silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama: Rismayani
Nim. :856576748
Prodi. : PGSD S1
Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh,
Izin menjawab 🙏,menurut pendapat saya , pemahaman anak anak nya sangat bagus dan cepat menerima apa yang di anjurkan oleh guru nya ,siswa nya pun sangat memperhatikan guru di waktu menerangkan nya,siswa siswi nya sangat semangat belajar didalam kelas…
Nama:iqlima khairani
Nim. : 856573323
Pendapat saya mengenai pembelajaran tersebut ialah guru sudah cukup bagus dalam memulai pelajaran sehingga anak murid mudah menangkap apa yang disampaikan sedangkan kelemahannya ialah guru tidak menyampaikan apa maksud dari tujuan pembelajaran yang disampaikan nya.
Nama : Putri Ardila
Nim : 856573086
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Tanjab Timur
Dalam video tersebut, dapat dilihat guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam, menanyakan kabar siswa, serta mengecek kehadiran siswa, sebelum melakukan pengaitan materi sebelumnya dengan kegiatan pembelajaran, alangkah lebih baik guru memberikan kalimat-kalimat motivasi kepada siswa serta menyampaikan tujuan pembelaran sehingga dapat menarik perhatian siswa dan membuat suasana kelas bersemangat, dan guru juga akan tau sejauh mana mengetahui kesiapan siswa dalam menerima pelajaran yang diberikan.
Pada kegiatan inti, guru sudah berhasil melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, dimana siswa maju kedepan untuk menjawab pertanyaan yang sudah di tampilkan dipapan tulis, hal tersebut juga dapat digunakan untuk melihat sejauh mana siswa dikelas paham terkait materi yang disampaikan. melihat hal tersebut, alangkah lebih baik lagi jika guru menggunakan media pembelajaran untuk membuat siswa lebih tertarik untuk memperhatikan penjelasan, karena dengan hanya menggunakan metode ceramah siswa cenderung cepat bosan dan kurang memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru.
pada video tersebut guru juga tidak melakukan kegiatan penutup, seperti memberikan refleksi, kesimpulan serta penguatan kepada siswa, guru juga tidak menutup kegiatan pembelajaran tersebut dengan berdoa bersama.
Nama : Putri Ardila
Nim : 856573086
Prodi : S1 PGSD
Pokjar : Tanjab Timur
Menurut saya guru dalam menyampaikan materi sudah baik, cara penyampaian materi dan melibatkan siswa juga sudah baik. Hanya saja ada beberapa siswa masih bingung dan belum paham bahkan belum bisa memberanikan dirinya untuk menjawab pertanyaan di depan.
Kelebihan :
Pada video pembelajaran tersebut, guru cukup baik dalam melakukan kegiatan pendahuluan untuk membuka pembelajaran. Guru sudah mampu membuat kaitan yakni pengetahuan yang telah dimiliki siswa sebelumnya berupa penjumlahan dan pengurangan yang kemudian dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari siswa, sehingga hal tersebut akan dapat membuat pelajaran yang disajikan lebih bermakna. Pada kegiatan inti, guru sudah dapat melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran dengan meminta siswa maju ke depan untuk menjawab soal, dimana hal tersebut siswa dapat berperan aktif sehingga pembelajaran juga akan lebih bermakna bagi siswa.
Kekurangan :
Pada kegiatan pendahuluan guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran serta tidak tampak guru menimbulkan motivasi ataupun berusaha untuk menarik perhatian siswa, dimana hal tersebut sangat penting untuk dapat menciptakan susana belajar yang kondusif sehingga siswa akan lebih siap menerima pembelajaran, sehingga materi pembelajaran yang disampaikan akan lebih mudah diterima oleh siswa.
.
Nama : Nelmala Gusti Siregar
Nim : 856038084
Prodi : S1 PGSD
Semester : 6
Menurut saya pada video pembelajaran tersebut, ada baiknya guru melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti mengucapkan salam, mengecek kehadiran siswa, dan menanyakan kabar siswa agar dalam pembelajaran tersebut lebih menyenangkan. Dan untuk guru nya saat menjelaskan materi tentang memahami sifat pada operasi hitung sudah bagus, terlihat siswanya juga antusias dalam mendengarkan penjelasan dari gurunya dan siswanya juga sudah bisa memahami terkait dalam pembelajarannya.
Dan untuk akhir kegiatan ada baiknya guru nya menjelaskan lagi terkait materi
yang mana siswa nya belum mengerti pada pembelajaran tersebut sehingga pada proses pembelajaran berikutnya siswa nya dapat menguasainya. Kemudian, siswa dan guru nya juga dapat menyimpulkan terkait pembelajaran tersebut.
Nama : Nelmala Gusti Siregar
Nim : 856038084
Prodi : PGSD
Pokjar : Labuhanbatu Selatan
Semester: 6
Menurut saya video pembelajaran tersebut, ada baiknya guru melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti mengucapkan salam, mengecek kehadiran siswa, dan menanyakan kabar siswa agar proses pembelajaran tersebut menyenangkan.
Dan untuk guru nya saat menjelaskan materi tentang memahami sifat pada operasi hitung sudah bagus, terlihat siswanya juga antusias dalam mendengarkan penjelasan dari gurunya dan siswanya juga sudah bisa memahami terkait dalam pembelajaran nya.
Dan untuk akhir kegiatan pembelajaran, ada baiknya guru nya menjelaskan lagi terkait materi yang mana Siswa nya masih ada yang belum mengerti pada pembelajaran tersebut sehingga pada saat proses pembelajaran berikutnya siswa tersebut dapat menguasainya.
Kemudian, siswa dan guru nya bersama-sama menyimpulkan terkait pembelajaran tersebut.
Terimakasih
Kelebihan:
Pada video pembelajaran di atas guru cukup baik dalam memulai pembelajaran.Dalam membuka pembelajaran guru tersebut sudah mampuh membuat kaitan dengan mereview materi pelajaran yang sudah diberikan minggu lalu.Kemudian guru tersebut menjelaskan kembali tentang sifat-sifat operasi hitung.Sehinggah dapat membuat pembelajaran yang disajikan lebih bermakna dan sangat membantu siswa untuk semangat dalam proses belajar mengajar Sehingga pada kegiatan inti guru sudah dapat melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar berjalan lancar dan lebih bermakna bagi siswa.
Kekurangan:
-Pada video pembelajaran di atas pada kegiatan pendahuluan guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
-Pada saat menutup pelajaran sebaiknya guru memberikan kesimpulan pada materi pembelajaran yang diberikan agar siswa lebih paham dengan materi tersebut serta memberikan tugas PR agar lebih jelas materi yang telah diajarkan
– Pada video pembelajaran di atas sebaiknya guru menggunakan media/chart agar siswa betul-betul mengerti dengan materi yang telah diajarkan.
Nama : summei suherma
Nim : 858650864
Prodi : S1 PGSD
1. Menurut saya di dalam pembelajaran tersebut cukup baik dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Dimana guru mampu memberikan pengetahuan yang telah dimiliki siswa sebelumnya berupa penjumlahan dan pengurangan yang kemudian dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari siswa, sehingga hal tersebut akan dapat membuat pelajaran yang disajikan lebih bermakna dan sangat membantu.
Kekurangan di dalam vidio tersebut ialah tidak adanya salam pembukaan mampun berdoa sebelum pembelajaran tersebut.
Nama : Neneng Suharti
Nim : 856253934
Prodi : S1 PGSD
1. Menurut saya di dalam pembelajaran tersebut sudah baik dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Guru mengajarkan sifat-sifat pada operasi hitung. Sehingga dengan mempelajari sifat-sifat operasi hitung.
Kekurangan di dalam vidio tersebut ialah sebelum pembelajaran dimulai guru tidak ada kegiatan pembuka seperti: mengucapkan salam, berdo’a, mengecek kehadiran siswa, memeriksa kerapihan pakaian, serta posisi dan tempak duduk siswa.
adapun kelebihan dari video tersebut yaitu guru menjelaskan kepada siswa dengan melibatkan siswa, dengan melibatkan siswa ini siswa lebih cepat untuk bisa memahami sifat-sifat pada operasi hitung.