silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya….

Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi  dan menjelaskan materi secara detail. Dengan menerapkan metode  bermain peran tentang materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia”, siswa dapat mengambil hikmahnya serta berani mengemukakan pendapat dalam kegiatan diskusi.

Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!

Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.

Similar Posts

254 Comments

  1. Saya sebagai sebagai seorang guru pun,kdang kewalahan dalam mendidik anak yang sedikit degil dan susah diatur, tapi berbagai upaya yg dapat saya sharing dengan mecari tahu diberbagai media,maupu dari guru yg sudah berpengalaman,upaya apa yang dilakukan guru supaya menciptakan suasana yang kondusif, tertib, dan nyaman saat belajar. Semangat untuk guru guru pintar indonesia.

  2. Nama: TARSIDA
    NIM: 857451737
    PRODI: 118/PGSD-S1
    UPBJJ: UT BANDUNG
    MATA KULIAH: PDGK4209
    TUGAS PRAKTEK PKM 1

    Berdasarkan hasil analisis saya setelah menyimak video diatas yaitu dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif membutuhkan peran dari guru dan siswa. Dalam hal ini peran guru sangatlah penting mengingat proses pembelajaran yang memakan waktu cukup lama dan dilakukan secara berkala. seperti yang kita lihat dari video diatas terlihat reaksi anak/siswa terkadang sibuk sendiri/ tidak memperhatikan seperti lebih senang mengobrol, bercanda, dan bermain sendiri dengan teman lainnya. Adapun kelemahan guru yaitu kurang tepat/ monoton dalam memberikan metode pembelajaran. Sedangkan kelebihan guru yaitu dapat menjadi ruang bagi siswa dalam mengeksplore pengetahuan baru. Hal unik dari video diatas yaitu menggunakan pembelajaran kelompok sehingga siswa dapat saling bertukar pendapat dengan teman lainnya. Dengan demikian upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran diatas yaitu metode yang digunakan lebih divariasikan contohnya kita dapat melakukan metode kelompok dengan metode demonstrasi, selain metode tanya jawab kita dapat menayangkan sebuah video contoh ‘persiapan kemerdekaan indonesia’ .
    Sekian dan terimakasih.

  3. NAMA : CINDY CINTHYA KHUSNA DAHLIA
    NIM : 858824078
    PROGRAM STUDI : S1 PGSD
    UPBJJ : UT MALANG

    Berdasarkan analisis vidio diatas mengenai menciptakan suasana kelas kondusif yang telah saya lakukan, bahwa untuk terciptanya kelas yang kondusif dibutuhkan peran dari guru dan siswa. Peran guru pada vidio tersebut menurut saya sudah memelihara kondisi belajar yang optimal.
    Reaksi siswa terlihat tanggap atas perintah dan arahan terhadap pembelajaran yang dilakukan guru, siswa mengikuti pembelajaran dengan cenderung kondusif dan tidak ada kegaduhan. Akan tetapi siswa tidak terlihat menunjukkan reaksi yang menyenangkan terhaap pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Kelemahan guru dalam vidio tersebut terlihat monoton dalam proses pembelajaran dan tidak ada variasi dalam pembelajarannya, sehingga terasa membosankan.
    Akan tetapi peran guru tersebut sangat membantu siswanya dalam mengatur kegiatan kelompok, walaupun pembelajarannya monoton, tetapi guru mampu dalam mengarahkan siswa-siswinya dalam berdiskusi.
    Hal unik yang saya temukan, bahwa dalam vidio tersebut guru tidak memberikan penjelasan-penjelasan atau materi kepada siswa, tetapi langsung pada kegiatan berkelompok, sehingga siswa melakukan diskusi dengan kelompoknya masing-masing. Hal tersebut membantu siswa dalam kegiatan komunikasi dan kerjasama.
    Upaya yang dapat diusulkan dalam meningkatkan kualitas kegiatan berikutnya, dengan menambah variasi-variasi pembelajaran yang lebih menarik, menggunakan media pembelajaran contohnya Vidio mengenai persiapan kemerdekaan Indonesia, menggunakan media gambar mengenai gambar tokoh-tokoh yang merencanakan kemerdekaan Indonesia

  4. Nama : ISRATUL ULANDARI
    Nim : 859165007
    Prodi : 119 / S1-PGSD
    Sebagai seorang guru tentunya pasti kita mengalami masalah seperti video di atas, dimana ketika pelajaran berlangsung, ketika kita sedang menjelaskan materi ada saja siswa yang akan sibuk sendiri, entah ngobrol dgn temannya, ada yang kesana kemari, ada yang saling ganggu dan masih banyak lagi tingkahnya anak-anak yang menguji kesabaran kita sebagai guru. Namun sebagai guru tentunya kita pasti tdk akan memberikan hal seperti itu selalu seperti itu utk itu sebagai guru khususnya saya ketika menghadapi anak-anak seperti itu tentunya berusaha utk mengatasinya dengan cara, sebelum memulai pelajaran, terlebih dahulu saya membuat semacam perjanjian dgn anak-anak, ketika pelajaran akan di mulai, ketika saya akan menjelaskan materi tdk boleh ada anak yg sibuk sendiri,berbicara atau bermain. Ketika ada yg anak yg tdk mematuhi aturan tersebut maka anak tersebut saya beri tanggung jawab utk mengontrol kelas dan temanya yg lain, seperti misalnya meminta dia membagikan bukun paket ke temannya dsb. Dengan cara sedikit tdk efektif n mampu utk mengalihkan perhatian anak-anak agar bisa fokus saat pembelajaran.

  5. Nama: Zeza ZIlfana
    NIM: 856809854
    PRODI: 118/PGSD-S1
    UPBJJ: UT Bengkulu

    Berdasarkan hasil analisis saya setelah menyimak video diatas yaitu dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif membutuhkan peran dari guru dan siswa. Dalam hal ini jika kita menggunakan Metode ngajar yang tepat siswa juga bakal fokus dengan pembelajaran nya.jadi jika kita sebagai guru ingin Sebuah kelas bisa kondusif kita bisa juga di awal pembelajaran di kasih denga nyanyian dulu atau mini games supaya anak dari awal juga sudah senang dengan pembelajaran nya. dan sang anak juga tidak bakal asik sendiri,ngobrol sendiri dll.
    Sekian dan terimakasih.

  6. NAMA : NOVI MUTIA
    NIM : 858270359
    PROGRAM STUDI : S1 PGSD

    Berdasarkan hasil analisis saya setelah menyimak video diatas adalah untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif peran guru dan siswa sangat dibutuhkan, Kepedulian seorang guru dalam proses belajar mengajar merupakan faktor yang sangat penting untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. Apabila guru tidak antusias dan tidak semangat dalam proses belajar mengajar maka siswa akan tidak termotivasi dalam proses pembelajaran. Untuk itu guru perlu selalu tampil baik, percaya diri dan selalu antusias di depan kelas. Seorang guru menjelaskan kepada siswa dengan penuh semangat dan antusias kepada siswanya maka siswa pun akan merespon dengan baik dalam pembelajaran dan akan termotivasi dalam proses pembalajaran sehingga daya serap siswa menjadi efektif.

  7. nama : Lilis Maiyani
    Nim : 856446313
    prodi : PGSD-SI
    upbjj pekan baru
    matakuliah : pdgk4209
    Tugas PKM 1
    berdasarkan analisis saya setelah menyimak vidio tersebut yaitu tentang menciptakan suasana kelas yang kondusif membutuhkan peran gurudan siswa seperti yang saya lihat dari vidio diatas terlihat reaksi anak-anak terkadang sibuk sendiri tidak memperhatikan seperti lebih banyak ngobrol,bercanda,dan bermain.

    kelemahan guru dalam vidio terlihat monoton kurang berinteraksi dengan anak-anak dan tidak ada ada variasi dalam proses belajar nya,namun guru tersebut mampu mengarahkan siswa siswinya dalam berdidkusi.
    hal unik yang saya temukan guru tersebut tidak memberikan penjelasan-penjelasan materi kepada siswa sehingga siswa melakukan diskusi dengan kelompok nya masing-masing.

  8. Nama : Janu Fitri Yuliani
    NIM : 856441489
    Program Studi : PGSD-S1
    SEMESTER 8
    Mata Kuliah : PDGK4501
    UPBBJ : UT Pekanbaru

    Setelah melihat video diatas dapat saya analisa bahwa menciptakan suasana kelas yang kondusif membutuhkan peran guru juga kerjasama dengan peserta didik. Terkhusus seorang guru merupakan peran penting dalam proses belajar mengajar, karena seorang guru harus memiliki kreatifitas dan semangat dalam mengajar agar peserta didik dapat termotivasi dan antusias dalam proses pembelajaran. Kelemahan guru dari video diatas yaitu guru mengajar terlalu kaku dalam pembelajaran, dan tidak ada variasi dalam mengajar. Kelebihan dari video diatas guru dapat membuat kelas menjadi tenang.

  9. Dari video yang telah saya tonton tersebut saya pernah di posisi tersebut sewaktu saya sedang mengajar dikarenakan terkadang mood siswa itu sering berubah rubah jadi terkadang kita sebagai guru kewalahan dalam menghadapi keragaman karakteristik dari siswa tersebut, salah satu cara mengatasinya kalo menurut saya kita sebagai guru ketika siswa sudah mulai bosan dalam suatu pelajaran ada baiknya guru bertanya kepada siswa apa yang telah siswa dapat dari pelajaran hari ini, jika ada yang menjawab makan akan diberi hadiah atau tepuk tangan dari seluruh kelas. Guru adalah peran penting bagi peserta didik dalam menciptakan suasana yang konduktif dan aktif.

  10. Nama : Meilinda
    NIM : 857667296
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ : UT Semarang

    Sebagai guru saya merasa belum bisa mengendalikan siswa, lebih2 saat ini saya sedang pegang kelas 1, dimana anak2 ini masih labil belum bisa mandiri, duduk pun kadang susah gk mau, mereka merasa masih dipendidikan usia dini(PAUD) atau TK, sehingga aktivitas mereka masih seperti bermain dan bermain.

    Yang baru bisa saya lakukan bagaimana agar anak bisa dikendalikan dengan baik, tanpa ada paksaan yaitu dengan membuat kesepakatan kelas, dimana kesepakan tersebut dibuat, ditulis masing2 siswa dengan mengutarakan terlebih dahulu kesepakatan yang mereka mau.
    Kemudian kesepakan tersebut ditulis dan ditempelkan ditembok, dengan tujuan sewaktu2 mereka melanggar akan ada sangsi yg mereka sendiri milihnya.

    Mohon masukan teman2, rekan2 semua, bagaimana cara yang lebih efisien lagi🙏

    Terima kasih

Leave a Reply