silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : ERWINDA
NIM. : 8560708
POKJAR : LANGKAT
UPJJ : MEDAN
Menurut vidio yang di atas kita sebagai guru harus menarik perhatian siswa adalah melalui pembelajaran yang menarik. Pembelajaran akan dapat menarik perhatian siswa jika menggunakan metode mengajar yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Misalnya, bagaimana memulai pembelajaran, bagaimana menyampaikan materi pelajaran, bagaimana memberikan tugas, dan bagaimana menutup pembelajaran.
Cara menarik perhatian siswa di awal pembelajaran adalah dengan membuat pra pembelajaran semenarik mungkin. Contoh kegiatan pra pembelajaran yang menarik perhatian siswa antara lain dengan mengajak siswa melakukan kegiatan ice breaking seperti bermain games, menyanyi, membaca bersama . Ketika sudah terkesan di awal pelajaran,maka tidak sulit untuk membuat mereka antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Menyampaikan materi dan memberikan tugas pada siswa juga harus dirancang sedemikian rupa supaya siswa tetap perhatian dan tidak merasa bosan. Metode yang kreatif dan tidak monoton adalah cara membuat siswa tetap betah belajar meskipun di waktu-waktu yang tidak kondusif misalnya jam-jam akhir pelajaran.
Nama : Noviatul Riska Susanti
Nim : 858875067
Prodi : PGSD – S1
Assalamualaikum Wr.Wb
dalam video di atas menjelaskan tentang usaha seorang guru dalam menarik perhatian siswa agar dapat terfokus dengan apa yang akan guru sampaikan, serta memelihara konsentrasi siswa di dalam kelas serta membangun suasana yang menyenangkan,dapat kita ampil kesimpulan, jika ingin menarik perhatian siswa guru harus lebih terampil dalam menarik perhatian siswa serta harus berpenampilan yang menarik, karena itu salah satu cara menarik perhatian siswa.
salah satu upaya yang tepat ketika memulai pembelajaran dengan mengeksplorasi mimik muka yang ceria dan mengajak siswa mengingat materi dengan menghubungkan dengan benda yang ada di sekitar kita, siswa akan lebih fokus ketika materi di hubungkan dengan apa yang mereka lakukan.
PUPUT SHOUMA HANDAYANI
856640313
S1 PGSD Jambi
Video ini berisi tentang bagaimana cara guru untuk menarik perhatian siswa, memelihara konsentrasi, membangun suasana yang aktif, interaktif, dan menyenangkan pada siswa kelas 1 SD.
Dimana siswa kelas 1 merupakan siswa transisi dari masa TK ke SD. Oleh karena itu proses pembimbingan siswa hendaklah menggunakan aspek psikologis, aspek minat anak yang berkembang.
Guru hendaklah berpakaian rapi & menarik, guru juga perlu terampil dalam membuka pelajaran, dengan ekspresif dan mimik wajah yang bersahabat, serta mendengarkan pendapat & curahan hati siswa.
Pada video ini, solusi yang tepat untuk menarik perhatian siswa adalah :
– Guru mengajak siswa berhitung menggunakan benda yang ada disekitar, seperti pada video menggunakan buah jeruk.
– Guru hendaklah memberi penguatan ketika siswa merespon apa yang telah dicontohkan
– Guru meminta siswa untuk melakukan hal yang sama, yaitu menemukan benda yang ada disekitar, dihitung, dan menceritakan secara singkat tentang benda tersebut.
Nama : Rina Safarina
NIM : 858071295
Kelas : B
1. Reaksi anak pada video pembelajaran tersebut beragam. Ada yang memperhatikan ada juga sibuk bermain. Tergantung model pembelajaran yg di lakukan guru. Pada contoh pertama bapak tersebut masuk kelas langsung memberikan materi, dengan cara itu tidak menarik perhatian anak. Maka dari itu solusi yg bapak lakukan sudah benar yaitu menambahkan ice breaking dan alat peraga hingga semua anak mengalihkan perhatian nya ke bapak tersebut.
2. Kekurangannya:
– Kurangnya persiapan yang memadai sebelum pelaksanaan pembelajaran
– Kurangnya variasi dalam metode pengajaran yang digunakan
– Tidak melakukan pembukaan saat memulai pelajaran seperti ice breaking, absen, menanyakan keadaan anak, dan kerapian kelas.
– Tidak mengkilas balik pelajaran sebelumnya
– Guru memakai sendal bukan sepatu
3. Kelebihannya :
– Memiliki semangat dan dedikasi dalam mengajar
– Menarik perhatian anak dengan mengaitan pelajaran dengan benda yang ada di sekitar
– Guru menggunakan metode tanya jawab untuk membuat anak aktif saat pembelajaran
– Guru memberikan contoh menggunakan benda nyata seperti jeruk dan ban mobil
4. Hal-hal unik :
– Guru membawa jeruk sebagai alat peraga
– Guru memakai sendal
5. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya nya :
– Meningkatkan persiapan sebelum pembelajaran
– Mengembangkan variasi dalam metode pengajaran
– Melakukan evaluasi diri secara teratur
1. Reaksi anak pada video pembelajaran tersebut beragam. Ada yang memperhatikan ada juga sibuk bermain. Tergantung model pembelajaran yg di lakukan guru. Pada contoh pertama bapak tersebut masuk kelas langsung memberikan materi, dengan cara itu tidak menarik perhatian anak. Maka dari itu solusi yg bapak lakukan sudah benar yaitu menambahkan ice breaking dan alat peraga hingga semua anak mengalihkan perhatian nya ke bapak tersebut.
2. Kekurangannya :
– Kurangnya persiapan yang memadai sebelum pelaksanaan pembelajaran
– Kurangnya variasi dalam metode pengajaran yang digunakan
– Tidak melakukan pembukaan saat memulai pelajaran seperti ice breaking, absen, menanyakan keadaan anak, dan kerapian kelas.
– Tidak mengkilas balik pelajaran sebelumnya
– Guru memakai sendal bukan sepatu
3. Kelebihannya :
– Memiliki semangat dan dedikasi dalam mengajar
– Menarik perhatian anak dengan mengaitan pelajaran dengan benda yang ada di sekitar
– Guru menggunakan metode tanya jawab untuk membuat anak aktif saat pembelajaran
– Guru memberikan contoh menggunakan benda nyata seperti jeruk dan ban mobil
4. Hal-hal unik :
– Guru membawa jeruk sebagai alat peraga
– Guru memakai sendal
5. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya nya :
– Meningkatkan persiapan sebelum pembelajaran
– Mengembangkan variasi dalam metode pengajaran
– Melakukan evaluasi diri secara teratur
Nama : Diah Mustika Ratih
Nim : 857138409
UPBJJ UT JAKARTA
Menarik perhatian siswa memungkinkan guru untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Dengan menggunakan pendekatan yang menarik dan relevan, guru dapat membantu siswa untuk mengaitkan materi pembelajaran dengan pengalaman dan pengetahuan sebelumnya. Menarik perhatian siswa dapat membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif di kelas. Siswa yang merasa tertarik dan terlibat dalam pembelajaran cenderung lebih menyukai proses pembelajaran dan memiliki sikap yang lebih positif terhadap sekolah dan pendidikan. Dalam video tersebut sudah menunjukkan kepada siswa bagaimana konsep matematika yang dipelajari dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari atau dalam konteks dunia nyata . Menggunakan visualisasi, seperti gambar, diagram, benda real atau nyata, dapat membantu siswa memahami konsep-konsep yang abstrak. Visualisasi dapat membantu mengubah matematika dari sesuatu yang sulit dipahami menjadi sesuatu yang lebih konkret dan mudah dipahami. Dengan mengaitkan konsep-konsep matematika dengan cerita atau skenario dapat membantu siswa untuk memahami konteks dan relevansi dari konsep tersebut.
Nama : karsela
Nim : 856456131
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ : pekan baru
Pokjar : kemuning
1.Video yang saya lihat berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran di atas . Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:
1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
2. Kelemahan pembelajaran dalam video yang saya lihat ini sebagai berikut:
Guru tidak memberikan salam terlebih dahulu, dan berdoa sebelum belajar.
3. Kelebihan guru dalam video pembelajaran ini adalah sebagai berikut:
Guru menarik perhatian siswa dengan cara menyapa para siswa nya terlebih dahulu.
Guru mengajarkan materi dengan menarik dan tanya jawab.
4. Rencana Pembelajaran Yang Dilakukan :
Materi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
1.Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
2. Kelemahan guru dalam pembelajaran pada video, antara lain:
– Guru tidak memberikan salam / berdoa untuk terlebih dahulu;
– Guru belum mampu mengkondisikan suasana belajar yang kondusif ;
– Guru tidak mengabsen kehadiran siswa;
– Guru berpenampilan tidak rapi dan kurang menarik;
– guru memakai sendal bukan sepatu;
– guru langsung memberikan materi tanpa memberikan gambaran terhadap konsep materi itu;
3. Kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut, yaitu
– Guru menarik perhatian siswa dengan cara bereksplorisasi;
– guru menarik perhatian siswa dengan menggabungkan tepuk sebelum memulai materi;
– guru mengajak siswa terlibat langsung dengan tanya jawab dengan siswa materi hari itu yang berkaitan dengan benda disekitar;
– guru memberikan contoh pada siswa menggunakan benda nyata sehingga memberikan gambaran pada siswa;
4. Hal hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran :
– guru memakai sandal bukan sepatu saat mengajar;
– guru menggunakan benda di sekitar sebagai media atau alat belajar, misalnya jeruk;
– guru menggunakan contoh lain sebagai gambaran materi berhitung, misalnya roda kendaraan bermotor
5. Rencana Pembelajaran Yang Dilakukan :
Materi Sesuai dengan peserta didik cukup.
Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Nama: Rizky Ma’rifatun
NIM: 857636093
UPBJJ: Purwokerto
Vidio yang saya amati adalah usaha seorang guru untuk menarik perhatian siswa, yaitu siswa kelas 1. Siswa kelas 1 merupakan kelas transisi dari PAUD ke SD, dimana anak TK lebih banyak fokus bermain, sedangkan ketika SD anak mulai lebih banyak fokus belajar dari pada bermain.
dari vidio tersebut kita dapat melihat bagaimana usaha seorang guru untuk menarik perhatian siswa.
Ada beberapa hal yang menjadi perhatian pada vidio awal:
1. Guru masuk kelas langsung menyuruh anak membuka buku pelajaran, sementara anak-anak masih tetap fokus bermain. ketika anak tidak kunjung memperhatikan, guru hanya menyuruh anak untuk diam. Anak memperhatikan bukan karena dia tertarik/minat belajar tetapi karena disuruh disuruh diam.
2. Guru berpakaian kurang rapi, masuk kelas menggunakan sandal.
3. Tidak ada doa, salam, tegur sapa, dan apersepsi sebelum pembelajaran
Pada vidio selanjutnya, guru sudah mampu menarik perhatian siswa. Guru menyapa anak-anak, berpakaian rapi, menggunakan alat peraga untuk menjelaskan, ada tanya jawab anatara siswa dengan guru, guru memberikan penguatan individu dan kelompok kepada siswa. Pada vidio lanjutan tersebut, siswa memperhatikan tanpa guru harus berkata “diam”.
Dari vidio tersebut ada beberapa usaha yang dapat dilakukan guru untuk menarik perhatian siswa:
1. Mengajak siswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
NAMA : ROBIYANSYAH
NIM : 856976732
POKJAR: KOTA AGUNG
UPBJJ: BANDAR LAMPUNG
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Menurut pendapat saya Video ini adalah situasi yang menampilkan seorang guru yang berusaha menarik perhatian siswa dan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dengan menggunakan pendekatan-pendekatan seperti yang disebutkan memiliki potensi untuk menjadi sumber inspirasi dan panduan bagi guru-guru lainnya.