silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang bagaimana guru mengatur siswa agar suasana belajar menjadi kondusif. Proses pembelajaran dikatakan kondusif jika seorang guru dapat menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal serta mengembalikan kondusif jika terjadi gangguan. Selanjutnya….
Pada saat belajar secara kelompok, anak dapat mendalami materi dan menjelaskan materi secara detail. Dengan menerapkan metode bermain peran tentang materi “Persiapan Kemerdekaan Indonesia”, siswa dapat mengambil hikmahnya serta berani mengemukakan pendapat dalam kegiatan diskusi.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
–
–
–
–
Nama : Egi Ferdiwan
NIM : 857494238
Prodi : S1 PGSD Masukan Sarjana
UPBJJ : UT Bandung
Berdasarkan hasil analisis saya setelah menyimak video diatas adalah untuk menciptakan suasana
yang mendukung proses belajar mengajar yang kondusif pada di sekolah sangat diperlukan suasana yang positif, suasana postif tersebut adalah kenyamanan dan kefokusan siswa pada sosok guru sebagai fasilitator dikelas bisa terkonsentrasi atau terpusatkan kepada materi yang disampaikan dan tidak terganggu oleh kebisingan dalam dan luar kelas.
Berdasarkan hasil pengamatan saya dari video tersebut ada beberapa kelemahan yaitu
guru hanya berdiri di satu posisi tidak mobilitas sehingga suara ataupun konsentrasi siswa dalam menyimak materi tidak terbagi rata.
Dalam video tersebut juga guru tidak menggunakan media bantu sebagai penunjang pemahaman siswa
Nama : Melda Khairi
Nim : 856444746
Tugas praktik pkp
Setelah saya menyimak video pembelajaran di atas, menurut saya suasana yang terjadi di kelas IV tersebut , sudah kondusif . . Guru dan siswanya benar2 aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, .
Sebenarnya membimbing siswa/i dengan metode diskusi tidaklah gampang, sering dijumpai mereka ribut, asik Main2 dan asik cerita2 bersama mereka, akan tetapi pada kondisi di atas ,guru nya sudah mantap dalam memberikan pembelajaran terhadap siswa/i nya. ..
Nama : Banyi
NIM : 858034011
PRODI : 118/PGSD-S1
Matkul : PDGK4302
Kelebihan
langsung menanyakan kepada siswa apa pelajaran pagi ini ?
menggunakan bahasa yang singkat dan jelas
siswa tetap tenang sambil menunggu ketua kelas membagikan satu persatu buku sesuai perintah ibu guru
ibu guru membimbing siswa dalam kerja kelompok dengan tenang
siswa bisa mendapatkan isi daei bacaan yang dibacanya
siswa bisa memerankan beberapa tokoh yang ada dalam bacaan
kekurangan:
tidak berdoa sebelum memulai pelajaran
masih ada beberapa siswa yang tidak mendengarkan disaat ibu guru memberikan arahan
tidak ada penutup
Dari vidio di atas saya berkesimpulan bahwa mengkondusifkan kelas adalah peran dari guru dan peserta didik.
dari vidio tersebut dengan mengkelompokkan anak membuat kelas menjadi lebih aktif sebab semua anak aktif berdiskusi memecahkan masalah bersama teman,dengan kegiatan itu anak-anak semua menjadi aktif dan kelas menjadi kondusif,serta pelajaran hari ini berjalan dengan lancar.
Nama : Zhiadathun Nissa Nazia
NIM : 857450932
Pokjar : Katapang
UPBJJ : Bandung
dari video di atas, saya dapat menyimpulkan bagaimana guru tersebut dalam menciptakan suasana kelas yang kondusif.
1. guru tersebut mengajar di kelas atas tepatnya di kelas 4, dimana semua siswa tersebut sudah mampu membedakan mana waktu belajar dan bermain, sehingga tidak sulit untuk menciptkan suasana kelas yang kondusif kepada siswa kelas atas.
2. dalam menjelaskan tentang pelajaran IPS dengan tema “Persiapan Kemerdekaan Indonesia” guru tersebut tidak terlalu banyak menjelaskan karena semua siswa sudah bisa membaca mandiri dalam LKPD yang sudah tersedia, semua siswa sudah mampu menjelaskan isi dari pelajaran tersebut dengan baik.
Nama : Lintang Agustien
NIM : 857563665
Prodi : PGSD-S1
Setelah menyimak video pembelajaran di atas dengan judul menciptakan suasana kelas kondusif, saya dapat menyimpulkan bahwa untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif memerlukan peran guru. Menurut saya Kelebihan dari video di atas, adalah guru sudah dapat menciptakan suasana kondusif di kelas, sehingga siswa dapat fokus belajar.
Sedangkan menurut saya, kekurangan dalam video di atas adalah guru terlalu kaku atau kurang ekspresif saat berkomunikasi dengan siswa sehingga komunikasinya terkesan canggung.
Nama : Dian Puji Lestari
NIM : 858772138
Kelas 8A
Pokjar : KedungKandang
UPBJJ : Kota Malang
Lembar refleksi dari video diatas :
1. Bagaimana reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Di video diatas, terlihat reaksi siswa tenang dan dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
• Kurangnya keterampilan dasar mengajar guru sebagai contoh keterampilan membuka pelajaran, di video tersebut guru tidak menunjukan keterampilan membuka pelajaran yang benar, guru langsung ke bagian kegiatan inti yaitu membaca mandiri materi tentang kemerdekaan. Selain itu guru juga kurang membangkitkan antusias atau semangat siswa dalam belajar. Guru juga kurang dalam menjelaskan tujuan dan materi kemerdekaan yang seharusnya diberikan pada saat membuka pelajaran.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Metode yang didapat seperti mengajak siswa agar focus terlebih dahulu, menciptakan suasana atau kondisi yang tenang saat pembelajaran. Selain itu guru juga membuat siswa semakin aktif dalam pelajaran materi tentang kemerdekaan tersebut dengan mempraktekkan model bermain peran secara berkelompok, sehingga siswa dapat memahami dengan mudah melalui model bermain peran tadi. Kemudian guru juga menunjuk salah satu siswa untuk menjawab pertanyaan yang telah diajukan, hal tersebut juga membuat siswa aktif dalam pembelajaran.
4. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang saya amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
• Guru hendaknya lebih memahami apa saja 8 keterampilan dasar mengajar dan bagaimana yang harus dipraktekkan ketika mengajar siwa SD.
• Memusatkan perhatian kepada siswa bisa agar pembelajaran tidak terpusat kepada guru saja.
• Penggunaan media dan bahan pelajaran yang kurang, seharusnya bisa dengan menggunakan media video agar lebih menarik perhatian siswa.
• Agar pengelolaan kelas berjalan dengan baik guru hendaknya memberi petunjuk-petunjuk pembelajaran dengan jelas sebelum memulai kegiatan pembelajaran tersebut agar siswa dapat lebih mudah dalam belajar tentang materi yang diajarkan.
Assalamualaikum wr wb
Nama:Dita Mulyani
Nim. : 858277369
Prodi. :PGSD
Berdasarkan hasil analisis saya setelah menyimak video diatas adalah untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif peran guru dan siswa sangat dibutuhkan.
Pasalnya mengontrol siswa secara langsung saja bisa dibilang sulit. Dalam situasi ini, guru harus bisa menjaga stabilitas emosi, sabar dan menunjukkan minat yang tulus dalam mengajar.
Seorang guru perlu membekali diri dengan strategi pengelolaan kelas yang tepat untuk menciptakan suasana belajar yang tenang, kondusif dan menyenangkan.
Selain itu, penting juga untuk membangun kedekatan dengan murid agar kelas menjadi lebih aktif dan partisipatif.
Suasana kelas yang kondusif akan membantu siswa dan mempermudah Anda sebagai guru untuk menangkap pelajaran dan menyampaikan materi pelajaran.
dalam menjelaskan tentang pelajaran IPS dengan tema “Persiapan Kemerdekaan Indonesia” guru tersebut tidak terlalu banyak menjelaskan karena semua siswa sudah bisa membaca mandiri di buku pelajaran yang sudah tersedia, semua siswa sudah mampu menjelaskan isi dari pelajaran tersebut dengan baik.
Wassalamu’alaikum…
Ade Alfionita Ningrum |858421411| PGSD-S1
Saya setuju dengan pendapat Anda bahwa membuat suasana kelas yang kondusif adalah peran dari guru dan siswa. Adapun dengan mengelompokkan siswa dapat membuat kegiatan pembelajaran lebih aktif dikarenakan dengan kegiatan diskusi menuntut anak untuk aktif mengutarakan pendapat dan memecahkan masalah yang mereka hadapi. Mengingat juga bahwa kemampuan berdikusi dan memecahkan masalah sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari anak.
Nama : Hatifah
Nim : 858277409
Semester: 8
Upbjj : UT Banjarmasin
Prodi : PGSD
Menciptakan Suasana Kelas Kondusif”
Dari video yang sudah saya tonton tadi, ada beberapa hal yang bisa dibilang kurang dalam pembelajaran tersebut. Ketika guru ingin menciptakan suasana kelas yang kondusif bukan berarti pembelajaran di kelas tersebut hening dan hanya sekadar membaca berdiskusi dengan kelompoknya saja, guru juga tidak memperbanyak interaksi dengan memancing ide anak. Justru dari video tersebut guru hanya banyak duduk saja. Dalam video itu juga guru kurang berperan aktif dalam kelas hanya memberikan beberapa tugas tanpa mau menerangkan materi yang di bahas, paling tidak ada sedikit arahan untuk siswa ketika guru juga ikut menjelaskan materi di kelas. Di kelas tersebut juga hanya terjadi kegiatan belajar membaca dan beberapa tugas yang lainnya sehingga kelas menjadk monoton.
Dari kekurangan pembelajaran dari video tersebut ada beberapa solusi yang bisa dijadikan acuan untuk berbenah lagi kedepannya yaitu :
– Guru seharusnya memperbanyak interaksi dengan memancing ide anak, sehingga akan membuat suasan kelas menjadi kondusif tapi hidup.
– Guru hendaknya mendatangi setiap kelompok tersebut dan menanyai bagaiman progress mereka dalam melaksanakan tugas, menanyakan hal yang mungkin mereka belum pahami.
– Melakukan diskusi antar kelompok lainnya, yang akan membuat otak anak akan berpikir dan terasah karena menampung beberapa pendapat-pendapat yang tentu berbeda dari tiap kepala siswa.
– Hendaknya juga guru menyiapkan model pembelajaran yang akan membuat anak-anak lebih aktif lagi dalam kelas.
– Tidak lupa pentingnya menerangkan materi kepada siswa sebagai acuan mereka dalam melaksanakan tugas yang guru berikan.