silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.
Rusdianto
–
–
- Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Syarifah Rizka Savira
858081898
Didalam video tersebut, seorang guru sedang melakukan pembelajaran praktik secara langsung dengan menggunakan alat pianika, sehingga siswa dapat memahami dimana letak nada yang tercantum didalam alat tersebut. Guru juga menjelaskan notasi dan tangga nada yang terdapat didalam pianika tersebut, seperti do, re, mi , fa , sol , la , si, do.
Nama : Nurul maulana
Nim : 858946839
UPBJJ : Jember,
dari video pembelajaran di atas menurut saya guru langsung menjelaskan pada inti pembelajaran, dan guru langsung menyuruh kepada peserta didik untuk mempraktekan, sehingga peserta didik masih terlihat kebingungan.
Namun, dari video di atas ada juga kelebihannya bagi peserta didik yaitu, meningkatkan semangat belajar kepada anak, peserta didik lebih tertarik dengan pelajaran seni budaya, lebih menanamkan rasa nasionalisme kepada peserta didik dengan belajar memainkan pianika dengan lagu indonesia raya, peserta didik lebih paham dengan pelajaran seni musik ini dikarenakan belajar langsung mengg0unakan alat bukan hanya angan-angan saja
Nama : Deskha Dwi Kartika
NIM : 858085981
UPBJJ PONTIANAK
Guru melakukan pembelajaran yang efektif dengan memadukan teori dan praktik. Kemampuan siswa dalam memainkan alat musik juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif, dan motorik mereka.
Nama : Gina Novianti Asti Mustari
NIM : 857489759
UPBJJ: Kota Bandung
kelemahan :
– tidak membuka kelas dengan menggunakan ice breaking, karna pada zaman sekarang ice breaking amatlah sangat penting karna jika hati anak senang maka pikiran dan hatinya mudah menerap apa yang kita sampaikan
kelebihan
– guru tersebut memberikan ilmu dengan sangat mudah tenang membuat anak lebih mudah menyerap informasi
– guru tersebut telah memberikan ilmu besar tata letak jari dalam menggunakan pianika, membuat anak merasa lebih mudah dalam menggunakan alat tersebut
Nama : siti Munthofiyah
Nim : 857757694
Upbjj : UT-Semarang
Kelemahan :
1) tidak ada apersepsi kepada anak tentang partitur dan alat musik sederhana itu apa saja
2) tidak disampaikan tujuan pembelajarannya
3) anak langsung praktik sebelum dijelaskan penjarian
4) tidak adanya kesempatan bertanya diakhir pembelajaran. Dalam artian belum ada kesimpulan pembelajaran hari itu.
Kelebihan :
1) alat musik yang dimainkan sederhana dan mudah untuk dipelajari anak dalam penjarian maupun mengenal tangga nada
2) guru mengecek satu per satu teknik penjarian kepada anak sehingga memotivasi anak untuk belajar lebih keras lagi
Nama : Andeska
NIM : 856256298
Dari vidio diatas dapat dismpulkan bahwa dalam memainkan alat musik sederhana, memainkanya secara langsung dengan alat nya dapat lebihh lama tersimpan dimemori anak, dan anak mennjadi lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, hal ini tentunnya dapat lebih memberikan efek terbaik kepada guru dan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar disekolah
Nama : Anisa Rahmayani
NIM : 357138004
UPBJJ : Jakarta
Video ini menampilkan pembelajaran seni musik di kelas rendah Sekolah Dasar dengan tema memainkan alat musik sederhana. Guru mengajak siswa untuk aktif berpartisipasi melalui eksplorasi alat musik sederhana yang ada di sekitar mereka. Kegiatan ini mendorong keterlibatan siswa secara aktif dan meningkatkan kreativitas mereka.
Analisis Pembelajaran
Strategi Pembelajaran yang Diterapkan:
– Guru menggunakan pendekatan eksplorasi dengan mengajak siswa memainkan alat musik sederhana, sehingga siswa lebih aktif dalam pembelajaran.
– Guru memberikan penguatan positif terhadap respon siswa, yang meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri siswa dalam mengikuti kegiatan.
– Siswa didorong untuk menemukan benda lain di sekitar mereka yang bisa dijadikan alat musik, melatih kreativitas dan pemahaman tentang sumber bunyi.
Catatan:
– Guru sebaiknya memberikan penjelasan awal tentang konsep “bertambah” dan “berkurang” untuk memperjelas materi yang dibahas dalam permainan musik.
– Penggunaan media dan alat bantu dalam pembelajaran sudah cukup baik, namun bisa lebih ditingkatkan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa.
– Materi dan pendekatan yang digunakan telah sesuai dengan tingkat perkembangan siswa di kelas rendah.
Video ini menekankan pentingnya menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan eksplorasi dan interaksi efektif dapat meningkatkan pemahaman siswa serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif.
Nama : Zahra Hanan Dzakiyyah
Nim : 857608238
Izin menanggapi video “Memainkan alat musik sederhana”
1. Reaksi anak pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu anak-anak antusias dan senang dalam memainkan alat musik.
2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru di awal tidak melakukan pembukaan seperti salam, presensi, menanyakan kabar. Di akhir pembelajaran guru juga tidak memberikan evaluasi penutupan dan salam. Guru di awal juga tidak memberikan atau menampilkan materi atau not-not lagu yang akan dipraktekkan di layar monitor. Anak tidak diberi kesempatan untuk bertanya, sebelum mempraktekkan pianika, sehingga ada anak yang mengalami kebingungan.
3. Kelebihan guru melakukan pembelajaran yaitu guru mempraktekkan teknik jari-jari tangan pada pianika, guru mengawasi dan mengajarkan anak dalam memainkan pianika secara langsung pada lagu kebangsaan, dan anak-anak dapat meningkatkan cinta tanah air.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video pembelajaran di atas yaitu siswa langsung praktek pada lagu kebangsaan menggunakan pianika dengan seksama tanpa melihat not-not lagunya.
5. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu guru dapat membuat strategi dan tujuan pembelajaran dengan baik, kreatif dan inovatif. Di awal sampai akhir seharusnya guru dapat menerapkan langkah-langkah proses belajar mengajar dengan baik mulai dari salam, presensi sampai ke salam penutup. Sebaiknya guru sebelum praktek harus memberikan arahan dan materi pembelajaran. Semua itu dilakukan agar anak-anak paham, mengerti dan tidak ada yang kebingungan.
Terima Kasih🙏🏻
NAMA : Pratiwi Ismiati
NIM : 857363206
reaksi peserta didik menurut pendapat saya pasif dan diam, Peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran namun secara keseluruhan kelemahannya Guru tidak mereview pembelajaran sebelumnya dengan mengaikatkan pembelajaran yang akan di pelajari, Guru kurang berinteraksi dengan peserta didik . tidak menanyakan apakah peserta didik sudah faham atau belum
adapun kelebihan pada guru tersebut menjelaskan materi dengan mudah di pahami peserta didik, Guru memberikan pengalaman dalam bermain pianica dengan beberapa lagu yang mudah di kuasai, Guru memberikan pemahaman dalam memainkan pianica dengan mudah di mengerti oleh peserta didik.
Menurut pendapat saya sebaiknya guru membuka pembelajaran dengan berinteraksi dengan peserta didik terlebih dahulu, agar peserta didik bisa aktif dalam pembelajaran karena kurangnya interaksi antara peserta didik maka peserta didik hanya diam saja , namun dalam memberikan materi guru sangat baik dalam menjelaskan pembelajaran dengan mudah dan guru sudah benar berkeliling mengecek peserta didik yang belum faham dibantu setelah mempelajari video pembelajaran ini saya akan memberikan pembejaran yang lebih menyenangkan dan lebih aktif berinteraksi dengan peserta didik agar peserta didik tidak hanya diam saja selama pembelajaran berlangsung. terima kasih
NAMA : CYNTYA HELENA HASUGIAN
NIM : 857132067
kelemahannya :
Pada vidio tersebut seharusnya memulai pembelajaran mulai dari berdoa, menanyakan kabar serta memulai dengan icebreaking
seorang guru seharusnya menjelaskan / mencontohkan alat main musik tersebut terlebih dahulu sehingga siswa paham
kelebihannya :
alat musik yang di gunakan sangat mudah, karena alat musik tersebut sudah banyak yang punya
guru memeriksa siswa pada saat memainkan alat musik