silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Gladis Yuniarti
NIM : 859287774
Pokjar Ende
Dari vidio tersebut dapat saya simpulkan
*Setelah memberi salam sebaiknya guru menanyakan kabar para siswa.
* Sebelum memulai pelajaran guru sebaiknya menyuruh siswa untuk berdoa sebelum pelajaran di mulai.
* Guru juga bertanya kepada siswa apakah mereka sudah siap memulai pelajaran.
* Guru juga harus memberitahukan materi yang akan di pelajari.
* Guru juga berpakaian yang rapi seperti yang saya lihat di vido Pak guru tidak memaki sepatu melainkan pak guru memakai sendal itu adalah contoh yang tidak baik kepada siswa, Sebagai guru harus berpakaian rapi, sopan, dan bersepatu karena guru adalah memberikan contoh yang baik kepada siswa.
Terimakasi🙏
Nama : Gladis Yuniarti
NIM : 859287774
Pokjar Ende
Dari vidio tersebut dapat saya simpulkan
*Setelah memberi salam sebaiknya guru menanyakan kabar para siswa.
* Sebelum memulai pelajaran guru sebaiknya menyuruh siswa untuk berdoa sebelum pelajaran di mulai.
* Guru juga bertanya kepada siswa apakah mereka sudah siap memulai pelajaran.
* Guru juga harus memberitahukan materi yang akan di pelajari.
* Guru juga berpakaian yang rapi seperti yang saya lihat di vido Pak guru tidak memakai sepatu melainkan pak guru memakai sendal itu adalah contoh yang tidak baik kepada siswa, Sebagai guru harus berpakaian rapi, sopan, dan bersepatu karena guru adalah memberikan contoh yang baik kepada siswa.
Terimakasi🙏
Nama : Marni
NIM : 858161472
UPBJJ : Palangkaraya
Dari video yang saya analisis yaitu video Seri Pembelajaran SD Matematika yang berjudul Menarik Perhatian Siswa.
Kekurangannya yaitu:
1. Guru tidak membiasakan siswa untuk disiplin dalam ruangan kelas ketika pembelajaran berlangsung.
2. Guru menggunakan sendal di dalam ruangan serta baju yang tidak rapi ketika proses pembelajaran berlangsung.
3. Guru tidak menanyakan kabar siswa dan tidak mengecek kehadiran siswa.
4. Guru tidak membiasakan berdoa ketika memulai pembelajaran.
5. Guru tidak memberikan apersepsi sebelum memulai pembelajaran.
6. Guru tidak menyampaikan manfaat dan tujuan.
Hal menarik dari video tersebut adalah: di video tersebut adanya solusi akan suatu masalah dari kekurangan video tersebut.
Sedangkan kelebihannya yaitu:
1. Guru mengajak siswa dalam melakukan pendekatan yaitu ice breaking.
2. Guru melakukan apersepsi dengan menggunakan buah jeruk dan baterai ABC ukuran Jumbo yang dikaitkan dengan materi pembelajaran Matematika dalam hitungan dan pengurangan.
Nama : Friska Haryani
Nim : 858483159
Mungkin sebelum pembelajaran di mulai anak-anak bisa di fokus ke hal-hal yang Membuat Pembelajaran Menarik. Seperti Kaitkan dengan Kehidupan Nyata,
Libatkan Siswa dalam Pengambilan Keputusan,
Ajak Diskusi dan Pertanyaan,
Berikan Tantangan yang Sesuai,
Manfaatkan Teknologi,
Kenali Minat Individu,
Seperti yang dilakukan dalam video sudah bisa menarik anak-anak dengan hal yang sederhana.
Nama : Salma Putri Dzakiyyah
NIM : 857506207
Izin memberikan komentar terkait vidio diatas yang membahas bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Setelah menonton vidio tersebut tentunya saya sebagai guru SD kelas 1 mendapatkan ilmu cara bagaimana agar siswa dapat fokus dan memperhatikan kita. Yaitu diantaranya :
1. Seorang guru mengenakan pakaian yang rapih dan menarik
2. Gunakan sapaan yang menarik semangat para siswa
3. Adanya interaksi yang terlibat, dengan para siswa
4. Ekspresi wajah yang menyenangkan dan menarik para siswa(tidak flat)
5. Dalam pembelajaran berhitung, gunakan media pembelajaran yang bersifat nyata dan mudah di tanggal oleh para siswa seperti menggunakan benda benda sekitar
6. Memberikan apresiasi, terhadap siswa agar selalu memotivasi keaktifan para siswa dalam kegiatan belajar.
Nama : Ni Wayan Dila Pentina
Nim: 859645478
Pokjar: Lambunu
Setelah saya melihat video tersebut dapat di simpulkan bahwa Kelemahannya:
1.Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangat penting dalam pembelajaran matematika.
2. Dalam pembelajaran guru kurang terampil dalam mengekspresikan apa yang akan di bahas dalam pembelajaran tersebut.
Hal unik yang terdapat di video tersebut: Guru telah menyiapkan media yang berfungsi untuk memudahkan siswa mengeksplor apa yang akan mereka pelajari secara nyata.
Perbaikan yang dapat dilakukan:
1. sebaiknya guru megulas kembali materi sebelumnya untuk selanjutnya di kaitkan dengan pelajaran saat itu, sehingga peserta didik lebih memahami apa yang akan mereka pelajari.
2. sebaiknya guru menunjukan ekspresi dalam kesiapan mengajar kelas saat itu sehingga peserta didik terpacu dan ikut merasakan kebahagiaan guru dan kesiapan guru saat mengajar
Nama: Ugtiya rifki
Nim: 857031844
Pokjar: Sidomulyo
Setelah saya melihat video diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa kelemahan didalam video tersebut yaitu..
1. Saat memasuki ruang kelas, guru tidak melakukan pembiasaan seperti mengucaokan salam, berdoa, dan menanyakan kabar siswanya.
Lalu hal unik yang terdapat didalam video tersebut yaitu video tersebut langsung memberikan solusi yang seharusnya di lakukan oleh guru.
Perbaikan yang harus di lakukan oleh guru di dalam video..
1.Sebaiknya guru harus memberikan contoh kepada siswanya dengan berpakaian rapih, memakai sepatu, dan saat memasuki ruang kelas harus mengucapkan salam.
2.Sebelum belajar, alangjah baiknya guru memberikan motivasi kepada siswa atau memberikan sebuah apresiasi yang dapat membuat siswa menjadi semangat belajar dan vokus.
Nama : Darman Putra Waruwu
Nim : 855852892
Salut : Idanogawo
menurut saya setalah menonto video tersebut dengan judul menarik perhatian siswa pemilihan metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru video yang sangat bagus, karena dapat menarik perhatian siswa dengan memberikan pertanyaan sehingga siswa menjadi antusias mengikuti pembelajaran tersebut dan pertanyaan guru dan membuat fokus pada siswa, kemudian pada video guru ini mengajak anak mengeksplorasi terhadap benda-benda yang ada di dalam kelas sehingga siswa tertarik untuk mengikutinya. dan sebagai guru, kita harus dapat memusatkan konsentrasi anak-anak didik agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan efektif. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah dengan berpenampilan yang rapi, memperlihatkan ekspresi yang ceria dan bersahabat, menggunakan media pembelajaran yang menarik, memberikan respon terhadap apa yang dikatakan anak didik dan dapat pula menyelipkan ice breaking di sela-sela pembelajaran agar anak tidak bosan dan memantik semangatnya kembali. dalam menarik perhatian siswa sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran karena anak – anak masih belum fokus saat guru tersebut masuk ke dalam kelas. menarik perhatian siswa pada saat pembelajaran ini menimbulkan kesan yang sangat baik pada anak sehingga materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan oftimal. selain itu, pada awal pembelajaran guru dapat melakukan apresiasi dan motivasi pada anak sehingga anak merasa semangat, fokus dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dalam video pembelajaran ini guru tersebut sangat bagus sekali dalam melakukan pembelajaran dan membuat anak langsung antusias.
sekian pendapat saya jika ada kesalahan dalam bahasa dan tutur kata saya mohon di maklumi akhir kata terimakasih.
wkwwkwwkkkw
kemana ya yang saya ini kok ngilang