silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.
Rusdianto
–
–
- Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama : Fitriana
Nim :858071722
Menurut saya,siswa cukup baik dalam memainkan alat musik,terlihat dari antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Adapun kelemahan dan kelebihan guru tersebut,kelemahan nya yakni ia lngsung ke materi tanpa membuka atau memberikan motivasi belajar untuk para siswa/siswinya.kelebihannya
Yakni guru mampu mengamati kemampuan siswa-siswinya melalu mapel yang ia ajarkan.
Hal yang unik yakni,siswa dan guru tersebut bisa menggunakan media langsung untuk mempraktekkan alat musik tersebut.
Upaya yang bisa dilakukan guru tersebut agar pembelajarannya lebih efektif yakni,,seorang guru harus mampu mengkondisikan kelas,memapresiasi kemampuan siswa,dan penympaian materinya harus secara jelas dan singkat agar mudah di pahami oleh para siswa/siswinya.
Nama : DEA SAFITRI .S
NIM : 856813919
SEMESTER : 8
POKJAR : MUKOMUKO
Berdasarkan Video yang telah di perhatikan :
guru sudah baik dalam mangajar dan anak – anak terlihat antusias dalam mengikuti praktek mengajar. guru sudah menjelaskan dengan baik dari teknik-teknik penjarian dalam memainkan pianika, penjelasakn nilai ketukan pada nada. namun dalam menjelaskan nilai ketukan dalam nada hendaknya guru menunujukkan kepada siswa mana nilai ketukan pada nada 1 atau nada 3 pada pianika tidak langsung meminta anak untuk memperaktikkannya walaupun siswa tau yang mana nada tersebut.
Guru sudah bagus dengan memperhatikan anak dengan berkeliling melihat anak yang belum fasih bermain dan anak yang sudah fasih bermain pianika.
pada awal pembelajaran guru tidak meminta anak untuk berdoa dan mengucapkan salam, hendaknya sebelum memulai kegiatan pembelajaran lebih baik diawali apresiasi dengan doa, menanyakan kabar anak dan melakukan pengecekan kehadiran lalu mulai pembukaan pembelajaran.
dalam pembukaan pembelajaran guru tidak mengenalkan dahulu apa itu nada,notasi angka dan teknik penjarian namun langsung melaksanakan praktik. guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
anak – anak mudah memahami karena guru melaksanakan praktek dengan langsung menggunakan alat musik atau media langsung.
usul saya guru lebih harus menguasi kelas dengan baik, memulai kegiatan belajar mengajar dengan apresiasi, dan menjelaskan materi dengan benar dan baik agar anak dapat lebih mengerti dalam belajran mengajar yang berlangsung.
Nama : DEA SAFITRI .S
NIM : 856813919
SEMESTER : 8
POKJAR : MUKOMUKO
Berdasarkan Video yang telah di perhatikan :
guru sudah baik dalam mangajar dan anak – anak terlihat antusias dalam mengikuti praktek mengajar. guru sudah menjelaskan dengan baik dari teknik-teknik penjarian dalam memainkan pianika, penjelasakn nilai ketukan pada nada. namun dalam menjelaskan nilai ketukan dalam nada hendaknya guru menunujukkan kepada siswa mana nilai ketukan pada nada 1 atau nada 3 pada pianika tidak langsung meminta anak untuk memperaktikkannya walaupun siswa tau yang mana nada tersebut.
Guru sudah bagus dengan memperhatikan anak dengan berkeliling melihat anak yang belum fasih bermain dan anak yang sudah fasih bermain pianika.
pada awal pembelajaran guru tidak meminta anak untuk berdoa dan mengucapkan salam, hendaknya sebelum memulai kegiatan pembelajaran lebih baik diawali apresiasi dengan doa, menanyakan kabar anak dan melakukan pengecekan kehadiran lalu mulai pembukaan pembelajaran.
dalam pembukaan pembelajaran guru tidak mengenalkan dahulu apa itu nada,notasi angka dan teknik penjarian namun langsung melaksanakan praktik. guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
anak – anak mudah memahami karena guru melaksanakan praktek dengan langsung menggunakan alat musik atau media langsung.
usul saya guru lebih harus menguasi kelas dengan baik, memulai kegiatan belajar mengajar dengan apresiasi, dan menjelaskan materi dengan benar dan baik agar anak dapat lebih mengerti dalam belajran mengajar yang berlangsung.
Nama : Dimas Triadi Nugraha
NIM : 855857727
Semester : 6
Setelah saya menonton dan mengamati video yang tersebut. Hasil pengamatan saya :
1. Tidak terlihat adanya kegiatan pembuka oleh guru seperti mengucapkan salam, mengkondikasikan kelas, berdoa sebelum belajar, apersepsi, menyampaikan tujuan pembelajaran maupun kegiatan yang akan dilakukan.
2. Penyampaian materi pembelajaran terlalu monoton
3. Diakhir video, juga tidak ada kegiatan penutup seperti refleksi, menyimpulkan pembelajaran, maupun penguatan oleh guru
Nama : Siti Vijayani
Nim : 855856417
pokjar: Labuhan Batu Utara
UPJJ : UT MEDAN
1. reaksi anak senag didalam proses pembelajaran menggunakan alat musik pianika karena proses belajar nya sudah menggunakan media pembelajaran seperti alat musik pianika yang sydah disediakan olehsekolah dalalm hal tersebut anak-anak lebih mudah mengerti
2. kelemahan dari video tersebut guru tidak melakukan terlebih dahulu berdoa sebelum memulai pembelajaran
3. kelebihan guru menjelaskan dengan baik dan benar maka dari itu anak-anak ketika belajar menggunakan alat musik sudah bisa menggunakannya dengan baik
4. hal-hal unik yang ditemukan adalah guru dengan keterampilan menjelaskan terlebih dahulu dari materi not-not nada yang akan dipelajarin terlebih sebelum memulai pembelajaran
5. guru terbantu sekali ketika sekolah sudah menyediakan media pembelajaran dan alat musik seperti yang ada video sudah tersedia alat music dalam hal tersebut anak-anak yang berpontensi lebih cepat mengerti
5.
Nama: Monika Permata Megawati Sipahutar
NIM: 856039821
Pokjar: Tapteng
UPBJJ: UT MEDAN
1. Kelemahan pembelajaran dalam video
a) Guru sebaiknya menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan partitur lagu dan struktur partitur lagu.
b) Di kegiatan inti guru sebaiknya menjelaskan terlebih dahulu tentang not angka, dan menjelaskan pula dalam memainkan pianika yang cukup penting diketahui adalah tuts berwana hitam dan putih, mengenalkan penempatan jari saat memainkan pianika agar jari tidak kaku. dan pengaturan nafas saat tuts ditekan.
c) Terlihat dari vidio tersebut ada beberapa siswa yang belum mengerti cara memainkan pianika.
d) Guru tidak memberika tugas kepada siswa. Misalnya, guru memberikan tugas di pertemuan selanjutnya setiap siswa bisa memainkan lagu “Indonesia Raya” dengan ketukan yang tepat.
2. Kelebihan pembelajaran dalam video
a) Untuk pemaparan materi yang disajikan sudah sesuai dengan kompetensi dasar yang perlu dikuasai peserta didik.
b) Minat dan bakat siswa dalam pembelajaran alat musik sederhana sangat baik.
c) Siswa aktif berpartisipasi dan memperhatikan pembelajaran yang dijelaskan guru di depan kelas.
d) Menggunakan media alat musik sudah sangat tepat untuk anak kelas 4 SD
e) Materi lagu Indonesia raya juga sudah sangat tepat karena anak sudah hafal lagunya dan tinggal mengajarkan not nya saja.
3. Hal unik yang terdapat dalam Video Pembelajaran
Hal-hal unik yang saya temukan dalam video yaitu ketika guru mengajak semua siswa untuk memainkan pianikanya masing-masing yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, ada seorang siswa yang terlihat kebingungan. Siswa tersebut terlihat melihat ke kanan dan ke kiri sementara teman-temannnya yang lain berfokus memainkan pianikanya masing-masing.
Nama: Monika Permata Megawati Sipahutar
NIM: 856039821
Pokjar: Tapteng
UPBJJ: UT MEDAN
1. Kelemahan pembelajaran dalam video
a) Guru sebaiknya menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan partitur lagu dan struktur partitur lagu.
b) Di kegiatan inti guru sebaiknya menjelaskan terlebih dahulu tentang not angka, dan menjelaskan pula dalam memainkan pianika yang cukup penting diketahui adalah tuts berwana hitam dan putih, mengenalkan penempatan jari saat memainkan pianika agar jari tidak kaku. dan pengaturan nafas saat tuts ditekan.
c) Terlihat dari vidio tersebut ada beberapa siswa yang belum mengerti cara memainkan pianika.
d) Guru tidak memberika tugas kepada siswa. Misalnya, guru memberikan tugas di pertemuan selanjutnya setiap siswa bisa memainkan lagu “Indonesia Raya” dengan ketukan yang tepat.
2. Kelebihan pembelajaran dalam video
a) Untuk pemaparan materi yang disajikan sudah sesuai dengan kompetensi dasar yang perlu dikuasai peserta didik.
b) Minat dan bakat siswa dalam pembelajaran alat musik sederhana sangat baik.
c) Siswa aktif berpartisipasi dan memperhatikan pembelajaran yang dijelaskan guru di depan kelas.
d) Menggunakan media alat musik sudah sangat tepat untuk anak kelas 4 SD
e) Materi lagu Indonesia raya juga sudah sangat tepat karena anak sudah hafal lagunya dan tinggal mengajarkan not nya saja.
3. Hal unik yang terdapat dalam Video Pembelajaran
Hal-hal unik yang saya temukan dalam video yaitu ketika guru mengajak semua siswa untuk memainkan pianikanya masing-masing yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, ada seorang siswa yang terlihat kebingungan. Siswa tersebut terlihat melihat ke kanan dan ke kiri sementara teman-temannnya yang lain berfokus memainkan pianikanya masing-masing.
Nama : Fajar Maulana
NIM : 856986923
Prodi : PGSD
Semester :8 (Delapan)
Kelas : A
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Sidomulyo
1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Reaksi anak/siswa dalam pembelajaran tentang memainkan alat musik sederhana ini sudah sangat baik, terlihat dari siswa yang memiliki antusiasme tinggi hal ini ditunjukkan dengan cara siswa mengikuti setiap penjelasan materi dan arahan dari gurunya dalam mengikuti pembelajaran.
2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru yang pertama terlihat pada awal pembelajaran dimana guru langsung masuk inti pembelajaran tanpa melakukan salam pembuka atau pun melakukan apersepsi dan langsung menyampaikan materi pembelajaran. Kemudian guru juga tidak menjelaskan tujuan dari pembelajaran kali ini.
3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu setelah guru menyampaikan materi pembelajaran dan tekniknya. Guru secara langsung mengamati perkembangan kemampuan dari siswanya, kemudian guru juga memberikan bimbingan dan memberikan semangat langsung kepada siswa supaya tetap termotivasi untuk terus belajar walaupun belum menguasainya.
4. Apa saja hal-hal yang sangat baik untuk mendukung perkembangan siswa dalam mengikuti pembelajaran yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal yang sangat baik dan tepat yang dilakukan oleh guru terdapat dalam video tersebut terletak dari media ajar yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode praktek langsung. Guru dan siswa langsung melaksanakan praktek dengan menggunakan media langsung yaitu alat musik piano tiup, dengan menggunakan media langsung seperti ini siswa akan lebih mudah untuk memahami materi pembelajaran tersebut.
5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan atau ditargetkan oleh seorang guru, tentunya guru tersebut haruslah bisa menguasai materi dan juga mengkondisikan siswa dikelas supaya bisa dalam keadaan siap untuk menerima pembelajaran. Mengucapkan salam di awal pembukaan pembelajaran, melakukan Apersepsi dan metode dalam penyampaian materi sangat diperlukan apalagi dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam metode penyampaian materi dan penggunaan media pembelajaran itu bisa ditingkatkan atau pun bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa didalam kelas.
Nama : RADHA RANI
NIM : 855752937
Prodi : PGSD
Semester : 6
Pokjar : BANJAR AGUNG
UPBJJ : UT BANDAR LAMPUNG
Hasil analisis saya:
1. Reaksi Anak/Siswa Terhadap Kegiatan Pembelajaran:
Siswa mungkin menunjukkan beragam reaksi terhadap kegiatan pembelajaran memainkan alat musik sederhana pianika yang dilakukan guru. Beberapa kemungkinan reaksi termasuk:
– Ketertarikan: Beberapa siswa mungkin tertarik dan antusias untuk belajar memainkan alat musik sederhana seperti pianika.
– Kecurigaan: Ada kemungkinan bahwa beberapa siswa awalnya skeptis atau tidak tertarik, tetapi mungkin tertarik seiring berjalannya pembelajaran.
– Keengganan: Beberapa siswa mungkin merasa enggan atau tidak nyaman dengan kegiatan tersebut, terutama jika mereka tidak terbiasa dengan memainkan alat musik.
2. Kelemahan Guru dalam Pembelajaran Memainkan Alat Musik Sederhana Pianika:
– Kurangnya Keterampilan: Jika guru tidak memiliki keterampilan yang memadai dalam memainkan pianika atau mengajar siswa dalam memainkannya, ini bisa menjadi kelemahan.
– Kurangnya Perencanaan: Kurangnya perencanaan yang matang dalam pengajaran alat musik bisa membuat pembelajaran tidak terstruktur dan kurang efektif.
– Kurangnya Pengetahuan: Guru mungkin kurang memahami cara terbaik untuk mengajarkan memainkan alat musik kepada siswa dengan cara yang menyenangkan dan menarik perhatian mereka.
3. Kelebihan Guru dalam Pembelajaran Memainkan Alat Musik Sederhana Pianika:
– Kreativitas: Guru dapat menunjukkan kreativitas dalam mengajar dengan menggunakan pendekatan yang berbeda-beda untuk menarik perhatian siswa.
– Interaktif: Guru mungkin menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif dan mendukung, yang memungkinkan siswa untuk merasa nyaman dalam mencoba dan belajar memainkan alat musik.
– Penguatan Positif: Guru mungkin menggunakan penguatan positif untuk memberikan dukungan dan dorongan kepada siswa yang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.
4. Hal-Hal Unik yang Ditemukan dalam Video:
– Penggunaan metode pembelajaran yang kreatif dan interaktif.
– Kemampuan guru untuk mengaitkan pembelajaran dengan kegiatan yang menarik perhatian siswa.
– Pendekatan yang mendukung penggunaan alat musik sederhana untuk memperkenalkan konsep-konsep dasar dalam musik.
5. Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran:
– Peningkatan Keterampilan: Guru perlu terus meningkatkan keterampilan mereka dalam memainkan alat musik dan mengajar dengan pendekatan yang efektif.
– Perencanaan yang Matang: Penting untuk memiliki perencanaan yang matang dan terstruktur dalam pengajaran alat musik, termasuk menentukan tujuan pembelajaran yang jelas dan metode pengajaran yang sesuai.
– Pelatihan dan Pengembangan: Guru dapat mengikuti pelatihan dan pengembangan profesional dalam pengajaran alat musik untuk meningkatkan keterampilan mereka dalam bidang tersebut.
NAMA : Meli Agustina
NIM : 855735719
Pokjar : Baradatu
UPBJJ : Bandar Lampung
1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Semua anak merasa senang dan manusia dalam hidup kita pembelajaran mereka semua dengan sangat gembira memainkan alat musik pianika yang mereka gunakan sebagai memperhatikan dan memahami pengajaran yang dilakukan oleh gurunya.
2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam pembelajaran?
Kegiatan pembelajaran langsung ke inti kegiatan tidak adanya kegiatan awal atau pembuka dalam kegiatan pembelajaran, proses kegiatan pembelajaran pun terlalu monoton.
3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam pembelajaran?
Guru langsung memberikan praktik di depan kelas dengan jelas sambil memperagakan secara langsung setiap ketukan not sehingga siswa bisa dapat dengan mudah memperhatikan dan langsung mempraktikkan apa yang sedang diajarkan.
4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam pidato tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Pada saat guru mengajak siswanya untuk bersama-sama memainkan pianika dengan instrumen lagu Indonesia Raya terlihat beberapa siswa yang malah asyik senyum-senyum dan hanya memperhatikan temannya saja yang memainkan pianika tanpa memainkan pianika yang ada di depannya.
5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Sebelum memulai kegiatan pembelajaran sebaiknya guru melakukan kegiatan awal atau pembukaan dalam proses pembelajaran, bisa diawali dari kegiatan berdoa dan kegiatan-kegiatan pembukaan lainnya supaya siswa bisa tahu alur dari pembelajaran yang akan diajarkan nanti seperti apa. Guru juga perlu meningkatkan variasi dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan agar siswa tidak cepat bosan dalam mengikuti kelas pembelajaran.