silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1 kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama : Maria Putri Angelina
Nim : 857028821
Pokjar : Sidomulyo
Hasil analisis video
Penggunaan media pembelajaran dalam video tersebut sudah cukup tepat karena relevan dengan materi dan melibatkan siswa secara aktif melalui sentuhan dan eksplorasi secara langsung, tetapi media yang di gunakan terbatas, hanya satu untuk seluruh kelas, sehingga kurang optimal menjangkau semua siswa. Namun, agar lebih optimal, guru juga bisa mempertimbangkan variasi metode seperti permainan edukatif dan diskusi kelompok kecil untuk menjaga dinamika kelas dan memperhatikan gaya belajar yang berbeda-beda dari setiap siswa.
NAMA : NANDA NAILUL FAUZIAH
NIM : 859539984
POKJAR : SIDOMULYO
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
Menurut saya video ini sudah bagus karena guru menerapkannya dengan alat peraga sehingga siswa bisa mengingat dan berkonsentrasi tentang apa yang di berikan oleh guru. Apalagi siswa SD itu sering lupa dengan materi yang di berikan gurunya, jadi guru harus pintar dalam memberikan materi kepada siswa supaya siswa tersebut bisa mengingat.
Dalam video ini langkah guru dengan menggunakan poster sebagai alat peraga dan membangun diskusi melalui alat peraga tersebut sudah tepat. Guru juga melibatkan siswa untuk ikut berpartisipasi dalam penggunaan media. Hal ini bertujuan untuk membangun konsentrasi siswa. Strategi tanya jawab dikombinaasi dengan peragaan media dan praktik kerja sudah tepat.
1. Kelebihan
• Penyampaian yang Sederhana dan Mudah Dipahami: Materi disampaikan dengan bahasa yang sesuai untuk anak-anak, sehingga memudahkan pemahaman konsep konsentrasi.;
• Visualisasi yang MendukungPenggunaan ilustrasi dan animasi sederhana membantu memperjelas konsep yang diajarkan, membuat pembelajaran lebih menarik.
• Relevansi dengan Kurikulum: Materi sesuai dengan kurikulum pendidikan dasar, menjadikannya sumber belajar yang relevan bagi siswa dan guru.
2. Kekurangan
• Kualitas Produksi yang Terbatas: Sebagai video yang dipublikasikan lebih dari lima tahun lalu, kualitas gambar dan suara mungkin tidak setajam standar video edukatif saat ini.
• Kurangnya Interaktivitas: Video ini bersifat satu arah tanpa interaksi langsung, sehingga keterlibatan siswa dalam proses belajar mungkin terbatas.
3. Keunikan
• Fokus pada Pendidikan Dasar: Video ini secara khusus ditujukan untuk siswa sekolah dasar, dengan pendekatan yang disesuaikan untuk tingkat pemahaman mereka.
• Dukungan dari Institusi Pendidikan Terbuka: Diproduksi oleh Universitas Terbuka, video ini mencerminkan upaya institusi dalam menyediakan sumber belajar yang dapat diakses secara luas.
Nama : Habibah Sudirman
NIM : 859282854
Hasil Analis Video
Memelihara Konsentrasi
Sebagai seorang Guru sangat berperan penting dan berdampak besar kepada anak didik, karna seorang guru harus aktif dan inovasi dalam mengajar, karena dengan pembelajaran yang menarik dapat membantu siswa lebih konsentrasi dalam belajar, apalag seoarang guru mengajar dengan menggunakan media pembelajaran.
Dalam video tersebut tampak guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yg di ajarkan.
Solusi bagaimana membangun konsentrasi?
Dengan menggunakan alat peraga yang menarik, karna dengan menggunakan alat peraga siswa lebih antusias dalam pembelajaran karna pelajaran lebih menarik dan tidak monoton.
Terimakasih 🙏🙏
Nama: Nelly Fitri sarni zai
Nim: 859812961
Menurut analisis saya dalam video tersebut setuju karena dengan menggunakan metode pembelajaran menggunakan alat peraga seperti poster, foto dan benda lainnya dapat Manarik perhatian dan minat siswa dengan secara langsung ikut terlibat sehingga siswa dapat aktif dan mengambangkan keterampilan pemahaman berpikir dalam pemecahan masalah. Dengan adanya metode pembelajaran tersebut suasana kelas lebih menyenangkan dan interaktif.
Nama : Purnamasari sebuah
Nim : 859871317
Menurut pendapat saya terhadap video pembelajaran dengan penggunaan alat peraga yang menarik dan kesempatan untuk bereksplorasi dapat memicu rasa ingin tahu siswa terhadap materi pelajaran.
Guru harus punya ide dan kreatif sehingga ketika pembelajaran yang aktif dan interaktif dapat mengurangi rasa bosan dan jenuh yang mungkin timbul dalam pembelajaran.
Guru juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk bereksplorasi dan mengungkapkan pengalaman mereka dapat mendorong pengembangan keterampilan berpikir dan juga kritis.
As’salamulaikum warahmatullahi wabarakatu
Nama : Sepuldin
Nim : 858080871
Mohon izin untuk menyampaikan pendapat dari yang saya lihat pada video di atas bahwa dalam masalah Memelihara konsentrasi pada siswa SD sangat penting untuk meningkatkan kemampuan belajar dan prestasi akademik. beberapa komentar terkait masalah ini:
*Tantangan*
1. *Kurangnya fokus*: Siswa SD sering kali memiliki perhatian yang singkat dan mudah terganggu oleh lingkungan sekitar.
2. *Keterbatasan kemampuan mengatur diri*: Siswa SD masih belajar mengatur waktu, emosi, dan perhatian mereka sendiri.
3. *Kebutuhan akan stimulasi*: Siswa SD memerlukan stimulasi yang tepat untuk menjaga konsentrasi dan minat belajar.
*Solusi*
1. *Pembelajaran interaktif*: Menggunakan metode pembelajaran interaktif, seperti permainan edukatif, dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan minat belajar siswa.
2. *Pengaturan lingkungan belajar*: Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, tenang, dan bebas gangguan dapat membantu siswa fokus.
3. *Teknik pengelolaan waktu*: Mengajarkan siswa teknik pengelolaan waktu yang efektif dapat membantu mereka mengatur waktu belajar dan meningkatkan konsentrasi.
4. *Penggunaan teknologi*: Menggunakan teknologi, seperti aplikasi pembelajaran interaktif, dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan minat belajar siswa.
*Peran Guru dan Orang Tua*
1. *Mengidentifikasi kebutuhan siswa*: Guru dan orang tua perlu mengidentifikasi kebutuhan dan gaya belajar siswa untuk menciptakan strategi yang efektif.
2. *Menciptakan lingkungan belajar yang mendukung*: Guru dan orang tua dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memotivasi siswa untuk belajar.
3. *Mengajarkan teknik pengelolaan konsentrasi*: Guru dan orang tua dapat mengajarkan siswa teknik pengelolaan konsentrasi, seperti teknik pernapasan atau meditasi, untuk membantu mereka mengatur perhatian dan emosi.
Dengan kerja sama antara guru, orang tua, dan siswa, memelihara konsentrasi pada siswa SD dapat ditingkatkan, sehingga meningkatkan kemampuan belajar dan prestasi akademik serta baik untuk masa depan nya dalam pendidikan.
Sekian dari pendapat atau komentar dari saya, mohon maaf jika ada pendapat atau komentar yang kurang baik saya mohon bimbingannya…….. Terimakasih
Nama: Rosa Silvi Vebiana
NIM : 857764138
UPBJJ : SEMARANG
POKJAR: KEDUNGWUNI
Dari analisa video tersebut dapat dianalisa bahwa dalam memelihara konsentrasi di dalam kelas dapat dilakukan dengan cara menggunakan alat peraga. Pada hakekatnya anak-anak pada usia di dalam video tersebut masih kesulitan untuk berkonsentrasi. Tidak dipungkiri juga bahwasanya siswa SD merupakan anak-anak yang masih kecil sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan berkonsentrasi di kelas. . Oleh sebab itu dalam pelajaran matematika khususnya yang terdapat dalam video tersebut guru harus menggunakan alat peraga di depan kelas sehingga pandangan siswa terfokus pada alat peraga yang dapat menarik perhatian para siswa di kelas. Alat peraga yang menarik dapat menjaga konsentrasi siswa seperti penggunaan poster, foto ataupun benda asli terkait dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari. Hal ini harus menjadi perhatian untuk semua guru agar dapat mengembangkan keterampilan dan kekreativitasan mereka dalam memahami serta mengaplikasikan alat peraga untuk kebutuhan kelas.
Dalam membangun konsentrasi para siswa, yang dapat dilakukan oleh guru yaitu dengan mengajak anak untuk mengeksplorasi alat peraga secara langsung. Caranya yaitu dengan mengalihkan dan mengarahkan perhatian siswa pada alat peraga terlebih dahulu, kemudian guru dapat memulai diskusi bersama para siswa dan berdialog maupun melakukan tanya jawab dengan siswa terkait materi yang sedang dipelajari dengan alat peraga tersebut.
Nama : Rika Anggraini
Nim : 859798735
Izin menanggapi, Penggunaan media pembelajaran dalam video tersebut sudah cukup tepat karena relevan dengan materi, Tetapi, media yang digunakan terbatas, hanya satu untuk seluruh kelas, sehingga kurang optimal menjangkau semua siswa, terutama yang duduk di baris belakang. Guru hanya berdiri di depan kelas tanpa interaksi aktif, sehingga metode pengajaran terasa kurang interaktif.
Nama : Rika Anggraini
Nim : 859798735
Izin menanggapi, Penggunaan media pembelajaran dalam video tersebut sudah cukup tepat karena relevan dengan materi, Tetapi, media yang digunakan terbatas, hanya satu untuk seluruh kelas, sehingga kurang optimal menjangkau semua siswa, terutama yang duduk di baris belakang. Guru hanya berdiri di depan kelas tanpa interaksi aktif, sehingga metode pengajaran terasa kurang interaktif dan
As’salamulaikum warahmatullahi wabarakatu
Perkenalkan nama saya sepuldin dengan Nim 858080871
Mohon izin memberi pendapat atau komentar Memelihara konsentrasi pada siswa SD sangat penting untuk meningkatkan kemampuan belajar dan prestasi akademik. Berikut beberapa komentar terkait masalah ini:
*Tantangan*
1. *Kurangnya fokus*: Siswa SD sering kali memiliki perhatian yang singkat dan mudah terganggu oleh lingkungan sekitar.
2. *Keterbatasan kemampuan mengatur diri*: Siswa SD masih belajar mengatur waktu, emosi, dan perhatian mereka sendiri.
3. *Kebutuhan akan stimulasi*: Siswa SD memerlukan stimulasi yang tepat untuk menjaga konsentrasi dan minat belajar.
*Solusi*
1. *Pembelajaran interaktif*: Menggunakan metode pembelajaran interaktif, seperti permainan edukatif, dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan minat belajar siswa.
2. *Pengaturan lingkungan belajar*: Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, tenang, dan bebas gangguan dapat membantu siswa fokus.
3. *Teknik pengelolaan waktu*: Mengajarkan siswa teknik pengelolaan waktu yang efektif dapat membantu mereka mengatur waktu belajar dan meningkatkan konsentrasi.
4. *Penggunaan teknologi*: Menggunakan teknologi, seperti aplikasi pembelajaran interaktif, dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan minat belajar siswa.
*Peran Guru dan Orang Tua*
1. *Mengidentifikasi kebutuhan siswa*: Guru dan orang tua perlu mengidentifikasi kebutuhan dan gaya belajar siswa untuk menciptakan strategi yang efektif.
2. *Menciptakan lingkungan belajar yang mendukung*: Guru dan orang tua dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memotivasi siswa untuk belajar.
3. *Mengajarkan teknik pengelolaan konsentrasi*: Guru dan orang tua dapat mengajarkan siswa teknik pengelolaan konsentrasi, seperti teknik pernapasan atau meditasi, untuk membantu mereka mengatur perhatian dan emosi.
Dengan kerja sama antara guru, orang tua, dan siswa, memelihara konsentrasi pada siswa SD dapat ditingkatkan, sehingga meningkatkan kemampuan belajar dan prestasi akademik.
Sekian dan Terimakasih ……….. Semoga memuaskan