silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

89 Comments

  1. Nama idesti lase
    Nim 856021059
    Prodi pgsd sI
    Upbjj 12 medan
    Pokjar idanogawo

    Menurut saya dalam pembelajaran yang dilakukan guru dalam video ini sudah sangat bagus dimana guru dalam video ini tidak hanya menjelaskan sebuah materi permainan bahkan guru ikut serta dalam mempraktekannya trus guru dalam video ini melibatkan siswa untuk ikut serta dalam melakukan permainan yang diajarakan atau yang telah bu guru jelaskan sehingga siswa tidak merasa bosan mendengarkan penjelasan dan kelas pun menjdi hidup.

  2. Nama : Mutiara Lutfiah
    NIM : 857192087
    Pokjar : Rajeg

    Dari hasil Video tersebut, dapat dilihat bahwa metode pengajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sudah sangat baik dan sesuai. seperti memperlihatkan dan memberikan contoh kepada anak tentang bahan bakiak dan cara menggunakan bakiak. Guru tersebut juga membuat kelompok, yang mana setiap anak akan merasakan bagaimana cara menggunakan bakiak. Akhirnya, semua anak mendapat giliran mencoba dan mempraktikan permainan tradisional Indonesia dengan baik.

  3. NAMA : ARI ANGGRAINI
    NIM :856982696
    PRODI : PGSD S1 /118

    Menurut saya apa yang dilakukan guru didalam video tersebut tentang pembeljaran “Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks” mata pelajaran bahasa Indonesia sudah sangat baik. Yang mana guru tersebut menerapkan pembeljaran dengan mengikuti struktur proses belajar yakni adanya kegiatan pendahuluan, inti, serta kegiatan penutup.

    Diawal pembeljaran guru sudah menyiapkan siswa untuk siap belajar, kemudian pada kegiatan inti guru menjelaskan materi dengan bantuan media bakiak yang mana membuat siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran sampai akhir, begitu pula dikegiatan penutup guru memberikan kesempatan siswa untuk berkomentar tentang pembelajaran yang diterapkan.

    Kunci utama agar pembeljaran berlangsung sukses, yakni sebagai guru harus pandai mengenal siswa-siswanya mulai dari karakter dan gaya belajarnya. Dengan itu guru akan lebih mudah menyiapkan segala sesuatunya seperti model pembeljaran, metode, teknik, dan media yang digunakan, yang berhubungan dengan pembeljaran yang akan dibahas. Selain itu siswa pun akan menjadi lebih antusias dalam proses pembeljaran.

  4. Menurut saya video pembelajaran diatas sudah sangat baik dan juga menarik. Hal ini dikarenakan guru memberikan pembelajaran dengan sangat rapih, menarik, dan juga apik. Tujuan pembelajaran juga sudah disampaikan diawal pembelajaran sehingga sidwa mampu mengikuti pembelajaran sesuai dengan apa yg diharapkan.

    Namu ada kelemahan yg saya temukan di video diatas yaitu kurangnya ruang bagi siswa utk berpendapat atau menyampaikan pendapat.
    Utk pembelajaran selanjutnya mungkin bisa diberikan waktu khusus bagi siswa utk menyampaikan pendapat.
    Terimakasih

  5. Guru dalam proses pembelajaran materi dari awal sampai akhir sangat jelas, sehingga siswa mampu mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan sangat fokus terhadap penyampaian guru. Dalam proses pembelajaran ini, guru menggunakan metode ceramah juga metode diskusi dengan membuat kelompok antar siswa, media yang digunakan juga sangat menarik yaitu permainan tradisional bakyak sehingga memberikan antusias kepada siswa ketika di persilahkan untuk mempraktekkan permainan bakyak tersebut bersama kelompoknya masing-masing, bisa di lihat dalam kegiatan pembelajaran ini siswa sangat senang.

  6. Materi yang bertopik memerankan tokoh berdasarkan teks ini sangatlah menarik. Mengingat pada zaman sekarang anak sd banyak yang tidak mengetauhi permainan tradisional seperti bakiak, karena anak sd sekarang ketergantungan gadget. Dalam video tersebut pertama-tama guru menyuruh siswa membaca dan memahami isi teks tentang memerankan sebuah tokoh. Kemudian guru memperkenalkan tentang permainan bakiak, terbuat dari apa bakiak tersebut, menjelaskan cara memakai dan bermain. Selanjutnya guru mengarahkan siswa untuk berdiskusi (berkelompok) untuk mempraktekkan permainan bakiak tersebut. Permainan bakiak juga terdapat pesan yang yang diambil siswa, yaitu tentang kerjasama antar teman satu kelompok dan fokus dengan aba-aba serta gerakan. Selain itu, dengan memperkenalkan permainan bakiak ini pada siswa, sama dengan melestarikan permainan tradisional yang sudah hampir tergantikan dengan permainan digital.

  7. Nama : Erna waty hasanah
    nim : 857321302
    UPBJJ: BOGOR
    1. bagaimana reaksi siswa terhadap pembelajaran yang diberika oleh guru?
    siswa mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan senang juga semangat.
    2. apa kelemahan guru dalam melaksanakan video pembelajaran tersebut
    Saat pembelajaran guru tidak mengali informasi tentang pemahaman siswa pada materi yang disampaikan.
    3. apa kelebihan guru dalam melaksanakan video pembelajaran tersebut
    -guru mempraktikan kepadda siswa dalam menggunakan alat peraga sehingga siswa gembira
    -metode yang digunakan guru dengan mengajak siswa berdiskusi lalu membagi kelompok membuat pembelajaran menyenangkan.
    4. upaya apa yang di usulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya
    sebaiknya saat pembelajaran berlangsung guru melakukan sesi tanya jawab.
    5. hal-hal unik apa yang ditemukan dalam video pembelajaran
    -suasana kelas menjadi ramai saat kegiatan permainan bakiak dipraktikan.

  8. Nama : Adek Saputra
    NIM : 856572504

    Menurut pendapat saya, dalam video tersebut Bu guru sudah menyampaikan pembelajarannya dengan baik, karena Bu guru sudah mengawali pembelajaran dengan sapaan salam serta yel-yel sehingga menunjang semangat belajar siswa. Setelah itu, guru menyampaikan materi (Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks) berdiskusi lalu dipraktekkan, sehingga contoh praktek pilihan ibu guru sudah sesuai dengan perkembangan anak usia SD dengan memperkenalkan kembali permainan tradisional seperti bakiak, karena permainan bakiak mengajarkan adanya kerjasama serta kekompakan dalam satu tim dan juga melatih kesabaran.

  9. Nama : Diane Syaidati Hajjar
    NIM : 858809899

    ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN

    A. ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN GPO
    1. Judul dan alamat sumber daring video
    Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
    Judul : Memerankan tokoh berdasarkan teks
    Alamat sumber daring video :
    https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/memerankan-tokoh-berdasarkan-teks/

    2. Ringkasan isi video
    Video berisi tentang tata cara bermain bakiak dengan menggunakan metode diskusi. Pada awal pembelajaran guru meminta siswa untuk membaca buku siswa, setelah kegiatan literasi guru memberikan pemantapan materi tentang tata cara permainan bakiak. kemudian guru memberikan demonstrasi cara bermain bakiak. Diakhir kegiatan pembelajaran kelas dibagi kedalam beberapa kelompok untuk mempraktekkan cara bermain bakiak dan mengikuti perlombaan bakiak.

    3. Kelemahan pembelajaran dalam video
    Tujuan pembelajaran yang hendak dicapai tidak tersampaikan dengan baik. Saat pembelajaran berlangsung guru tidak menggali informasi tentang pemahaman siswa pada materi yang disampaikan..

    4. Kelebihan pembelajaran dalam video
    Guru telah menggunakan benda konkrit yaitu bakiak. Tiap kelompok ada ketua kelompoknya dan tiap kelompok di beri kesempatan untuk mempraktekkan permainan bakiak. Di akhir permainan, tiap kelompok di beri kesempatan untuk mengomentari permainan dari setiap kelompok

    5. Hal unik dalam pembelajaran video
    Guru ikut mempraktekkan permainan bakiak bersama siswa. Adanya lomba permainan bakian setelah pembelajaran berlangsung. Siswa sangat antusias dengan materi pembelajaran.

  10. Nama : Diane Syaidati Hajjar
    NIM : 858809899

    A.ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN GPO
    1.Judul dan alamat sumber daring video
    Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
    Judul : Memerankan tokoh berdasarkan teks
    Alamat sumber daring video :
    https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/memerankan-tokoh-berdasarkan-teks/

    2.Ringkasan isi video
    Video berisi tentang tata cara bermain bakiak dengan menggunakan metode diskusi. Pada awal pembelajaran guru meminta siswa untuk membaca buku siswa, setelah kegiatan literasi guru memberikan pemantapan materi tentang tata cara permainan bakiak. kemudian guru memberikan demonstrasi cara bermain bakiak. Diakhir kegiatan pembelajaran kelas dibagi kedalam beberapa kelompok untuk mempraktekkan cara bermain bakiak dan mengikuti perlombaan bakiak.

    3.Kelemahan pembelajaran dalam video
    Tujuan pembelajaran yang hendak dicapai tidak tersampaikan dengan baik. Saat pembelajaran berlangsung guru tidak menggali informasi tentang pemahaman siswa pada materi yang disampaikan.

    4.Kelebihan pembelajaran dalam video
    Guru telah menggunakan benda konkrit yaitu bakiak. Tiap kelompok ada ketua kelompoknya dan tiap kelompok di beri kesempatan untuk mempraktekkan permainan bakiak. Di akhir permainan, tiap kelompok di beri kesempatan untuk mengomentari permainan dari setiap kelompok

    5.Hal unik dalam pembelajaran video
    Guru ikut mempraktekkan permainan bakiak bersama siswa. Adanya lomba permainan bakian setelah pembelajaran berlangsung. Siswa sangat antusias dengan materi pembelajaran.

Leave a Reply