silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan  atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak  yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.

Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1  kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

1,072 Comments

  1. setelah melihat tayangan video tersebut tentang Memelihara Konsentrasi yang perlu dilakukan guru diantaranya:
    1.Mengalihkan perhatian siswa pada alat peraga atau media pembelajaran yang dibawa guru
    2.Gunakan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa akan mudah berkonsentrasi

  2. penggunaan media pembelajaran sudah benar walaupun hanya dalam bentuk visual saja. metode yang diajarkan belum terlalu efektif, karena hanya berfokus pada beberapa siswa saja. guru yang mengajar dikelas juga hanya didepan, sebagai seorang guru harus berkeliling agar mengetahui kegiatan siswa yang diajarkannya.

  3. Nama : Endang Trisnawati
    NIM : 824137668
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : Palembang – Pokjar Pangkalan Balai
    Dari hasil pengamatan video pembelajaran tersebut dapat disimpulkan bahwa:
    Ketika guru menjelaskan materi pembelajaran, anak-anak kurang berkonsentrasi karena dianggap pembelajaran yang kurang menarik. Guru kurang kreatif dalam pemanfaatan media pembelajaran, cara mengalihkan perhatian anak dengan meminta salah satu murid untuk membantu menempelkan alat peraga untuk belajar bersama. Penggunaan alat peraga yang sesuai dan menarik akan membuat siswa lebih antusia dalam belajar.

  4. NAMA : RINIKA AULA
    NIM : 856455108

    salah satu yang membatu guru dalam mengajar adalah keseuaian alat peraga atau media dalam pembelajaran

  5. Nama : Zulqo Maisdalifah Kurniati
    NIM : 856482753
    Prodi : PGSD BI S1

    Pada video tersebut, dalam mempertahankan konsentrasi siswa, selain mengalihkan perhatian menggunakan alat peraga, guru juga bisa lebih kreatif dalam menggunakan alat peraga tersebut, misalnya dalam penyampaian pembelajaran tersebut guru sambil bernyanyi menggunakan kalimat atau kata-kata yang bersangkutan dengan alat peraga tersebut dan melibatkan siswa secara langsung seperti mengajak siswa mengeksplorasi alat peraga tersebut dengan cara meraba atau menggunakan langsung. Dengan demikian siswa akan lebih berkonsentrasi dalam mengikuti pembelajaran tersebut.

  6. Nama : Utari Wijayanti
    NIM : 856482943
    PRODI : S1 BI PGSD
    Menurut pendapat saya, Guru diawal pembelajaran alangkah baiknya melakukan apersepsi terlebih dahulu.Apersepsi penting dilakukan untuk melihat kesiapan siswa dalam menerima pembelajaran, dengan menanyakan kabar, memberi motivasi akan memberi bekal kita sebagai guru dalam membuka pelajaran. Akan sulit ketika kita masuk dan langsung membuka pelajaran dengan materi pelajaran selanjutnya.Siswa akan sulit berkonsentrasi dan menerima pelajaran yang diajarkan.Apapun yang akan kita jelaskan akan sulit masuk dalam pemahaman siswa.Selanjutnya Guru menampilkan media berupa gambar yang ditempel di depan.Siswa diajak secara bersama sama menghitung jumlah buah yang ada pada gambar, Siswa terlihat tertarik dan mengikuti guru untuk menghitung bersama sama, akan tetapi pembelajaran kurang terasa interaktif karena guru hanya fokus pada siswa yang ada di depan, dan hanya berdiri di depan baiknya guru berkeliling untuk mengecek pemahaman siswa. Media yang digunakan sudah menarik akan penggunaan contoh dan ilustrasi tetapi akan lebih menarik apabila media yang digunakan bisa diaplikasikkan juga untuk perhitungan pengurangan dan penjumlahan.dilihat dari tingkat perkembangannya siswa sekolah dasar masih berada pada taraf berpikir konkret. Misal bisa menggunakan biji bijian atau batu batuan.Dengan meminta siswa mengeksplor dan mencoba sendiri akan membuat siswa lebih mudah memahami.Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa mungkin bisa diberikan beberapa latihan mandiri untuk siswa.Lakukan refleksi bersama

  7. Nama : Emi Rusdiana
    Nim : 859167863
    Pendapat saya setelah menyaksikan tanyangan vidio ” Memelihara Konsentrasi” bahwa penggunaan alat peraga atau media dalam pembelajaran sangatlah membantu untuk memelihara konsentrasi siswa. Karena siswa memiliki keterbatasan dalam berkonsentrasi maka perhatian mereka perlu dijaga dengan pemanfaatan alat peraga yang menarik sehingga mereka bisa konsentrasi terhadap materi yang diajarkan. Selain itu siswa bisa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang telah dipersiapkan guru dengan cara menggunakan langsung sehingga terjadi suasana belajar yang interaktif dengan melibatkan siswa secara langsung.

  8. Halimatus Sakdiyah
    Nim : 858852378
    prodi : S1-PGSD
    pokjar : pakis malang

    dari vidio terlihat bahwa ketika pertama masuk kelas siswa kurang terkondisi namun kemudian guru tersebut mengalihkan perhatian siswanya yang kurang fokus dan tidak konsentarsi pada awal pelajaran dengan cara menggunakan alat perga sebagai media pembelajaran. Dengan bantuan alat peraga ternyata cukup membantu mengkondisikan siswa yang kurang fokus, kesimpulannya alat peraga atau media pembelajaran sangat menunjang guru untuk menyampaikan materinya agar mudah dipahami dan diterima semua siswa

  9. Nama : Ani Sumarni
    Nim : 858422445
    Prodi : S1 PGSD

    Pada video tersebut terlihat di awal pembelajaran siswanya masih belum berkonsentrasi pada pelajaran, sebaiknya sebelum memulai pelajaran dilakukan kegiatan singkat terdahulu seperti yel-yel, menyanyi bersama atau sambung kata untuk memancing semangat peserta didik sehingga memunculkan konsentrasi mereka pada pelajaran yang akan kita sampaikan. Untuk mengalihkan konsentrasi anak sudah cukup baik dengan cara melibatkan siswa untuk melihat secara langsung benda-benda yang akan di pelajari pada media pembelajaran yaitu berupa gambar

  10. Nanda Ayu rizka Ismiardy
    NIM : 859333136
    Prodi : S I-PGSD
    SebagI seorang guru mempersiapkan pembelajaran dengan baik sangatlah penting. Awal untuk memulai pelajaran sebaiknya guru memberikan apersepsi kepada siswa untuk mengetahui kesiapan siswa dalam menerima pelajaran, dalam vidio tersebut sebaiknya guru memberikan apersepsi kepada siswa agar perhatian siswa dapat teralihkan yang awalnya masih ada yang bermain disaat jam pelajaran dimulai. Dalam penggunaan media gambar sudah baik untuk digunakan pada siswa kelas rendah, karena media seperti gambar cukup menarik perhatian siswa kelas rendah.

Leave a Reply