silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1 kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Nama : Lisbet Meryati Limbong
Nim : 860134574
Konsentrasi belajar adalah kemampuan memusatkan perhatian dan pikiran pada proses belajar, sehingga materi pelajaran dapat dipahami dengan baik. Sebelum memberikan pembelajaran guru terlebih dahulu mengajak siswa breking ice sebagai pemacu untuk lebih dahulu.
Pada vidio ini sudah memberikan contoh metode pembelajaran yang kreatif dan dapat melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan alat peraga siswa akan lebih gampang memahami dan mengerti setiap pelajaran yang disampaikan oleh guru. Siswa juga akan lebih konsentrasi karena media yang digunakan dapat mereka lihat secara real atau nyata.
Nur afifah Fitri yani
NIM 859669549
UPBJJ Bandung
Dalam video tersebut di perlihatkan bagaimana cara membangun konsentrasi peserta didik yaitu dengan cara membangun interaksi bersama peserta didik, menjadikan peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran, mencontohkan dengan menggunakan alat peraga yang menarik perhatian peserta didik. Dengan demikian kita dapat memelihara konsentrasi para peserta didik dengan baik.
Nama : Jubed jubaedah
Nim : 877635064
Izin menanggapi video tersebut.
Menurut saya di dalam video tersebut awalnya guru tersebut kebingungan karena anak-anak tidak fokus dengan materi yang disampaikan, kemudian guru tersebut mengubah metode mengajarnya dengan menggunakan alat peraga
untuk meningkatkan perhatian siswa itu cukup efektif. Alasannya karena alat peraga yang menarik dapat memicu rasa ingin tahu siswa dan meningkatkan minat mereka terhadap materi. Dengan mengeksplorasi alat peraga, siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran.
nama : bella safitri
nim : 858081651
pokjar : mempawah
1. Secara keseluruhan vidio memberikan contoh metode pembelajaran yang kreatif dan berpusat pada siswa sehingga dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar.
2. Ada media belajar tapi kurang banyak, anak² cuman melihat dari kejauhan karna guru hanya berdiri didepan.
3. Mengatasi tantangan perhatian siswa selama pembelajaran.
4. Dengan melibatkan siswa secara aktif, dengan menempelkan gambar didepan.
5. Guru harus kreatif dan banyak ide, guru harus selalu terlihat ceria dan menyenangkan didepan siswanya agar siswa tidak bosan dan selalu bersemangat saat belajar.
Nama : Zulfatul Mualifah
NIM : 857846737
Dalam proses pembelajaran, keterlibatan aktif siswa sangat berperan penting dalam menyerap materi yang disampaikan.
Namun, sering kali guru menghadapi situasi di mana siswa tampak tidak serius atau tidak fokus saat pembelajaran berlangsung.
Hal ini dapat menghambat pemahaman siswa terhadap materi.
Dalam video tersebut anak-anak bergurau dan gaduh saat proses pembelajaran.
Saat guru menanyakan tentang kejelasan materi, siswa menjawab “jelas” dan tidak ada yang bertanya atau meminta penjelasan lebih lanjut.
Namun ketika guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi, siswa menjawab dengan jawaban yang salah.
Permasalahan utama yang muncul pada video tersebut adalah kurangnya perhatian dan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran.
Beberapa hal yang bisa dianalisis yaitu kurangnya kesadaran siswa bahwa mereka belum memahami materi namun tetap mengaku sudah jelas, rendahnya minat dan perhatian selama penjelasan awal guru, metode pembelajaran awal mungkin terlalu monoton atau tidak sesuai dengan gaya belajar siswa.
Maka dari itu guru harus lebih menekankan pentingnya kejujuran dalam menyampaikan pemahaman, serta mendorong siswa untuk bertanya jika belum paham.
Tindakan guru dalam mengatasi masalah yang ada dalam video tersebut sudah tepat, yaitu dengan menggunakan media visual (poster) untuk menarik perhatian siswa, melibatkan siswa secara langsung (meminta siswa menempelkan poster), serta mengajak siswa berpartisipasi dalam kegiatan yang menyenangkan (menghitung apel bersama) untuk meningkatkan fokus dan interaksi.
Mengubah pendekatan dari ceramah pasif menjadi pembelajaran aktif dan menyenangkan merupakan langkah positif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Namun perlu dilanjutkan dengan membangun budaya bertanya, memberi ruang diskusi, dan menanamkan nilai kejujuran akademik sejak dini.
Nama : Anggit Dwi Nabilla
NIM : 860032647
UPBJJ : Bandung (Salut Cimalaka)
Di dalam video tersebut, guru berusaha menarik perhatian siswa dengan cara memberikan pertanyaan pemantik untuk membangun konsentrasi siswa. Setelah diberikan pertanyaan pemantik, siswa terlihat antusisas dalam menjawab pertanyaan yang diberikan. Namun terdapat kekurangan dalam video tersebut, guru tidak memberikan kebiasaan berdoa kepada siswa sebelum pembelajaran dimulai. Selain itu, pakaian yang digunakan akan menjadi contoh bagi siswa sehingga pakaian guru harus memberikan contoh yang baik dan serapih mungkin
LEMBAR REFLEKSI SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN
Nama : SITI RAMADANI
NIM : 859873453
Program Studi : S1 PGSD AKPMM
UPBJJ : UT MEDAN
Link : https://gurupintar.ut.ac.id/memelihara-konsentrasi/
A. Refleksi terhadap Penerapan Pembelajaran yang telah dilakukan
1. Apakah kegiatan membuka yang guru lakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik?
Jawab: Di dalam video guru tersebut tidak melakukan kegiatan pembuka dalam pelajaran, guru tersebut langsung masuk ke dalam kegiatan inti pelajaran. Sehingga siswa menjadi susah berkonsentrasi dan tidak siap menerima pelajaran.
2. Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar yang guru sajikan?
Jawab: Terlihat di dalam video tersebut siswa memberikan tanggapan yang cukup responsip, karena guru menggunakan alat peraga berupa poster sehingga memicu siswa memberikan tanggapan yang beragam.
3. Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan?
Jawab: Terlihat di dalam video siswa memberikan respon yang sangat senang, menggunakan alat peraga berupa poster membuat anak semangat dalam belajar, sehingga mereka menjadi aktif selama pembelajaran berlangsung. Poster tersebut juga menjadi alat untuk memancing perhatian siswa sehingga siswa menjadi lebih fokus dalam belajar.
4. Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/teknik pembelajaran yang guru gunakan?
Jawab: Metode yang digunakan guru tersebut memberikan tanggapan positif dari siswa, dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis visual seperti poster tersebut mendorong siswa menjadi fokus, dan lebih bersemangat.
5. Apakah siswa dapat menangkap penjelasan/instruksi yang guru berikan dengan baik?
Jawab: Di dalam video terlihat siswa dapat menangkap penjelasan dan isntruksi yang diberikan guru dengan baik, seperti yang dilakukan guru tersebut, ketika guru tersebut melakukan sesi tanya jawab kepada siswa terhadap gambar buah yang terdapat dalam poster, siswa dengan cepat dan semangat dalam menjawab pertanyaan guru tersebut. Dan ketika salah satu siswa diberi intruksi untuk membantu guru tersebut menempelkan poster ke papan tulis terlihat siswa tersebut langsung berdiri dan melakukan sesuai apa yang diintruksikan oleh guru tersebut.
Selamat pagi Bu/pak
Nama:Nina Kartini Lumbanraja Nim:859883121 Salut:permata Labura, Aek kanopan
Berdasarkan video pembelajaran yang dilakukan, Menurut saya terdapat kelebihan dan kelemahan dalam video tersebut yaituKelebihan:
* Menggunakan Alat Bantu Visual: Guru menggunakan alat bantu visual untuk membantu menjaga perhatian anak-anak [
* Mendorong Partisipasi: Guru mendorong siswa untuk berpartisipasi dengan meminta mereka berinteraksi langsung dengan materi pembelajaran
Kekurangan:
* Pertanyaan Tidak Jelas: Guru mengajukan pertanyaan yang tidak dipahami anak-anak
*Guru tidak tegas dalam berkomunikasi
*Suara guru kurang keras agar seluruh anak lebih mendengar dan lebih fokus
Nama : Tesya Tria Septiani
Nim : 857509599
Prodi : PGSD
Pokjar : Garut
UPBJJ : Bandung
Dari video pembelajaran diatas yang sudah saya lihat yaitu video pembelajaran menarik perhatian siswa, dari isi video tayangan ke 1 menayangkan situasi di kelas dimana seorang guru kurang enak di lihat, siswa tidak mau mendengar ucapan guru pada saat guru datang,tetapi pada tayangan yang ke 2 guru berpakaian sudah sangat rapih serta pada saat masuk kelas guru berhasil mengkoordinasikan siswa agar proses belajar mengajar menjadi interaktif. Dengan diawali ice breaking tepuk satu kali
Nama : Fari Alvito Dien Nova
Nim : 857164973
UPBJJ JAKARTA
Setelah menonton dan video dan meneliti vidio tersebut, saya menyimpulkan :
1. media pembelajaran yang kreatif dan berpusat pada siswa sehingga dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar
2. Guru hanya berdiri di depan kelas tanpa interaksi aktif, sehingga metode pengajaran terasa kurang
3. membawa alat peraga di depan kelas dan melibatakan murid untuk menempel gambar menjadi ada interaksi anatara guru dan siswa