silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan  atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak  yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.

Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1  kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

1,048 Comments

  1. Nama : Indah Ramadani
    NIM : 859878524
    Matkul/Kelas : PKM (PDGK4209.120032)
    UPBJJ-UT : 12/Medan
    Pokjar : Binjai

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Mohon izin untuk memberikan tanggapan atau komentar pada video tentang “Memelihara Konsentrasi”. Berdasarkan video yang telah Saya simak dan lihat, pada video tersebut berisikan tentang bagaimana cara sederhana namun efektif yang dilakukan oleh guru dalam menjaga konsentrasi siswa dengan menggunakan alat peraga atau poster dalam pembelajaran matematika. Anak kelas 1 SD masih memiliki keterbatasan dalam konsentrasi, hal ini perlu senantiasa dijaga dengan pemanfaatan alat peraga menarik misal menggunakan poster atau foto atau benda aslinya.

    Berikut ini cara yang dilakukan oleh guru tersebut.
    1. Alihkan dan arahkan perhatian siswa terhadap alat peraga. Hal ini bertujuan agar siswa dapat fokus untuk memperhatikan kedepan dan mendengarkan guru saat menjelaskan materi, mengajak siswa untuk melihat poster juga termasuk salah satu agar kondisi kelas dapat kondusif.

    2. Siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru. Hal ini bertujuan agar siswa aktif ikut serta dalam kegiatan belajar dan tidak hanya sebatas mendengarkan, agar siswa tidak mudah bosan dan konsentrasi.

    Cara memelihara konsentrasi yang telah di contoh kan pada video tersebut dapat kita jadikan referensi atau contoh saat mengajar di kelas rendah misalkan di kelas 1 SD.

    Sekian dari Saya kurang lebih mohon maaf dan terimakasih semuanya 🙏🏻.

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  2. Nama : Khoerul Fata
    NIM : 857610241
    UPJJ : Purwokerto
    Pokjar : Kemangkon

    Video tersebut menunjukkan bagaimana guru berusaha mempertahankan konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Salah satu strategi yang digunakan adalah dengan alat peraga yang menarik untuk mengalihkan perhatian siswa ke materi yang diajarkan.

    Pendekatan ini cukup efektif karena siswa tidak hanya melihat, tetapi juga berinteraksi langsung dengan alat peraga, seperti meraba atau menggunakannya secara langsung. Selain itu, guru juga meminta siswa untuk mengekspresikan kegembiraan mereka secara verbal, yang dapat membantu meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran.

    Namun, ada beberapa hal yang bisa ditingkatkan. Misalnya, guru kurang menggunakan apersepsi, yaitu menghubungkan materi sebelumnya dengan yang baru untuk membantu siswa memahami konteks pembelajaran. Selain itu, suasana kelas masih agak gaduh saat guru masuk, yang bisa mengurangi fokus siswa.

    Secara keseluruhan, metode yang digunakan cukup baik, tetapi akan lebih efektif jika guru lebih banyak melibatkan siswa dalam mencoba langsung dan menghubungkan materi dengan pengalaman mereka sebelumnya.

  3. Nama: Deswita
    Nim: 857510436
    UPBJJ Bandung
    Setelah menonton video tersebut, saya melihat guru berhasil mengatasi tantangan saat perhatian siswa mulai menurun dengan cara yang sangat baik, yaitu menggunakan alat peraga. Menurut saya, penggunaan alat peraga ini sangat bermanfaat karena mampu menarik perhatian siswa kembali ke materi yang diajarkan.

    Guru tidak hanya menunjukkan alat peraga, tapi juga mengajak siswa untuk berinteraksi langsung—menyentuh, mencoba, bahkan mengekspresikan perasaan mereka setelahnya. Hal ini membuat pembelajaran jadi lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan. Siswa tampak lebih antusias dan terlibat secara aktif, yang tentu saja sangat positif untuk mendukung pemahaman mereka terhadap materi. Pembelajaran seperti ini menurut saya sangat cocok diterapkan, terutama untuk menjaga semangat belajar siswa di kelas.

  4. Nama: Melani Eka Septiana
    NIM: 857610155
    Analisis Video Guru Pintar: Memelihara Konsentrasi

    Pada video tersebut menunjukkan bahwa guru menghadapi tantangan dalam mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Salah satu solusi yang diusulkan adalah penggunaan alat peraga yang menarik. Strategi ini bertujuan untuk mengalihkan serta mengarahkan fokus siswa pada media pembelajaran yang lebih interaktif. Guru memperkenalkan alat peraga sebagai bagian dari proses belajar, sehingga siswa lebih tertarik dan tidak mudah kehilangan fokus. Guru juga mengajak siswa lebih aktif dengan ikut berperan menghitung gambar apel dalam media tersebut. Pendekatan ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang lebih interaktif dapat meningkatkan konsentrasi siswa dan membuat proses belajar lebih efektif. Alangkah lebih menarik jika media pembelajaran tidak selalu berupa visual tetapi juga dapat berupa audio visual di mana dapat lebih menarik minat siswa. Tantangan bagi guru adalah guru dapat terus menemukan alat peraga yang sesuai dengan materi dan menarik minat siswa.

  5. Nama : Farhatunnisa
    Nim : 857133234

    Izin berpendapat tentang vidio di atas. Tentu vidio ini memiliki kelebihan dan ada beberapa poin yaitu, Metode yang Beragam: Guru menggunakan berbagai cara seperti pengaturan posisi duduk, gerakan isyarat, dan kegiatan singkat untuk menjaga perhatian siswa. Responsif terhadap Siswa: Guru cepat tanggap saat siswa mulai kehilangan fokus dan langsung menyesuaikan metode pembelajaran. dan Keterlibatan Aktif: Siswa diajak terlibat melalui pertanyaan dan aktivitas ringan untuk menjaga keterlibatan mereka. tentu ada kelebihan pasti ada kekurangan berikut ini kekurangan dari vidio diatas Minim Bukti Hasil: Video belum menunjukkan secara jelas dampak strategi yang digunakan terhadap hasil belajar siswa. Kurang Ilustrasi Alat Bantu: Tidak banyak contoh media atau alat yang ditampilkan untuk mendukung konsentrasi siswa. dan Kurang Menyentuh Semua Karakter Siswa: Strategi lebih dominan pada siswa aktif dan belum sepenuhnya menyasar siswa dengan karakter pendiam.
    intinya adalah Video ini menggambarkan pentingnya kemampuan guru dalam menjaga konsentrasi siswa melalui pendekatan yang kreatif dan variatif. Dengan pengaturan kegiatan, komunikasi efektif, dan pemahaman karakter siswa, pembelajaran dapat berlangsung lebih fokus dan optimal.

  6. Pada video di atas mengenai bagaimana memelihara konsentrasi siswa, menjadi sebuah contoh dan solusi khususnya saya bagi saya sendiri. Siswa seing kali kehhilangan fokus dan konsentrasi terhadap materi pelajaran yang diterima sehingga membuat pelajaran menjadi kurang efektif. Untuk itu perlu terus mengarahkan dan memelihara konsentrasi siswa pada materi pembelajaran. Pengunaan alat peraga menjadi salah satu hal penting dalam pembelajaran, selain memelihara konsentrasi juga dapat menarik minat belajar siswa. selain penggunaan alat peraga, memelihara konsetrasi siswa juga dapat dilakukan dengan melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran.

  7. Nama : Susanti koa’a
    Nim : 818491196

    Izin menanggapi video🙏
    Dalam cuplikan Video tersebut menampilkan cara sederhana namun efektif yang dilakukan oleh guru untuk menjaga konsentrasi siswa dalam pembelajaran matematika, yaitu dengan memanfaatkan alat peraga seperti poster. Mengingat siswa kelas 1 SD masih memiliki keterbatasan dalam hal konsentrasi, maka perhatian mereka perlu terus dijaga melalui penggunaan media pembelajaran yang menarik, seperti poster, foto, atau benda nyata. Guru tidak hanya memperlihatkan alat peraga, tetapi juga melibatkan siswa secara langsung—mengajak mereka menyentuh, mencoba, dan bahkan mengungkapkan perasaan setelah berinteraksi dengannya. Pendekatan ini membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif, dan menyenangkan. Siswa pun terlihat lebih antusias dan aktif terlibat dalam proses belajar, yang tentu sangat mendukung pemahaman mereka terhadap materi. Menurut saya, metode pembelajaran seperti ini sangat tepat diterapkan, terutama untuk menjaga semangat belajar siswa di dalam kelas.
    Sekian, terimakasih.

  8. Nama: Dea Fitria
    Nim : 857493662
    UPBJJ : Bandung

    Assalamualaikum wr.wb
    Izin untuk menanggapi pada video diatas tentang ” Memelihara Konsentrasi”. Berdasarkan video yang saya simak, alat peraga itu perlu adanya, supaya anak dapat berkonsentrasi dengan baik. Terutama pada anak kelas 1 SD, hal ini sudah pasti kehingan konstrasi saat belajar, biasanya anak-anak hanya bertahan 5-10 menit. Maka hal ini perlu sekali dijaga dan dilakukan dalam pemanfaatan alat peraga yang menarik, misal dengan membawa benda nyatanya.

    Cara yang dilakukan Guru tersebut :
    1. Mengalihkan dan mengarahkan perhatian siswa pada alat peraga, hal ini dapat membuat siswa berkonsentrasi dan fokus
    2. Mengajak siswa mengeksplorasi dengan alat yang disiapkan, hal ini dapat membuat siswa lebih percaya diri tentang sesuatu melalui alat peraga.

    Cukup sekian penjelasan yang dapat saya berikan, Mohon dikoreksi jika ada kata yang kurang tepat dari penjelasan saya. Terimakasih.

    Wassalamualikum wr.wb

  9. Izin menanggapi video di atas, alat peraga sangat perlu adanya, karena agar siswa dapat berkonsentrasi dengan baik, dengan alat peraga siswa dapat terlibat langsung dan aktif dalam kegiatan belajar dikelas, ditambah dengan bagaimana cara guru tersebut meminta bantuan salah satu siswa untuk berkontribusi dalam menyiapkan alat peraga. Dengan alat peraga konsentrasi siswa dalam belajar dapat terjaga dan membuat siswa untuk fokus dalam kegiatan belajar didalam kelas.

  10. Nama : Ganisyuri Fairuz Amartya
    NIM : 877847346

    Izin menanggapi video diatas, dalam video tersebut menggambarkan guru yang mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang dipaparkan di video tersebut ada 2 cara. Yang pertama, Alihkan dan arahkan perhatian siswa menggunakan alat peraga, dengan menggunakan alat peraga siswa mampu merangsang indera dan imajinasi mereka, membuat pembelajaran menjadi lebih nyata dan menyenangkan. Cara kedua, Siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru. Ketika siswa diajak untuk bereksplorasi siswa secara langsung, seperti memegang, mencoba, atau bermain peran, hal ini menjadikan siswa tidak pasif dan lebih fokus pada pelajaran. Penggunaan alat peraga bukan hanya menarik perhatian, tapi juga dapat meningkatkan pemahaman dan retensi siswa terhadap materi yang diajarkan.

Leave a Reply