silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,744 Comments

  1. Nama : Aryo Vage Purnomo Pratama
    NIM : 858926719

    Untuk menarik perhatian anak kita sebagai guru juga perlu intropeksi diri baik dari kedisiplinan berpaiakan maupun jam masuk mengajar. Jika hal itu sudah kita terapkan dengan benar maka untuk menarik perhatian siswa akan lebih mudah

  2. Nama : Nuril Safitri
    Nim:858708465
    UPBJJ: SURABAYA
    POKJAR : BANGKALAN
    1. Di dalam vidio pembelajaran matematika di atas menjelaskan atau berisikan tentang seorang guru yang berusaha menarik perhatian siswa kelas 1 dimana siswa masih dalam masatransisi atau disebut peralihan maka di vidio di atas ,saya mempelajari guru diatas memberi berbagai cara agar murid fokus :
    a. Memancing siswa dengan cerita yanv terjadi maupun dilihat oleh siswa dalam sehari -hari
    b.memberikan gambaran matematika dengan cara mengasyikkan sehingga siswa fokus dan mau berfikir .
    2.Kelemahan Vidio sesi pembelajaran matematika kelas 1 sd diatas :
    -dalam proses pembuka pembelajaran guru tidak melakukan salam
    -tidak melakukan berdoa sebelum pelajaran di mulai
    -tidak mengabsen siswa dengan benar
    -tidak mengecek seragam dan kelengkapan siswa
    3.Kelebihan Vidio sesi pembelajaran matematika kelas 1 sd diatas :
    -Guru menggunakan model pembelajaran yang mengasyikkan siswa
    -Guru bisa memancing siswa agar bisa menjawab pertanyaan
    – Guru memberikan contoh materi dengan cara kejadian dalam kehidupan sehari hari siswa sehingga siswa mudah mengerti
    4. Vidio pembelajaran yang unik dalan vidio diatas:
    – Seragam guru diatas cukup rapi namun ada yang unik karena memakai sandal bukan sepatu
    – Materi hanya digambarkan menggunakan cerita bukan dengan menggunakan media gambar karena kelas 1 masih dalam peralihan
    5. Proses rencana pelaksanaan pembelajaraan diatas :
    – kurang baik karena tidak memenuhi urutan rpp
    – kegiatan ini cukup bagus namun sedikit perlu di perbaiki

  3. Nama : Mahmudah
    NIM : 822993847
    UPBJJ : Bondowoso

    Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
    – Mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan menyanyikan lagu pergi ke sekolah.
    – Memberi pertanyaan tentang anggota keluarga.
    – Meminta siswa menemukan dan menunjuk gambar ibu dan ayah

    Kelemahan pembelajaran dalam video :
    – guru lupa melakukan kegiatan awal pembelajaran yaitu memberi salam dan membaca doa
    – guru lupa mengecek absen siswa
    – Tidak memberikan kesempatan siswa untuk maju ke depan menyampaikan pendapatnya atau bertanya jawab
    – Siswa cenderung pasif karena hanya duduk saja di kursi
    – Ada beberapa siswa yang nampak kurang bersemangat dan ada juga yang bosan

    kelebihan pembelajaran pada video :
    – Guru membawa pembelajaran dengan pembawaan yang tenang dan public speaking yang bagus.
    – Siswa begitu tenang, rapi dan tidak terlihat gaduh
    – Menggunakan media yang sesuai materi pembelajaran, yaitu seperti poster atau disebut juga gambar ayah ibu dan mengajak siswa mengeja kata ayah dan ibu dan menyusun kata ayah ibu dengan kartu kosa kata.
    – Dikreasikan dengan sebuah lagu untuk memusatkan perhatian siswa dan menambah semangat siswa dalam belajar di kelas

    Hal hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran :
    Guru mampu menarik fokus perhatian siswa supaya terfokus pada materi yang di ajarkan, dengan menanyakan tanya jawab atau sekedar bertanya “Siapa yang punya ibu dan ayah dirumah?” Lalu menghubungkan cerita dengan gambar yg sesuai dengan materi, dengan seperti itu anak anak akan lebih cepat Fokus dan tertarik dengan materi yg di ajarkan.

    Rencana Pembelajaran Yang Dilakukan :
    Guru memberi pertanyaan kepada siswa agar berfikir kritis dan mengajak siswa aktif maju satu persatu agar siswa terlatih mental di dalam kelas
    selain memberi media pembelajaran Cetak seperti yang ada video tersebut gambar dan kartu kosa kata lebih baik di berikan video pembelajaran tersebut agar siswa menjadi semangat dan fokus pada pembelajaran.

  4. Nama : Nuril Safitri
    Nim:858708465
    UPBJJ: SURABAYA
    POKJAR : BANGKALAN
    Semester : 6
    1. Di dalam vidio pembelajaran matematika di atas menjelaskan atau berisikan tentang seorang guru yang berusaha menarik perhatian siswa kelas 1 dimana siswa masih dalam masatransisi atau disebut peralihan maka di vidio di atas ,saya mempelajari guru diatas memberi berbagai cara agar murid fokus :
    a. Memancing siswa dengan cerita yanv terjadi maupun dilihat oleh siswa dalam sehari -hari
    b.memberikan gambaran matematika dengan cara mengasyikkan sehingga siswa fokus dan mau berfikir .
    2.Kelemahan Vidio sesi pembelajaran matematika kelas 1 sd diatas :
    -dalam proses pembuka pembelajaran guru tidak melakukan salam
    -tidak melakukan berdoa sebelum pelajaran di mulai
    -tidak mengabsen siswa dengan benar
    -tidak mengecek seragam dan kelengkapan siswa
    3.Kelebihan Vidio sesi pembelajaran matematika kelas 1 sd diatas :
    -Guru menggunakan model pembelajaran yang mengasyikkan siswa
    -Guru bisa memancing siswa agar bisa menjawab pertanyaan
    – Guru memberikan contoh materi dengan cara kejadian dalam kehidupan sehari hari siswa sehingga siswa mudah mengerti
    4. Vidio pembelajaran yang unik dalan vidio diatas:
    – Seragam guru diatas cukup rapi namun ada yang unik karena memakai sandal bukan sepatu
    – Materi hanya digambarkan menggunakan cerita bukan dengan menggunakan media gambar karena kelas 1 masih dalam peralihan
    5. Proses rencana pelaksanaan pembelajaraan diatas :
    – kurang baik karena tidak memenuhi urutan rpp
    – kegiatan ini cukup bagus namun sedikit perlu di perbaiki

  5. Nama : Veby Hartati Simanjorang
    NIM : 856056409
    Prodi : PGSD-S1
    UPBJJ : Medan
    POKJAR : Dairi
    Reaksi anak dalam pembelajara tersebut pada awalya mereka tidak menghiraukan gurunya asik dengan bermain dengan teman semejanya, setelah guru memperbaiki cara mengajarnya siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran dan ceria. vidionya menarik, hanya saja guru kurang memperhatikan penampilannya seperti bajunya kurang rapi, memakai sendal, dan wajahnya krang ceria, dimana kita sebagai guru kelas 1 harus selalu ceria guna menarik perhatian anak anak. Adaperubahan setelah bapak guru mulai memperhatikan kerapiannya juga memperbaiki cara mengajarnya dengan menggunakan ice breaking yang baikguna menarik perhatian siswanya. Bapak guru juga menggunakan alat atau media pembelajaran yang konkret dan familiar seperti imajinasi tentan roda kendaraan dan juga buah jeruk, sehingga mempermudah pemahaman siswa, bapak guru juga melakukan metode tanya jawab, demonstrasi dan juga pujian kepada siswanya yang menjawab pertanyaan. Hal yang menarik yaitu Bapak guru melatih imajinasi anak dengan mengingat berapa roda mobil dan motor sambil melatih cara berhitung mereka. Menggunakan buah jeruk sebagai media hitung dalam operasi penjumlahan dan pengurangan. Upaya yang saya usulkan untuk meningkatkan pembelajaran berikutnya yaitu marilah kita sebagai guru untuk berpakaian yang rapi dan menjaga penampilan kita karena kita merupakan contoh untuk siswa kita. Alangkah lebih baik nya kalau siwa kita ajak berperan dalam proses pembelajaran seperti mengajak siswa untuk mengerjakan soal kedepan, berdiskusi, bercerita dan tidak lupa memberikan PR. Sebelum memulai pembelajaran biasakan berdoa, bernyanyi dan mengabsensi.

  6. Pentingnya seorang guru untuk memiliki Tujuan utama dalam memulai sebuah pembelajaran. Terutama dikelas rendah , cendrung anak2 kelas rendah ini lebih menyukai metode pembelajaran yang asyik , menyenangkan tapi sebagai guru kita harus bisa menjadi kendali dalam kelas kita. Oleh karena pentingnya guru memiliki berbagai cara metode pembelajaran yg menarik bagi siswa agar mereka bisa fokus terhadap pembelajaran yang sedang kita ajarkan, maka dari itu disusunlah dengan rancangan pembelajaran yang sesuai dg sikap siswa di dalam kelas ajar kita agar pembelajaran dan rancangan ajar dapat berjalan dg baik.

  7. Nama : Eli Suryani Suwita
    Nim : 856056541
    Video ini berisi bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:
    1. Mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang
    2. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
    3. Memberikan pertanyaan tentang anggota keluarga

    Kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut yaitu:
    1. Guru menarik perhatian siswa dengan cara bereksplorasi
    2. Guru memberikan contoh pada siswa menggunakan benda nyata
    3. Guru mengajak tanya jawab dengan siswa tentang materi yang dipelajari

    Kelemahannya pembelajaran dalam video tersebut yaitu:
    1. Guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran yaitu memberi salam dan berdoa
    2. Guru tidak mengabsen kerja siswa
    3. Seharusnya siswa di suruh ke depan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut
    4. Penampilan guru kurang rapi guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sandal.

  8. Nama : Noni Arviya Yuni
    NIM : 856024989
    UPBJJ-UT : 12/Medan
    Prodi : S1 PGSD

    Menurut pendapat saya dalam menanggapi video diatas yang berjudul bagaimana cara menarik perhatian siswa yaitu :
    1. kerapian guru sangat penting
    didalam video terlihat guru berpenampilan tidak rapi dengan menggunakan sendal saat proses belajar mengajar dikelas
    2. Kondisikan kelas terlebih dahulu dengan menyapa anak-anak hingga anak-anak siap untuk menerima pelajaran sebelum materi disampaikan
    3. Alat peraga yang digunakan seharusnya yang mudah digunakan dan tersedia
    4. Fokuskan perhatian anak-anak setelah itu anak-anak baru disuruh untuk membuka buku pelajaran
    5. Dalam hal menjelaskan/menyampaikan materi diperlihatkan contoh berdasarkan apa yang ada dilingkungan mereka.
    Demikian komentar dari saya,saya ucapkan terimakasih.

  9. Nama:Islah zahara sinambela
    Nim:856023701
    Pokjar:asahan
    Kelas:8B
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Dalam menarik perhatian siswa dibutuhkan kesiapan belajar siswa, jika suasana dikelas tidak kondusif , kemungkinan guru tersebut belum menguasai kelas, jadi perlu ice breaking di awal jam pembelajaran yang bertujuan untuk melatih daya fokus dan semangat siswa

  10. Nama : Faisah Sari Pans
    Nim : 859403258

    – Kelemahan guru pada kegiatan pembelajaran di atas adalah guru tidak mengecek kehadiran siswa, guru tidak berpenampilan rapi dan guru langsung memberikan pertanyaan kepada siswa tanpa memberikan gambaran pelajaran seperti apa yang akan mereka pelajari.
    – Kelebihan guru pada kegiatan pembelajaran adalah guru sudah menggunakan media yang tepat, sudah sesuai dengan peserta didik dan sesuai dengan kurikulum
    – Hal – hal unik yang ditemukan adalah guru dengan mudah dapat menarik perhatian siswa yang semula gaduh
    – Ada baiknya jika guru dapat menggunakan metode yang dapat melibatkan peserta didik secara langsung

Leave a Reply