silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya
Drs. Sukiniarti, M.Pd.
–
–
a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan
b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.
c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui
d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.
Evanigustiningtyas
Nama : Risma Septi Lestiyani
NIM : 858536829
Prodi : PG PAUD
Pokjar : Kota Semarang
Video 2 judul “Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral”
“Jujur” merupakan kata yang mudah diucapkan, namun susah untuk di praktikan oleh masyarakat kita dewasa ini, sudah sepatutnya kita sebagai guru PAUD atau TK kita ikut serta berkontribusi dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran kepada siswa-siswi kita sedari dini. Dengan harapan anak-anak dapat terbiasa bersikap jujur sejak dini sampai di waktu masa depan mereka. Melalui video pembelajaran yang ditampilkan kiranya menurut saya sudah suatu hal yang tepat untuk pembiasaan anak agar bersifat jujur kita sampaikan dengan bercerita. Melalui cerita Saleha, Miu, dan Ibu anak-anak dapat dengan mudah menangkap pesan yang ada pada cerita. Yaitu mereka harus selalu bersikap jujur kepada ayah-bunda nya, ibu guru serta teman-temannya dimana pun mereka berada.
Saran: agar banyak sumber video pembelajaran yang dapat di jadikan contoh agar dalam mengajarkan suatu hal yang mengandung nilai-nilai kejujuran kepada anak-anak di usia dini bisa di sampaikan dengan menyenangkan tanpa mengurangi dari esensi nilai-nilai kejujuran yang dapat dengan mudah di serap dan di praktikan oleh anak-anak usia dini.
Terima kasih
Nama : Nurul islamiyati khotimah
Nim : 859684842
Dari video yang berjudul “menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral ” menurut pendapat saya seorang guru harus menanamkan kejujuran kepada anak sejak dini , agar anak terbiasa sedari kecil ,guru juga dapat menerapkan kejujuran melalui cerita, guru juga dapat menerapkan kejujuran dengan cara mendengarkan dan menanyakan kegiatan yang telah dilalui .serta memberikan contoh
Assalamu’alaikum
Nama :NILA AINI
Nim : 856855307
prodi : PGPAUD
pada video menanamkan kejujuran melalui cerita, itu metode pembelajaran yang sangat tepat karena, dengan cara ini anak akan merasa menyenangkan kan, dan mudah penyerapannya. apalagi dalam penyampaian cerita menggunakan intonasi, mimik yang tepat. jadi anak menjadi terfokus saat mendengar kan cerita. penyampaian cerita menjadi menarik, membuat anak mudah mengingat pesan- pesan cerita dan siap diterapkan di kehidupan sehari-hari.
NAMA: SALSABILAH UMAROH RAMADHANI
NIM: 858462732
UPBJJ: SAMARINDA
Video tersebut berisi tentang menanamkan kejujuran pada anak usia dini dengan peoses kegiatan bercerita. Melalui bercerita anak dapat berpikir kritis tentang kehidupan nyata pada tokoh cerita yang mengandung moral nilai kejujuran pada kehidupan. Video tersebut terlihat ibu guru membacakan cerita kepada para anak, dan semua anak memperhatikan ibu guru dengan baik. Mengajarkan anak dalam menanamkan kejujuran melalui bcerita termasuk metode pembelajaran yang sangat tepat karena, dengan cara ini anak akan merasa senang, dan mudah penyerapannya. Apalagi dalam penyampaian cerita menggunakan intonasi, mimik yang tepat. Jadi anak menjadi fokus saat mendengar kan cerita. Penyampaian cerita menjadi menarik, membuat anak mudah mengingat pesan- pesan cerita dan siap diterapkan di kehidupan sehari-hari.
Nama : Miftahul Fauziah Iqbal
NIM: 858463393
UPBJJ : samarinda
menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral ,
sangat bagus di gunakan dan sering di gunakan oleh para guru. karena dengan bercerita dan memahamkan anak dengan bercerita dapat meningkatkan nilai nilai kejujuran pada anak
Noviana
856602051
Program ini menunjukkan pendekatan yang baik dalam mengajarkan kejujuran pada anak usia dini melalui cerita. Berikut beberapa poin yang menarik:
1. Penggunaan Buku Cerita Bergambar:
• Menggunakan buku cerita bergambar adalah cara yang efektif untuk menarik perhatian anak-anak dan memperkenalkan konsep kejujuran.
• Gambar-gambar dalam buku cerita membantu visualisasi dan memudahkan pemahaman anak-anak.
2. Interaktif dengan Pertanyaan:
• Guru menanyakan siapa tokoh dalam cerita, yang mendorong partisipasi aktif siswa.
• Pertanyaan semacam ini memperkuat pemahaman siswa tentang cerita dan mengajarkan mereka untuk berpikir kritis.
3. Implikasi Kejujuran:
• Dengan menyimpulkan bahwa cerita tersebut mengajarkan tentang kejujuran, guru secara tidak langsung menanamkan nilai-nilai ini pada peserta didik.
• Ini adalah pendekatan yang positif untuk memperkuat karakter dan moral anak-anak.
4. Pentingnya Model Peran:
• Melalui cerita, anak-anak dapat melihat contoh perilaku jujur dari tokoh dalam buku.
• Guru dapat memperkuat pesan ini dengan mengaitkannya dengan situasi sehari-hari di kelas atau kehidupan mereka.
Semoga program ini terus memberikan dampak positif pada perkembangan karakter anak-anak dan membantu mereka memahami pentingnya kejujuran.
Nama : Miftahul Fauziah Iqbal
NIM: 858463393
UPBJJ : samarinda
menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral ,
menggunakan metode cerita sangat bagus di gunakan dan sering di gunakan oleh para guru. karena dengan bercerita dapat memahamkan anak dan meningkatkan nilai nilai kejujuran pada anak
nama: rafikatun jariah
nim: 859172604
metode bercerita memang cara yang sering kita pakai untuk mengajarkan pesan-pesan moral pada anak-anak salah satunya dalam hal kejujuran dan ini emmang sangat efektif,kita bisa menggunakan berbagai metode bercerita yang asik dan menarik agar anak tertarik dengan cerita kita. terimakasih untuk videonya.
Assalammualaikum…
Nama : Endang Emyarti
NIM : 859527055
JUDUL : Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral
Setelah menyaksikan video yang bertemakan ” menanamkan kejujuran melalui metode bercerita”. Video tersebut sangat bermanfaat dan dapat kita praktekkan di sekolah kami. Perilaku jujur memang harus di tanamkan sejak dini, melalui bercerita guru dapat memberikan contoh perilaku. Dalam vidio yang kita saksikan terlihat Anak- Anak tertib saat menyimak cerita yang di sampaikan oleh Guru. Video tersebut memberikan pesan moral kita agar anak – anak untuk berkata jujur, kejujuran harus ditanamkan sejak dini melalui pendidikan dan lingkungan sekitar maupun keluarga.
NAMA : RIDA RIASTINI
NIM : 858877021
Judul video : Menanamkan Kejujuran Anak Melalui Cerita Moral
Pada video tersebut diperlihatkan strategi pembelajaran nilai kejujuran lewat cerita moral yang sangat bagus dan efektif. Kelas yang interaktif,anak terlibat aktif dalam menyimak dan mendengarkan cerita. Guru dalam membacakan cerita juga sangat baik,intonasi dan ekspresi wajah yang sesuai dengan cerita membuat cerita semakin menarik,ditamabh dengan gambar pada cerita yang mamapu menarik perhatian anak untuk tetap memperhatikan dan menyimak jalan cerita. Penyampaian cerita yang tepat dan menarik serta penggunaan Bahasa yang mudah dipahami membuat anak dapat dengan cepat untuk menyerap maksud dari cerita. Mereka akan mendapatkan informasi-informasi dan ide-ide baru yang tanpa mereka sadari mereka telah mendapatkan pelajaran moral yang berharga dari mendengarkan dan menyimak cerita yang menarik dan menyenangkan tersebut. Pada video ini guru telah berhasil membuat suasana belajar yang kondusif,efektif dan menyenangkan sehingga pelajaran yang disampaikan tersampaikan dengan baik pada anak. video ini sangat bermanfaat bagi saya untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan baru untuk menerapkan strategi belajar yang tepat dan menyenangkan bagi anak sehingga penanaman nilai moral yang ingin kita samapaikan dapat terserap dengan baik oleh anak. Sehingga Anak juga bisa menerapkan nilai kujujura tidak hanya disekolah tapi juga ketika di rumah.