silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Siti Isti Qomariyah
NIM : 857677991
Kegiatan ini membantu mereka melatih kemampuan dasar seperti motorik halus, mengenggenggam alat tulis/pewarna, serta memahami bentuk dan warna. Saya merasa pendekatan seperti ini bisa ditiru. Anak tidak hanya diajarkan materi, tetapi juga nilai-nilai penting sejak dini. Anak-anak jadi belajar bahwa berkata jujur itu tidak apa-apa, bahkan dihargai. Apalagi tugas-tugas yang diberikan tidak terlalu sulit dan masih bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing anak. Secara keseluruhan, saya melihat kegiatan ini cukup efektif untuk mengembangkan keterampilan dasar anak sekaligus membentuk perilaku positif. Guru juga terlihat memahami kondisi dan kemampuan anak, sehingga kegiatan yang diberikan tidak memberatkan, tapi justru menyenangkan.
Nama : Siti Isti Qomariyah
NIM : 857677991
Kegiatan yang terdapat pada video membantu mereka melatih kemampuan dasar seperti motorik halus, mengenggenggam alat tulis/pewarna, serta memahami bentuk dan warna. Saya merasa pendekatan seperti ini bisa ditiru. Anak tidak hanya diajarkan materi, tetapi juga nilai-nilai penting sejak dini. Anak-anak jadi belajar bahwa berkata jujur itu tidak apa-apa, bahkan dihargai. Apalagi tugas-tugas yang diberikan tidak terlalu sulit dan masih bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing anak. Secara keseluruhan, saya melihat kegiatan ini cukup efektif untuk mengembangkan keterampilan dasar anak sekaligus membentuk perilaku positif. Guru juga terlihat memahami kondisi dan kemampuan anak, sehingga kegiatan yang diberikan tidak memberatkan, tapi justru menyenangkan.
Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu
Nama : Febrianti
NIM : 8594366029
Video ini memberikan contoh yang inspiratif tentang bagaimana guru dapat menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini melalui metode yang sederhana namun efektif. Penggunaan penjepit jemuran sebagai simbol penghargaan membantu anak-anak memahami pentingnya kejujuran dalam menyelesaikan tugas mereka. Metode ini layak untuk diadopsi dan dikembangkan lebih lanjut dalam praktik pembelajaran di PAUD
Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu
Nama : Febrianti
NIM : 859436629
Video ini memberikan contoh yang inspiratif tentang bagaimana guru dapat menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini melalui metode yang sederhana namun efektif. Penggunaan penjepit jemuran sebagai simbol penghargaan membantu anak-anak memahami pentingnya kejujuran dalam menyelesaikan tugas mereka. Metode ini layak untuk diadopsi dan dikembangkan lebih lanjut dalam praktik pembelajaran di PAUD
Saran : UT mengupdate kembali video pembelajarannya (dari segi kualitas video) ditambah tantangan anak sekarang jauh lebih kompleks
Dari video tersebut terlihat bahwa guru menanamkan nilai kejujuran lewat hal sederhana seperti mengingatkan kepada anak secara lisan apabila sudah menyelesaikan tugas harus jujur apabila belum harus berkata yang sebenarnya, diperkuat dengan pemberian penjepit jemuran sebagai penanda anak yang selesai akan memberi efek tanggung jawab untuk menyelesaikan bagi yang belum menyelesaikan tugasnya. Guru memberikan tugas yang disesuaikan dengan kemampuan anak, dan memotivasi anak untuk terus menyelesaikan tugas dengan berkata siapa yang juara hari ini, hal tersebut akan membangkitkan semangat bagi anak untuk mengerjakantugasnya. Pendekatan yang dilakukan guru tersebut memberikan kepercayaan diri, rasa tanggung jawab dan nilai kejujuran. Kegiatan ini sangat positif dan menyenangkan.
Nama : Susilawati
Nim :857133463
Tayangan video diatas sangat bagus dan sangat menginspirasi untuk saya,bahwa menanamkan kejujuran itu dapat menggunakan metode serta alat yang sangat sederhana,menanamkan kejujuran pada anak usia dini akan langkah baik untuk masa depan anak-anak.
https://gurupintar.ut.ac.id/melalui-penjepit-jemuran
nama : Tri Sugesti
nim : 877525907
video di atas merupakan bentuk pembelajaran yang baik untuk di terapkan di sekolah, menanamkan nilai-nilai kejujuran sejak usia dini melalui pembelajaran yang menarik dapat dilakukan guru melalui metode dan media yang tepat.
Video di atas sangat bermanfaat sekali bagi kita semua, terkhususnya para pendidik yang memiliki jumlah anak yang banyak. Metode yang diajarkan untuk menanamkan nilai kejujuran sangat kreatif dan efektif.
Salah satu metode yang bisa ditiru untuk menunjang pendidikan perilaku anak saat di sekolah. Anak akan diajar untuk berperilaku jujur melalui hal-hal yang sedrhana dan tidak kompleks bagi anak sehingga mengena.
Trifena Ayu P.S
NIM : 858757547
Metode pembelajaran yang bisa dicontoh untuk mendukung pemngembangan diri anak dalam hal berperilaku jujur. Guru memberi tanggung jawab kepada anak secara sedrhana tidak kompleks dan mengena. Sehingga anak akan melakukan dengan gamblang sesuai perintah dan arahan guru.