silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama : Ida nur janah
Nim : 857793139
Dalam video tersebut, dapat dilihat guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam, menanyakan kabar siswa, serta mengecek kehadiran siswa, sebelum melakukan pengaitan materi sebelumnya dengan kegiatan pembelajaran, alangkah lebih baik guru memberikan kalimat-kalimat motivasi kepada siswa serta menyampaikan tujuan pembelaran sehingga dapat menarik perhatian siswa dan membuat suasana kelas bersemangat, dan guru juga akan tau sejauh mana mengetahui kesiapan siswa dalam menerima pelajaran yang diberikan.
Pada kegiatan inti, guru sudah berhasil melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, dimana siswa maju kedepan untuk menjawab pertanyaan yang sudah di tampilkan dipapan tulis, hal tersebut juga dapat digunakan untuk melihat sejauh mana siswa dikelas paham terkait materi yang disampaikan. melihat hal tersebut, alangkah lebih baik lagi jika guru menggunakan media pembelajaran untuk membuat siswa lebih tertarik untuk memperhatikan penjelasan, karena dengan hanya menggunakan metode ceramah siswa cenderung cepat bosan dan kurang memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru.
pada video tersebut guru juga tidak melakukan kegiatan penutup, seperti memberikan refleksi, kesimpulan serta penguatan kepada siswa, guru juga tidak menutup kegiatan pembelajaran tersebut dengan berdoa bersama.
Nama : Nur Kumalasari
Nim : 858403026
Prodi : PGSD
Semester : 8
guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam, menanyakan kabar siswa, dan tidak mengecek kehadiran siswa alangkah lebih baik lagi jika guru menggunakan media pembelajaran untuk membuat siswa lebih tertarik untuk memperhatikan penjelasan.
Nama : Eci oktariani
Nim : 856817622
Upbjj : UT Bengkulu
Pokjar : kepayang
Kelemahan siswa terhadap Vidio tersebut, siswa belum banyak memahami operasi hitung, dan siswa belum mengenal tentang sifat- sifat operasi hitung, yaitu sifat komunikatif, sifat Distributif, dan sifat asosiatif.
Nama : Komariah
NIM : 858815846
Prodi : PGSD-S1
Menurut saya video pembelajaran di atas sudah bagus, namun di dalam video pembelajaran tersebut tidak ada kegiatan pendahuluan dan kegiatan penutup hanya terdapat kegiatan inti saja. Kegiatan pendahuluan berisi orientasi, presensi, apersepsi, motivasi. Sedangkan kegiatan penutup berisi guru menarik kesimpulan point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran, memeriksa pekerjaan siswa, berdoa dan mengucapkan salam penutup. Dalam video pembelajaran tersebut terlihat guru aktif mengajak peserta didik untuk berani mengemukakan pendapat dan berani tampil. Peserta didik juga aktif menjawab pertanyaan dari guru dan berani tampil.
NAMA : Frenky Z. Nalle
NIM : 859250668
PRODI : PGSD S1
UPBJJ : Kupang, NTT
POKJAR : Kota Kupang
Kekurangan
Menurut saya kekurangan dari video di atas adalah, dimana guru pada saat membuka pembelajaran, belum terlihat memotivasi siswa terlebih dahulu, Kemudian saat memberi pembelajaran guru maish kurang dalam membangun kominikasi dua arah, terlebih ini adalah pelajaran matematika.
Kelebihan
Menurut saya video ini sudah memberikan tujuan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung, yang di mana telah tergambarkan pada saat siswa maju ke depan dengan memberikan jawaban yang benar .
Saran
Menurut saya saran yang bisa saya berikan untuk video di atas adalah metode pembelajar mungkin dapat diganti dengan kelompok dan media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga. Sekian dari saya Teima Kasih.
Nama : Wida Nurmala
NIM : 856509979
Prodi : S1 PGSD
Pada video pembelajaran tersebut ada beberapa poin yang menurut saya perlu menjadi bahan pertimbangan dalam menyampaikan konsep dasar matematika. Pertama, guru sudah baik dalam menyampaikan teori dasar mengenai sifat operasi hitungnya, namun baiknya setelah menyampaikan teori, guru tidak terburu-buru untuk menyampaikan teori selanjutnya, perbanyak terlebih dahulu contoh-contoh soal yang bervariatif untuk disampaikan kepada peserta didik, agar peserta didik dapat lebih memahami konsep secara sistematis. selain itu, semakin banyak peserta didik diberikan contoh soal mereka akan terstimulus dan tertantang pemahamannya, sehingga teori yang disampaikan akan dipahami dengan tepat.
Kedua, dalam belajar matematika baiknya guru tidak bertanya kepada peserta didik secara tersurat apakah mereka sudah memahaminya atau belum, karena mayoritas peserta didik yang belum memahami cenderung tidak memberikan reaksi atau malah mengikuti temannya yang sudah paham, karena ada rasa takut yang membuat peserta didik enggan untuk bertanya. Solusinya, buatlah latihan soal singkat seperti yang telah diberikan dicontoh soal dengan menunjuk beberapa atau semua peserta didik. Sehingga dengan demikian guru dapat menganalisis dengan baik siapa saja peserta didik yang sudah memahami dan belum memahami. Karena pada dasarnya peserta didik memiliki kemampuan kognitif yang berbeda, maka perlakuannya pun harus berbeda. Dengan solusi tersebut dapat membantu guru untuk memberikan motivasi dan semangat dalam memahami pembelajaran kepada peserta didik secara merata.
Nama : Asep Saefullah
NIM : 857480032
Jurusan : PGSD S1
UPBJJ : Bandung
Analisis dari video tersebut, mungkin karena Video Pendahuluan tidak menampilkan Kata-kata Pendahauluan sehingga saya menganggap Pendahuluannya tidak tersedia.
Pemanfaatan Media belajar White Bord sangat baik sehingga siswa yang lain bisa melihat kedepan prosesnya, selain itu siswa yang belajar terlihat seperti pembelajaran simulasi karena terlihat disana siswa tidak mengeluarkan buku catatan sedikitpun.
tak terlihat juga ada Pekerjaan Rumah sebagai sarana untuk memperdalam pelajaran di sekolah.
nama : ERONUSI ZEGA
NIM : 855971906
Bismillah..
Menurut saya,penjelasan guru pada video tersebut sudah bagus,dan guru juga menggunakan metode tanya jawab yang melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran tersebut.
Dan saran saya,guru bisa menambahkan metode lain,seperti metode diskusi dan menggunakan media yang menarik agar semua siswa berperan aktif dalam pembelajaran tersebut.
Karena kalau dilihat dari video tersebut,sebagian Siswa masih ada yang kurang aktif dalam mendengarkan penjelasan guru.
Kelamahan guru dalam memulai pembelajaran guru tidak mengucapkan salam pembuka dan mengabsen siswa yang hadir. Kelebihan guru sudah mampu dalam menjelaskan secara detail dan terus mengulang-ngulang agar siswa paham.
Nama : Lenny Setyowati
NIM : 858809448
Jurusan : PGSD-S1
UPBJJ : Malang
Pokjar : Kota Kediri
Hasil analisis saya terhadap video simulasi pembelajaran di atas, yaitu sebagai berikut :
A. Kelebihan
– Penyampaian Guru pada video di atas sudah cukup baik. Beliau menggunakan kata-kata maupun kalimat yang mudah dipahami oleh siswa.
– Penggunaan metode tanya-jawab sangat tepat dalam memicu keaktifan para siswa dalam menjawab pertanyaan.
– Pemanfaatan media belajar dengan White Board (Papan Tulis) sudah bagus untuk menstimulasi fokus siswa terhadap materi pembelajaran.
B. Kelemahan
– Guru terlalu singkat/terburu-buru dalam menyampaikan materi operasi hitung pada bilangan Matematika. Saya rasa masih perlu dijabarkan kembali poin-poin penting maupun soal-soal tambahan.
– Media pembelajaran yang diguanakan kurang variatif, mengingat pada materi pembelajaran kali ini, siswa perlu diberikan penanaman konsep operasi hitung agar mudah untuk diingat,
– Dalam video di atas, Guru tidak menampilkan sesi pendahuluan dan penutupan dalam proses pembelajaran.
C. Saran
– Menurut saya, Guru dapat menggunakan metode pembelajaran lain, seperti diberi video interaktis terkait materi pembelajaran.
– Sebaiknya sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran, diberikan pendahuluan (untuk memacu semangat siswa sebelum proses pembelajaran) serta diberikan penutup pembelajaran (untuk me-review kembali materi yang telah diajarkan).
Terimakasih sebelumnya…
Nama : Lenny Setyowati
NIM : 858809448
Jurusan : PGSD-S1
UPBJJ : Malang
Pokjar : Kota Kediri
Hasil analisis saya terhadap video simulasi pembelajaran di atas, yaitu sebagai berikut :
A. Kelebihan
– Penyampaian Guru pada video di atas sudah cukup baik. Beliau menggunakan kata-kata maupun kalimat yang mudah dipahami oleh siswa.
– Penggunaan metode tanya-jawab sangat tepat dalam memicu keaktifan para siswa dalam menjawab pertanyaan.
– Pemanfaatan media belajar dengan White Board (Papan Tulis) sudah bagus untuk menstimulasi fokus siswa terhadap materi pembelajaran.
B. Kelemahan
– Guru terlalu singkat/terburu-buru dalam menyampaikan materi operasi hitung pada bilangan Matematika. Saya rasa masih perlu dijabarkan kembali poin-poin penting maupun soal-soal tambahan.
– Media pembelajaran yang diguanakan kurang variatif, mengingat pada materi pembelajaran kali ini, siswa perlu diberikan penanaman konsep operasi hitung agar mudah untuk diingat.
– Dalam video di atas, Guru tidak menampilkan sesi pendahuluan dan penutupan dalam proses pembelajaran.
C. Saran
– Menurut saya, Guru dapat menggunakan metode pembelajaran lain, seperti diberi video interaktis terkait materi pembelajaran.
– Sebaiknya sebelum dan sesudah melakukan pembelajaran, diberikan pendahuluan (untuk memacu semangat siswa sebelum proses pembelajaran) serta diberikan penutup pembelajaran (untuk me-review kembali materi yang telah diajarkan).
Terimakasih sebelumnya…