Similar Posts
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Yuk Mengarang Bebas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Implementasi Metode Among “Ki Hajar Dewantara” dalam Pembelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya…. Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan…
Nama : Musyarofah
Nim : 858989995
Dari pengamatan saya terhadap video https://gurupintar.ut.ac.id/membaca-untuk-mendapatkan-informasi, yaitu :
Siswa sangat antusias dalam belajar tetapi masih ada beberapa siswa yang kurang fokus dalam belajar.
Dalam pembelajaran tersebut ada kelemahan dan kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran yaitu:
a) Beberapa kelemahan dalam proses pembelajaran tersebut adalah:
b) Guru belum mengucapkan salam pembuka.
c) Guru belum memeriksa kehadiran siswa, sehingga tidak terlihat berapa siswa yang hadir dan tidak hadir.
d) Guru belum memberikan motivasi semangat belajar siswa
Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut yaitu :
a) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
b) Guru menggunakan media pembelajaran saat pembelajaran
c) Guru melakukan inovasi pembelajaran dengan bermain sambil belajar sehingga siswa tidak bosan saat belajar.
Yang harus dilakukan oleh guru dalam pembelajaran setelah melihat tayangan vidio tersebut adalah
a) Guru harus melakukan apersepsi pada kegiatan awal pembelajaran yaitu, mengajak siswa berdoa, menyanyikan lagu nasional dan memeriksa absen siswa.
b) Guru melakukan ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa.
c) Guru bertanya apakah siswa tersebut sudah paham dengan materi yang disampaikan
d) Guru harus melakukan evaluasi pembelajaran
e) Guru menutup pembelajaran dengan mengajak siswa berdoa
f) Guru membuat media pembelajaran yang kreatif dan inovatif
Nurjannah
857002391
UPBJJ Bandar Lampung
Dalam video pembelajaran ‘Membaca Untuk Mendapatkan Informasi’ menunjukkan beberapa masalah yaitu guru tidak memberikan insentif, tugas rumah atau evaluasi kepada siswa, dan siswa lebih fokus pada alat peraga dari pada materi bacaan.
ini disebabkan oleh kurangnya perhatian guru pada evaluasi dan motivasi. selain itu guru tidak merencanakan tugas dan evaluasi sejak awal.
ketiadaan evaluasi hasil belajar adalah masalah yang dipilih, karena evaluasi sangat penting untuk mengukur bagaimana siswa memahami materi dan memperbaiki proses pembelajaran.
solusinya adalah memasukkan evaluasi di akhir kelas, memberikan tugas rumah dan menekankan betapa pentingnya memahami isi bacaan.
fokus masalah adalah bagaimana evaluasi sistematis dapat meningkatkan hasil pembelajaran membaca?
tujuan perbaikan adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa, meningkatkan metrik pencapaian belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran membaca.
kelebihan dari video :
1. guru menggunakan alat peraga (bakiak) untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton.
2. memberikan suasana baru yang menyegarkan bagi siswa, sehingga mengurangi kejenuhan belajar di dalam kelas.
3. siswa aktif bertanya, membaca, mengikuti perintah guru.
4. menghidupkan kembali permainan tradisional sebagai begian dari media pembelajaran.
kelemahan video:
1. guru tidak melakukan evaluasi untuk mengukur sejauh mana siswa memahami materi pembelajaran.
2. tidak ada tugas lenjutan membuat siswa kehilangan kesempatan memperdalam materi di rumah.
3. siswa lebih tertarik dengan alat peraga dari pada memahami isi bacaan yang sebenarnya menjadi tujuan utama.
YULIANI MA’RUPI
859821907
UPBJJ KENDARI
Di video pembelajran, guru menyampaikan informasi tentang lomba bakiak sebagai materi pembelajaran. Metode ceramah masih kurang efektif untuk materi wacana Bahasa Indonesia. Namun ,guru menyampaikan tujuan pembelajaran, mengajak peserta didik membentuk kelompok, dan melakukan kegiatan belajar di luar kelas dengan mempraktikkan cara bermain bakiak secara langsung.
4. kelemahan pembelajaran dalam Video :
a. Guru tidak melakukan berdoa dan mengecek absen peserta didik
b. Penjelasan materi kepada siswa mengenai topik yang sedang dipelajari kurang mendalam .
c. Tidak terlihat diskusi saat dibagi kelompok
d. Ekspresi wajah dan tubuh guru terlihat monoton dan kurang hidup.
5. Kelebihan Pembelajaran Video :
a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Guru memilih dan menerapkan model pembelajaran berbasi kelompok, Dimana peserta didik akan bekerja sama dan berinteraksi dan menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah.
c. Lokasi pembelajaran di lingkungan sekitar sekolah.
6. hal unik yang terdapat dalam pembelajaran :
Keunikan dalam pembelajaran video ini terletak pada cara guru melaksanakan kegiatan belajar yang sedikit berbeda dari biasanya. Dalam video ini, guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas atau di lingkungan sekolah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan antusiasme peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga mereka menjadi lebih bersemangat dan tidak sabar menantikan kegiatan belajar berikutnya.
7. rencana pembelajaran yang akan dilakukan
Pertama, guru akan membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil. Kemudian, setiap kelompok akan diminta untuk mendiskusikan satu topik mengenai wacana yang sedang dipelajari. Setelah proses diskusi selesai, setiap kelompok akan diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan teman-teman sekelas. Tujuannya adalah agar hasil diskusi tersebut dapat ditanggapi dan diberikan masukan oleh siswa lain.
YULIANI MA’RUPI
859821907
UPBJJ KENDARI
Di video pembelajran, guru menyampaikan informasi tentang lomba bakiak sebagai materi pembelajaran. Metode ceramah masih kurang efektif untuk materi wacana Bahasa Indonesia. Namun ,guru menyampaikan tujuan pembelajaran, mengajak peserta didik membentuk kelompok, dan melakukan kegiatan belajar di luar kelas dengan mempraktikkan cara bermain bakiak secara langsung.
kelemahan pembelajaran dalam Video :
a. Guru tidak melakukan berdoa dan mengecek absen peserta didik
b. Penjelasan materi kepada siswa mengenai topik yang sedang dipelajari kurang mendalam .
c. Tidak terlihat diskusi saat dibagi kelompok
d. Ekspresi wajah dan tubuh guru terlihat monoton dan kurang hidup.
Kelebihan Pembelajaran Video :
a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Guru memilih dan menerapkan model pembelajaran berbasi kelompok, Dimana peserta didik akan bekerja sama dan berinteraksi dan menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah.
c. Lokasi pembelajaran di lingkungan sekitar sekolah.
Hal unik yang terdapat dalam pembelajaran :
Keunikan dalam pembelajaran video ini terletak pada cara guru melaksanakan kegiatan belajar yang sedikit berbeda dari biasanya. Dalam video ini, guru mengajak siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran di luar kelas atau di lingkungan sekolah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan antusiasme peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga mereka menjadi lebih bersemangat dan tidak sabar menantikan kegiatan belajar berikutnya. 7. rencana pembelajaran yang akan dilakukan Pertama, guru akan membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil. Kemudian, setiap kelompok akan diminta untuk mendiskusikan satu topik mengenai wacana yang sedang dipelajari. Setelah proses diskusi selesai, setiap kelompok akan diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan teman-teman sekelas. Tujuannya adalah agar hasil diskusi tersebut dapat ditanggapi dan diberikan masukan oleh siswa lain.
Nama : Rizki Faridatus Sa’diyah Putri
NIM : 858824734
Selain matematika ada momok lain yang enggan dilakukan oleh peserta didik yaitu literasi. mirisnya saat ini literasi nasional mengalami penurunan, dapat dilihat dari siswa yang ketika dihadapkan dengan bacaan yang panjang sudah mengeluh. faktor utama literasi anak sekarang yang menurun yaitu perkembangan teknologi yang sangat pesat, semua informasi bisa diperoleh melalui handphone terlebih lagi dewasa ini hampir semua orang memiliki gadget mulai dari usia 2 thn sehingga membuat anak malas membaca untuk memperoleh informasi.
Nama : Inge Dwisasti
NIM : 856022899
kelebihan dari video :
1. guru menggunakan alat peraga (bakiak) untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan tidak monoton.
2. memberikan suasana baru yang menyegarkan bagi siswa, sehingga mengurangi kejenuhan belajar di dalam kelas.
3. siswa aktif bertanya, membaca, mengikuti perintah guru.
4. menghidupkan kembali permainan tradisional sebagai begian dari media pembelajaran.
kelemahan video:
1. guru tidak melakukan evaluasi untuk mengukur sejauh mana siswa memahami materi pembelajaran.
2. tidak ada tugas lenjutan membuat siswa kehilangan kesempatan memperdalam materi di rumah.
3. siswa lebih tertarik dengan alat peraga dari pada memahami isi bacaan yang sebenarnya menjadi tujuan utama.
Nama :Ravinda Gentana
Nim :857042822
Dari analisis yang Anda berikan mengenai video pembelajaran ‘Membaca Untuk Mendapatkan Informasi’, terdapat beberapa poin penting yang dapat disimpulkan dan direkomendasikan untuk perbaikan dalam proses pembelajaran membaca.
Masalah Utama
1. Kurangnya Evaluasi: Tidak adanya evaluasi yang dilakukan oleh guru untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi.
2. Minimnya Tugas Rumah: Siswa tidak diberikan tugas lanjutan yang dapat membantu mereka memperdalam pemahaman di rumah.
3. Fokus pada Alat Peraga: Siswa lebih tertarik pada alat peraga yang digunakan daripada memahami isi bacaan.
Penyebab
– Kurangnya perhatian guru terhadap evaluasi dan motivasi siswa.
– Tidak adanya perencanaan tugas dan evaluasi sejak awal pembelajaran.
Solusi yang Diajukan
1. Memasukkan Evaluasi di Akhir Kelas: Melakukan evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa.
2. Memberikan Tugas Rumah: Memberikan tugas yang relevan untuk memperdalam pemahaman siswa.
3. Menekankan Pentingnya Memahami Bacaan: Mendorong siswa untuk lebih fokus pada isi bacaan.
Fokus Masalah
Bagaimana evaluasi sistematis dapat meningkatkan hasil pembelajaran membaca?
Tujuan Perbaikan
1. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bacaan.
2. Meningkatkan metrik pencapaian belajar.
3. Meningkatkan kualitas pembelajaran membaca.
Kelebihan Video
1. Penggunaan alat peraga (bakiak) yang membuat pembelajaran lebih menarik.
2. Memberikan suasana baru yang menyegarkan bagi siswa, mengurangi kejenuhan.
3. Siswa aktif bertanya, membaca, dan mengikuti perintah guru.
4. Menghidupkan kembali permainan tradisional sebagai bagian dari media pembelajaran.
Kelemahan Video
1. Tidak adanya evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa.
2. Tidak ada tugas lanjutan yang membuat siswa kehilangan kesempatan untuk memperdalam materi.
3. Siswa lebih tertarik pada alat peraga daripada memahami isi bacaan.
Rekomendasi
Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran membaca, guru perlu:
– Merencanakan evaluasi yang sistematis dan terstruktur.
– Memberikan tugas rumah yang relevan dan menantang.
– Menciptakan keseimbangan antara penggunaan alat peraga dan pemahaman materi bacaan.
Nama : Kristiani daeli
Nim : 859875235
Pokjar : Mandrehe
UPBJJ : Medan
Dalam Video ini guru menyapa siswa, dan langsung masuk pada materi pembelajaran, sehingga siswa merasa pasif dalam belajar sehingga tidak menimbulkan gairah belajar dalam hal ini guru masih kurang dalam menguasai pembelajaran hari ini.
Kelemahan- Kelemahan Pembelaran dalam Video
• Diawal pembuka kelas guru tidak melakukan absensi kehadiran siswa
• Guru tersebut tidak mengaitkan materi sekarang dengan materi yang sebelumnya
• Pembagian kelompok pada video tersebut tidak terlihat, apakah pembagian kelompok itu termasuk heterogen atau homogen.
• diakhir pembelajaran guru dan siswa tidak membuat kesimpulan
Kelebihan Pembelajaran dalam Video
• Sebelum memulai pembelajaran guru menyebutkan tujuan pembelajaran
Guru tersebut mengajak siswa untuk melakukan pembelajaran diluar kelas agar siswa tidak merasa jenuh
• Guru sebagai fasilitator menggunakan media pembelajaran ( Bakiak ) dan siswa langsung mempraktekkan cara menggunakan bakiak.
• Sebelum pembelajaran ditutup, guru melakukan refleksi pembelajaran
Asslamualaikum wr wb
Nama : Eka revi antiana
Nim: 857046052
Salut: Banjar agung
Menurut pendapat saya Video ini sangat membantu untuk memahami pentingnya membaca sebagai cara utama dalam mendapatkan informasi. Penjelasan yang disampaikan jelas dan mudah diikuti, sehingga membuat saya semakin termotivasi untuk lebih rajin membaca. Selain itu, video ini juga memberikan tips yang praktis tentang bagaimana memilih sumber bacaan yang kredibel dan cara menyaring informasi dengan baik. Terima kasih sudah membuat konten yang edukatif dan inspiratif seperti ini.
Nama : Gery Fallo
Nim : 859284858
menurut saya, video pembelajaran ini bagus karena guru tersebut menggunakan cara pembelajaran yang agak berbeda, tetapi guru tersebut awalnya tidak berdoa, absen, sehingga langsung masuk dalam pembelajaran. namun ada hal unik guru tersebut meminta siswa untuk membuka buku sehingga semua bisa berjalan baik. namun sepertinya siswa bosan karena guru tersebut kurang semangat, menurut saya sebaiknya bersama anak anak harus bervariasi sehingga tidak bosan.
anak di minta membaca literasi itu hal yang baik. lalu diminta bagi kelompok dan belajar di luar kelas itu hal yang menyenangkan..
terimakasihh..