silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya
Drs. Sukiniarti, M.Pd.
–
–
a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan
b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.
c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui
d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.
Evanigustiningtyas
NAMA : GANDIS FINE MAREDIA
NIM : 857758277
Menurut saya tentang video dengan judul ” menanamkan kejujuran melalui cerita moral ” bisa menjadi salah satu referensi para pendidik dalam menanamkan kejujuran pad anak usia dini . Biasanya anak usia dini jika diajak berkegiatan mendengarkan cerita dengan buku cerita yang banyk gambarnya akan lebih tertarik sehingga dapat menambah ketertarikan anak dalam mendengarkan . Otomatis ketika guru bercerita tentang tema kejujuran seperti video tersebut anak akan paham apa arti kejujuran itu sebab anak fokus mendengarkan apa yg diceritakan oleh guru .
Saya sangat setuju dengan metode bercerita yg menarik, anak anak mampu menangkap pesan moral yang terkandung dalam cerita,. Dengan cerita ana seperti di berikan contoh agar bersikap jujur dalam kehidupannya, jujur itu hebat, jujur itu pintar,.
Video ini menunjukkan metode yang sangat baik dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini melalui cerita moral. Penggunaan buku cerita bergambar dan diskusi interaktif adalah langkah yang tepat. Dengan beberapa tambahan, seperti pertanyaan terbuka, kegiatan pendukung, relevansi cerita, pembelajaran kolaboratif, dan alat bantu tambahan, metode ini dapat lebih efektif dalam menanamkan nilai kejujuran dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bermakna bagi anak-anak.
Vidio di atas sangat membantu bagi kami para guru, bahwasannya menanam kejujuran sangat penting di tanamkan sejak dini, salah satu yang bisa dilakukan untuk melatih kejujuran anak adalah dengan membacakan cerita tentang kejujuran.
Assalamualaikum Wr. Wb.
Mohon izin menampaikan diskusi saya (Diny Wahyu Pratiwi – NIM 858755883)
Mengenalkan kejujuran kepada anak sejak usia dini merupakan investasi jangka panjang dalam pembentukan karakter anak. Dengan memberikan contoh yang baik, memberikan penghargaan pada perilaku jujur, dan menjelaskan pentingnya kejujuran, maka anak akan tumbuh menjadi individu yang jujur dan bertanggung jawab. Maka dengan cara bercerita akan membantu anak belajar menanamkan nilai kejujuran yang dikemas dengan cara berbeda dan menyenangkan.
Nama : Diny Wahyu Pratiwi
Nim : 858755883
Topik : Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral
Menanamkan kejujuran pada anak melalui cerita moral merupakan salah satu cara untuk mengajarkan nilai moral yang penting ini. Kejujuran adalah salah satu nilai moral yang menuntut seseorang untuk melakukan sesuatu dengan benar tanpa rekayasa, baik dalam perkataan maupun perbuatan. Mengajarkan kejujuran kepada anak sejak usia dini merupakan investasi jangka panjang dalam pembentukan karakter anak. melalui video diatas guru dapat memberikan pembelajaran moral melalui sebuah tindakan serta contoh yang dapat ditiru dan dipahami anak didik.
Terimakasih
Nama. : Miftakhul Ulumi
NIM : 857748165
Judul : Menanamkan nilai kejujuran anak melalui cerita moral
Video dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak melalui cerita moral sangat diperlukan dan bagus agar anak mengerti makna nilai-nilai kejujuran, pada saat mendengarkan cerita bu guru anak sangat mendengarkan dengan serius dan diakhir cerita anak ditanya dan bisa menjawab sesuai apa yang telah didengar.
Nama : MAINANI
NIM : 858314933
Metode pembelajaran yang digunakan dalam video sangat bagus. Cara menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral sangat bagus menggunakan metode seperti ini karena selain menanamkan kejujuran anak, metode ini juga bisa mengembangkan aspek bahasa anak . seperti saat guru bertanya anak akan menjawab maka terjadi lh tanya jawab antara anak dan guru.
Nama siti samiatun
NIM 857839004
Video dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak melalui cerita moral sangat diperlukan dan anak dapat mengerti makna nilai-nilai kejujuran. Pada saat mendengarkan, anak dapat memahami makna cerita moral tentang cerita pecahan kaca dengan serius dan diakhir cerita anak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
Video ini sangat membantu kita sebagai pendidik dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak sejak dini. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu dengan bercerita tentang keteladanan dan moral. Dengan begitu, akan tertanam nilai kejujuran pada diri anak.