silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.
Rusdianto
–
–
- Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama : Adaja Rara Theaomay
Nim : 859774965
Izin memberikan komentar 🙏
Kegiatan memainkan alat musik sederhana kurang terarah. Siswa terlihat bingung dan tidak serempak dalam memainkan alat musik, menunjukkan bahwa instruksi dari guru belum jelas atau tidak dipahami dengan baik.
Selain itu, tidak ada contoh langsung atau panduan ritme yang diberikan, sehingga aktivitas jadi kurang terkoordinasi dan tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal.
Nama : Kinasih Wijayanti
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ-UT Surakarta
Berdasarkan video tersebut, salah satu pembelajaran seni adalah dengan memainkan alat musik sederhana bagi siswa. Siswa bisa diminta untuk membawa alat musik sederhana seperti pianika. Kemudian setiap siswa dibagikan buku lagu sebagai bahan untuk memainkan alat musik pianika tersebut.
Sebelum memainkan pianika, terlebih dahulu siswa diajarkan mengenai nilai dan ketukan nada atau notasi angka seperti “1 do 2 re 3 mi 4 fa 5 sol 6 la 7 si 1. do”. Sehingga siswa mengenal nada-nada notasi dalam pianika. Selain itu siswa juga diajarkan tentang tanda-tanda pada notasi, misalnya tanda diam atau mulai dan teknik penjarian. Setelah itu, siswa diminta untuk mencoba membunyikan pianika sesuai notasi angka pada sebuah lagu di dalam buku. Sebaiknya guru memulai dengan lagu yang sederhana seperti lagu nasional “Padamu Negeri” mudah dihafal, baru setelahnya dapat mencoba lagu yang lain.
Nama : Nur Aminah
NIM : 859774736
Kegiatan bermain alat musik sudah bagus, tapi guru kurang memberi arahan yang jelas, jadi siswa terlihat bingung dan koordinasinya kurang rapi.
Nama : muhammad fattahul ikrom
NIM : 858948889
Menurut saya ada beberapa komentar yang perlu disampaikan yaitu :
Kelamahan dari guru dalam video diatas tidak memberikan penjelasan tentang alat musik yang dimainkan, bagaimana cara menggunakannya. Sehingga siswa masih terlihat cukup kebingungan dalam mengikuti rangkaian pembelajaran yang disampaikan oleh guru tersebut.
Namun ada kelebihannya yaitu jika menggunakan media pembelajaran membuat siswa antusias dalam mengikuti prmbelajaran karena mereka akan mencoba hal baru dari pengalaman/contoh yang diberikan oleh guru diatas.
nama : siti aminah
salut : klaten.
dalam pembelajaran seni musik di Sd, sebagai seorang guru harus mampu menciptakan suasana yang menyenangkan, dan memulai dari alat musik sederhana seperti pianika, lalu mengenalkan not nada secara sederhana dan di praktekan langsung. guru juga dapat menggunakan permainan maupun memainkan musik sederhana, yang sering di nyanyikan ketika kegiatan sekolahan, maupun lagu yang mudah untuk di hafal, contoh ibu kita kartini, indonesia raya.
partisipasi siswa sangatlah penting, dengan praktek langsung siswa menjadi faham , oh tenyata seoperti ini bunyi not dasar itu, Do..Re..Mi..Fa..Sol..
Bahasa Indonesia
1. dari video pembelajaran tersebut. berikut tanggapan yang bisa saya simpulkan. seorang guru belum maksmal melakukan kegiatan pembukaan pembelajaran yang seharusnya dalam kegiatan tersebut. guru banyak melakukan kegiatan penbukaan sebelum melaksanakan pembelajaran agar pebelajaran bisa diterima. namun, jika kita melihat dalam penggunaan media pembelajaran yang dilakuka cukup baik misal menggunakan media gambara atau suku kata yang mudah dipahami, guru akan lebih santai dan siswa juga mudah memahami penjelasan guru tersebut.
seni
setelah menyimak pembelajaran seni diatas, sebagian anak sangat antusias karena kegiatan seni diatas sangat menyenangkan, dan bermanfaat bagi siswa karena siswa dapat memainkan alat musik secara langsung serta dapat memhami lagu-lagu kebangsaan dengan baik. kemampuan siswa dalam memainkan alat musik pianika contohnya dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik mereka selain itu guru juga telah melakukan pembelajaran secara efektif karena guru memadukan kegiatan teori dan praktik secara bersamaan
seni
setelah menyimak pembelajaran seni diatas, sebagian anak sangat antusias karena kegiatan seni diatas sangat menyenangkan, dan bermanfaat bagi siswa karena siswa dapat memainkan alat musik secara langsung serta dapat memhami lagu-lagu kebangsaan dengan baik. kemampuan siswa dalam memainkan alat musik pianika contohnya dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan motorik mereka selain itu guru juga telah melakukan pembelajaran secara efektif karena guru memadukan kegiatan teori dan praktik secara bersamaan dan kompak
Nama : Putri Ramadhani
Nim : 859773727
Dalam video “Memainkan Alat Musik Sederhana” ini, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, terutama di bagian awal. Guru tidak memberikan salam pembuka, tidak ada kegiatan perkenalan antar siswa atau dengan guru, dan tujuan pembelajaran juga tidak disampaikan dengan jelas. Padahal, kegiatan persiapan dan menyampaikan tujuan itu penting agar siswa mengerti apa yang akan mereka pelajari dan apa yang diharapkan dari mereka selama pelajaran berlangsung. Jika bagian awal ini kurang baik, siswa bisa jadi sulit memahami pelajaran secara keseluruhan dan bingung selama proses belajar.
Assalamualaikum wr.wb
perkenalkan Nama : Tia Nurhaz
NIM : 860199389
UPBJJ : Tasikmalaya
Terkait dengan video tersebut terdapat kelebihan dan kekurangan diantaranya
kelebihan :
1. antusiasme peserta didik sangat baik
2. ada guru yang membimbing dan menjelaskan praktik menekan tuts pianika
3. meningkatkan sikap nasionalisme cinta terhadap tanah air
4. kesabaran guru dalam menjelaskan tuts pianika
kekurangan :
1. Tidak ada pendahuluan dalam pembelajaran, seperti memberi salam, menyampaikan tujuan, adanya apersepsi dan pertanyaan pemantik serta menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan
2. tidak ada penutup dalam pembelajaran, seperti refleksi evaluasi dan lain sebagainya
3. perlunya penjelasan materi yang mendalam dengan peserta didik tidak langsung melakukan praktik memaminkan pianika.
4. bisa menggunakan media teknologi lcd dan proyektor untuk penjelasan materi
Terimakasih Wassalamualaikum wr.wb