silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1 kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama: Qonitah Bashirah
NIM: 860242663
UPBJJ : UT Medan
Video ini sangat bermanfaat karena memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga konsentrasi, terutama dalam proses belajar. Dalam video dijelaskan bahwa konsentrasi bukan hanya soal duduk diam, tetapi bagaimana kita bisa fokus dan mengarahkan perhatian penuh pada satu kegiatan, misalnya saat membaca atau mengerjakan tugas.
Saya merasa video ini sangat relevan, terutama untuk mahasiswa atau siswa yang sering kali merasa sulit fokus karena banyak gangguan, baik dari lingkungan maupun dari pikiran sendiri. Salah satu hal yang saya garis bawahi adalah perlunya menciptakan suasana belajar yang nyaman dan meminimalkan distraksi, seperti mematikan notifikasi HP atau memilih tempat yang tenang.
Selain itu, video ini juga menyadarkan bahwa konsentrasi bisa dilatih. Tidak cukup hanya dengan niat, tetapi perlu kebiasaan, seperti membuat jadwal belajar yang teratur, menetapkan tujuan yang jelas, serta memberi jeda istirahat agar otak tidak lelah. Hal-hal kecil seperti menjaga pola tidur dan makan juga ternyata sangat berpengaruh terhadap kemampuan konsentrasi.
Secara keseluruhan, isi video ini sangat informatif dan praktis. Penyampaian materinya juga ringan dan mudah dipahami, sehingga saya merasa termotivasi untuk lebih serius menjaga fokus saat belajar.
Nama : Zakia Ainun
Nim : 859878784
Pokjar : Binjai
Setelah menonton video ini, dapat dipahami bahwa memelihara konsentrasi dalam proses belajar pada siswa sangat penting dan memang harus dibangun dan diciptakan oleh seorang guru. Siswa yang memperhatikan guru menjelaskan saja belum tentu dirinya memahami materi , apalagi siswa yang sama sekali tidak memperhatikan guru. Dan untuk mengatasi permasalahan konsentrasi belajar pada siswa tersebut dapat dipahami bahwa guru bisa menggunakan media ajar atau alat peraga pada proses pembelajaran yang disampaikan kepada siswa. Karena alat peraga atau media yang digunakan dapat membantu menarik perhatian siswa dan membangun konsentrasi belajar pada siswa itu sendiri. Karena pada dasarnya konsentrasi dapat dipelihara dan dibangun melalui cara dan proses pembelajaran itu sendiri. Video ini sangat bermanfaat karena dengan ini dapat dilihat solusi mengatasi konsentrasi belajar pada siswa.
Nama : Sri Muliani
Pokjar : Binjai
UPBJJ UT : Medan
Setelah melihat video diatas terkait memelihara konsentrasi siswa, menurut pendapat saya memang sangat penting kita sebagai guru untuk selalu memelihara konsentrasi siswa saat pembelajaran berlangsung. Nah, salah satu cara agar kita dapat terus memelihara konsentrasi siswa itu adalah dengan mengalihkan perhatian mereka menggunakan Media Pembelajaran. Pada video tersebut, awalnya pak guru tidak menggunakan media apa-apa saat mengajar, sehingga anak juga mengalami sulit pemahaman dan pembelajaran juga monoton. Tetapi, ketika pak guru menggunakan media poster untuk pembelajaran, Anak-anak lebih mudah mengerti materi yang dipelajari, media pembelajaran juga bisa sebagai sarana untuk memelihara konsentrasi siswa saat di kelas dan juga dapat memudahkan mereka dalam memahami materi pembelajaran…
Nama :humairah
Nim : 860178307
Memelihara Konsentrasi berdasarkan video yang saya lihat, menurut hemat saya alat peraga itu perlu sekali apalagi anak kelas 1 SD, hal ini sudah pasti sering kehilangan konstrasi saat belajar, biasanya anak-anak hanya bertahan 5-10 menit. Maka hal ini perlu sekali dijaga dan dilakukan dalam pemanfaatan alat peraga yang menarik, agar tetap fokus dan kontrasi dalam belajar menjadi lebih baik, contohnya dengan membawa benda nyatanya sebagai alat peraga.
nama : Sri Sundari
Nim : 878369315
dari video ini , saya dapat memahami bahwa memelihara konsentrasi dalam proses belajar pada siswa sangat penting terkhusus siswa kelas 1 sd dan memang harus dibangun dan diciptakan oleh seorang guru. Siswa yang memperhatikan guru ketika menjelaskan materi dengan seksama pun belum tentu memahami materi , apalagi siswa yang sama sekali tidak memperhatikan guru.
Untuk mengatasi permasalahan konsentrasi belajar pada siswa tersebut dapat dipahami bahwa guru bisa menggunakan media ajar atau alat peraga yang menarik pada proses pembelajaran yang disampaikan kepada siswa. Karena alat peraga atau media yang digunakan dapat membantu menarik perhatian siswa dan membangun konsentrasi belajar pada siswa itu sendiri.
terimakasih
Nama: Tati Rahmawati
NIM: 857501967
Analisis Video Guru Pintar: Memelihara Konsentrasi
Menurut pendapat saya,
ada video tersebut menunjukkan bahwa guru menghadapi tantangan dalam mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Salah satu solusi yang diusulkan adalah penggunaan alat peraga yang menarik. Strategi ini bertujuan untuk mengalihkan serta mengarahkan fokus siswa pada media pembelajaran yang lebih interaktif. Guru memperkenalkan alat peraga sebagai bagian dari proses belajar, sehingga siswa lebih tertarik dan tidak mudah kehilangan fokus. Guru juga mengajak siswa lebih aktif dengan ikut berperan menghitung gambar apel dalam media tersebut. Pendekatan ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang lebih interaktif dapat meningkatkan konsentrasi siswa dan membuat proses belajar lebih efektif. Alangkah lebih menarik jika media pembelajaran tidak selalu berupa visual tetapi juga dapat berupa audio visual di mana dapat lebih menarik minat siswa. Tantangan bagi guru adalah guru dapat terus menemukan alat peraga yang sesuai dengan materi dan menarik minat siswa.
Nama : Virna Witha Utari
NIM : 859870655
UPBJJ – UT : 12 / Medan
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Izin memberikan komentar untuk video diatas :
Setelah saya menonton video diatas, video tersebut berisikan masalah tentang cara bagaimana guru memberikan tindakan untuk menjaga suasana kelas agar bisa kondusif dan menjaga konsentrasi siswa untuk kelancaran pembelajaran. Nah cara yang harus dilakukan oleh guru adalah mengajak langsung siswa untuk belajar dengan contoh di video guru menyuruh siswa membuat kelompok-kelompok belajar dan menghitung benda-benda di sekitar kelas dengan menggunakan jengkalan tangan atau penggaris, Dengan cara itu merupakan menarik daya tarik konsentrasi siswa karena langsung meraba belajarnya atau merasakan langsung bukan hanya mendengarkan guru berbicara (ceramah) tentang materi ajar yang mevuat para siswa kemungkinan jenuh atau bisa menjadi mengantuk karena sudah tidak konsentrasi dengan apa yang di ceramah kan ileh guru ditambah lagi dengan kelas yang ribut. Jadi, sebagai guru kita harus kreatif memikirkan hal-hal untuk memarik perhatian atau konsentrasi siswa agar siswa paham dan sampai la tujuan pembelajaran dari materi yang diajarkan.
Sekian, Terima Kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Nama : Fitri Suyanti
NIM : 859877697
Matkul/Kelas : PKM (PDGK4209)
UPBJJ-UT : 12/Medan
Pokjar : Tebing Tinggi
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Saya izin untuk memberikan tanggapan atau komentar pada video tentang “Memelihara Konsentrasi”. Berdasarkan video yang telah Saya simak dan lihat, pada video tersebut berisikan tentang bagaimana cara yang efektif dilakukan oleh guru dalam menjaga konsentrasi siswa dengan menggunakan alat peraga atau poster dalam pembelajaran matematika. Anak kelas 2 SD masih memiliki keterbatasan dalam konsentrasi, hal ini perlu senantiasa dijaga dengan pemanfaatan alat peraga menarik misal menggunakan poster atau foto atau benda aslinya.
Berikut ini cara yang dilakukan oleh guru tersebut.
1. Alihkan dan arahkan perhatian siswa terhadap alat peraga agar siswa dapat fokus untuk memperhatikan kedepan dan mendengarkan guru saat menjelaskan materi, mengajak siswa untuk melihat poster juga termasuk salah satu agar kondisi kelas dapat kondusif.
2. Siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru agar siswa aktif ikut serta dalam kegiatan belajar dan tidak hanya sebatas mendengarkan, agar siswa tidak mudah bosan dan konsentrasi.
Cara memelihara konsentrasi yang telah di contoh kan pada video tersebut dapat kita jadikan referensi atau contoh saat mengajar di kelas rendah misalkan di kelas 2 SD
Demikian pendapat yang saya sampaikan, sekian dan terimakasih