silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara :
- Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang.
- Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan.
- Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukannya itu
Rusdianto
Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan atau mengurangkan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.
Kesan Umum dalam pembelajaran: Kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.
Drs. Badjuri, M.Pd.
- Dalam pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep ‘bertambah’ dan ‘berkurang’. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
- Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
- Materi sesuai dengan perserta didik cukup.
- Materi sudah sesuai dengan kurikulum.
Tri Ekowati
Setelah menonton video tersebut, saya menyimpulkan bahwa ada banyak hal yang dapat menjadi pembelajaran bagi calon pendidik. Penting untuk berpenampilan rapi dan bersih, memulai dan mengakhiri pelajaran dengan doa, menggunakan ice breaking sebelum pelajaran dimulai, memanfaatkan alat peraga, serta memberikan apresiasi kepada siswa atas keberhasilan mereka dalam memahami materi.
Nama: Maskuri
Nim: 858103811
UPBJJ : PONTIANAK
Seorang guru yang berusaha menarik perhatian siswa dalam pembelajaran harus menerapkan berbagai strategi yang efektif agar siswa fokus dan tertarik pada materi yang disampaikan. Strategi tersebut meliputi penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, media pembelajaran yang menarik, gaya bahasa yang tidak monoton, serta menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan interaktif.
Mengenai analisis video guru yang masuk kelas dengan mengucapkan selamat pagi, tidak memakai sepatu, dan tidak berdoa, berikut beberapa poin yang dapat dipertimbangkan:
– Mengucapkan selamat pagi adalah sikap yang baik dan dapat membangun suasana positif di awal pembelajaran, membantu menarik perhatian siswa secara sopan dan ramah.
– Tidak memakai sepatu, bisa menjadi strategi kejutan atau sesuatu yang tidak biasa untuk menarik perhatian siswa, sesuai dengan tips memberikan kejutan agar otak siswa tertarik pada hal baru. Namun, hal ini harus disesuaikan dengan norma dan budaya sekolah serta kenyamanan siswa dan guru.
– Tidak berdoa, di awal pembelajaran bisa menjadi hal yang kurang tepat jika di sekolah tersebut kebiasaan atau aturan mengharuskan doa sebagai bagian dari pembukaan pelajaran. Doa sering kali berfungsi sebagai momen untuk menenangkan dan memusatkan perhatian siswa sebelum belajar dimulai.
Secara keseluruhan, guru tersebut sudah melakukan sebagian hal yang benar, yaitu memulai dengan salam yang sopan. Namun, untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan menarik perhatian siswa secara optimal, guru perlu mengombinasikan salam dengan metode pembelajaran yang variatif, penggunaan media, interaksi yang melibatkan siswa, serta memperhatikan norma dan kebiasaan yang berlaku di sekolah, termasuk praktik doa jika itu bagian dari budaya sekolah.
Jadi, guru tersebut sudah memulai dengan baik, tetapi masih perlu melengkapi dengan strategi pembelajaran yang lebih menarik dan sesuai konteks agar perhatian siswa benar-benar terjaga dan pembelajaran menjadi efektif.
Nama : Khairunnisa
Nim : 858081178
– Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang di lakukan oleh guru adalah siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat, dari yang sebelum nya ribut menjadi lebih kondusif.
– Setelah saya melihat video tersebut bahwa kelemahannya adalah guru tidak membiasakan siswa nya untuk berdoa sebelum melakukan pembelajaran.
– Setelah saya melihat video tersebut bahwa kelebihan guru tersebut adalah guru bisa membuat suasana kelas menjadi sangat kondusif dan siswa menjadi sangat aktif.
-Hal unik yang terdapat divideo tersebut adalah kita langsung diberikan contoh video solusi mengatasi permasalahan kelas yang di hadapi.
– Upaya yang dapat di usulkan adalah sebaiknya guru membiasakan berpakaian rapi seperti memakai sepatu dan sebagai nya, karena guru adalah Roll Model.
Nama : Fitria Widiastuti
Nim : 857106552
UPBJJ JAKARTA
menanggapi video diatas
*Belum adanya kesiapan untuk mendisiplinkan diri sendiri dan belum adanya kesiapan untuk mengajar.
*Guru tidak membiasakan mengucap salam dan berdoa saat masuk kedalam kelas
Yang harus diperbaiki saat akan mengajar
*Merapihkan pakaian agar di contoh anak muridnya
*Biasakan masuk kelas mengucap salam dan berdoa serta menanyakan kesiapan anak untuk memulai pelajaran tersebut.
VIDIO MENARIK PERHATIAN SISWA
1. Reaksi anak / siswa terhadap kegiatan pembelajaran cukup aktif dan bisa menjawab pertanyaan
2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ialah penampilan guru yang kurang, dalam vidio tersebut guru terlihat menggunakan sendal, yang dapat memberikan kesan kurang profesional
3. Kelibihannya memanfaatkan media pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan serta memberikan umpan balik dan apresiasi
4. Hal unik yang di lakukan guru dalam vidio tersebut terlihat cukup santai dan akrab dengan siswa ini bisa menjadi nilai plus karena pendekatan yang personal kadang membuat siswa merasa lebih nyaman dan tidak takut untuk bertanya atau berinteraksi
5. Dapat di usulkan meningkatkan kegunaan media dan alat bantu belajar, pelatihan komunikasi dan bahasa tubuh guru, penampilan dan pembawaan yang profesional serta refleksi dan evaluasi diri secara berkala
Nama : Balqis Zein Fahimatunnisa
NIM : 859881554
Prodi : S1-PGSD
Menanggapi video pembelajaran diatas :
Tema : Membangun kesiapan belajar siswa
Judul : Menarik perhatian siswa
Dari video tersebut terlihat jelas bahwa penampilan dan sikap guru sangat mempengaruhi suasana dan kualitas pembelajaran di kelas. Pada sesi pertama, guru yang berpenampilan tidak rapi, seperti baju seragam berantakan dan tidak memakai sepatu, serta ruang kelas yang tidak tertib, dapat menimbulkan kesan kurang profesional dan kurang memotivasi siswa untuk belajar. Penampilan guru yang kurang terjaga ini juga bisa membuat siswa kurang fokus dan kurang tertib dalam mengikuti pelajaran. Selain itu, ketidakteraturan dalam proses pembelajaran, seperti tidak membiasakan doa dan tidak mengikuti susunan RPP, menunjukkan kurangnya persiapan dan pengelolaan kelas yang baik. Sebaliknya, pada sesi kedua, guru menunjukkan perubahan positif dengan berpenampilan rapi, bersemangat, memberikan salam, dan melakukan icebreaking yang membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dan interaktif. Guru juga mengajak siswa untuk belajar dengan cara yang menyenangkan dan eksploratif, seperti menggunakan benda-benda sekitar untuk menghitung, yang dapat meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Hal ini sesuai dengan pentingnya guru sebagai teladan yang harus menjaga penampilan dan sikapnya agar dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memotivasi siswa untuk belajar aktif. Oleh karena itu, guru perlu memperhatikan penampilan, persiapan, dan metode mengajar agar proses belajar mengajar berjalan efektif dan menyenangkan bagi siswa.
Nama : Rizki Amalia Harahap
Nim : 860110418
Prodi : S1- PGSD
Pokjar : Simalungun
Permasalahan pembelajaran yang ada di video :
1. Tidak ada kegiatan awal dalam pembelajaran
2. Guru kurang menerapkan konsep apersepsi
3. Dalam kegiatan inti guru hanya menggunakan metode tanya jawab dan demonstrasi tanpa memberi penjelasan
4. Pada penutup tidak ada refleksi sehingga tidak ada kesempatan pada siswa yang belum mengerti untuk bertanya.
Penyelesaian masalah yang dilakukan di video :
1. Guru berpenampilan rapi
2. Guru melakukan ice breaking
3. Guru menggunakan media dalam proses pembelajaran
4. Guru mengajak siswa mengeksplorasi dan membilang benda-benda disekitar
5. Guru memberi penguatan saat siswa memberi respon terhadap pertanyaan dari guru.
Alternatif lain penyelesaian masalah yang ditawarkan :
1. Guru sebaiknya melakukan persiapan sebelum pelajaran dimulai baik itu persiapan materi maupun penampilan.
2. Pada kegiatan awal, ada baiknya guru mengajak siswa untuk berdoa terlebih dahulu dan memberi sedikit apersepsi tentang materi penjumlahan dan pengurangan.
3. Variasikan teknik mengajar misalnya dengan permainan edukatif untuk menjaga minat siswa
4. Pada kegiatan akhir sebaiknya guru melakukan refleksi dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengajukan pertanyaan.
Setelah melihat video saya dapat menyimpulkan bahwa Kelemahannya:
* Di awal pembelajaran Guru tidak membiasakan siswa untuk berdoa sebelum belajaran.
* Guru tidak memberikan apresiasi sebelum melakukan pembelajaran.
* Seharus nya melakukan ice breaking agar siswa lebih semangat lagi untuk belajar
Kelebihan nya adalah : di Video itu langsung di berikan video solusi mengatasi permasalahannya yang di hadapi.
Nama : Eni Juwita Zai
Nim : 859882911
UPBJJ : MEDAN
Pokjar : idanogawo
Setelah saya melihat vidio diatas bahwa :
*Guru disaat masuk kelas tidak berdoa dan tidak mengabsen siswa siswinya.
*Guru tidak ada persiapan sama sekali pas masuk kelas dia tidak membawa buku paket atau buku pembelajaran.
Yang harus diperbaiki disaat mengajar :
*Guru harus bisa mengajak siswa siswi untuk mengajak siswa siswi untuk berdoa terlebih dahulu
*Guru harus perlu persiapan terlebih dahulu disaat masuk kelas dengan memberikan contoh berpakaian rapi dan membawa buku pembelajaran
Nama : Risti Khoirani Simangunsong
Nim :859873041
Pokjar : Labura
Setelah melihat video tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa Kelemahannya:
* Guru tidak membiasakan siswa untuk berdoa sebelum melakukan pembelajaran.
* Guru tidak memberikan apresiasi sebelum melakukan pembelajaran.
*Seharus nya melakukan ice breaking agar siswa lebih semangat lagi untuk belajar
Kelebihannya adalah : di Video tersebut langsung di berikan video solusi mengatasi permasalahannya yang di hadapi.