silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama :Ani Triyati
NIM :856622211
Judul vidio :Menarik perhatian siswa
Masalah yang terlihat dalam vidio adalah anak – anak terlihat rame dan tidak memperhatikan guru ketika menyapa dan pada saat akan memulai proses pembelajaran.Dari sisi guru dapat terlihat dari sisi penampilan yang kurang rapi,sebagian sisi bajunya tidak dimasukan sehingga memberikan kesan penanpilan yang tidak rapi.
Penyelesaian
sebelum melaksanakan proses pembelajaran guru hendaknya mengondisikan siswa terlebih dahulu misalnya guru menyapa siswa dengan hangat menanyakan kabar,memberikan pujian sehingga anak – anak tertarik dan bisa berfokus pada pembelajaran selanjutnya,dari segi penampilan guru hendaknya bajunya dimasukkan semua supaya terlihat rapi dan bisa menjadi contoh buat anak – anak.
Nama : Dandi Agil Saputra
NIM : 877314634
Dari video diatas terkait dengan menarik perhatian siswa adalah dengan mengajak siswa berinteraksi dengan baik, dan memberikan stimulus seperti belajar tepuk, bermain game, diajak berfikir bersama untuk memcahkan masalah, dan masih banyak lagi. Hal tersebut adalah upaya menarik perhatian siswa sebelum memulai pelajaran.
Guru harus lebih menguasai metode-metode dasar dalam menarik perhatian siswa, juga mengajak siswa untuk melakukan hal-hal yang sederhana dengan menghitung jeruk (seperti dalam contoh) dan lain sebagainya.
NAMA :Ani Triyati
NIM :856622211
Judul Vidio :Menarik perhatian siswa
Masalah yang terlihat dalam vidio adalah anak-anak terlihat rame dan tidak memperhatikan guru ketika menyapa, dan pada saat akan memulai proses pembelajaran. Dari sisi baju guru terlihat tidak rapi karena salah satu sisi bajunya tidak dimasukan sehingga memberikan kesan penampilan yang tidak elegan.
penyelesaian:
sebelum melaksanakan proses pembelajaran guru hendaknya mengondisikan siswa terlebih dahulu misalnya guru menyapa siswa dengan hangat, menanyakan kabar, memberikan pujian-pujian hal itu dapat menarik perhatian siswa sehingga dapat melanjutkan proses pembelajaran berikutnya. Dari sisi baju guru yang tidak dimasukan hendaknya dimasukan semua atau dikeluarkan sekalian supaya terlihat rapi dan dapat menjadi contoh bagi yang baik bagi siswa.
Nama : Nia Kris susanti.
Nim : 859762043.
Setelah saya melihat video ini yang berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan.
guru tidak menggunakan ice breaking sebelum memulai pelajaran sehingga mereka rame sendiri, Penampilan guru juga kurang sopan dalam berpakaian, disarankan agar guru memperhatikan penampilan dan mengawali pembelajaran dengan kegiatan yang lebih interaktif.
Nama:Leni Lesmina
Nim:859763339
Judul Vidio:menarik perhatian para siswa
masalah yang terjadi pada vidio tersebut adalah siswa yang tidak memperhatikan guru ketika guru masuk dan menyampaikan pembelajaran.
hasil analisis saya terhadap vidio tersebut yaitu kurangnya perhatian guru terhadap cara perpakaian rapi ketika mengajar didalam kelas yang berakibat kurang dihargainya oleh siswa akibat tidak disiplin dalam berpakaian.kemudian guru juga tidak memberikan instruksi kepada siswa agar memperhatikan pembelajaran yang diterangkan.kemudian maslaah selanjutnya yaitu kurangnya media pembelajaran yang dimana berdampak pada kurang menariknya pelajaran yang disampaikan guru
Nama : Gita Anggriani
NIM : 856816108
Judul Video : Menarik perhatian siswa
Masalah yang terjadi dalam Video tersebut ialah siswa tidak memperhatikan guru pada saat guru masuk dan pada saat penyampaian materi
analisis video, guru tidak berpakaian rapih pada saat mengajar, guru tidak memberikan menginstruksikan siswa untuk diam dan memperhatikan guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan guru tidak menggunakan media pembelajaran yang nyata agar mudah dipahami oleh siswa kelas 1,
Penyelesaiannya yaitu guru lebih memperhatikan kerapihan berpakaian, membuat anak terfokus terhadap materi dengan memberikan games ataupun dengan cara lainnya, siswa lebih tertib ketika guru datang tidak mengobrol, dan menggunakan media nyata yang dapat mudah dipahami oleh siswa sehingga pembelajaran dapat berjalan lancar dengan yang diharapkan.
Nama : Annisah Mariato
Nim : 859763679
Judul vidio : Menarik perhatian siswa
Masalah yang terjadi pada vidio tersebut yaitu siswa-siswi yang tidak memperhatikan guru pada saat masuk dan guru yang tidak mencontohkan cara berpakaian yang rapih selayaknya seorang guru.
Cara guru tersebut menarik perhatian siswa yaitu dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengeskplorasi dengan benda-benda disekitar mereka dan memberikan apresiasi kepada siswa yang bisa menjawab.
NAMA : PUTRI HARDANI
NIM : 856818119
Judul Vidio :Menarik perhatian siswa
Masalah yang terlihat dalam vidio adalah anak-anak terlihat rame dan tidak memperhatikan guru ketika menyapa,dan pula tidak menggunakan ice breaking pada saat akan memulai proses pembelajaran. Dari sisi baju guru terlihat tidak rapi karena salah satu sisi bajunya tidak dimasukan sehingga memberikan kesan penampilan yang tidak elegan.
penyelesaian:
sebelum melaksanakan proses pembelajaran guru hendaknya mengondisikan siswa terlebih dahulu misalnya guru menyapa siswa dengan hangat, menanyakan kabar, memberikan pujian-pujian hal itu dapat menarik perhatian siswa sehingga dapat melanjutkan proses pembelajaran berikutnya. Dari sisi baju guru yang tidak dimasukan hendaknya dimasukan semua atau dikeluarkan sekalian supaya terlihat rapi dan dapat menjadi contoh bagi yang baik bagi siswa.
Nama : Dolvyanti
Nim : 859764513
Judul : Menarik perhatian siswa
Kesimpulan yang dapat di ambil dari Vidio tersebut, kita sebagai guru harus kreatif dan menciptakan ide-ide yang membuat anak-anak konsentrasi dan membuat suasana kelas menyenangkan agar siswa dapat lebih memperhatikan apa yang guru sampaikan.
Nama : Lulu Yuda Wardani
NIM : 855747928
Judul Video : Menarik perhatian siswa
Masalah yang terjadi dalam Video tersebut ialah mulai dari saat guru masuk kelas dan menyapa siswa/i sudah nampak bahwa siswa/i tersebut tidak memperhatikan atau merespon guru pada saat guru masuk kelas. Hal tersebut disebabkan dari guru yang tidak berpakaian rapih pada saat mengajar, guru tidak memberikan instruksi pada siswa untuk diam dan memperhatikan guru sejenak. Sehingga pada saat guru menyampaikan tujuan materi pembelajaran, materi tersebut tidak bisa diterima oleh siswa dengan baik dan guru tidak menggunakan media pembelajaran yang nyata agar mudah dipahami oleh siswa kelas,
Penyelesaiannya yaitu guru lebih memperhatikan kerapihan berpakaian, sebelum pembelajaran dimulai bisa melakukan ice breaking terlebih dahulu supaya anak bisa berkonsentrasi, membuat anak terfokus terhadap materi dengan memberikan games ataupun dengan cara lainnya, siswa lebih tertib ketika guru datang tidak mengobrol, dan menggunakan media nyata yang dapat mudah dipahami oleh siswa sehingga pembelajaran dapat berjalan lancar dengan yang diharapkan.