silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.
Kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker
Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.
Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.
Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
–
–
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
–
Nama : Nurhasima
Nim : 859391185
menurut saya ibu guru menanamkan kejujuran kepada anak-anak dengan cara yang kreatif namun mendidik anak, ibu guru melakukan kegiatan dikelas tersebut sangat jelas dalam menyampaikan suatu hal sehingga anak mudah dalam memahami seperti dalam menyamapaikan sebuah perintah menggunakan kata yang mudah dipahami dan mengajarkan anak untuk jujur dan disiplin dalam melakukan suatu. dari hal seckecil itu kita dapat mengajarkan anak-anak menanamkan kejujuran. Terimakasih
Nama : Maisuri
Nim : 835181496
Penerapan nilai kejujuran pada anak haruslah dilakukan sedini mungkin. Agar nilai ini benar2 terpatri pada diri anak.
Tayangan video sangat menarik dan bermanfaat sebagai sumber pengetahuan bagi saya dalam penerapan nilai kejujuran di sekolah.
Reward yang diberikan guru menjadi daya tarik bagi anak untuk melakukan kegiatan di sekolah sebaik mungkin.
Strategi ini dapat saya laksanakan juga d kelas untuk memotivasi semangat belajar anak.
Menanamkan kejujuran pada anak usia dini melalui penjepit jemuran ini merupakan hal yang sangat penting dan dapat membiasakan mengajarkan pada anak untuk berkata jujur dan tidak berbohong apabila telah melakukan sesuatu, dan mengajarkan anak pada ketertiban dan ketaatan serta tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas yang di berikan oleh guru melalui kegiatan mewarnai gambar kupu-kupu dan binatang terbang menggunakan krayon, menghitung jumlah gambar yang bersayap, menulis angka, dan menggunting. Setelah anak menyelesaikan tugas, anak mendapatkan reward dan motivasi anak dari guru untuk mengambil penjepit dan menempelkan di bajunya. Dengan jumlah anak yang cukup di kelas akan memudahkan guru untuk mengetahui anak yang bersikap jujur dan tidak jujur dengan menggunakan penjepit jemuran kita dapat menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak usia dini.
Video Ini menceritakan tenatang bagaiamana guru telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi pada anak usia dini, Adapun langkah langkahnya diawali dengan guru mengamati proses belajar anak dengan mengarahkan atau memberi contoh pada anak tentang bagaimana cara mengerjakan kegiatan dengan baik selanjutnya bagaiamana guru memberikan motivasi belajar pada anak. Pada video ini juga di ceritakan tentang bagaiamana melakukan evaluasi yang bermakna mellaui memberi 3 kegiatan main yang beragam dan berbeda
Terkait video diatas beberapa Point perlu di perbaiki pada proses pembelajaran di atas yaitu:
Point pertama , Pada awal pembelajaran sebaiknya guru dapat menjelaskan terlebih dahulu mengenai tentang nilai kejujuran kepada anak-anak melalui metode bercerita singkat menggunakan media boneka/ buku dan menanamkan nilai kejujuran dan manfaat dari bersikap jujur. Pada Point Selanjutnya pada video ini juga menceritakan tentang bagaiamna upaay guru untuk meningkatkan konsentrasi anak
pada proses pembelajaran melalui mengajak anak-anak tepuk bersama atau yel-yel yang membuat anak-anak lebih fokus saat guru menjelaskan kegiatan main hari itu. Pint ketiga dalam video terlihat guru memegang lembar kegiatan anak dan mengerjakannya, Keempat penjepit jemuran di manfaatkan sebagai tanda anak telah menyelesaikan tugas mainnya namun pada videoini guru tidak memberikan kesempatan pada anak-anak untuk memilih warna jepitan dan menjepitkannya sendiri pada bajunya untuk melatih kemandirian anak, Point terakhir pemebrian reward menurut hemat saya dapat di ganti menggunakan stiker bentuk-bentuk yang di sukai anak-anak sehingga bersemangat dalam mengikuti pemeblajaran
Nama : RAUDHATUL JANNAH
NIM :857104788
Video Ini menceritakan tenatang bagaiamana guru telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi pada anak usia dini, Adapun langkah langkahnya diawali dengan guru mengamati proses belajar anak dengan mengarahkan atau memberi contoh pada anak tentang bagaimana cara mengerjakan kegiatan dengan baik selanjutnya bagaiamana guru memberikan motivasi belajar pada anak. Pada video ini juga di ceritakan tentang bagaiamana melakukan evaluasi yang bermakna mellaui memberi 3 kegiatan main yang beragam dan berbeda
Terkait video diatas beberapa Point perlu di perbaiki pada proses pembelajaran di atas yaitu:
1. Pada awal pembelajaran sebaiknya guru dapat menjelaskan terlebih dahulu mengenai tentang nilai kejujuran kepada anak-anak melalui metode bercerita singkat menggunakan media boneka/ buku dan menanamkan nilai kejujuran dan manfaat dari bersikap jujur . Fokus dalam pembelajaran dapat dilakukan oleh guru Sebelum menjelaskan tentang kegiatan main, sebaiknya guru mengajak anak-anak tepuk bersama atau yel-yel yang membuat anak-anak lebih fokus saat guru menjelaskan kegiatan main hari itu. Dalam video terlihat guru memegang lembar kegiatan anak dan mengerjakannya, Sebaiknya guru tidak langsung membantu mengerkajan kegiatan main anak, tapi coba kita memberikan beberapa pertanyaan kepada anak sesuai proses pengerjaan, agar anak mampu mengingat-ingat urutan pengerjaannya. Penjepit jemuran di manfaatkan sebagai tanda anak telah menyelesaikan tugas mainnya, alangkah baiknya jika anak-anak di beri kesempatan untuk memilih warna jepitan dan menjepitkannya sendiri pada bajunya untuk melatih kemandirian anak, Untuk reward penjepit jemuran bisa di ganti menggunakan stempel/ stiker bentuk-bentuk yang menarik yang di sukai anak-anak sehingga menjadikan anak-anak lebih semangat dalam menyelesaikan kegiatan mainnya.
Vidio seri menanamkan nilai kejujuran pada anak PAUD (melalui penjepit jamuran)
Menurut saya,dari vidio tersebut sudah bagus,karena guru sudah menanamkan nilai kejujuran pada anak dan juga menumbuhkan motivasi pada anak yaitu dengan memberikan penjepit jemuran bada baju anak yang sudah selesai menyelesaikana tugasnya.
Wah, saya sangat tertarik sekali dengan video di atas.
Dalam video tersebut guru sangat menekankan sekali untuk menanamkan sikap kejujuran pada anak, sehingga guru mencari solusi dalam permasalahan ini, sehingga guru mendapatkan cara yang efektif untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran dalam anak yaitu melalui penjepit jemuran, dari cara tesebut sedikit yang tahu bahwa ternyata cara tersebut dapat memberikan motivasi untuk anak agar dapat berkata jujur dan malu untuk berbohong. Dengan begitu anak tidak akan mau berbohong dan akan berkata jujur. In syaa Allah, saya akan menerapkan cara ini di sekolah untuk menanamkan sikap jujur anak didik saya. Terima kasih atas ilmunya.
Nama : Aulia Khusnah Dewi
NIM : 858179034
Menurut saya nilai-nilai kejujuran sangat penting untuk ditanamkan kepada anak sejak usia dini. karena, nilai-nilai kejujuran sangat erat kaitannya dengan nilai moral dari kehidupan manusia. dari video tersebt menunjukkan bahwa kejujuran memerlukan program pembiasaan. dengan membiasakan anak bersikap jujur, maka kejujuran akan melekat pada diri anak. selain itu, dengan memberikan anak reward , anak akan menjadi bersemangat dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
Dan dari video diatas guru juga memberikan motivasi semangat kepada anak dengan melalui bernyanyi disaat kegiatan berlangsung sehingga membuat efek penyegaran bagi anak-anak yang sedang berlomba menyelesaikan tugasnya. terlihat beberapa kegiatan pembelajaran seni yaitu mewarnai. walaupun masih terdapat beberapa anak yang belum menyelesaikan tugasnya, anak-anak terlihat tetap begitu menikmati dan merasa menyenangkan dari beberapa kegiatan yang diberikan guru.
Nama : Irianti
Nim : 859416286
Prodi : S1 PGPAUD
VIDEO : MENANAMKAN NILAI KEJUJURAN PADA ANAK PAUD.
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.video sangat menarik, dimana seorang Guru sangat menekankan nilai moral Mulai usia dini yaitu kejujuran dan sangat berdampak sampai mereka besar nanti. Selain dengan cara memberi jepitan jemuran sebagai reward, memberi nilai seperti bintang atau emoticon senyum juga sangat bagus dan memotivasi anak untuk terus berkata jujur dan menyelesaikan tugasnya.
Terima kasih🙏
Nama : Irianti
Nim : 859416286
Prodi : S1 PGPAUD
VIDEO : Melalui jepitan jemuran
Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.video sangat menarik, dimana seorang Guru sangat menekankan nilai moral Mulai usia dini yaitu kejujuran dan sangat berdampak sampai mereka besar nanti. Selain dengan cara memberi jepitan jemuran sebagai reward, memberi nilai seperti bintang atau emoticon senyum juga sangat bagus dan memotivasi anak untuk terus berkata jujur dan menyelesaikan tugasnya.
Terima kasih🙏