Sinopsis
Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan mlebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.
Dr. Ir. Hastuti, M.Sc.
–
–
–
–
Secara umum tayangan video tersebut menarik dan cukup memberi inspirasi
bagi guru maupun pendidik lainnya. Penggunaan strategi, pendekatan,
metode yang dipergunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta
didik. Anak usia TK perlu diberikan penanaman pembiasaan melalui
kegiatan-kegiatan yang menarik. Seperti pada tayangan tersebut yaitu
karcis parkir, sebagai salah satu cara menanamkan ketertiban dan
keteraturan. Hanya guru sebaiknya tidak terlihat lebih dominan, tidak
terlalu terlibat jauh dalam proses pembelajaran tersebut, hanya perlu
mengarahkan saja.
Harimurti
Nama : Nifa Kisaroh
Nim : 855877539
Judul Video: “Menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir”.
Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat menggunakan karcis parkir sebagai alat untuk menanamkan nilai kejujuran dan ketertiban kepada anak PAUD.
Video diatas sangat bagus, menarik dan banyak yang dapat dipetik dari video tersebut adalah :
1). Pentingnya Ketertiban dan Keteraturan: Menggunakan karcis parkir untuk mengatur penggunaan mainan dengan tertib, mengajarkan anak-anak pentingnya ketertiban dan keteraturan dalam kegiatan sehari-hari. Ini membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih tertib dan kondusif.
2). Mengajarkan Tanggung Jawab: Dengan menggunakan karcis parkir, anak-anak belajar untuk bertanggung jawab atas mainan yang mereka gunakan. Mereka belajar untuk mengambil dan menyimpan mainan dengan benar, yang merupakan bagian penting dari pembelajaran tentang tanggung jawab.
3). Menghindari Konflik: Sistem ini membantu menghindari perselisihan dan perebutan mainan di antara anak-anak. Dengan aturan yang jelas, anak-anak lebih mudah memahami giliran mereka dan menghargai hak orang lain.
4). Fokus dalam Pembelajaran: Dengan adanya aturan yang jelas mengenai penggunaan mainan, guru dan anak-anak dapat lebih fokus pada proses pembelajaran. Gangguan yang disebabkan oleh perebutan mainan dapat diminimalisir, sehingga waktu belajar dapat digunakan dengan lebih efektif.
5). Pengenalan Konsep Antri dan Adil: Anak-anak diperkenalkan pada konsep antri dan keadilan sejak dini. Mereka belajar untuk menunggu giliran mereka dengan sabar dan menghargai waktu bermain teman-temannya.
6). Kreativitas dalam Pengelolaan Kelas: Guru menunjukkan kreativitas dalam mencari solusi untuk masalah kelas. Penggunaan karcis parkir adalah metode yang inovatif dan sederhana untuk mengatasi tantangan pengelolaan kelas, yang juga dapat menginspirasi guru lain dalam mencari solusi kreatif untuk masalah serupa. Secara keseluruhan, cerita ini menyoroti bagaimana pendekatan yang sederhana dan kreatif dapat memiliki dampak besar pada pembelajaran dan pengelolaan kelas yang efektif.
7). Anak dapat mengingat nomer karcis parkir yang diberikan guru untuk mengenal angka dan mengenal mainan ditaruh tempat sesuai nomernya.
8). Anak lebih tenang dan nyaman karna mainannya disimpan ditempat yang aman karna ak merasa memegang karcis parkir.
Nama : Nifa Kisaroh
Nim : 855877539
Mata kuliah : Metode Pengembangan perilaku dan Kemampuan PAUD
Judul Video: “Menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir”.
Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat menggunakan karcis parkir sebagai alat untuk menanamkan nilai kejujuran dan ketertiban kepada anak PAUD. Video diatas sangat bagus, menarik dan banyak yang dapat dipetik dari video tersebut adalah :
1). Pentingnya Ketertiban dan Keteraturan: Menggunakan karcis parkir untuk mengatur penggunaan mainan dengan tertib, mengajarkan anak-anak pentingnya ketertiban dan keteraturan dalam kegiatan sehari-hari. Ini membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih tertib dan kondusif.
2). Mengajarkan Tanggung Jawab: Dengan menggunakan karcis parkir, anak-anak belajar untuk bertanggung jawab atas mainan yang mereka gunakan. Mereka belajar untuk mengambil dan menyimpan mainan dengan benar, yang merupakan bagian penting dari pembelajaran tentang tanggung jawab.
3). Menghindari Konflik: Sistem ini membantu menghindari perselisihan dan perebutan mainan di antara anak-anak. Dengan aturan yang jelas, anak-anak lebih mudah memahami giliran mereka dan menghargai hak orang lain.
4). Fokus dalam Pembelajaran: Dengan adanya aturan yang jelas mengenai penggunaan mainan, guru dan anak-anak dapat lebih fokus pada proses pembelajaran. Gangguan yang disebabkan oleh perebutan mainan dapat diminimalisir, sehingga waktu belajar dapat digunakan dengan lebih efektif.
5). Pengenalan Konsep Antri dan Adil: Anak-anak diperkenalkan pada konsep antri dan keadilan sejak dini. Mereka belajar untuk menunggu giliran mereka dengan sabar dan menghargai waktu bermain teman-temannya.
6). Kreativitas dalam Pengelolaan Kelas: Guru menunjukkan kreativitas dalam mencari solusi untuk masalah kelas. Penggunaan karcis parkir adalah metode yang inovatif dan sederhana untuk mengatasi tantangan pengelolaan kelas, yang juga dapat menginspirasi guru lain dalam mencari solusi kreatif untuk masalah serupa. Secara keseluruhan, cerita ini menyoroti bagaimana pendekatan yang sederhana dan kreatif dapat memiliki dampak besar pada pembelajaran dan pengelolaan kelas yang efektif.
7). Anak dapat mengingat nomer karcis parkir yang diberikan guru untuk mengenal angka dan mengenal mainan ditaruh tempat sesuai nomernya.
8). Anak lebih tenang dan nyaman karna mainannya disimpan ditempat yang aman karna ak merasa memegang karcis parkir.
(Lailatul Maghfiroh 859688248) PGPAUD POKJAR Sidoarjo
Berdasarkan contoh video diatas banyak sekali cara yg dapat kita lakukan dalam mengajarkan & membiasakan anak untuk tertib & disiplin sejak dini, misalnya dengan membereskan mainan setelah digunakan, mengantri ketika cuci tangan, menaruh sesuatu sesuai tempatnya dll. Bisa juga ketika pembelajaran di kelas anak-anak di ajak untuk bermain peran, jadi secara tidak langsung anak-anak belajar sambil bermain.
Nama : Evin Dwi Hananing
NIM :877967185
Video 2 :
Menanamkan Ketertiban dan Keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir
Dari video tersebut anak anak diajarkan untuk tertib mematuhi peraturan melalui penggunaan karcis hal tersebut agar anak mematuhi aturan yang berlaku di dalam kelas, ketertiban untuk meletakkan barang sesuai dengan karcs. Dengan dimikian anak sudah diajarkan melalui keteraturan yang dibiasakan sejak dini.
Nama : Nifa Kisaroh
Nim : 855877539
Judul Video: “Menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia dini melalui penggunaan karcis parkir”. Video ini menunjukkan bagaimana guru dapat menggunakan karcis parkir sebagai alat untuk menanamkan nilai kejujuran dan ketertiban kepada anak PAUD. Video diatas sangat bagus, menarik dan banyak yang dapat dipetik dari video tersebut adalah :
1). Pentingnya Ketertiban dan Keteraturan: Menggunakan karcis parkir untuk mengatur penggunaan mainan dengan tertib, mengajarkan anak-anak pentingnya ketertiban dan keteraturan dalam kegiatan sehari-hari. Ini membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih tertib dan kondusif.
2). Mengajarkan Tanggung Jawab: Dengan menggunakan karcis parkir, anak-anak belajar untuk bertanggung jawab atas mainan yang mereka gunakan. Mereka belajar untuk mengambil dan menyimpan mainan dengan benar, yang merupakan bagian penting dari pembelajaran tentang tanggung jawab.
3). Menghindari Konflik: Sistem ini membantu menghindari perselisihan dan perebutan mainan di antara anak-anak. Dengan aturan yang jelas, anak-anak lebih mudah memahami giliran mereka dan menghargai hak orang lain.
4). Fokus dalam Pembelajaran: Dengan adanya aturan yang jelas mengenai penggunaan mainan, guru dan anak-anak dapat lebih fokus pada proses pembelajaran. Gangguan yang disebabkan oleh perebutan mainan dapat diminimalisir, sehingga waktu belajar dapat digunakan dengan lebih efektif. 5). Pengenalan Konsep Antri dan Adil: Anak-anak diperkenalkan pada konsep antri dan keadilan sejak dini. Mereka belajar untuk menunggu giliran mereka dengan sabar dan menghargai waktu bermain teman-temannya.
6). Kreativitas dalam Pengelolaan Kelas: Guru menunjukkan kreativitas dalam mencari solusi untuk masalah kelas. Penggunaan karcis parkir adalah metode yang inovatif dan sederhana untuk mengatasi tantangan pengelolaan kelas, yang juga dapat menginspirasi guru lain dalam mencari solusi kreatif untuk masalah serupa. Secara keseluruhan, cerita ini menyoroti bagaimana pendekatan yang sederhana dan kreatif dapat memiliki dampak besar pada pembelajaran dan pengelolaan kelas yang efektif.
7). Anak dapat mengingat nomer karcis parkir yang diberikan guru untuk mengenal angka dan mengenal mainan ditaruh tempat sesuai nomernya.
8). Anak lebih tenang dan nyaman karna mainannya disimpan ditempat yang aman karna ak merasa memegang karcis parkir.
Nama : Cica Kurniawati
NIM ” 878194547
Video 2
Menanamkan ketertibaan dan keteraturan penggunaan nomor karcis
dalam video diatas bahwa anak diajarkan untuk taat dan tertib dalam melakukan kegiatan yang diberikan ibu guru. Dengan penggunaan nomor karcis anak-anak dapat mengetahui ketertiban dikelas. guru juga dapat memberikan fokus pada anak-anak. terbiasanya penggunaan karcis parkir akan membuat anak disiplin serta dapat membentuk moral anak sejak dini. guru memberikaan tugas pembelajaran akan lebih menyenangkan dan lebih efektif.
Nama : Dhuur Rohmah Yogiyaswari
Nim : 858834918
Semester : 6
Seorang guru harus dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk anak didiknya, tentu guru sering mendapati anak didiknya tidak tertib karena kurang konsentrasi, asyik berbicara dan bermain dengan teman saat KBM berlangsung, dalam video diatas cara guru untuk menanamkan ketertiban dan keteraturan menggunakan karcis parkir cukup inovatif dan efektif dibuktikan dengan respon anak yang antusias mengikuti arahan guru dan kembali tertib saat KBM. Tentunya menggunakan karcis parkir ini bukanlah cara satu satunya untuk menanamkan ketertiban, guru seharusnya mengenalkan aturan sebelum kegiatan pembelajaran dimulai dan membuat kesepakatan dengan anak, selalu mengingatkan kembali jika anak anak mulai tidak tertib, memberikan ice breaking tema kedisiplinan/ketertiban jika konsentrasi anak mulai terganggu, dan memberikan reward kepada anak jika anak dapat tertib serta mentaati aturan kegiatan.
Nama : Maryam Nur Zelitha
NIM : 857606621
Program ini menceritakan seorang guru PAUD dalam menanamkan ketertiban dan keteraturan pada proses pembelajaran pada peserta didik melalui penggunaan karcis parkir. Dengan menggunakan karcis parkir guru akan lebih mudah menertibkan siswa pada saat mengambil dan menyimpan mainannya. Melalui penggunaan karcis parkir, pembelajaran menjadi lebih fokus dan peserta didik menjadi lebih tertib, tidak ada yang saling berebut mainan yang bukan miliknya.
NAMA : SUSI SAEPAH
NIM :857475521
Video tersebut menceritakan tentang kegiatan guru yang sedang bercerita akan tetapi kondisi siswa yang tidak kondusif sehingga guru menggunakan cara dengan membuat sebuah aturan sehingga kegiatan kembali berjalan dengan baik.cara yang di lakukan oleh guru sudah baik karena secara tidak langsung anak dapat memahami aturan setiap kegiatan dan anak belajar tentang saling menghargai hak orang lain.Dalam kegiatan pembelajaran anak seharusnya sebelum kegiatan di mulai guru menyampaikan aturan sehingga kegiatan dari awal bisa berjalan dengan baik,salahsatunya dengan adanya aturan karcis parkir.pemahaman tentang langkah yang di lakukan oleh guru dengan tujuan pembelajaran harus seimbang,karena apabila aturan tidak di sampaikan terlebih dahulu maka tujuan pembelajaran tidak akan tersampaikan.sehinnga anak selain belajar tentang ketertiban dan keteraturan,juga dapat memaksimalkan kegiatan.
nama : ai siti nuraeni
nim : 857475507
dalam vidio yang berjudul ” menanamkan ketertiban dan keteraturan pada anak usia din melalui karcis parkir” , tampak seorang guru sedang bercerita di depan anak- anak, namun kurang mendapat perhatian dari anak, karena mereka sibuk dengan mainan yang dibawa dari rumah, maka guru tersebut menghentikan dulu ceritanya, dan mencari cara agar anak bisa belajar dengan tertib, salahsatu caranya yaitu dengan memberikan kartu parkir yang di beri nomor pada masing-masing anak, dan untuk aturannya yaitu setiap anak dipersilahkan menyimpan mainan yang dibawanya ke loker sesuai nomor yang ada pada karcis tersebut. dengan cara tersebut ternyata anak-anak dapat menyimpan mainan nya dengan tertib tanpa rebutan, dan dipersilahkan mengambil kembali mainannya setelah pembelajaran selesai.Dengan cara seperti itu diharapka anak akan terbiasa hidup tertib dalam kehidupan sehari-hari nya.