silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Bagi saya, menarik perhatian siswa agak sulit dilakukan. Karena mayoritas di sekolah saya, terdiri dari beberapa anak yang energik dan aktif dalam sebagai hal. Dengan melihat tayangan video tersebut, sedikit membantu saya mengenai strategi yang tepat agar siswa dapat memperhatikan guru dengan seksama. Namun, sebelum memulai pembelajaran guru sebaiknya mengenalkan konsep bilangan terlebih dahulu agar anak mengetahui maksud dan tujuan pembelajaran tersebut.
nama : Akhmad Hafiludin
Nim : 857724743
menurut saya setelah mengamati video tersebut guru perlu membuat inovasi yang lebih menarik lagi supaya anak anak bisa fokus terhadap guru dan siap unuk menerima pembelajaran selanjutnya
NAMA : ZUHRIYAH FITA NUR’AINI
NIM : 858825861
UPBJJ : MALANG
• Bagaimana reaksi siswa/anak terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Pada awalnya, siswa tidak tertarik dengan kegiatan pembelajaran sehingga mereka terus ramai dan tidak bisa diam dalam pembelajaran. Kelas 1 SD adalah kelas yang berada pada fase peralihan, yang dimana pada diri mereka masih melekat jiwa kanak-kanaknya. Menurut siswa, kegiatan belajar sebelumnya kurang marik, sehingga siswa tidak merespon apa yang sedang diajarkan oleh guru. Setelah guru mengubah metode mengajar, dan melibatkan siswa dalam pembelajaran siswa lebih tertarik dengan kegiatan belajar mengajar.
• Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan guru pada video pembelajaran ini adalah guru mengajarkan materi kurang menarik, guru tidak melibatkan siswa sehingga mereka cepat merasa bosan dalam kegiatan belajar, penampilan guru kurang rapi sehingga anak tidak menghargai keberadaan guru.
• Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melaksanakan pembelajaran?
Guru mau berinovasi dan mau mengubah sistem mengajarnya sehingga siswa menjadi tertarik dengan kegiatan pembelajaran, guru memberikan penjelasan dan juga memberikan contoh mengenai materi yang diajarkan, guru dapat melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sehingga kelas tidak merasa membosankan.
• Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Guru menggunakan media pembelajaran berupa jeruk untuk menarik perhatian siswa pada materi pembelajaran
• Setelah mengamati kelemahan dan kelebihan dari guru yang Anda amati dalam tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Guru sebaiknya lebih kreatif lagi dari sebelumnya, supaya siswa bisa lebih tertarik dan lebih bersemangat saat kegiatan pembelajaran. Guru dapat lebih banyak lagi dalam menggunakan media pembalajaran. Guru dapat mengajak siswa untuk menerapkan materi pelajaran yang sudah diajarkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah maupun di sekolah.
nama : ismail lio gazali
nim 856589586
Reaksi anak
Reaksi anak pada awal pembelajaran tidak memperhatikan gurunya dan asik bermain sendiri, setelah guru melakukan ice breaking untuk menarik perhatian anak, si anak pun kembali fokus dan kembali memperhatikan.
Kelebihan
Kelebihan video tersebut Guru mampu membuat peserta didik kembali fokus dengan cara memberikan pembelajaran diawal icebreaking, dengan begitu anak yang tadinya malas menjadi semangat kembali
Kelemahan
Kelemahan pada video diatas yaitu terlihat diawal video kurangnya persiapan seorang guru sebelum mengajar, mulai dari pakaian, kerapian dan kesiapan materi yang kurang memadai.
Hal-hal unik yang ada di dalam video
Pada awal masuk guru tidak memakai seragam dengan rapi, memakai sandal dan baju dalam keadaan dikeluarkan.
Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran
Dapat dilakukan dengan cara pertama pembelajaran harus diawali dengan doa, kemudian ditengah pembelajaran guru memberikan icebreaking untuk mengembalikan fokus anak.
Nama : Ummi khabibatul
Musyarofah
Nim : 877630896
Pokjar: way tuba
UPBJJ: Bandar Lampung
Reaksi siswa siswa terhadap kegiatan pembelajaran yg dilakukan pada sesi pertama siswa tidak me-
respon adanya guru.
Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam pembelajaran? karna tidak ada
nya kesiapan seorang untuk tampil
yang menarik dan gaya pembelajaran yang baik,
Untuk kelebihannya yaitu pada sesi kedua guru menggunakan media jeruk dan benda – benda serupa
lainnya.
Bagi saya, menarik perhatian siswa agak sulit dilakukan. Karena mayoritas di sekolah saya, terdiri dari beberapa anak yang energik dan aktif dalam sebagai hal. Dengan melihat tayangan video tersebut, sedikit membantu saya mengenai strategi yang tepat agar siswa dapat memperhatikan guru dengan seksama. Namun, sebelum memulai pembelajaran guru sebaiknya mengenalkan konsep bilangan terlebih dahulu agar anak mengetahui maksud dan tujuan pembelajaran tersebut.
Nama : Ardina Simanjuntak
NIM : 877528371
Pokjar : Tebing tinggi
Dari vidio tersebut diatas kita dapat melihat bagaimana kesiapan seorang guru pada saat mengajar sangat mempengaruhi suasa didalam kelas.
Dalam vidio pertama terlihat guru yang kurang persiapan ketika ingin memulai pembelajaran, dan kurang nya kerapian berpakaian guru tersebut, sehingga tidak menarik perhatian para siswa dan terkesan membosankan.
Tetapi dalam vidio yang kedua terlihat jelas perbedaan suasana kelas ketika guru masuk dengan berpakaian rapi dan mengajar lebih semangat. Mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa melakukan yel-yel atau tepuk tangan dapat meningkatkan semangat siswa dan siswa tidak mudah merasa bosan.
Penggunaan alat peraga seperti buah jeruk, pada saat materi pengurangan seperti vidio yang kedua juga dapat meningkatkan semangat belajar siswa dan memudahkan siswa untuk berpikir ketika menggunakan contoh-contoh yang ada disekitar siswa dan kegiatan sehari-hari siswa
Nama : Risno
NIM : 837275035
Berdasarkan video di atas menggambarkan contoh seorang guru yang menarik perhatian peserta didiknya dengan memberikan pertanyaan pemantik berdasarkan dengan apa yang mereka temui. Peserta didik menjadi aktif untuk belajar membilang karena diberikan contoh nyata atau benda nyata yang dapat dihitung langsung dan dilihat langsung oleh peserta didik. Adapun hal yang tak lupa guru lakukan adalah memberikan penguatan dan apresiasi terhadap apa yang telah dijawab oleh peserta didik. Hal tersebut dapat meningkatkan perhatian dan keinginan peserta didik untuk belajar.
Nama : Rany Ayu Susanty
NIM : 859680361
Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan guru untuk memelihara konsentrasi siswa:
Pemanasan Sebelum Pembelajaran:
a. Melakukan pemanasan sebelum memulai pembelajaran dapat membantu meningkatkan konsentrasi siswa. Pemanasan ini dapat berupa aktivitas yang menarik
dan relevan dengan materi yang akan dipelajari.
b. Penggunaan Alat Peraga:
Penggunaan alat peraga dapat membantu siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam belajar. Alat peraga seperti video dapat membantu siswa memahami
materi dengan lebih baik dan meningkatkan konsentrasi mereka.
c. Ice Breaking:
Ice breaking dapat digunakan sebagai cara untuk memelihara konsentrasi siswa. Ice breaking dapat membantu siswa menjadi lebih aktif dan terlibat dalam
pembelajaran, sehingga meningkatkan konsentrasi mereka.
d Penggunaan Apersepsi:
Penggunaan apersepsi dapat membantu siswa siap dan fokus untuk mempelajari materi. Apersepsi dapat berupa penggunaan gambar, video, atau contoh
yang relevan dengan materi yang akan dipelajari.
Penggunaan strategi-strategi ini, guru dapat membantu siswa meningkatkan konsentrasi belajar dan memahami materi dengan lebih baik.
Salatsa Apriati kartika sari nim 857951924
Assalamualaikum selamat malam
Menurut pendapat saya setelah saya melihat video yang di paparkan tadi selain menambah bekal dalam mengajar juga bisa menambah inspirasi untuk menarik perhatian siswa selain itu menurut saya sebelum masuk ke teori anak2 bisa di jelaskan dulu materi yang akan di pelajari baru nanti kita bisa menggunakan beberapa metode pembelajaran terimakasih