silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya
Drs. Sukiniarti, M.Pd.
–
–
a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan
b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.
c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui
d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.
Evanigustiningtyas
Nama : Lutgeria Laura Asat
NIM: 859279888
UPBJJ: KUPANG
Video diatas sangat bermanfaat, melihat situasi kita di zaman sekarang ini. Karena untuk melakukan atau menerapkan nilai kejujuran agaknya sedikit berat dilakukan.
Namun dengan metode cerita seperti yang dilakukan dalam video ini sedikit banyak membantu. Karena dalam cerita dapat kita sampaikan juga akibat jika kita tidak jujur. Dan kiranya cerita yang disampaikan kepada anak harus menarik dan membuat anak terlibat aktif mendengarkan. Kiranya kita juga sebagai pendidik dapat membawakan cerita yang benar-benar dapat dipahami meskipun sederhana. Dalam video tersebut digunakan cerita bergambar sederhana sehingga sepanjang kisah yang dibacakan kita juga dapat melakukan tanya jawab untuk menguji pemahaman anak.
Nama : ZERLINA WULANDARI
NIM : 858936308
Melalui video menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral adalah suatu metode yang mudah dan dekat dengan kegiatan anak anak. Kegiatan positif ini dapat membantu anak untuk menumbuhkan sikap jujur yang dampaknya akan bermanfaat untuk kegiatan Sehari-hari. Sesi tanya jawab juga akan mengembangkan aspek bahasa anak ketika anak menyimak, menjawab dengan jujur berati anak mendengarkan dengan baik saat guru bercerita. Dan cerita berganbar tersebut dapat menstimulasi sikap anak karena cerita tersebut mengandung nilai kejujuran.
MIFTA KUROHMAH
NIM: 858 449 758
Video ini tampaknya membahas bagaimana orang tua dapat menggunakan cerita moral untuk mengajarkan nilai-nilai penting seperti kejujuran kepada anak-anak mereka. Cerita moral dapat menjadi alat yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan positif dan membantu anak-anak memahami konsekuensi dari perilaku mereka.
Dalam video ini, kemungkinan dicontohkan bagaimana orang tua dapat membacakan atau menceritakan cerita yang mengandung pesan moral tentang kejujuran. Melalui karakter dan alur cerita, anak-anak dapat belajar bahwa kejujuran adalah hal yang penting dan dapat membawa dampak positif. Orang tua juga mungkin mendiskusikan cerita tersebut bersama anak, membantu mereka memahami makna di baliknya.
Pendekatan ini dapat sangat bermanfaat karena anak-anak cenderung lebih mudah menerima pesan moral melalui cerita yang menarik dan mudah dipahami. Selain itu, melibatkan anak dalam diskusi setelah membaca cerita juga dapat mendorong mereka untuk berpikir kritis dan membangun pemahaman yang lebih mendalam.
Secara keseluruhan, video ini tampaknya memberikan contoh praktis bagi orang tua tentang cara menanamkan nilai-nilai penting seperti kejujuran pada anak-anak melalui penggunaan cerita moral yang menarik dan edukatif. Pendekatan ini dapat menjadi salah satu strategi efektif dalam membentuk karakter anak yang jujur dan berintegritas.
Nama : Ani puji astuti
Nim : 857631592
Menurut saya videonya bagus dan cara penyampaian guru dalam membacakan cerita juga bagus ,guru menggunakan intonasi suara dan mimik wajah yg sesuai dengan karakter yang ada dalam buku cerita sehingga anak -anak merasa tertarik untuk mendengarnya…dengan saya melihat video ini saya jadi tahu bahwa kita sebagai guru harus sering menanamkan nilai kejujuran baik dalam perkataan dan perilaku yang dapat dicontoh oleh anak-anak sehingga anak-anak dapat merasakan,mencintai bahwa kejujuran itu merupakan perbuatan baik dan akan berdampak baik pula untuk masa depan mereka.
NAMA: SONETA EFA SARANGAN’
NIM: 859416562
JUDUL VIDEO: MENANAMKAN NILAI KEJUJURAN PADA ANAK MELAUI CERITA MORAL
Setalah menonton video tersebut menurut saya sangat bagus kegiatan tersebut membuat anak akan cepat memahami apa yang sedang di ajarkan, saran saya agar video-video pembelajaran seperti ini semakin banyak di masukkan dalam seri pembelajaran guru pintar online secara khusus di seri pendidikan anak usia dini.
Nama : Sri Nuryanti
NIM : 859175663
Menurut saya video tersebut sudah menggambarkan dengan jelas alur dan kegiatan utama dalam program pembelajaran tersebut.
Pemilihan metode bercerita menggunakan buku cerita bergambar merupakan pendekatan yang tepat untuk menyampaikan nilai kejujuran pada anak usia dini.
Kegiatan tanya jawab dan penyimpulan di akhir program juga merupakan langkah yang baik untuk menguatkan pemahaman anak-anak terhadap pesan moral yang disampaikan.
Saran:
– Untuk memperkuat penanaman nilai kejujuran, guru dapat menambahkan kegiatan refleksi atau diskusi di mana anak-anak diminta untuk berbagi pengalaman atau contoh perilaku jujur yang pernah mereka lakukan.
– Guru dapat melibatkan orang tua dalam program ini, misalnya dengan memberikan informasi atau tips kepada orang tua untuk memperkuat penanaman nilai kejujuran di rumah.
– Guru dapat mengamati dan mencatat perkembangan anak-anak dalam bersikap jujur selama program berlangsung, sehingga dapat memberikan bimbingan yang lebih tepat.
NAMA : DELVI NUR INDAH SARI
NIM : 858756101
Melalui video menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral adalah suatu metode yang mudah dan dekat dengan kegiatan anak anak. Kegiatan positif ini dapat membantu anak untuk menumbuhkan sikap jujur yang dampaknya akan bermanfaat untuk kegiatan Sehari-hari. Sesi tanya jawab juga akan mengembangkan aspek bahasa anak ketika anak menyimak, menjawab dengan jujur berati anak mendengarkan dengan baik saat guru bercerita. Dan cerita berganbar tersebut dapat menstimulasi sikap anak karena cerita tersebut mengandung nilai kejujuran.
Hi, Nama saya Julianti Purba, NIM: 859940332
Saya sangat setuju dengan metode pembelajaran untuk menanamkan nilai kejujuran kepada anak-anak melakui cerita.
Saya juga sering melakukan hal sama di dalam kelas dan saya juga bisa menyatakan bahwa anak-anak cepat paham nilai-nilai kejujuran melalui contoh-contoh nyata yang ada di dalam cerita.
Thank you videonya
Nama : Hotnida Sitompul
Nim : 859528104
video ini menunjukkan metode yang sangat baik dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini. Penggunaan buku cerita bergambar, interaksi aktif, dan kesimpulan yang jelas adalah kombinasi yang efektif dalam pembelajaran moral. Melalui cerita, guru dapat mengajarkan nilai-nilai penting dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh anak-anak, memastikan bahwa pesan kejujuran dapat diterima dan diinternalisasi oleh peserta didik.
Saya juga sudah melakukan metode bercerita seperti ini juga. Terimakasih
Beberapa cara menanamkan kejujuran pada anak usia PAUD melalui cerita moral:
1. Guru bisa memilih cerita yang mengangkat nilai-nilai kejujuran. Ceritakan kisah sederhana tentang anak yang jujur.
2. Melibatkan anak dalam cerita. Ajak anak untuk memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya atau meminta pendapat anak tentang tindakan tokoh dalam cerita.
3. Mengajak anak mendiskusikan pesan moral dalam cerita. Setelah membacakan cerita, ajak anak untuk membahas apa yang dapat dipelajari dari tokoh dalam cerita, khususnya mengenai kejujuran.
4. Memberikan contoh nyata. Ceritakan pengalaman Anda atau orang-orang di sekitar anak yang menunjukkan kejujuran dan konsekuensinya.
5. Memberikan penguatan positif. Puji dan beri penghargaan ketika anak menunjukkan perilaku jujur, agar anak termotivasi untuk terus berlaku jujur.