silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

  1. Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,741 Comments

  1. Nama : Okta Putri Anggraini
    Nim : 856822649
    Pokjar : Ketahun
    Saya telah melihat vidio tersebut, dan menyimpulkan bahwa vidio tersebut guru tidak memiliki persiapan yang bagus, seharusnya kita bisa lebih baik mempersiapkan kegiatan pembelajaran salah satunya dengan menggunakan pakaian yang rapi, kemudian mengajak anak-anak untuk mengawali pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu

  2. Berikut ini adalah cuplikan dari video pembelajaran pada bagian awal, tengah, dan akhir. Dari pengamatan visual terhadap cuplikan-cuplikan tersebut, berikut adalah hasil refleksi yang bisa saya sampaikan:

    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru

    Siswa tampak fokus memperhatikan guru, duduk rapi, dan terlihat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.

    Pada beberapa bagian, tampak ekspresi antusias dan interaktif, menandakan siswa tertarik dan termotivasi dengan metode penyampaian guru.

    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran

    Dalam beberapa cuplikan, interaksi guru masih dominan satu arah, yang mungkin membuat beberapa siswa kurang aktif secara verbal.

    Tidak terlihat penggunaan media pembelajaran interaktif (seperti alat bantu visual atau teknologi), padahal bisa sangat membantu menarik perhatian siswa SD.

    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran

    Guru mampu mengendalikan kelas dengan baik, menjaga perhatian siswa tetap terpusat.

    Cara guru berbicara tampak jelas dan komunikatif, dengan bahasa yang sesuai usia siswa.

    Guru juga terlihat percaya diri dan nyaman berada di depan kelas, menunjukkan penguasaan materi.

    4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video

    Guru tampaknya menggunakan intonasi suara yang menarik dan mimik wajah yang ekspresif, yang sangat efektif untuk anak-anak usia sekolah dasar.

    Terdapat momen di mana guru tampak menggunakan pertanyaan retoris atau pengulangan kata kunci untuk menekankan poin penting.

    5. Usulan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya

    Guru bisa lebih sering memberikan kesempatan siswa bertanya atau menjawab secara lisan untuk meningkatkan partisipasi.

    Menggunakan media bantu visual atau alat peraga sederhana bisa membantu memvisualisasikan materi dengan lebih menarik.

    Menerapkan teknik kelompok kecil atau diskusi ringan agar siswa lebih aktif dan belajar berkolaborasi.

  3. Nama : Devi Susilawati
    Nim : 858081827

    Berikut ini adalah cuplikan dari video pembelajaran pada bagian awal, tengah, dan akhir. Dari pengamatan visual terhadap cuplikan-cuplikan tersebut, berikut adalah hasil refleksi yang bisa saya sampaikan:

    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru

    Siswa tampak fokus memperhatikan guru, duduk rapi, dan terlihat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.

    Pada beberapa bagian, tampak ekspresi antusias dan interaktif, menandakan siswa tertarik dan termotivasi dengan metode penyampaian guru.

    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran

    Dalam beberapa cuplikan, interaksi guru masih dominan satu arah, yang mungkin membuat beberapa siswa kurang aktif secara verbal.

    Tidak terlihat penggunaan media pembelajaran interaktif (seperti alat bantu visual atau teknologi), padahal bisa sangat membantu menarik perhatian siswa SD.

    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran

    Guru mampu mengendalikan kelas dengan baik, menjaga perhatian siswa tetap terpusat.

    Cara guru berbicara tampak jelas dan komunikatif, dengan bahasa yang sesuai usia siswa.

    Guru juga terlihat percaya diri dan nyaman berada di depan kelas, menunjukkan penguasaan materi.

    4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video

    Guru tampaknya menggunakan intonasi suara yang menarik dan mimik wajah yang ekspresif, yang sangat efektif untuk anak-anak usia sekolah dasar.

    Terdapat momen di mana guru tampak menggunakan pertanyaan retoris atau pengulangan kata kunci untuk menekankan poin penting.

    5. Usulan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya

    Guru bisa lebih sering memberikan kesempatan siswa bertanya atau menjawab secara lisan untuk meningkatkan partisipasi.

    Menggunakan media bantu visual atau alat peraga sederhana bisa membantu memvisualisasikan materi dengan lebih menarik.

    Menerapkan teknik kelompok kecil atau diskusi ringan agar siswa lebih aktif dan belajar berkolaborasi.

  4. Nama : Dian Rahayu
    NIM : 858080792
    Pokjar : Musyaahadah Secapah Mempawah

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Anak-anak terlihat aktif dan tertarik saat guru memulai pembelajaran. Mereka tampak fokus dan merespons saat guru menggunakan pendekatan yang menarik, seperti bertanya langsung, memberi isyarat visual, atau menggunakan benda konkret.

    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru belum sepenuhnya melibatkan semua siswa secara merata. Beberapa siswa tampak lebih dominan, sementara yang lain pasif. Selain itu, transisi antar kegiatan masih agak kaku, sehingga perhatian siswa bisa teralihkan.

    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan memancing rasa ingin tahu siswa. Ia juga terlihat ekspresif dalam berbicara dan menggunakan gesture yang sesuai untuk menarik perhatian siswa.

    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Guru menggunakan alat bantu visual sederhana yang langsung dikaitkan dengan materi. Selain itu, guru memakai intonasi suara yang bervariasi dan ekspresi wajah untuk menjaga perhatian siswa tetap fokus.

    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    1) Melibatkan seluruh siswa secara aktif melalui pertanyaan terbuka atau kegiatan kelompok.
    2) Mengatur transisi antar kegiatan agar lebih halus dan tidak membingungkan siswa.
    3) Meningkatkan penggunaan media atau teknologi sederhana yang bisa menarik perhatian lebih lama.
    4) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dan bereksplorasi lebih banyak.

  5. nama : Dwi Suprihatin
    nim : 857029705
    Pokjar : Sidomulyo
    seri pembelajaran : MTK
    judul video : menarik perhatian siswa

    KELEBIHAN VIDEO : suara guru tersebut ceria sekali saat menjelaskan materi tentang jeruk, jadi anak tidak bosan atau mengantuk.

    KEKURANGAN VIDEO : guru langsung mengajak anak belajar tanpa menanyakan dahulu apakah anak sudah siap untuk belajar atau belum.
    lalu pada saat guru masuk ke dalam kelas, guru langsung menyapa anak kelas 1 tersebut sampai 2x sedangkan kondisi anak tersebut masih belum kondusif. jadi sebaiknya tenangkan dahulu murid nya lalu baru salam pembukaan agar anak fokus apa yang kita sampaikan.

    HAL UNIK YANG TERJADI :
    penjelasan guru tentang soal cerita tersebut mudah di pahami murid, jadi tidak bertele-tele.

    sekian dan terimakasih 🙂

  6. Nama : Desty Triayu Anggraini
    NIM : 858080857
    Pokjar : Musyaahada Secapah Mempawah

    FOTO/SS FORUM DISKUSI DI GPO
    ISI INSTRUMEN REFLEKSI
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang
    dilakukan guru?
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan
    pembelajaran?
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan
    pembelajaran?
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru
    saat melaksanakan pembelajaran?
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda
    amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk
    meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?

    Jawaban :

    1. Pada tayangan video pertama, guru kesulitan menarik perhatian siswa, sehingga saat guru masuk ke dalam kelas suasana kelas masih gaduh. Pada tayangan video selanjutnya, dimana guru pada awal pembelajaran terlihat bersemangat dan kegiatan pembelajaran diawali dengan apersepsi yang menarik, sehingga siswa tampak bersemangat dalam menjawab pertanyaan dari guru.

    2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah, kurangnya kegiatan awal atau kegiatan pembuka. Kemudian, pemanfaatan metode sudah tepat, hanya saja seharusnya siswa disuruh maju kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut secara langsung. Selain itu juga diawal video terlihat penampilan guru kurang rapi dan tidak memakai sepatu.

    3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah, cara penyampaian materi yang menarik dengan menggunakan benda-benda yang mudah didapat sebagai media sehingga siswa mudah memahami materi pembelajaran, pemanfaatan metode sudah tepat, cara penyampaian materi pembelajaran yang penuh semangat disertai mimik wajah yang ceria.

    4. Hal unik yang ditemukan dalam video tersebut saat guru melaksanakan pembelajaran yaitu, guru menggunakan media nyata seperti buah jeruk dan baterai sebagai media.

    5. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah, guru sebagaiknya melakukan kegiatan awal atau melakukan pembukabterlebih dahulu, guru harus menanyakan kesiapan siswa dalam melakukan pembelajaran, sebaiknya guru selalu berpakaian yang rapi karena guru merupakan role model bagi peserta didik.

  7. Nama:Leniyanti hulu
    Nim :859872168
    Pokjar : Salut Damai (Idanogawo)

    Setelah saya nonton video ini, saya mengambil kesimpulannya yaitu
    1. guru memiliki kebiasaan saat masuk kelas tidak mengajak siswa-siswi berdoa terlebih dahulu.
    2. guru tidak memilik persiapan yang bagus saat masuk kelas.
    3. Kebiasaan guru tidak disiplin dalam kerapian.

  8. Nama: Desti Kristiani Waruwu
    Nim: 859888779
    Pokjar: Mandrehe

    Setelah saya melihat video diatas, dan menyimpulkan bahwa
    1. Sebelum memulai pembelajaran seharusnya diawali dengan berdoa, benyanyi, dan mengecek kehadiran siswa
    2. Seharusnya guru menyampaikan topik atau tema yang akan di pelajari oleh siswa hari ini.
    3. Seharusnya guru menyampaikan apa tujuan mempelajari materi tersebut.
    Jadi menurut saya video pembelajaran diatas masih belum sempurna

  9. Nama : APRIZAL
    Nim : 859539067
    Pokjar : Sidomulyo

    “Dalam video ini, terlihat jelas bahwa peran aktif seorang guru pada tahap awal pembelajaran memiliki dampak yang sangat signifikan. Kegiatan apersepsi yang dilakukan di awal pembelajaran dapat menjadi pemicu semangat belajar siswa sekaligus menarik minat mereka untuk lebih fokus dan memperhatikan materi yang akan disampaikan. Dengan begitu, hasil belajar peserta didik pun cenderung meningkat. Oleh karena itu, guru dituntut untuk terus mengembangkan metode pengajaran yang kreatif dan inovatif agar mampu membangkitkan minat dan antusiasme siswa secara maksimal.”

  10. Nama : Ratna Sari
    Nim :85987401
    Pokjar: Salut Permata Labura
    Setelah saya mengamati video tersebut saya menyimpulkan bahwa bagi kita seorang guru harus melakukan tiga hal ketika kita sedang proses belajar mengajar di dalam kelas yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup.
    Setelah saya lihat video bagian pertama dan bagian kedua tersebut bahwa pendahuluan pada saat belajar mengajar itu sangat penting untuk menarik perhatian siswa supaya konsentrasi seperti ice breaking, menanyakan kabar seperti yang telah dilakukan bapak guru dalam video tersebut. Pada kegiatan inti dalam video bagian pertama dan kedua sangat berbeda di mana bagian pertama siswa tidak antusias terhadap materi yang diberikan sedangkan pada bagian kedua video tersebut anak-anak sangat antusias dan berkonsentrasi karena bapak guru menggunakan bahan ajar konkret berupa jeruk yang dapat menambah semangat siswa dalam belajar dan mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Pada penutup pembelajaran di video bagian pertama dan video bagian kedua sangat jauh berbeda di mana pada bagian kedua pada video tersebut guru memberikan refleksi dan motivasi kepada siswanya yang di mana motivasi itu bisa membuat siswa menjadi semangat dalam belajar.

Leave a Reply