silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama Siti Amidah
NIM:858529411
Videonya menarik dengan metode sederhana memotivasi anak untuk menyeleseikan pekerjaan sesuai waktu dan jujur dalam menyeleseikan tigas.Hanya saya agak terusik dengan kata kata Harus dari guru yang dalam tersebut.Kata harus cerah harus warna warni membuat anak kurang bisa mengekplorasi diri sesuai minat dan bakatnya dan berpengaruh pada kinerja anak .Dan anak dituntut pereksionis sesuai Arahan guru.Tidak berpusat pada anak.
Video “Melalui Penjepit Jemuran” menampilkan suasana kelas TK dengan 20-25 anak yang terlibat dalam tiga kegiatan: mewarnai gambar, menggunting dan menempel, serta menghubungkan gambar dengan lambang bilangan. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini. Guru menggunakan metode yang tepat dengan mengajak anak-anak untuk berkata jujur mengenai kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas. Contohnya, anak-anak yang berhasil menggunting dan menempel gambar kupu-kupu, menghitung gambar binatang, dan menyelesaikan tugas lainnya diberi penghargaan berupa penjepit jemuran yang ditempelkan di baju. Pendekatan ini membantu anak memahami pentingnya kejujuran melalui aktivitas yang sesuai dengan perkembangan dan kemampuan mereka.
Menurut saya dengan metode ini kita dapat meihatnilai kejujuran pada anak dengan demikian menanamkan metode kejujuran dengan prnjrmpit jemuran dapat membantu guru untuk menjangkau anak yang belum menyelesaikan tugas sampai selesai.
Nama : Nur Farida
NIM :
Video pendek tersebut sangat menarik sekali dan tentunya bermanfaat untuk kita, karena berdasarkan video tersebut ada pembelajaran yang terdapat di dalamnya yaitu yang berkaitan dengan kejujuran
Nama : Nur Farida
NIM : 857991025
Video pendek tersebut sangat menarik sekali dan tentunya bermanfaat untuk kita, karena berdasarkan video tersebut ada pembelajaran yang terdapat di dalamnya yaitu yang berkaitan dengan kejujuran
Video ini sangat bermanfaat untuk guru dalam mengajarkan kejujuran kepada siswa dengan menggunakan metode penjepit jemuran. Ketika anak masih belum dapat menyelesaikan tugas,tetapi ia berbohong bahwa ia telah menyelesaikan tugasnya.Dengan demikian, guru dapat memberikan penjepit jemuran yang berbeda warna kepada anak-anak yang berbohong. sehingga guru dapat mengetahui apakah anak ini jujur atau tidak
Vidio GPO ini sangat bagus , bahwa ada banyak sekali cara menanamkan nilai kejujuran dan keteraturan kelas salah satunya dengan alat penjepit jemuran ini. Terimakasih sudah mau berbagi tentang metode-metode pembelajaran anak usia dini. 🙏☺️
nama : aida maghfiroh
nim : 856102853
video tersebut sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru, di video tersebut anak sedang melakukan kegiatan mewarnai, karna kondisi anak yang cukup banyak ibu guru kesulitan mengetahui mana yang sudah selesai atau belum, ibu guru memberi penjepit jemuran di baju anak yang sudah selesai, makan dari itu dengan menggunakan metode penjepit jemuran guru akan tau mana anak yang sudah menyelesaikan tugas, dengan itu bisa mengajar kan anak pada kejujuran dan ketertiban.
Nama : Tita Riyanti
Nim : 859946397
Vidio “Penjept Jemuran” tersebut sangat bagus , untuk menanamkan kejujuran kepada anak usia dini sangat lah penting . Karena kondisi anak yang cukup banyak sehingga guru tidak bisa mengontrol satu per satu, sehingga dengan metode penjepit jemuran guru bisa mengetahui kejujuran anak yang telah menyelesaikan tugas mewarnai.
Saran / masukan : Menurut saya metode untuk menanamkan sudah baik dengan penjepit jemuran. Tetapi menurut saya kurang menarik perhatian anak jika hanya memakai penjepit jemuran. Alangkah lebih baik menggunakan stiker, stempel bentuk gambar seperti gambar senyum, ataupun pemberian bintang.
sehingga anak akan lebih tertarik untuk menyelesaikan tugas mereka dan akan lebih menanamkan nilai kejujuran.
Nama : Yessi Nirwana
NIM : 859810929
Menurut saya, Video yang membahas penggunaan penjepit jemuran sebagai metode pembelajaran ini menurut saya sangat membantu. Cara ini efektif, di mana penjepit jemuran digunakan untuk menunjukkan progres siswa dalam menyelesaikan tugas mereka. Sebagai pendidik, kita dapat mengajarkan nilai kejujuran kepada siswa, mengingatkan mereka bahwa meskipun guru mungkin tidak selalu melihat, tetapi ada yang Maha Melihat. Dengan memberikan pengakuan atas kejujuran siswa, kita mengajarkan bahwa kejujuran akan mendapatkan ganjaran dan dicatat sebagai tindakan yang baik. Pendekatan ini tidak hanya mengajarkan kejujuran tetapi juga mendukung pembentukan disiplin dan tata tertib di kelas.