silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.

Dr. Ir Suroyo, M.Sc.


Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Cara mengisi cukup baik, tetapi menutupnya kurang memberi makna ke murid, karena kurang penguatan dan menjelaskan mengapa kita harus bisa mendeskripsikan suatu benda.

Strategi, pendekatan, metode kurang maksimal, karena murid-murid masih sekedar mendengar dan menjawab tanpa merasakan/memegang bendanya dan evaluasinya belum jelas karena pertanyaan dijawab serentak hanya satu murid yang menjawab maju ke depan kelas.

Cukup sesuai walau belum maksimal.

Sebelum divideokan lebih baik, RPP (berkenaan dengan strategi,pendekatan,metode, media dan alat evaluasi) perlu didiskusikan dengan guru (pelaku di lapangan). Pengambilan gambar video/Pengeditan video jangan terlalu terpisah-pisah.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

322 Comments

  1. Nama : Afista Indra Sari
    NIM : 857570796
    Prodi : PGSD
    Menurut saya pembelajaran yang telah dilakukan pada vidio tersebut sudah cukup dipahami, apalagi untuk anak anak karena mengenalkan benda dimulai dari lingkungan sekitar yaitu benda benda yang ada di kelas. Dan anak anak pun terlihat sangat antusias saat menyimak apa yang sedang diajarkan oleh guru. Tetapi dalam vidio tersebut guru kurang dalam membangun suasana bersama anak, kurang berinteraksi dengan anak anak.

  2. Nama : siti imroatul baikhiyah
    NIM : 858821019
    Program Studi: SI-PGSD

    Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran antusias,pembelajararan menarik , kreatif dan terampil ,guru tersebut juga memberikan contoh yang konkret / nyata dengan memanfaatkan benda yang ada disekitar sebagai media pembelajaran sehingga membuat siswa siswa ingin tahu dan aktif dimateri ini, siswa dapat mudah memahaminya dan mendeskripsikan benda disekitar. Divideo ini juga guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju mendeskripkan benda tersebut . Disini guru menunjukan agar anak berani dan percaya diri ini sangat bagus dan menginspirasi guru lainnya.
    Kekurangan divideo ini guru tersebut tidak memulai kegiatan pembelajaran dengan apresiasi seperti berdoa, bernyanyi agar dapat memotivasi siswa dan membangun konsentrasi siswa . Guru tersebut juga tidak bisa mengelola diskusi setiap kelompok yang dibuatnya, karena banyak siswa yang berbicara dan tidak memperhatikan pembelajaran, ada juga yang bermain sendiri. Kesimpulan / penjelasan kepada siswa juga belum diterapkan yang bertujuan untuk mengingat materi yang diajarkan tersebut. Berdoa sebelum pulang tidak diterapkan divideo ini.

  3. Nama : Variza Yanriana Sekar Utami

    NIM : 858820088

    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar PDGK4209

    UPBJJ : UT Malang

    Assalamu’alaikum. Izin mengomentari video tersebut. Menurut saya, pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sudah cukup bagus dan mudah dipahami.

    Guru tersebut menjelaskan materi dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar kelas, sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi.

    Guru juga terus mengajak siswa untuk bertanya jawab, tidak hanya berceramah mengenai materi kepada siswa, sehingga siswa berpartisipasi dengan aktif dan partisipasi siswa tersebut membuat kita mengetahui bahwa siswa sudah memahami materi.

    Guru juga meminta salah satu siswa untuk maju ke depan membacakan hasil pekerjaannya, dimana hal tersebut menurut saya melatih keterampilan siswa untuk berbicara di depan umum.

    Pembelajaran yang dilakukan menurut saya sudah sangat baik dan kreatif.

  4. Nama : maria ulfa
    Nim : 857567798
    Prodi : pgsd
    Upbjj : ut purwokerto

    Izin merefleksi vidio tersebut.
    Menurut pendapat saya dari vidio diatas, guru tersebut sudah cukup jelas dalam mendeskripsikan suatu benda, peserta didik juga nampak antusias dalam menebak dan menjawab mengenai benda tersebut..
    Namun dalam menjelaskan bisa lebih didetailkan lagi,
    Contohnya saat menyebutkan benda berbentuk persegi panjang, bisa ditanyakan kepada siswa, kenapa disebut persegi panjang? Karena sisi-sisinya ini ada yang pendek dan ada yang panjang, karena mungkin masih banyak siswa yang bingung. Apa itu persegi panjang? Dan kenapa disebut persegi panjang.

    Lalu pada saat memberikan tugas kepada siswa untuk mengisi deskripsi benda ada gambar.
    Alangkah baiknya siswa juga belajar mencari benda disekitar mereka yang bisa mereka deskripsikan, mungkin masing-masing siswa akan berbeda benda dan berbeda jawaban, disitu akan muncul keinnovatifan dan kreatifitas siswa dalam mendeskripsikan benda.

    Terimakasih

  5. Nama : Mochammad Bachrur Rosyada
    Nim : 858809541
    UPBJJ : MALANG , Pokjar Kab. Kediri

    Dalam video tersebut pembelajaran yang dilakukan sudah cukup dapat dipahami , siswa juga sangat antusias dengan pembelajaran tersebut, metode yg digunakan pun juga sudah cukup baik interaksi guru dengan siswa juga baik, media yg digunakan juga sudah tepat , mulai dari benda yang ada dilingkungan sekitar, guru juga melibatkan siswa untuk mencoba mendeskripsikan suatu benda dengan maju kedepan kelas hal ini melatih siswa untuk terampil dalam berbicara dan membangun kepercayaan diri pada siswa.

    Namun ada hal yang kurang,
    Seharusnya pembelajaran diawali dengan salam , menyapa siswa dan berdoa atau juga bisa ditambah ice breaking agar membangun konsentrasi dan semangat belajar siswa, guru juga tidak mengelola kelompok untuk berdiakusi segingga ada salah satu anak yang bermain sendiri , sebelumnya guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan . Terima kasih

  6. reky sinto bagus susetyo
    858819875
    semester 6
    pokjar garum
    upbjj malang
    menurut saya sudah baik, ketika mulai kegiatan awal anak anak sudah sangat interaktif dengan guru pengajarnya. kegiatan pembelajaran diawali dengan pembentukan kelompok dimana siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. selanjutnya guru melakukan interaksi dengan siswa untuk menyebutkan nama nama benda. setelah itu guru memberi penjelasa dengan benda-benda yang familyar dengan anak yaitu contoh : kursi, buku, kertas dan lainnya. sehingga anak anak lebih memahami tentang benda tersebut. setelah itu guru mempersilakan siswa untuk maju mempraktikkan nama benda dan mendeskripsikan benda tersebut, sehinnga ada interaksi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran yang berlangsung. diakhir kegiatan guru memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah.
    kekurangan dalam kegiatan pembelajaran tersebut adalah : harusnya diawal pembelajaran dibuka dan diakhir dengan salam, lalu doa, absen kehadiran, menanyakan kabar siswa, lebih mengaktifkan kerja kelompok yang sudah terbentuk .

  7. Nama : Salwa Shamrotul Puadah
    NIM : 857442752
    Program Studi: S1-PGSD
    UPBJJ : UT Bandung

    Menurut pendapat saya reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut anak/siswa terlihat antusias dan aktif terhadap pembelajaran yang dilakukan guru. Selain itu model pembelajaran yang digunakan oleh guru tersebut juga menyenangkan, dan juga materi yang disampaikan oleh guru tersebut mudah dipahami karena menggunakan benda-benda konkret/nyata sebagai media pembelajaran.

  8. Nama : Nurul Azizah
    Nim : 858053828
    Pokjar : Opu daeng menambah
    Dalam video ini guru mendeskripsikan benda-benda di sekitar dengan sangat jelas dan antusias, guru juga melakukan tanya jawab dengan siswa sehingga siswa menjawabnya dengan semangat pula. Siswa juga tidak takut dan malu ketika di suruh maju ke depan kelas dan mendeskripsikan benda-benda yang ada di sekitar. Kekurangannya adalah tidak adanya absensi/mengecek kehadiran siswa, tidak aktifnya kelompok siswa sehingga tidak adanya diskusi antar siswa, dalam pendahuluan terdapat salam tapi diakhir pembelajaran tidak ada salam.
    Terima kasih

  9. Nama : Nindy Rismayasari
    NIM : 858844625
    Prodi : PGSD
    Menurut saya guru menjelaskan secara nyata/konkret dengan memanfaatkan benda benda disekitarnya,sehingga siswa lebih aktif, senang dan rasa ingin tahunya lebih tinggi,akan tetapi terdapat kekurangan dalam pembelajaran tersebut yaitu guru tidak memulai pembelajaran dengan apersepsi dan pada kegiatan akhir tidak ada evaluasi , menyimpulkan pelajaran dan tidak memberi penguatan

  10. Nama : Mochammad Bachrur Rosyada
    Nim : 858809541
    UPBJJ : MALANG , Pokjar Kab. Blitar

    Menurut pendapat saya vidio pembelajaran tersebut sudah mudah dipahami bagi siswa kelas bawah tentang mendeskripsikan benda. guru menggunakan media benda konkret yang ada di sekitar siswa. namun ada pada saat guru menerangkan beberapa siswa asyik mengobrol dengan teman karena guru kurang dalam membangun suasana bersama anak, kurang berinteraksi dengan anak

Leave a Reply