silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1 kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama: Qonitah Bashirah
NIM: 860242663
UPBJJ : UT Medan
Video ini sangat bermanfaat karena memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga konsentrasi, terutama dalam proses belajar. Dalam video dijelaskan bahwa konsentrasi bukan hanya soal duduk diam, tetapi bagaimana kita bisa fokus dan mengarahkan perhatian penuh pada satu kegiatan, misalnya saat membaca atau mengerjakan tugas.
Saya merasa video ini sangat relevan, terutama untuk mahasiswa atau siswa yang sering kali merasa sulit fokus karena banyak gangguan, baik dari lingkungan maupun dari pikiran sendiri. Salah satu hal yang saya garis bawahi adalah perlunya menciptakan suasana belajar yang nyaman dan meminimalkan distraksi, seperti mematikan notifikasi HP atau memilih tempat yang tenang.
Selain itu, video ini juga menyadarkan bahwa konsentrasi bisa dilatih. Tidak cukup hanya dengan niat, tetapi perlu kebiasaan, seperti membuat jadwal belajar yang teratur, menetapkan tujuan yang jelas, serta memberi jeda istirahat agar otak tidak lelah. Hal-hal kecil seperti menjaga pola tidur dan makan juga ternyata sangat berpengaruh terhadap kemampuan konsentrasi.
Secara keseluruhan, isi video ini sangat informatif dan praktis. Penyampaian materinya juga ringan dan mudah dipahami, sehingga saya merasa termotivasi untuk lebih serius menjaga fokus saat belajar.
Nama : Zakia Ainun
Nim : 859878784
Pokjar : Binjai
Setelah menonton video ini, dapat dipahami bahwa memelihara konsentrasi dalam proses belajar pada siswa sangat penting dan memang harus dibangun dan diciptakan oleh seorang guru. Siswa yang memperhatikan guru menjelaskan saja belum tentu dirinya memahami materi , apalagi siswa yang sama sekali tidak memperhatikan guru. Dan untuk mengatasi permasalahan konsentrasi belajar pada siswa tersebut dapat dipahami bahwa guru bisa menggunakan media ajar atau alat peraga pada proses pembelajaran yang disampaikan kepada siswa. Karena alat peraga atau media yang digunakan dapat membantu menarik perhatian siswa dan membangun konsentrasi belajar pada siswa itu sendiri. Karena pada dasarnya konsentrasi dapat dipelihara dan dibangun melalui cara dan proses pembelajaran itu sendiri. Video ini sangat bermanfaat karena dengan ini dapat dilihat solusi mengatasi konsentrasi belajar pada siswa.
Nama : Daliana
nim : 857046987
prodi : pgsd
salut : banjar agung
upbjj : ut daerah lampung
izin berkomentar
Video ini menyajikan studi kasus tentang bagaimana seorang guru berhasil meningkatkan keterlibatan siswa di kelas melalui pendekatan interaktif. Pelajari bagaimana teknik membilang, penguatan positif, dan storytelling dapat digunakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih responsif dan memotivasi. Video ini menawarkan wawasan praktis dan inspirasi bagi para pendidik yang ingin meningkatkan efektivitas pengajaran mereka.”
Nama : Sri Muliani
Pokjar : Binjai
UPBJJ UT : Medan
Setelah melihat video diatas terkait memelihara konsentrasi siswa, menurut pendapat saya memang sangat penting kita sebagai guru untuk selalu memelihara konsentrasi siswa saat pembelajaran berlangsung. Nah, salah satu cara agar kita dapat terus memelihara konsentrasi siswa itu adalah dengan mengalihkan perhatian mereka menggunakan Media Pembelajaran. Pada video tersebut, awalnya pak guru tidak menggunakan media apa-apa saat mengajar, sehingga anak juga mengalami sulit pemahaman dan pembelajaran juga monoton. Tetapi, ketika pak guru menggunakan media poster untuk pembelajaran, Anak-anak lebih mudah mengerti materi yang dipelajari, media pembelajaran juga bisa sebagai sarana untuk memelihara konsentrasi siswa saat di kelas dan juga dapat memudahkan mereka dalam memahami materi pembelajaran…
Nama :humairah
Nim : 860178307
Memelihara Konsentrasi berdasarkan video yang saya lihat, menurut hemat saya alat peraga itu perlu sekali apalagi anak kelas 1 SD, hal ini sudah pasti sering kehilangan konstrasi saat belajar, biasanya anak-anak hanya bertahan 5-10 menit. Maka hal ini perlu sekali dijaga dan dilakukan dalam pemanfaatan alat peraga yang menarik, agar tetap fokus dan kontrasi dalam belajar menjadi lebih baik, contohnya dengan membawa benda nyatanya sebagai alat peraga.
Nama : Dea Nabila Putri
SALUT : BANJAR AGUNG
“Wow, sangat menarik! Video ini memberikan tips yang sangat berguna untuk memelihara konsentrasi siswa. Strategi seperti penggunaan teknik mindfulness, pengaturan lingkungan belajar yang kondusif, dan penggunaan metode pembelajaran yang interaktif sangat efektif dalam meningkatkan fokus dan perhatian siswa. Saya akan coba menerapkan beberapa strategi ini dalam proses pembelajaran di kelas.”
nama : Sri Sundari
Nim : 878369315
dari video ini , saya dapat memahami bahwa memelihara konsentrasi dalam proses belajar pada siswa sangat penting terkhusus siswa kelas 1 sd dan memang harus dibangun dan diciptakan oleh seorang guru. Siswa yang memperhatikan guru ketika menjelaskan materi dengan seksama pun belum tentu memahami materi , apalagi siswa yang sama sekali tidak memperhatikan guru.
Untuk mengatasi permasalahan konsentrasi belajar pada siswa tersebut dapat dipahami bahwa guru bisa menggunakan media ajar atau alat peraga yang menarik pada proses pembelajaran yang disampaikan kepada siswa. Karena alat peraga atau media yang digunakan dapat membantu menarik perhatian siswa dan membangun konsentrasi belajar pada siswa itu sendiri.
terimakasih
Nama : Oga Dinni Putra
Nim : 856601755
Dari video ini reaksi : Beberapa siswa menunjukkan minat yang tinggi terhadap alat peraga dan aktif berpartisipasi dalam diskusi. Namun, ada juga siswa yang masih terganggu dan kurang fokus pada pelajaran.
hal unik : Guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi alat peraga secara langsung dengan cara meraba atau menggunakan benda tersebut, serta mengekspresikan kegembiraan selama kegiatan berlangsung secara verbal. Pendekatan ini bertujuan untuk menarik perhatian siswa dan memfokuskan konsentrasi mereka pada materi yang diajarkan.
kelebihan : Penggunaan alat peraga yang menarik dapat mengalihkan perhatian siswa dari gangguan dan meningkatkan fokus mereka pada pelajaran.
Siswa dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran melalui eksplorasi langsung dan diskusi, yang dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi.
Metode ini dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, mengurangi kebosanan siswa
Kekurangan : Alat peraga yang digunakan mungkin tidak cukup besar atau jelas terlihat oleh semua siswa, terutama yang duduk di barisan belakang.
Interaksi dengan siswa masih terbatas pada sebagian kecil siswa, sehingga tidak semua siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi.
Kurangnya apersepsi di awal pembelajaran dapat membuat siswa kurang siap mental untuk menerima materi.
Tindak lanjut : Guru dapat memperbesar ukuran alat peraga atau menggunakan media yang lebih jelas terlihat oleh seluruh siswa.
Melibatkan semua siswa dalam kegiatan pembelajaran, misalnya dengan meminta mereka maju ke depan untuk mencoba atau menjelaskan materi.
Menggunakan apersepsi yang menarik di awal pembelajaran untuk menyiapkan mental siswa dan menghubungkan materi sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan.
Melakukan evaluasi dan refleksi terhadap metode yang digunakan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di masa depan.
Saya rasa hanya itu dari saya, jika terdapat kekeliruan atau pun kekhilafan mohon kira nya agar di maklumi dan di maafkan . terima kasih
Nama : sardiman
Nim : 076618164
Assalamualaikum menurut saya video ini sangat bagus dan menarik untuk membuat siswa belajar lebih semangat dan happy,reaksi peserta didik di sini sangat happy dan senang belajar bersama bapak guru tersebut, kelebihan dari cara bapak guru menjelaskan ,lebih jelas dan lebih gampang di mengerti oleh peserta didik , kekurangan mungkin bapak gurunya tidak memberikan tugas untuk peserta didik untuk maju di depan menampilkan penjelasan bapak guru yg telah di jelaskan, untuk mengetahui apa benar si murid sudah pada faham, dengan Pelajaran tersebut, hal unik nya, bapak membawa media yg terlihat dan bisa menarik perhatian murid, terimakasih wassalamu’alaikum
Nama : YORIY HANDICA
NIM : 856602187
POKJAR: KERINCI
Assalamualaikum wr wb izin berkomentar tentang video diatas, membuat siswa konsentrasi itu bisa berbagai macam cara contohnya menggunakan media ajar atau alat peraga yang menarik perhatian siswa seperti video diatas. karena peserta didik kelas bawah mudah bosan jadi harus mempunyai strategi yang menarik