silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.
Rusdianto
–
–
- Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama : Nadia Safira
NIM : 857024064
UPBJJ: Bandar Lampung
Pokjar : metro
Memainkan Alat Musik Sederhana
Setelah melihat vidio tersebut belajar alat musik terlihat kondusif antara guru maupun siswa, siswa terlihat bersemangat hanya masih kurang kompak antara panjang nya tarikan nafas. Dan lebih baik guru memberi tanda mana tinggi, rendahnya nada. Praktik bermain alat musik lebih bagus langsung menggunakan alat tersebut. Dengan guru yg sabar mengajar anak murid nya.
Nama : S A A R I A H
NIM : 878194823
Setelah saya melihat video ada beberapa hal yang saya pelajari :
setelah saya mengamati atau melihat vidio seni budaya dalam pembelajaran di SD guru tidak memberikan salam,tidak melakukan absensi ,dan tidak mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya kepara siswa,akan tetapi siswa sangat konsentrsi dan tenang dalam memainkan musik,,guru mengajarkan siswa alat musik dan langsung memprakteknya dengan lagu,bagian penutup pejaran guru tidak memberikan kesimpulan dan memberikan salam penutup.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : DEFI MUSDARIAH
NIM. : 856656465
1. Pada saat proses belajar mengajar siswa sudah aktif dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru. Anak-anakpun terlihat sangat mahir dalam memainkan alat musik.
2. Adapun kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran guru tidak menyapa murid dengan memberi salam, mengadakan ice breaking, mengabsen kehadiran anak, dan tidak memberikan apersepsi. Terlihat pula di akhir pembelajaran guru tidak melakukan refleksi kepada siswanya dan kesimpulan dari apa yang sudah dipelajari.
3. Guru sudah mengajarkan teknik cara memainkan alat musik. Terlihat pula guru memperhatikan dan membimbing siswa serta siswa pun sangat berkonsentrasi dalam memainkan alat musik. Materi dan alat media sudah sesuai dengan baik (tersedia).
Sekian terimakasih wassalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Wan Safitri
NIM : 856084415
Menurut saya, dalam mengajarkan teknik alat musik sederhana khususnya piano, sebagai guru menjelaskan ciri-ciri alat musik tersebut dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk memegang, menekan tutts, dan meniup piano, walaupun siswa belum memahami dengan baik dan benar.apa nada pada piano? Setidaknya hal ini telah memberikan siswa pengalaman belajar tentang piano. Setelah itu guru mengajarkan kepada siswa tentang deretan kunci apa saja yang harus diingat oleh siswa dimulai dari do, re, mi, fa ,sol, la, si, do.Setelah siswa memahami dan dapat menghafalnya, guru mengajarkan teknik dan memberikan contoh cara bermain piano yang baik dan benar
Pada hari Jumat, 25 Oktober 2024 saya menonton vidio dengan materi “Memainkan Alat Musik Sederhana” yang ada di Guru Pintar Online (GPO).
Setelah menonton vidio diatas saya melihat bahwa peserta didik sudah memahami materi nya dengan baik dan peserta didik juga sudah mahir dalam memainkan alat musik nya.
Namun menurut saya Kekurangan guru tidak ada melakukan kegiatan pembuka seperti salam, doa maupun memeriksa kehadiran peserta didik, begitu juga diakhir pembelajaran tidak ada kesimpulan maupun doa penutup.
Saran saya sebaiknya lakukan terlebih dahulu kegiatan awal pembelajaran (salam, doa maupun memeriksa kehadiran peserta didik). Dan lakukan juga kegiatan penutup (apersepsi, kesimpulan, penguatan dan doa penutup).
NAMA : RIDHO BITARA BAKHSAN
NIM : 877628653
KELAS : SEMESTER 6 B
POKJAR : SALUT AMBARAWA
Setelah menonton video pembelajaran diatas terdapat saya menilai terdapat kelebihan dan kekurangannya, yakni:
Kelebihan:
1. Strategi pembelajaran aktif diterapkan dengan baik, seperti adanya guru yang memberikan contoh memainkan alat musik yang diberikan tanda nada, serta diberikan buku lagu yang akan dipelajari. Mengajak siswa terlibat untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar memainkan alat music melodi sederhana.
2. Pada saat proses belajar mengajar siswa sudah aktif dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru. Anak-anakpun terlihat sangat mahir dalam memainkan alat musik.
3. Guru sudah mengajarkan teknik cara memainkan alat musik. Terlihat pula guru memperhatikan dan membimbing siswa serta siswa pun sangat berkonsentrasi dalam memainkan alat musik. Materi dan alat media sudah sesuai dengan baik (tersedia).
Kekurangan:
1. Ketika awal pembelajaran guru tidak meminta anak anak untuk berdoa terlebih dahulu. Adapun kelemahan guru yang lain dalam melakukan pembelajaran guru tidak menyapa murid dengan memberi salam, mengadakan ice breaking, mengabsen kehadiran anak, dan tidak memberikan apersepsi.
2. Terlihat pula di akhir pembelajaran guru tidak melakukan refleksi kepada siswanya dan kesimpulan dari apa yang sudah dipelajari.
nama : mely meliana hasan
nim : 857151081
sesudah melihat video GPO online tersebut sangat teratur dalam mempraktekan alat musik siswa nya sangat menghayati alunan piano tersebut dan mudah di mengerti nada nada yang di berikan oleh guru
Nama : Olaura Dominggos Silaen
Nim : 860108095
Setelah menonton video di atas yang saya dapat ialah guru dapat menguasai materi yang akan di ajarkan dan dapat mempraktekan secara langsung di depan peserta didik.
NAMA : MEISELLA MUHTI SEPTIA
NIM : 857032878
POKJAR : SIDOMULYO
Menanggapi vidio pembelajaran tersebut adalah
1. Reaksi siswa ketika awal pembelajaran berlangsung adalah siswa senang didalam proses pembelajaran menggunakan alat musik pianika karena proses belajar nya sudah menggunakan media pembelajaran seperti alat musik pianika yang sudah disediakan oleh sekolah dalam hal tersebut anak-anak lebih mudah mengerti.
2. kelemahan dari video tersebut adalah guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti berdoa sebelum pembelajaran dimulai.
3. kelebihan dari video tersebut adalah guru menjelaskan dengan baik dan benar maka dari itu anak-anak ketika belajar menggunakan alat musik sudah bisa menggunakannya dengan baik
4. hal-hal unik yang ditemukan adalah guru dengan keterampilan menjelaskan terlebih dahulu dari materi not-not nada yang akan dipelajarin terlebih sebelum memulai pembelajaran
5.Adapun upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ialah hendaknya ketika akan memulai kelas kiranya guru harus melakukan kegiatan awal pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui apakah siswa telah siap untuk menerima pembelajaran, dilanjutkan dengan menjelaskan tujuan pembelajaran
nama : PUPUT ADILA
nim : 857038521
pokjar : sidomulyo
izin menanggapi video pembelajaran seni di sd dengan judul “memainkan alat musik sederhana”
1. Dalam video tersebut, siswa dibimbing untuk dapat memainakan alat musik pianika, dalam kegiatan tersebut juga guru sangat detail dalam memberikan pelajaran dan materi
2. menurut saya mungkin kelemahan guru dalam video diatas adalah ketika siswa bingung dalam memindahkan titik not dengan menggunakan jari yang telah diajarkan
3. Guru sangat detail dalam mengajarkan, dalam menggunakan ruas jari dalam setiap not dan sangat membantu bagi siswa siswinya
4. Menyanyikan lagu daerah dan lagu nasional menggunakan alat musik pianika
5. Saya akan melakukan kegiatan dengan cara memperbaiki sejak awal pembelajaran, kegiatan inti, dan kegiatan penutup serta menggunakan alat media pembelajaran agar dapat menarik minat siswa guna mendapatkan kegiatan belajar mengajar yang lebih aktif