silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya

Drs. Sukiniarti, M.Pd.

a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan

b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.

c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui

d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

3,350 Comments

  1. Saya maspufah dari prodi PGPAUD UPBJJ Surabaya

    Video di atas sangat bermanfaat bagi saya karena dalam video di atas di jelaskan langkah-langkah seperti apa untuk menanamkan kejujuran bagi anak yaitu dengan cara:
    1. Pengetahuan tentang kebaikan
    2. Merasakan dan mencintai kebaikan
    3. Melakukan kebaikan
    Dan video diatas merupakan salah satu kegiatan yang konkret untuk dapat memberikan pengetahuan dan kecintaan terhadap kebaikan yaitu melalui cerita moral yang sesuai dengan usia anak, yang mana pada cerita itu anak diajak diskusi dan dilibatkan untuk mengerti makna jujur. Sehingga diharapkan dengan cerita tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan kecintaan anak terhadap kejujuran.

  2. Nama : Suparti
    NIM : 857995283
    Nama video : Menanamkan kejujuran anak melalui cerita
    Vidio tersebut cukup baik dalam memberikan cara untuk menanamkan kejujuran terhadap anak, saran saya,alangkan baiknya jika menyajikan contoh / tindakan konkrit yang dapat dilakukan oleh anak / guru dalam pembelajaran misalnya menggunakan “sentra main peran “ dalam pembelajaran (misalnya ada bentuk praktik ketidak jujuran ) sehingga anak bisa membedakan perbuatan jujur atau tidak ) atau dengan menanyakan perilaku; misalnya “ jika ada anak yang menggucapkan sesuatu tetapi tidak ada kenyataanya ,menurut teman – teman jujur tidak ya ?”

  3. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabaarakatuh.

    Nama: Nia Marda Widuri
    Nim: 856646575

    Judul vidio: Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral

    Menanamkan kejujuran pada anak usia dini melalui pemberian:
    * Pengetahuan tentang kebaikan (knowing the goodness)
    * Merasakan, mencintai kebaikan (loving the goodness)
    * Melakukan perbuatan baik (acting the goodness)

    Pada saat ini salah satu kegiatan konkrit untuk memberikan pengetahuan dan kecintaan terhadap kebaikan adalah melalui cerita atau kisah keteladanan, pahlawan, tokoh nasional, dan tokoh daerah, epic serta puisi.

    Dengan cara sbb:
    * sering menceritakan kisah-kisah yang berisi pesan moral.
    * diskusikan dengan anak-anak tentang kisah itu
    * libatkan anak untuk mengert makna perbuatan jujur

    Jika hal ini dilakukan secara teratur, maka diharapkan terjadinya peningkatan pengetahuan dan kecintaan anak-anak terhadap kejujuran dan karakter lain secara keseluruhan.
    Pentingnya membuat anak mengerti isi cerita yang kita bahas.

    Vidio ini sangat bermanfaat bagi saya dan mudah dipahami. Karena sangat penting menanamkan nilai kejujuran pada anak sejak dini.
    Solusi yang diberikan dalam vidio bisa diterapkan disekolah.

  4. Assalamualaikum wr.wb.
    Izin berkomentar dengan video pembelajaran seri menanamkan nilai kejujuran pada anak dengan video yang berjudul menanamkan nilai kejujuran melalui cerita . Dalam video tersebut seorang guru memberikan cerita pada siswanya dalam video tersebut guru sudah melakukan dengan baik. Anak-anak bnyak yg fokus dan terlihat serius dalam menyimak .hal itu sangat tepat jika anak diberikan nilai nilai karakter yang baik . Dan akan diresapi oleh anak

  5. Nama : Fariza Astuti
    Nim : 857367489
    Judul GPO ” menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral”

    Dalam vidio tersebut apa yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan kejujuran sudah tepat dan baik. Mungkin akan terlihat lebih nyata jika dilakukan dalam sebuah drama agar anak bisa merasakan langsung dalam memerankan tokoh dari sebuah cerita buku tersebut

  6. NAMA: ANIK TRIS WAHYUNI
    NIM: 857757164
    JUDUL VIDEO : MENANAMKAN NILAI KUJUJURAN ANAK MELALUI CERITA MORAL
    Video diatas sangat bagus dan cara penyampaian guru dalam membacakan cerita juga sangat menarik, guru menggunakan intonasi suara dan mimik wajah yang sesuai dengan karakter isi dalam buku cerita tersebut, shingga anak-anak tertarik untuk mendengarkan cerita, dengan melihat video diatas kita juga bisa meniru kegiatan diatas, dan kita sebagai guru harus menanamkan nilai kejujuran pada anak-anak, karena kejujuran adalah pondasi untuk masa depannnya.

  7. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Sri Rahayu
    NIM : 859517466

    Judul Video ” menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral”
    Dalam video tersebut guru mengajarkan melalui cerita yang berkaitan dengan nilai kejujuran,dan buku ceritanya pun menarik sehingga anak-anak antusias untuk mendengarkan cerita bu guru,dan penyampaian yang dilakukan guru sangat baik karena anak-anak menyimaknya.Setelah itu anak-anak dapat menjawab pertanyaan dari guru sesuai dengan cerita yang mereka dengar.
    Sangat menginspirasi dan menambah wawasan dalam materi pembelajaran yang disampaikan.

  8. Memang dengan bercerita yang berisi pesan- pesan moral dapat menanamkan nilai kejujuran kepada anak. Karena dengan bercerita anak juga dapat lebih mudah memahami suatu pelajaran yang bermakna dalam hidupnya. Apalagi bercerita dengan menggunakan gambar yang sesuai ilustrasi sehingga anak mendengarkan guru dan memperhatikannya. Dan kita juga harus menggunakan cerita yang menarik serta gambar yang menarik perhatian anak untuk memperhatikannya. Dan memang nilai- nilai kejujuran harus ditanamkan kepada anak sejak dini sehingga didalam diri anak sudah tertanam sifat kejujuran.

  9. Dari vidio di atas sangat bagus dan mudah difahami cara penyampaianya untuk menanamkan dan menstimulasi perkembangan norma dan moral anak yaitu menanamkan nilai kejujuran pada anak. Penyampaiannya melalui membacakan cerita dengan sangat menarik baik secara intonasi maupun mimiknya sangat bagus sehingga anak mendengarkan cerita dengan baik dan diharapkan anak-anak dapat terstimulasi dan tertanam sifat jujur sampai kapanpun karena kejujuran adalah landasan untuk masa depannya.

  10. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Ijin berkomentar

    Nama : Siti Lestari
    NIM : 857367471

    Video tersebut sudah bagus. Pendidik mengajak anak mendengar cerita bergambar. Efek dari cerita dapat dimanfaatkan pendidik sebagai metode mendidik karakter anak. Pada sebuah cerita terdapat amanat yang sangat penting bagi perkembangan pola pikir anak-anak. Begitu pula tokoh dalam cerita dapat menjadi teladan bagi anak-anak.
    Tanpa mereka sadari, melalui cerita yang didengar atau dibaca, anak telah menyerap beberapa sifat positif yang kemudian ingin ditiru anak. Seperti kejujuran, keberanian, kerja keras, saling mencintai sesama manusia, menyayangi binatang, mandiri, serta anak belajar untuk membedakan hal-hal yang baik dan buruk.
    Pola asuh anak melalui metode bercerita juga dapat mendekatkan anak dalam mengapresiasi budaya literasi sejak dini. Karena anak secara tidak langsung memiliki perilaku menyimak dengan baik. Juga, anak dapat menirukan dengan banyak membaca buku-buku bacaan.

Leave a Reply