silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan  atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak  yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.

Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1  kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

1,072 Comments

  1. Nama : Laurenza Qirana Berthy

    NIM : 857809818

    Prodi : S1-PGSD Pokjar Karanganyar

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Dalam tampilan video materi pembelajaran di atas adalah penjumlahan dan pengurangan. Tujuan pembelajaran adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangi suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangat penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat guru masuk, suasana kelas masih gaduh dan kurang kondusif. Mungkin bosan karena guru hanya menggunakan metode ceramah saja, sehingga pembelajaran terkesan monoton. Anak cuma duduk diam dan mendengarkan penjelasan guru, bagi anak usia SD apalagi kelas rendah, hal seperti itu sangatlah menjenuhkan dan terkesan tidak menarik sama sekali. Berbeda dengan video kedua, dalam video tersebut dapat dilihat siswa lebih antusias dan memperhatikan penjelasan gurunya. Walaupun hanya salah satu yang maju dan disuruh membantu menempelkan poster, tapi siswa lainnya jadi tenang dan ikut memperhatikan. Selain itu, siswa menjadi lebih aktif dalam menjawab pertanyaan dari guru. Sehingga konsentrasi siswa terjaga dan mereka dapat memahami materi yang sedang dipelajari.
    Namun, alangkah baiknya jika media pembelajaran yang ditempel tidak terlalu kecil, sehingga bisa terlihat dari belakang. Kalau memang medianya bisa dibawa moving, lebih baik guru pindah-pindah tempat, agar bisa memperhatikan semua sisi.
    Demikian tanggapan dari saya. Terimakasih.

  2. Nama : Chandra Febriansyah
    Nim : 857460997
    Prodi : S1 PGSD

    Ketika di awal pembelajaran reaksi anak”/siswa terlihat kurang bersemangat , Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangat penting dalam pembelajaran matematika. Guru mencoba mengalihkan perhatian siswa dengan menggunakan alat peraga yang menarik.

    Terimakasiih..

  3. Nama : Azizatus Sholehah
    NIM : 858150154
    Video 2 Memelihara Konsentrasi (2010)
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab:
    Sebelum guru menyampaikan materi menggunakan alat peraga kondisi kelas tidak kondusif/ kurang konsentrasi terhadap materi yang guru sampaikan akan tetapi setelah guru menampilkan alat peraga dalam menyampaikan materi siswa sudah mulai memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab:
    Tidak adanya apersepsi yang dilakukan oleh guru sehingga anak/siswa belum siap untuk melaksanakan pembelajaran.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab:
    Guru mampu mengondisikan siswa dengan menampilkan alat peraga secara langsung untuk mengeksplorasi materi pembelajaran yang akan disampaikan dan dapat membangun komunikasi dengan siswa dengan melakukan tanya jawab sehingga siswa dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawab:
     Merangsang siswa untuk aktif bertanya.
     Dapat merangsang konsentrasi siswa.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawab:
    Menurut saya guru sebaiknya menggunakan alat/media pembelajaran yang lebih menarik agar siswa dapat memusatkan perhatiannya terhadap materi yang disampaikan.

  4. saya setuju dengan analisis bu Nurul Hamida. Menurut video tersebut guru berjuang untuk mendapatkan perhatian siswa pada materi pelajaran. Agar siswa kembali fokus dan menghilangkan kejenuhan, kebosanan, dan rasa sepi, sebaiknya guru memberikan ice breaker . Dalam tayangan ini gurunya bagus, tetap menjaga perhatian siswa dengan menggunakan alat dan membiarkan mereka menjelajahinya. Berdasarkan pemaparan bu Nurul, ada beberapa cara untuk menjaga perhatian siswa, antara lain:
    1. Memberi siswa ice breaker
    2. Menyiapkan media pembelajaran yang menarik
    3. Menerapkan model pengajaran yang melibatkan siswa

  5. Nama : Rizka Muhimatun Nisa
    NIM : 857500933
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ-UT : Bandung
    Dari video di atas dapat di analisis bahwa pada awal pembelajaran siswa tidat dapat berkonsentrasi dengan apa yang sedang di ajarkan karena penyampaian dari guru hanya sebatas hayalan (tidak ada benda nyata) yang membuat anak merasa bosan dan tidak bisa berkonsentrasi, sedangkan pada video yang ke dua terlihat anak sudah dapat berkonsentrasi karena guru membawa alat peraga yang dapat mengalihkan fokus belajar mereka. maka dari itu kita sebagai seorang guru harus bisa memilih berbagai media pembelajaran dengan tepat agar anak dapat terfokus dengan apa yang sedang di ajarkan. ada berbagai macam cara untuk memelihara fokus pada anak, diantaranya :
    1. memastikan siswa siap untuk belajar
    2. guru menerapkan metode belajar yang tepat
    3. memberikan waktu yang cukup untuk beristirahat
    4. ketika konsentrasi anak sedang terganggu dan tidak fokus maka guru bisa memberikan permainan game untuk mengembalikan konsentrasi belajar anak/siswa.

  6. Nama : Ni Kadek Indah Udiani
    Nim : 859029298
    Prodi : PGSD BI

    Menurut saya dari analisis video yang saya lihat perlu nya pemikiran konsentrasi dalam suatu pembelajaran. Ada beberapa cara untuk memfokuskan anak yang pertama dengan suara nada yang tinggi, media yang menarik dan semangat yang luar biasa sehingga dengan media, semangat serta konsentrasi dan kerjasama anak akan fokus dalam pembelajaran dan pemikiran dalam pembelajaran

  7. Nama : Jumaiya julia
    Nim : 856456496
    Prodi : S1 PGSD

    Dalam video diatas ketika awal guru masuk di dalam kelas siswa sudah terlihat kurang kosentrasi, mungkin bosan karena guru hanya menggunakan metode penjelasan siswa cuma hanya duduk diam dan mendengarkan.Guru harus mencoba mengalihkan perhatian siswa dengan menggunakan alat peraga yang menarik supaya siswa kembali kosentrasi.

  8. Nama : Dewa Ayu Dwi Ari Anggarini
    NIM : 859030705
    Prodi : S1 PGSD

    Berdasarkan vidio diatas dapat dilihat bahwa memelihara konsentrasi siswa sangat penting. hal ini dikarenakan, jika dalam proses pembelajaran berlangsung konsentrasi siswa terganggu maka pembelajaran menjadi tidak kondusif. Hilangnya konsentrasi siswa disebabkan oleh pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi dan masih berpusat pada guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, guru harus bisa membuat suasana pembelajaran dikelas menjadi lebih menarik. Adapun upaya yang dilakukan guru agar pembelajaran dikelas menjadi menarik, sebaiknya guru menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa serta pada saat pembelajaran guru perlu menggunakan media pembelajaran yang bervariasi misalnya menggunakan media konkret untuk menarik perhatian siswa. Sehingga konsentrasi siswa menjadi lebih terfokus pada kegiatan pembelajaran di kelas.

  9. Nama : Dewa Ayu Dwi Ari Anggarini
    NIM : 859030705
    Prodi : S1 PGSD

    Berdasarkan vidio diatas dapat dilihat bahwa memelihara konsentrasi siswa sangat penting. hal ini dikarenakan, jika dalam proses pembelajaran berlangsung konsentrasi siswa terganggu maka pembelajaran menjadi tidak kondusif. Hilangnya konsentrasi siswa disebabkan oleh pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi dan masih berpusat pada guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, guru harus bisa membuat suasana pembelajaran dikelas menjadi lebih menarik. Adapun upaya yang dilakukan guru agar pembelajaran dikelas menjadi menarik, sebaiknya guru menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa serta pada saat pembelajaran guru perlu menggunakan alat peraga yang bervariasi misalnya menggunakan alat peraga yang bersifat konkret untuk menarik perhatian siswa. Sehingga konsentrasi siswa menjadi lebih terfokus pada kegiatan pembelajaran di kelas.

  10. Nama : Ulfa Nur Fadilah
    Nim : 857510167
    prodi : S1-PGSD

    Sangat sulit membuat anak fokus, sehingga Guru harus lebih kreatif dalam mengajar, dengan media yang real dan menggunkan gambar, serta melibatkan semua siswa aktif sangat di butuhkan perhatian yang khusus. Guru juga sebaiknya tidak hanya berdiri di depan, sehingga yang duduk di bagian belakang kurang diperhatikan.

Leave a Reply