silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : Syahri Ramadhani
    Nim :856022448
    Upbjj : Medan
    Prodi : PGSD-S1
    1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa didalam kelas tampak acuh dan sibuk pada diri sendiri atau pada temen Sebangkunya,, mereka tidak peduli ada seorang guru yang sudah masuk kedalam kelas,, namun ketika guru tersebut sudah masuk, guru tersebut berhasil memfokuskan perhatian murid dengan mengajak mereka tepuk tangan dan melakukan apersepsi

    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan pada video tersebut yaitu ketika seorang guru datang ke kelas dengan pakaian yang kurang rapi dan hanya memakai sendal. Selain itu guru tersebut juga langsung menjelaskan materi tanpa menjelaskan terlebih dahulu pelajaran tersebut,, dan tetap menjelaskan tanpa melihat suasana kelas yang tidak kondusif.

    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    pada video selanjutnya,guru memberikan materi dengan menggunakan alat peraga. Guru juga melakukan ice breaking yaitu bertepuk tangan 1 dan 2 dikelas untuk menarik perhatian dan fokus murid. guru dalam menjelaskan juga menggunakan alat peraga seperti buah jeruk dan juga menggunakan benda yang ada didalam kelas.

    4.Hal-hal unik apa saja Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video,
    Hal unik dalam video tersebut yaitu guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk,, buah yang sering dijumpai dalam lingkungan sekitar. Dengan menggunakan media langsung, Anak-anak mudah dalam memahami materi pembelajaran.

    5.upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Sebaiknya sebagai seorang guru, dalam berpenampilan harus dengan keadaan yang rapi dan memakai sepatu,selain itu,, dalam pembelajaran, guru harus bisa menguasai kondisi kelas agar proses belajar dapat berjalan dengan nyaman dan tenang dan juga adanya ice breaking dan apersepsi dalam proses belajar,, untuk media pembelajaran bisa juga menggunakan alat atau bahan lain yang dapat kita jumpai dilingkungan sekolah.

  2. NAMA : AIDUL MUHAMMAD DAULAY
    NIM : 859798251
    UPBJJ : MEDAN
    POKJAR : TAPSEL
    SEMESTER : 6
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan yang dilakukan guru ?
    Reaksi diawal suasananya sangat riuh dan sangat recok sekali disitu guru harus menertibkan siswa dengan metode yang agak mendisiplinkan sedikit supaya siswa siswi tersebut kebiasaan dalam hal tersebut.
    Dan kelebihan guru dalam hal metode pembelajarannya adalah menggunakan media buah jeruk dalam hal berhitung dimana ketika menggunakan media tersebut dan bahasa yang umpan balik terhadap siswa memudahkan para siswa siswi tersebut memahami bagaimana perhitungan tersebut dilakukan .
    Dan yang paling menonjol terlihat di video tersebut adalah pakaian guru yang memakai sandal dalam hal belajar mengajar di sekolah sebagai seorang guru apalagi di sekolah negeri kurang etis rasanya memakai sendal keruangan kelas, dan untuk kemudian hari harus berpakaian rapi dan memakai sepatu dalam hal belajar mengajar di kelas.
    Disini saya melihat semangat antusias siswa siswi dalam hal tanya jawab dan umpan balik yang dilakukan oleh guru

  3. Nama : Ria Cahyani
    NIM : 858053867
    Prodi : PGSD-S1

    Berdasarkan pengamatan yang telah saya lakukan setelah menyaksikan video tersebut, dapat di simpulkan bahwa permasalahan yang terjadi pada pembelajaran tersebut adalah pada guru yang sulit menarik perhatian siswa pada kegiatan prapembelajaran atau pendahuluan dimana hal tersebut terlihat jelas pada video bahwa siswa sibuk dengan kegiatannya masing-masing dan sibuk bermain dengan temannya, sehingga suasana kelas menjadi tidak kondusif. Hal tersebut terjadi di karenakan guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan yang benar, selain itu salah satu kekurangan guru tersebut terlihat pada cara berpakaian dan kerapian, dimana terlihat pada video guru hanya menggunakan sendal dan menggunakan baju yang tidak rapi sehingga hal tersebut berpengaruh pada pandangan siswa dan menjadi contoh yang tidak baik.
    Menurut pendapat saya rencana perbaikan yang akan di lakukan adalah sebagai berikut:
    1. Guru harus berpakaian rapi agar siswa melihat dan mencontoh guru yang baik.
    2. Guru harus bisa melakukan prapembelajaran yang menyenangkan dan menarik perhatian siswa dengan metode bermain dan bernyanyi agar memotivasi siswa dalam semangat belajar
    3. Setelah itu dalam kegiatan pembelajaran guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi pembelajaran agar lebih menyenangkan
    4. Berikan contoh langsung seperti benda nyata yang harus di siapkan guru sebelum memulai pembelajaran.

  4. Nama : Zintia Dwi Rahmawati
    NIM : 859402421
    Upbjj : Makassar
    Pokjar: Luwu Timur

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Pada video tersebut, reaksi siswa yaitu acuh tak acuh dan sibuk sendiri dengan teman bangku mereka. Mereka kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh gurunya.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Dalam video tersebut, kelemahan guru yaitu kurang memperhatikan bagaimana kebutuhan psikologis siswa kelas 1, yang mana siswa tersebut dalam menangani perlu menarik perhatian dengan bersikap ceria dan juga perlu menggunakan benda konkrit agar lebih mudah memahami materi.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Untuk video kedua, guru telah memperlihatkan bagaimana memahami kebutuhan siswanya. Guru dapat menarik perhatian siswa dengan penggunaan ice breaking di awal pembelajaran. Selanjutnya untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran juga telah dilakukan dengan baik yaitu dengan menggunakan alat peraga guru dapat mengajak siswanya untuk saling berdiskusi untuk menjawab pertanyaan.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Dalam video tersebut guru menggunakan alat peraga yang sering dijumpai oleh siswanya, sehingga siswa lebih mudah untuk memahami.

    5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Sebelum melakukan pembelajaran selain menyiapkan materi guru juga perlu memperhatikan perkembangan berpikir dan psikologis siswanya sehingga materi yang disampaikan akan lebih mudah untuk dipahami. Selain itu dalam mengajar juga sebaiknya guru menggunakan sepatu agar lebih terlihat rapi.

  5. Nama : Ria Cahyani
    NIM : 858053867
    Prodi : PGSD-S1

    Berdasarkan pengamatan yang telah saya lakukan setelah menyaksikan video tersebut, dapat di simpulkan bahwa permasalahan yang terjadi pada pembelajaran tersebut adalah pada guru yang sulit menarik perhatian siswa pada kegiatan prapembelajaran atau pendahuluan dimana hal tersebut terlihat jelas pada video bahwa siswa sibuk dengan kegiatannya masing-masing dan sibuk bermain dengan temannya, sehingga suasana kelas menjadi tidak kondusif. Hal tersebut terjadi di karenakan guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan yang benar, selain itu salah satu kekurangan guru tersebut terlihat pada cara berpakaian dan kerapian, dimana terlihat pada video guru hanya menggunakan sendal dan menggunakan baju yang tidak rapi sehingga hal tersebut berpengaruh pada pandangan siswa dan menjadi contoh yang tidak baik.

    Menurut pendapat saya rencana perbaikan yang akan di lakukan adalah sebagai berikut:

    1. Guru harus berpakaian rapi agar siswa melihat dan mencontoh guru yang baik.

    2. Guru harus bisa melakukan prapembelajaran yang menyenangkan dan menarik perhatian siswa dengan metode bermain dan bernyanyi agar memotivasi siswa dalam semangat belajar

    3. Setelah itu dalam kegiatan pembelajaran guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi pembelajaran agar lebih menyenangkan

    4. Berikan contoh langsung seperti benda nyata yang harus di siapkan guru sebelum memulai pembelajaran.

  6. Nama : Zintia Dwi Rahmawati
    NIM: 859402421
    Prodi : PGSD-S1
    Upbjj : Makassar
    Pokjar : Luwu Timur

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Pada video tersebut, reaksi siswa yaitu acuh tak acuh dan sibuk sendiri dengan teman bangku mereka. Mereka kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh gurunya.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Dalam video tersebut, kelemahan guru yaitu kurang memperhatikan bagaimana kebutuhan psikologis siswa kelas 1, yang mana siswa tersebut dalam menangani perlu menarik perhatian dengan bersikap ceria dan juga perlu menggunakan benda konkrit agar lebih mudah memahami materi.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Untuk video kedua, guru telah memperlihatkan bagaimana memahami kebutuhan siswanya. Guru dapat menarik perhatian siswa dengan penggunaan ice breaking di awal pembelajaran. Selanjutnya untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran juga telah dilakukan dengan baik yaitu dengan menggunakan alat peraga guru dapat mengajak siswanya untuk saling berdiskusi untuk menjawab pertanyaan.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Dalam video tersebut guru menggunakan alat peraga yang sering dijumpai oleh siswanya, sehingga siswa lebih mudah untuk memahami.
    5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Sebelum melakukan pembelajaran selain menyiapkan materi guru juga perlu memperhatikan perkembangan berpikir dan psikologis siswanya sehingga materi yang disampaikan akan lebih mudah untuk dipahami. Selain itu dalam mengajar juga sebaiknya guru menggunakan sepatu agar lebih terlihat rapi.

  7. NAMA : HIKMA SUSANTI
    NIM : 855784388
    UPJJ : PALEMBANG
    POKJAR : INDRALAYA
    PRODI : S1 PGSD

    Setelah menonton video tersebut menurut pendapat saya untuk menarik perhatian siswa ,ada baiknya seorang guru harus mempersiapkan diri sebaik – baiknya dan dapat menguasai kelas ,mulai dari memperhatikan hal – hal kecil misalnyan dengan memakai pakaian yg baik dan rapi ,berpilaku yang menyenangkan ,gunakan kreativitas, interaktivitas, teknologi, variasi metode pengajaran, relevansi dengan kehidupan nyata, kolaborasi, humor yang sesuai, umpan balik positif, penyesuaian dengan gaya pembelajaran, dan membangun hubungan emosional yang baik dengan siswa

  8. Nama : Oktaviani
    Nim : 858069719
    Pokjar : Opu Daeng Manambon Mempawah
    Upbjj : Pontianak
    Semester / Kelas : 6 / A
    Mata kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar (Pkm)

    Di awal pembelajaran siswa ribut, sibuk bermain dan pada saat guru masuk ke kelas tetap saja bermain dan tidak menghiraukan guru yang berbicara didepan kelas. Dan dari penampilan guru tersebut kurang rapi dari segi pakaian dan tidak menggunakan sepatu.

    Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
    Tidak berpakaian rapi, tidak menggunakan sepatu. dan metode yang digunakan pada awal pembelajaran guru kurang ceria sehingga tidak menarik perhatian siswanya.

    Kelebihan nya ialah guru tersebut pandai membuat suasana kelas menjadi lebih aktif, interaktif dan kondusif seriring berjalan nya waktu pembelajaran yang di laksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran seperti makanan yakni buah jeruk sehingga anak menjadi fokus dan semangat untuk belajar dan menjawab pertanyaan dari guru yang sedang mengajar.

    Hal unik yang terdapat pada vidio pembelajaran tersebut yaitu penggunaan media pembelajaran seperti buah jeruk membuat anak menjadi lebih fokus dalam belajar.

    Untuk kedepannya alangkah baiknya guru sebagai teladan yang bagi anak didiknya gunakan lah pakaian yang rapi, gunakan sepatu agar menjadi contoh baik bagi siswa dan guru guru yang lain.
    Gunakan metode dan teknik serta media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa.

  9. Nama : SHAFNA KINASIH
    NIM : 856470189
    UT PEKANBARU POKJAR PELALAWAN

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa didalam kelas tampak acuh dan sibuk pada diri sendiri atau pada temen Sebangkunya,mereka tidak peduli ada seorang guru yang sudah masuk kedalam kelas,namun ketika guru tersebut sudah masuk, guru tersebut berhasil memfokuskan perhatian murid dengan mengajak mereka tepuk tangan dan melakukan ice breaking untuk menarik perhatian siswa

    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan pada video tersebut yaitu ketika seorang guru datang ke kelas dengan pakaian yang kurang rapi dan hanya memakai sendal. Selain itu guru tersebut juga langsung menjelaskan materi tanpa menjelaskan terlebih dahulu pelajaran tersebut dan tidak melihat bahwa situasi saat itu tidak kondusif.

    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    pada video selanjutnya,guru memberikan materi dengan menggunakan alat peraga. Guru juga melakukan ice breaking yaitu bertepuk tangan 1 dan 2 dikelas untuk menarik perhatian dan fokus murid. guru dalam menjelaskan juga menggunakan alat peraga seperti buah jeruk dan juga menggunakan benda yang ada didalam kelas.

    4.Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Hal unik dalam video tersebut yaitu guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk,, buah yang sering dijumpai dalam lingkungan sekitar. Dengan menggunakan media langsung, Anak-anak mudah dalam memahami materi pembelajaran.

    5.Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Sebaiknya sebagai seorang guru, dalam berpenampilan harus dengan keadaan yang rapi dan memakai sepatu,selain itu,, dalam pembelajaran, guru harus bisa menguasai kondisi kelas agar proses belajar dapat berjalan dengan nyaman dan tenang dan juga adanya ice breaking dalam proses belajar,, untuk media pembelajaran bisa juga menggunakan alat atau bahan lain yang dapat kita jumpai dilingkungan sekolah.

  10. NAMA : REDHO ILHAM
    NIM : 858071263
    UPBJJ : PONTIANAK

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Reaksi siswa didalam kelas tampak acuh dan sibuk pada diri sendiri atau pada temen Sebangkunya,, mereka tidak peduli ada seorang guru yang sudah masuk kedalam kelas,, namun ketika guru tersebut sudah masuk, guru tersebut berhasil memfokuskan perhatian murid dengan mengajak mereka tepuk tangan dan melakukan apersepsi

    2.Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan pada video tersebut yaitu ketika seorang guru datang ke kelas dengan pakaian yang kurang rapi dan hanya memakai sendal. Selain itu guru tersebut juga langsung menjelaskan materi tanpa menjelaskan terlebih dahulu pelajaran tersebut,, dan tetap menjelaskan tanpa melihat suasana kelas yang tidak kondusif.

    3.Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    pada video selanjutnya,guru memberikan materi dengan menggunakan alat peraga. Guru juga melakukan ice breaking yaitu bertepuk tangan 1 dan 2 dikelas untuk menarik perhatian dan fokus murid. guru dalam menjelaskan juga menggunakan alat peraga seperti buah jeruk dan juga menggunakan benda yang ada didalam kelas.

    4.Hal-hal unik apa saja Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video,
    Hal unik dalam video tersebut yaitu guru menggunakan alat peraga seperti buah jeruk,, buah yang sering dijumpai dalam lingkungan sekitar. Dengan menggunakan media langsung, Anak-anak mudah dalam memahami materi pembelajaran.

    5.upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Sebaiknya sebagai seorang guru, dalam berpenampilan harus dengan keadaan yang rapi dan memakai sepatu,selain itu,, dalam pembelajaran, guru harus bisa menguasai kondisi kelas agar proses belajar dapat berjalan dengan nyaman dan tenang dan juga adanya ice breaking dan apersepsi dalam proses belajar,, untuk media pembelajaran bisa juga menggunakan alat atau bahan lain yang dapat kita jumpai dilingkungan sekolah.

Leave a Reply