Similar Posts
Memahami Sifat Pada Operasi Hitung
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa…
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan…
Penerapan keterampilan Bertanya di Kelas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama idesti lase
Nim 856021059
Prodi pgsd sI
Upbjj 12 medan
Pokjar idanogawo
Menurut saya dalam pembelajaran yang dilakukan guru dalam video ini sudah sangat bagus dimana guru dalam video ini tidak hanya menjelaskan sebuah materi permainan bahkan guru ikut serta dalam mempraktekannya trus guru dalam video ini melibatkan siswa untuk ikut serta dalam melakukan permainan yang diajarakan atau yang telah bu guru jelaskan sehingga siswa tidak merasa bosan mendengarkan penjelasan dan kelas pun menjdi hidup.
Nama : Mutiara Lutfiah
NIM : 857192087
Pokjar : Rajeg
Dari hasil Video tersebut, dapat dilihat bahwa metode pengajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sudah sangat baik dan sesuai. seperti memperlihatkan dan memberikan contoh kepada anak tentang bahan bakiak dan cara menggunakan bakiak. Guru tersebut juga membuat kelompok, yang mana setiap anak akan merasakan bagaimana cara menggunakan bakiak. Akhirnya, semua anak mendapat giliran mencoba dan mempraktikan permainan tradisional Indonesia dengan baik.
NAMA : ARI ANGGRAINI
NIM :856982696
PRODI : PGSD S1 /118
Menurut saya apa yang dilakukan guru didalam video tersebut tentang pembeljaran “Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks” mata pelajaran bahasa Indonesia sudah sangat baik. Yang mana guru tersebut menerapkan pembeljaran dengan mengikuti struktur proses belajar yakni adanya kegiatan pendahuluan, inti, serta kegiatan penutup.
Diawal pembeljaran guru sudah menyiapkan siswa untuk siap belajar, kemudian pada kegiatan inti guru menjelaskan materi dengan bantuan media bakiak yang mana membuat siswa tertarik untuk mengikuti pembelajaran sampai akhir, begitu pula dikegiatan penutup guru memberikan kesempatan siswa untuk berkomentar tentang pembelajaran yang diterapkan.
Kunci utama agar pembeljaran berlangsung sukses, yakni sebagai guru harus pandai mengenal siswa-siswanya mulai dari karakter dan gaya belajarnya. Dengan itu guru akan lebih mudah menyiapkan segala sesuatunya seperti model pembeljaran, metode, teknik, dan media yang digunakan, yang berhubungan dengan pembeljaran yang akan dibahas. Selain itu siswa pun akan menjadi lebih antusias dalam proses pembeljaran.
Menurut saya video pembelajaran diatas sudah sangat baik dan juga menarik. Hal ini dikarenakan guru memberikan pembelajaran dengan sangat rapih, menarik, dan juga apik. Tujuan pembelajaran juga sudah disampaikan diawal pembelajaran sehingga sidwa mampu mengikuti pembelajaran sesuai dengan apa yg diharapkan.
Namu ada kelemahan yg saya temukan di video diatas yaitu kurangnya ruang bagi siswa utk berpendapat atau menyampaikan pendapat.
Utk pembelajaran selanjutnya mungkin bisa diberikan waktu khusus bagi siswa utk menyampaikan pendapat.
Terimakasih
Guru dalam proses pembelajaran materi dari awal sampai akhir sangat jelas, sehingga siswa mampu mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik dan sangat fokus terhadap penyampaian guru. Dalam proses pembelajaran ini, guru menggunakan metode ceramah juga metode diskusi dengan membuat kelompok antar siswa, media yang digunakan juga sangat menarik yaitu permainan tradisional bakyak sehingga memberikan antusias kepada siswa ketika di persilahkan untuk mempraktekkan permainan bakyak tersebut bersama kelompoknya masing-masing, bisa di lihat dalam kegiatan pembelajaran ini siswa sangat senang.
Materi yang bertopik memerankan tokoh berdasarkan teks ini sangatlah menarik. Mengingat pada zaman sekarang anak sd banyak yang tidak mengetauhi permainan tradisional seperti bakiak, karena anak sd sekarang ketergantungan gadget. Dalam video tersebut pertama-tama guru menyuruh siswa membaca dan memahami isi teks tentang memerankan sebuah tokoh. Kemudian guru memperkenalkan tentang permainan bakiak, terbuat dari apa bakiak tersebut, menjelaskan cara memakai dan bermain. Selanjutnya guru mengarahkan siswa untuk berdiskusi (berkelompok) untuk mempraktekkan permainan bakiak tersebut. Permainan bakiak juga terdapat pesan yang yang diambil siswa, yaitu tentang kerjasama antar teman satu kelompok dan fokus dengan aba-aba serta gerakan. Selain itu, dengan memperkenalkan permainan bakiak ini pada siswa, sama dengan melestarikan permainan tradisional yang sudah hampir tergantikan dengan permainan digital.
Nama : Erna waty hasanah
nim : 857321302
UPBJJ: BOGOR
1. bagaimana reaksi siswa terhadap pembelajaran yang diberika oleh guru?
siswa mengikuti pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan senang juga semangat.
2. apa kelemahan guru dalam melaksanakan video pembelajaran tersebut
Saat pembelajaran guru tidak mengali informasi tentang pemahaman siswa pada materi yang disampaikan.
3. apa kelebihan guru dalam melaksanakan video pembelajaran tersebut
-guru mempraktikan kepadda siswa dalam menggunakan alat peraga sehingga siswa gembira
-metode yang digunakan guru dengan mengajak siswa berdiskusi lalu membagi kelompok membuat pembelajaran menyenangkan.
4. upaya apa yang di usulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya
sebaiknya saat pembelajaran berlangsung guru melakukan sesi tanya jawab.
5. hal-hal unik apa yang ditemukan dalam video pembelajaran
-suasana kelas menjadi ramai saat kegiatan permainan bakiak dipraktikan.
Nama : Adek Saputra
NIM : 856572504
Menurut pendapat saya, dalam video tersebut Bu guru sudah menyampaikan pembelajarannya dengan baik, karena Bu guru sudah mengawali pembelajaran dengan sapaan salam serta yel-yel sehingga menunjang semangat belajar siswa. Setelah itu, guru menyampaikan materi (Memerankan Tokoh Berdasarkan Teks) berdiskusi lalu dipraktekkan, sehingga contoh praktek pilihan ibu guru sudah sesuai dengan perkembangan anak usia SD dengan memperkenalkan kembali permainan tradisional seperti bakiak, karena permainan bakiak mengajarkan adanya kerjasama serta kekompakan dalam satu tim dan juga melatih kesabaran.
Nama : Diane Syaidati Hajjar
NIM : 858809899
ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN
A. ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN GPO
1. Judul dan alamat sumber daring video
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Judul : Memerankan tokoh berdasarkan teks
Alamat sumber daring video :
https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/memerankan-tokoh-berdasarkan-teks/
2. Ringkasan isi video
Video berisi tentang tata cara bermain bakiak dengan menggunakan metode diskusi. Pada awal pembelajaran guru meminta siswa untuk membaca buku siswa, setelah kegiatan literasi guru memberikan pemantapan materi tentang tata cara permainan bakiak. kemudian guru memberikan demonstrasi cara bermain bakiak. Diakhir kegiatan pembelajaran kelas dibagi kedalam beberapa kelompok untuk mempraktekkan cara bermain bakiak dan mengikuti perlombaan bakiak.
3. Kelemahan pembelajaran dalam video
Tujuan pembelajaran yang hendak dicapai tidak tersampaikan dengan baik. Saat pembelajaran berlangsung guru tidak menggali informasi tentang pemahaman siswa pada materi yang disampaikan..
4. Kelebihan pembelajaran dalam video
Guru telah menggunakan benda konkrit yaitu bakiak. Tiap kelompok ada ketua kelompoknya dan tiap kelompok di beri kesempatan untuk mempraktekkan permainan bakiak. Di akhir permainan, tiap kelompok di beri kesempatan untuk mengomentari permainan dari setiap kelompok
5. Hal unik dalam pembelajaran video
Guru ikut mempraktekkan permainan bakiak bersama siswa. Adanya lomba permainan bakian setelah pembelajaran berlangsung. Siswa sangat antusias dengan materi pembelajaran.
Nama : Diane Syaidati Hajjar
NIM : 858809899
A.ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN GPO
1.Judul dan alamat sumber daring video
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Judul : Memerankan tokoh berdasarkan teks
Alamat sumber daring video :
https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/memerankan-tokoh-berdasarkan-teks/
2.Ringkasan isi video
Video berisi tentang tata cara bermain bakiak dengan menggunakan metode diskusi. Pada awal pembelajaran guru meminta siswa untuk membaca buku siswa, setelah kegiatan literasi guru memberikan pemantapan materi tentang tata cara permainan bakiak. kemudian guru memberikan demonstrasi cara bermain bakiak. Diakhir kegiatan pembelajaran kelas dibagi kedalam beberapa kelompok untuk mempraktekkan cara bermain bakiak dan mengikuti perlombaan bakiak.
3.Kelemahan pembelajaran dalam video
Tujuan pembelajaran yang hendak dicapai tidak tersampaikan dengan baik. Saat pembelajaran berlangsung guru tidak menggali informasi tentang pemahaman siswa pada materi yang disampaikan.
4.Kelebihan pembelajaran dalam video
Guru telah menggunakan benda konkrit yaitu bakiak. Tiap kelompok ada ketua kelompoknya dan tiap kelompok di beri kesempatan untuk mempraktekkan permainan bakiak. Di akhir permainan, tiap kelompok di beri kesempatan untuk mengomentari permainan dari setiap kelompok
5.Hal unik dalam pembelajaran video
Guru ikut mempraktekkan permainan bakiak bersama siswa. Adanya lomba permainan bakian setelah pembelajaran berlangsung. Siswa sangat antusias dengan materi pembelajaran.