Memelihara Konsentrasi

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan  atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak  yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.

Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1  kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

1,016 Comments

  1. NAMA : ALIF FADILLA
    NIM : 857153583
    PRODI : PGSD
    UPBJJ : JAKARTA

    Dalam video tersebut untuk membuat anak berkonsentrasi dalam sebuah pembelajaran, guru harus berperan aktif dalam proses pembelajaran tersebut dengan adanya alat praga serta komunikasi antara guru dan siswa, siswa dapat berkonsentrasi dalam pembelajaran serta meningkatkan daya tarik siswa dalam kegiatan belajar

  2. Nama : Devi Susilawati
    Nim : 858081827
    Berdasarkan vidio cuplikan diatas pada vidio yang pertama menunjukkan bahwa seorang guru kurang mempersiapkan sebelum proses pembelajaran dimulai. Seharus nya seorang guru harus mempunyai strategi untuk penguasaan kelas. Apalagi untuk mengajar siswa kelas rendah, guru diminta aktif lagi agar siswa tidak asik bermain sendiri atau bermain bersama teman sebangkunya sehingga mengabaikan pelajaran yang diberikan oleh guru. Selanjutnya pada vidio berikutnya guru sudah aktif. Mulai dari memberikan pertanyaan dan media pembelajaran yang menarik. Sehingga anak menjadi fokus. Dan mudah menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. Terimakasih.

  3. Dari hasil video di atas kita bisa mengevaluasi proses pembelajaran yang menarik dan kreatif, sehingga anak-anak bisa konsentrasi penuh terhadap pelajaran.
    Dengan membuat kolase-kolase permainan yang menarik anak-anak akan tertarik terhadap pelajaran tersebut. Karna anak-anak sangat gampang bosan jadi guru harus se kreatif mungkin membuat permainan yang menarik agar anak-anak tertarik mengikuti pelajaran tersebut.

    Terimakasih.

  4. Nama : Sri Dhea
    Nim : 859885433

    Setelah saya liat Video tersebut positif dan relevan, terutama dalam mengatasi kesulitan mempertahankan perhatian siswa, terutama pada jenjang pendidikan dasar. Penggunaan alat peraga yang menarik dan melibatkan siswa secara aktif melalui eksplorasi langsung serta ekspresi kegembiraan memiliki beberapa keunggulan yang signifikan dan sangat baik ,sesuai dengan karakteristik belajar anak usia sekolah dasar. Penggunaan alat peraga yang menarik, eksplorasi langsung, dan ekspresi kegembiraan adalah strategi yang efektif untuk mempertahankan perhatian siswa, meningkatkan pemahaman, dan menciptakan pengalaman belajar yang positif. Guru perlu memastikan bahwa implementasinya terencana dengan baik dan tetap fokus pada tujuan pembelajaran.

  5. Nama : Yati Hidayati Saputri
    NIM : 856480624
    Pokjar : Pelalawan

    Setelah melihat video tersebut, reaksi siswa diusia mereka yang memiliki keterbatasan konsentrasi terhadap kegiatan pembelajaran yang tidak memanfaatkan alat peraga yang menarik menjadikan mereka tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran, namun ketika guru menyampaikan materi pemebelajaran menggunakan alat peraga, siswa berantusias mengikuti pelajaran. Kelemahan guru dalam video adalah kurang bersemangat dan kurang kreatif dalam menyampaikan materi. Kelebihan guru dalam video tersebut setelah guru menggunakan alat peraga berupa gambar dalam pembelajaran, siswa menjadi tertarik dan konsentrasi dalam belajar, karena mereka dapat belajar menghitung secara langsung melalui gambar. Hal unik dari guru dalam video, guru melibatkan siswa dalam pembelajaran,sehingga tidak monoton. Upaya yang saya usulkan yaitu mungkin guru menunjuk beberapa siswa untuk menghitung benda atau gambar secara bergantian,sehingga menjadikan motivasi siswa untuk bisa menjawab atau menghitung.

  6. Nama : Desty Triayu Anggraini
    NIM : 858080857
    Menurut pendapat saya terhadap video tersebut adalah, anak seusia mereka masih sangat perlu diperhatikan karena mereka memiliki keterbatasan dalam berkonsentrasi. Untuk menjaga agar mereka tetap fokus dalam menyimak pembelajaran, guru bisa menggunakan berbagai media yang menarik untuk membuat siswa bisa memperhatikan pembelajaran yang dijelaskan. Seperti di dalam video tersebut, terdapat solusi bagimana cara membangun konsentrasi terhadap siswa, dimana guru menggunakan media yang menarik seperti gambar yang menarik perhatian siswa. Dengan demikian, siswa diajak mengeksplorasi pembelajaran secara langsung menggunakan alat peraga, sehingga siswa lebih konsentrasi dalam proses pembelajaran.

  7. Pembelajaran diatas masih bersifat teacher center. Anak anak hanya sebagai penonton, Utk vidio pertama
    Pada vidio kedua.. Guru sudah melakukan hal interaktif dengan membuat kelompok, lalu meminta siswa untuk berhitung dengan jengkal. Dan semua anak melakukan hal tersebut sehingga kelas menjadi aktif dan bermakna.

  8. Nama : Fitriani

    Nim : 857045606

    Salut Simpang pematang

    Judul : Memelihara konsentrasi

    Dalam video di atas guru sudah melakukan tindakan yang tepat agar siswa dapat fokus terhadap materi pembelajaran yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berupa gambar atau Alat permainan edukatif (APE), Karena selain sulit untuk konsentrasi siswa juga mudah bosen maka dari itu video di atas adalah salah satu contoh media pembelajaran yang sesuai untuk di gunakan di sekolah dan dirumah.

  9. analisis singkat video pembelajaran “Memelihara Konsentrasi” yang saya amati, yaitu sebagai berikut:

    Kelebihan:
    • Menggunakan alat peraga menarik untuk memikat perhatian siswa.
    • Siswa dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran, membuat mereka lebih aktif dan antusias.
    • Materi sesuai dengan kurikulum dan tingkat perkembangan siswa.

    Kekurangan:
    • Visualisasi kurang interaktif, sehingga hanya siswa di baris depan yang mendapat manfaat maksimal.
    • Penampilan guru dinilai kurang rapi, memengaruhi persepsi siswa terhadap keseriusan pembelajaran.

    Keunikan:
    • Menggabungkan demonstrasi alat peraga dengan kegiatan eksploratif, memicu rasa ingin tahu siswa.
    • Terdapat pendapat pakar dari berbagai sudut pandang, memperkaya pemahaman terhadap proses mengajar.

    Saran:
    • Tingkatkan interaktivitas media visual agar dapat menjangkau semua siswa di kelas.
    • Perhatikan penampilan dan ekspresi guru untuk menciptakan kesan profesional.
    • Tambahkan alat bantu pembelajaran digital untuk memperluas jangkauan materi.

  10. Nama : Dian Rahayu
    NIM : 858080792
    Pokjar : Musyaahadah Secapah Mempawah

    Dari video di atas, saya belajar bahwa menjaga konsentrasi siswa merupakan hal yang penting. Guru perlu pandai membaca situasi kelas dan memberikan variasi dalam kegiatan belajar, seperti bertanya langsung kepada siswa, memberikan pujian, atau menyisipkan permainan kecil agar suasana tetap segar. Konsentrasi siswa perlu dijaga supaya pembelajaran bisa berjalan lancar dan tujuan belajar tercapai.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/