silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1 kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Andika Dhanesywara
Assalamu’alaikum wr wb
Nama : Rizqina Zulfa Afiana
Nim : 858547656
Prodi : PGSD
Hasil analisis video
Secara keseluruhan, video ini memberikan contoh metode pembelajaran yang kreatif dan berpusat pada siswa sehingga dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar.
Video ini menunjukkan upaya guru dalam mengatasi tantangan mempertahankan perhatian siswa selama pembelajaran. Penggunaan alat peraga yang menarik adalah solusi yang efektif, karena dapat mengalihkan fokus siswa ke materi yang sedang diajarkan. Dengan melibatkan siswa secara aktif, baik melalui eksplorasi langsung (seperti meraba atau menggunakan alat peraga) maupun ekspresi verbal mengenai pengalaman mereka, pendekatan ini dapat meningkatkan pemahaman konsep sekaligus membuat suasana belajar lebih menyenangkan dan interaktif.
Nama : mita fitria
Nim : 859868301
Kelas : 6 C asahan
Link video : https://youtu.be/A783I9qE9iQ?si=5zAI78BBMZ19qiRC
Video ini membahas tentang cara memelihara konsentrasi siswa SD.
Video ini menjelaskan bahwa anak seusia mereka memiliki keterbatasan dalam berkonsentrasi . Oleh karena itu, perhatian mereka perlu senantiasa dijaga dengan pemanfaatan alat peraga yang menarik seperti poster, foto, atau benda aslinya
Mengajak anak untuk mengeksplorasi alat peraga secara langsung merupakan hal yang penting . Guru mengajak siswa mengeksplorasi yaitu membangun diskusi atau dialog yang mendalam tentang sesuatu melalui alat peraga
Nama : Putri Ayunda Sari
Nim : 856057091
UPBJJ : Medan
Semester : 8
Menurut pendapat saya terkait video bertema Memelihara Konsentrasi yang di ajarkan oleh Guru tersebut sudah cukup baik,akan tetapi banyak sekali kelemahan pada proses mengajar yang beliau terapkan.Dimana beliau tidak melakukan pendahuluan seperti salam dan doa terlebih dahulu (Ice breaking),Tidak melakukan apersepsi pada video tersebut.Langsung masuk pada materi dengan menggunakan alat peraga yang terbatas.Sehingga siswa kurang memperhatikan dan berkonsentrasi.Kemudian guru tidak melakukan refleksi (pengulangan pelajaran),tidak ada menanyakan perasaan siswa saat mengikuti pembelajaran.Sehingga konsentrasi atau minat belajar dari sebagian siswa dikelas kurang.
Nama:Melda lazari
Nim:856484528
UPBJJ:Pekanbaru
Menurut pendapat saya guru tersebut terlalu kaku dan kurang bersemangat dalam menyampaikan materi pembelajaran. Tetapi dengan ada nya pendekatan dengan menggunakan alat peraga, guru dapat membuat siswa lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga mereka dapat memahami materi dengan lebih baik.
Selain itu, pendekatan ini juga dapat meningkatkan motivasi dan kegembiraan siswa dalam belajar, sehingga mereka dapat merasa lebih nyaman dan enjoy dalam proses pembelajaran.
Menurut saya proses pembelajaran yang disampaikan oleh bapak guru tersebut sangat baik, dimana dari melakukan pembukaan sampai penyampaian materi sangat lah baik, guru tersebut menggunakan alat media untuk menyampaikan materi sehingga murid tertarik untuk belajar dan murid mudah untuk memahami materi.
Nama: Ana Aizzatur Roifah
NIM: 877838852
PRODI: PGSD
UPBJJ: BANDUNG
Dari video diatas tampak sangat berbeda secara signifikan antara saat video pertama guru mengajar berhitung tanpa alat peraga, anak-anak tampak kurang tertarik dan konsentrasi. Berbeda dengan saat guru mengajar berhitung dengan menggunakan alat peraga, anak-anak tampak antusias dan ikut aktif dalam menjawab tanya jawab yang diberikan guru. Alangkah lebih baiknya guru tidak hanya demontrasi dan tanya jawab ke siswa, tetapi juga mengajak siswa untuk berani maju di depan kelas guna mengekplorasi belajar berhitung dengan alat peraga yang dipakai.
Nama : petti pajrawati.p
nim : 859531592
Prodi : PGSD
UPBJJ : MAJENE
Video ini mendemonstrasikan strategi pengelolaan kelas yang efektif dan inspiratif. Guru dengan cerdas memanfaatkan alat peraga (poster buah-buahan) untuk menarik perhatian siswa dan mengarahkan fokus mereka kembali ke pembelajaran. Melibatkan siswa, Carlos, dalam memasang alat peraga bukan hanya menciptakan interaksi positif, tetapi juga membangun rasa tanggung jawab dan partisipasi aktif dalam proses belajar. Penggunaan visual yang menarik seperti poster buah-buahan terbukti efektif dalam merangsang minat belajar dan menciptakan suasana kelas yang lebih hidup dan dinamis. Teknik ini menunjukkan pemahaman mendalam guru tentang bagaimana mengelola kelas yang ramai dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Ini merupakan contoh praktik baik yang patut dipelajari dan diadopsi oleh para pendidik.
NAMA : Petti pajrawati.p
Nim : 859531592
Prodi : PGSD
Upbjj : majene
Video ini mendemonstrasikan strategi pengelolaan kelas yang efektif dan inspiratif. Guru dengan cerdas memanfaatkan alat peraga (poster buah-buahan) untuk menarik perhatian siswa dan mengarahkan fokus mereka kembali ke pembelajaran. Melibatkan siswa, Carlos, dalam memasang alat peraga bukan hanya menciptakan interaksi positif, tetapi juga membangun rasa tanggung jawab dan partisipasi aktif dalam proses belajar. Penggunaan visual yang menarik seperti poster buah-buahan terbukti efektif dalam merangsang minat belajar dan menciptakan suasana kelas yang lebih hidup dan dinamis. Teknik ini menunjukkan pemahaman mendalam guru tentang bagaimana mengelola kelas yang ramai dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Ini merupakan contoh praktik baik yang patut dipelajari dan diadopsi oleh para pendidik.
NAMA : HENDY MARTIN PRAYUDA
NIM : 857036012
POKJAR : SIMPANG PEMATANG
UBPJJ : BANDAR LAMPUNG
Menurut pendapat saya terkait video bertema Memelihara Konsentrasi yang di ajarkan oleh Guru tersebut sudah cukup baik,akan tetapi banyak sekali kelemahan pada proses mengajar yang beliau terapkan.Dimana beliau tidak melakukan pendahuluan seperti salam dan doa terlebih dahulu (Ice breaking),Tidak melakukan apersepsi pada video tersebut.Langsung masuk pada materi dengan menggunakan alat peraga yang terbatas.Sehingga siswa kurang memperhatikan dan berkonsentrasi.Kemudian guru tidak melakukan refleksi (pengulangan pelajaran),tidak ada menanyakan perasaan siswa saat mengikuti pembelajaran.Sehingga konsentrasi atau minat belajar dari sebagian siswa dikelas kurang.
Dalam awal vidio tergambar bahwa guru yang tidak mempersiapkan pembelajaran yang baik akan berpengaruh dengan ketidak konsentrasian siswa dalam mengikuti pelajaran. Dalam lanjutan vidio, guru mempunyai alat peraga yang baik yang masih berhubungan dengan mata pelajaran yang diajarkan sehingga anak dapat terkonsertasi dalam pembelajaran. Hal ini dapat disimpulkan bahwa alat peraga sangat bermanfaat dalam menarik perhatian dan konsentrasi siswa, adapun hal lain seperti:
Menarik Perhatian Siswa
Mempermudah Pemahaman Materi
Mengurangi Gangguan Konsentrasi
Meningkatkan Aktivitas Belajar
Membantu mengingat materi lebih lama
Meningkatkan motivasi dan rasa ingin tahu siswa