujuran pada anak yaitu dengan menggunakan penjepit baju. Jadi anak akan termotivasi mengerjakan tugasnya agar anak mendapatkan jepitan dari ibu guru dan mereka akan membanggakan dirinya kepada temannya saat mereka telah mendapatkan jepitan sesuai dengan jumlah tugas yang ibu guru berikan.

    Terimakasih

  3. Nama : Astari
    Nim : 859526648
    Video ini menampilkan cara untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak. Memang nilai kejujuran itu harus ditanamkan sejak kecil, agar anak tidak tumbuh menjadi pribadi yang suka berbohong. Cara yang ditunjukkan pada video ini yaitu dengan penggunaan jepitan jemuran pada baju anak sebagai tanda bahwa anak itu telah berbohong.

  4. Menurut pendapat saya, video tersebut menampilkan metode yang efektif dan menarik untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini melalui berbagai kegiatan yang terstruktur dan mudah dipahami. Guru menggunakan pendekatan yang tepat dengan meminta anak-anak untuk jujur tentang kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas. Ini adalah cara yang efektif untuk menanamkan nilai kejujuran sejak dini. Penggunaan stiker sebagai bentuk penghargaan memberikan motivasi tambahan bagi anak untuk bersikap jujur dan terbuka tentang kemampuan mereka

  5. Nama : Zuhda Rauhati
    NIM : 857631743

    Dengan video ” Melalui penjepit jemuran ” Guru mengajarkan nilai-nilai kejujuran kepada anak didiknya sejak dini. Sebelum anak-anak mengerjakan tugasnya , guru menjelaskan harus jujur ketika sudah selesai mengerjakan atau pun belum selesai mengerjakan dengan memberikan penanda seperti penjepit jemuran ataupun stiker.
    Video ini sangat membantu saya dalam memeprbaiki cara mengajar saya, metode ini dapat melatih anak untuk jujur dalam menyelesaikan tugasnya.
    Dengan pemberian reward anak-anak menjadi semangat dalma menyelesaikan tugasnya tanpa harus berbohong lagi , dna pastinya ketika melihat teman- temannya mendapatkan penjepit jemuran, dirinya jadi terdorong agar cepat-cepat menyelesaikan tugasnya

  6. Penjelasan dari video tersebut mudah dimengerti, disertai dengan contoh secara langsung. Bisa diterapkan di sekolah kami untuk menanamkan kejujuran pada diri anak.

  7. Hakikatnya anak senang sekali mendapatkan reward apapun itu bentuknya,. Entah itu pujian, tepuk tangan, apa lagi sebuah benda (meskipun sebuah penjepit baju) anak-anak amat sangat senang dan merasa dihargai,..

  8. Nama : Dina Zahrotul Amalia
    Nim : 877320423
    Dalam video tersebut, guru mengajarkan anak untuk mengerjakan tugas dengan jujur dengan memberikan jepit jemuran sebagai reward. Dengan pemberian reward anak – anak menjadi semangat dalam menyelesaikan tugasnya tanpa harus berbohong lagi. Dan pastinya ketika melihat teman – temannya mendapatkan penjepjt jemuran, dirinya jadi terdorong agar cepat cepat menyelesaikan tugasnya.

  9. Nama : Irmawati

    Nim : 858613501

    Dari video diatas, dapat memberikan ilmu baru bagi seorang guru untuk menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini dengan memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami oleh anak.
    Seperti contoh diatas pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan oleh anak.
    Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya. Dengan begitu anak-anak akan terlatih untuk selalu jujur.
    ini adalah salah satu metode yang bagus untuk diterapkan kepada anak-anak dalam menanamkan nilai kejujuran.

  10. Menanamkan kejujuran sejak dini memang sangat penting.
    vidio di atas sangat bermandaat bagi saya karena dari vidio di atas kita dapat melatih kejujuran anak dengan cara memberi penjepit jemuran kepada anak yang sudah selesai menyelesaikan tugas nya.

Leave a Reply