silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. NAMA : INTAN SATRIA CAHYANI
    NIM : 858873135

    Pendapat dan masukan :
    Pada vidio tersebut memuat salah satu cara menanamkan sikap kejujuran pada anak usia dini, selain itu ketertiban dan keteraturan dapat diterapkan tanpa harus banyak berbicara.
    Hal tersebut menurut saya tepat untuk dilakukan karena hal tersebut banyak terjadi di lembaga sekolah.

    * Saran :
    Ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk menanamkan kejujuran pada anak. Diantaranya :
    – Dengan memberikan pengertian singkat pada anak tentang pentingnya kejujuran.
    – Gunakan dongeng / cerita pendek yang berisi nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.
    – Ajak anak menonton film kartun anak seri kejujuran.
    – Berikan reward pada anak yang telah berbuat jujur, misalnya dengan bentuk pujian, stiker emoji / bintang yang dapat membuat anak termotivasi, dll.

    Cara tersebut juga sangat bermanfaat bagi kami sebagai guru PAUD karena memang hal tersebut sangat sering dijumpai pada lembaga sekolah dan kami juga bisa menjadikan cara tersebut sebagai salah satu sumber pembelajaran agar bisa terus berkembang.

  2. Ainaya / 857863909

    Penanaman kejujuran anak melalui pemberian jepitan jemuran saat setelah selesai mengerjakan sangat baik. Selain menanamkan kejujuran hal ini dapat juga melatih anak dalam kedisiplinan dan tanggung jawab dalam mengerjakan tugasnya.

  3. Assalamu’alaikum wr wb
    Nama: Agnes Dewi Rusminaya
    Nim: 858532885

    Menurut saya, sebagai guru dapat menerapkan kejujuran seperti video diatas. Dengan menerapkan kejujuran seperti itu dapat menanamkan nilai jujur kepada anak didik dan dapat mengembangkan sikap-sikap yang lain seperti kedisiplinan, tanggung jawab, patuh dengan orang tua. Guru sangat termotivasi dengan video diatas agar guru lebih mudah mendidik anak didiknya menjadi anak yang lebih baik dan jujur.

  4. Assalamu’alaikum wr wb
    Nama: Agnes Dewi Rusminaya
    Nim: 858532885
    Dari video berjudul “MENANAMKAN KEJUJURAN PADA ANAK MELALUI PENGGUNAAN PENJEPIT JEMURAN”
    Menurut saya, sebagai guru dapat menerapkan kejujuran seperti video diatas. Dengan menerapkan kejujuran seperti itu dapat menanamkan nilai jujur kepada anak didik dan dapat mengembangkan sikap-sikap yang lain seperti kedisiplinan, tanggung jawab, patuh dengan orang tua. Guru sangat termotivasi dengan video diatas agar guru lebih mudah mendidik anak didiknya menjadi anak yang lebih baik dan jujur.

  5. Nama: MARSITHY
    NIM: 858616514
    Tanggapan saya terhadap video tersebut adalah bahwa pendekatan yang digunakan oleh guru untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini sangat tepat dan efektif. Dengan memberikan serangkaian tugas yang sesuai dengan kemampuan dan perkembangan anak, guru memberikan kesempatan kepada setiap anak untuk menunjukkan kejujuran mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Penambahan stiker sebagai penghargaan bagi anak yang jujur dalam melaporkan bahwa mereka belum menyelesaikan tugas merupakan cara yang positif untuk mendorong kejujuran. Selain itu, melibatkan anak-anak dalam berbagai kegiatan kreatif seperti mewarnai, menggunting, menempel, dan menghitung juga membantu memperkuat pengajaran tentang kejujuran secara menyenangkan dan bermakna. Keseluruhan, video tersebut menunjukkan pendekatan yang holistik dan mendalam dalam mengajarkan nilai-nilai moral kepada anak usia dini.

  6. Nama: Esra Nova Renti Siahaan
    Nim: 859811898

    menurut saya dari penjelasan vidio tentang menanamkan kejujuran pada anak melalui penjepit jemuran sangat bermanfaat. karna bisa kita terapkan disekolah untuk menciptakan nilai kejujuran pada anak didik kita. dengan kita menerapkan seperti vidio tadi bukan hanya nilai kejujuran saja yang bisa kita peroleh melainkan nilai sikap, moral/agama, kognitif, sosial-emosional dan bahasa juga bisa dikembangkan melalui vidio tadi. karna anak-anak diajarkan untuk menjaga sikapnya menunjukkan nilai kejujuran, kedisiplinan anak dan bertanggung jawab terhadap tugasnya

  7. Nama Nursantionela Salomina
    Nim 858574352
    Video pembelajaran ini sangat bermanfaat..Pada video pembelajaran yang mana kegiatan yang dilakukan tersebut sudah sesuai dengan tema yang ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.
    Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, melalui jepitan jemuran anak berkata jujur , berterus terang dan bertanggung jawab..

  8. Nama: Lina widyaningsih
    Nim: 857601228

    Video 1: Melalui penjepit jemuran.

    Ringkasan video: Dalam video tersebut menayangkan suasana kelas yang rame, dimana anak-anak nya banyak sekali dan guru nya hanya 2. Guru melatih anak untuk bersikap jujur ketika pekerjaan tugas yang diberikan sudah selesai, maka anak akan mendapatkan penjepit jemuran. Kegiatan tersebut melatih anak dalam kejujuran, tanggung jawab, dan disiplin. Selain melatih kejujuran anak, itu juga akan memotivasi anak agar anak semakin bersemangat menyelesaikan tugas nya sampai selesai agar ia mendapatkan jepitan tersebut sama seperti teman-teman lainnya. Mungkin bisa di tambahkan dengan reward yang lain, guna memotivasi anak dan menambahkan semangat anak agar mampu mengerjakan tugas sampai selesai.

    Masukan atau saran: Video tersebut sudah sangat memotivasi kita sebagai guru, Penggunaan penjepit jemuran sebagai media pembelajaran untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini merupakan ide yang sangat kreatif dan inovatif. Hal ini dapat menarik perhatian anak-anak dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Cara penyampaian cerita dan penanaman nilai kejujuran melalui permainan dengan penjepit jemuran sudah sangat baik. Anak-anak dapat dengan mudah memahami konsep kejujuran yang disampaikan. Pemilihan warna-warna yang cerah dan menarik pada penjepit jemuran dapat menambah daya tarik bagi anak-anak. Hal ini dapat membantu mereka lebih fokus dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Pengulangan dan pembiasaan dalam menggunakan penjepit jemuran sebagai media pembelajaran juga penting, agar nilai kejujuran benar-benar tertanam dalam diri anak.
    Evaluasi dan refleksi setelah pembelajaran juga perlu dilakukan, untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan penerapan nilai kejujuran oleh anak-anak.

  9. Video tersebut bisa menginspirasi guru bagaimana peran sebuah benda sederhana terhadap nilai kejujuran anak. kemungkinan ada satu hal yang bisa saya tambahkan, sebab saya tidak melihat proses penguatan guru terhadap kejujuran siswa tetapi hanya berupa simbol saja (penjepit jemuran) pada video tersebut. Menurut saya, seorang guru harus tau sebab akibat anak menimbulkan gejala serupa (tidak jujur terhadap tugasnya) dengan cara menanyakan apa yang sedang dirasakan oleh anak, kenapa sebab anak tidak jujur, apakah anak tidak mengerti dengan tugas yang diberikan guru, atau anak kurang dan tidak suka terhadap tugas yang diberikan oleh guru, dan lain-lain. Setelah mengetahui penyebabnya, barulah guru menentukan tindakan atau solusi menangani kasus tersebut apa berupa reward, atau memberikan semangat dan motivasi, atau juga bisa dengan memberikan simbol (penjepit jemuran) seperti pada video

  10. Nama : Zulaini
    NIM : 859938572
    Dari vidio yang sudah saya lihat, seorang guru harus punya ide cemerlang dalam memberikan suatu semangat dalam menyelesaikan suatu tugas yang diberikan kepada anak didik, bagi anak-anak yang sudah menyeselesaikan dengan benar dan berkata jujur bahwa apa yang dikerjakan sudah sesuai dengan yang diperintah guru maka akan diberikan berupa jepitan jemuran pada anaknya.

    Sekian dan terima kasih

Leave a Reply