silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya
Drs. Sukiniarti, M.Pd.
–
–
a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan
b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.
c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui
d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.
Evanigustiningtyas
Menurut saya setelah menonton video tersebut bahwa Penanaman sikap kejujuran melalui metode bercerita memang sangat efektif ,hal ini disebabkan metode bercerita merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk sebagian besar anak usia dini.selain itu anak usia dini mudah mengingat pesan moral ataupun mengambil makna dari sebuah cerita yang telah didengarkan daripada kita berbicara langsung .adapun tujuan lain yaitu untuk menumbuhkan anak agar suka untuk berliterasi .
KURNIA PERMANASARI
NIM : 859662546
__________________________
Setelah menyimak vidio pembelajaran diatas bisa ditarik kesimpulan dan pembelajaran, bahwasannya menanamkan kejujuran pada anak sejak dini sangat penting untuk membentuk karakter yang baik, mengembangkan rasa percaya diri, dan mempersiapkan masa depan.
____________________________________
dalam video ini sangat lah penting kita sebagai guru menanam sifat jujur pada anak usia dini selain itu teknik modelling bisa untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini karena anak-anak mudah menirukan orang – orang di sekitarnya,selain teknik modelling ada banyak cara untuk menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini yaitu :
1.menerapkan kejujuran dalam kehidupan sehari- hari
2.memberikan pemahaman bahwa kejujuran itu nikmat
3.memberikan pengetahuan dan kenyakinan bahwa tuhan maha melihat
kejujuran merupakan nilai moral yang penting di tanamkan pada anak usia dini agar kelak menjadi pribadi yang baik dan dapat di percaya.kejujuran adalah sikap dan perilaku untuk bertindak apa adanya,tidak berbohong,dan tidak menyembunyikan kejujuran
Mohon ijin menjawab.
Nama : Esti indah lestari
Nim : 858722513
Setelah melihat vidio diatas bahwa menanamkan kejujuran anak sangat penting dengan pembiasaan sejak anak usia dini. Apalagi contoh vidio diatas menunjukkan pembelajaran penanaman kejujuran dengan cara yg menarik dan efektif melalui bercerita. Di dalam vidio tersebut bu guru juga memberi pengertian kepada anak bahwa tidak boleh berbohong dalan situasi dan kondisi apapun. Terlihat juga bahwa anak diikut sertakan mengkaji isi cerita melalui tanya jawab. Melalui bercerita juga anak bisa membentuk karakter yang baik, pembentukan rasa percaya diri dan dapat menjalin hubungan baik dengan orang lain.
Nama: Rita Rismawanti Permana Putri
NIM: 857485712
Video ini menunjukkan kegiatan Guru yang sedang bercerita mengenai kejujuran, yang ditanamkan semenjak dini melalui metode membacakan cerita dari buku yang berjudul ‘Aku Anak yang Jujur’. Melalui cerita tersebut, anak dapat memahami apa yang guru ingin sampaikan terlebih cara yang tidak monoton sehingga anak-anak lebih tertarik untuk menyimak. Menurut saya, guru juga bisa mengimplementasikan sikap nilai kejujuran dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari anak datang sampai pulang sekolah. menanamkan sikap kejujuran kepada anak yang dalam masa tahap perkembangan golden age diharapkan penanaman kejujuran semenjak dini dapat lebih tertanam dalam diri anak-anak semenjak dini. Guru juga dituntut untuk dapat menjadi contoh panutan anak-anak dalam berperilaku, terlebih harus adanya kerjasama antara guru dan juga orang tua agar dapat memberikan contog yang baik untuk anak-anak dirumah maupun disekolah
Bismillah.
Nama: Ainun Rahima
Nim: 859410221
Prodi PG PAUD
seri pengembangan “menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral” strategi yang lakukan oleh guru sangat baik dalam menceritakan cerita yang berisi pesan pesan, sehingga dalam vidio tersebut guru memberikan pengetahuan tentang kebaikan, merasakan, mencintai kebaikan dan melakukan perbuatan baik. Cerita moral tersebut dapat menanamkan karakter pada anak, anak-anak dapat belajar nilai-nilai positif dengan cara yang mudah dipahami dan menarik. pada anak usia tk adalah masa keemasan dalam pertumbuhan dan perkembangannya, guru dan orang tua harus memperhatikan hal ini, karena akan menjadi karakter anak sampai dewasa dan kejujuran sangat mempengaruhi kehidupan bangsa dan negara kita.
Terima kasih
Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh………🙏🙏🙏🙏
NAMA : IRNAWATI
NIM : 859408192
SEMESTER/PRODI : Semester VI (Enam) /S1 PGPAUD
Dalam video ke 2 seri pengembangan nilai kejujuran AUD “menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral” cara yang lakukan oleh guru sudah sangat baik dalam menceritakan cerita yang berisi pesan dan kesan , sehingga dalam vidio tersebut guru memberikan pengetahuan kepada anak tentang kebaikan, merasakan, mencintai dan dicintai kebaikan untuk melakukan perbuatan baik. Cerita moral yang ibu guru bacakan sambil memperlihatkan gambar menarik dan suara ibu yang bervariasi sehingga anak dapat belajar tentang apa sebenarnya nilai-nilai positif dengan cara yang mudah dipahami .pada hakikatnya anak usia Dini adalah masa keemasan (golden age) dalam pertumbuhan dan perkembangannya,pendidik dan orang tua (anggota keluarga lainnya) harus benar -benar memperhatikan hal seperti ini untuk mewujudkan insan yang cendikia dimasa akan datang…
terimakasih🙏🙏🙏🙏😊😊😊
Nama : Sri Nur Hikmah Syam
Nim : 859408264
Prodi : PGPAUD
Seri menanamkan nilai kejujuran pada anak PAUD : dengan Menanamkan kejujuran melalui cerita moral.
Menurut saya setelah melihat video diatas,
**Kelebihan guru menggunakan buku cerita bergambar yang dapat menarik perhatian anak, guru membacakan buku cerita dan intonasi keras dan mimik wajah yang menarik. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita Guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh yang menceritakan tersebut isi akhir program guru menyimpulkan bahwa anak yang jujur sehingga melalui cerita tersebut tentang kejujuran secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didik melalui dengan bercerita.
**Kekurangan buku cerita terlalu kecil sehingga beberapa anak tidak fokus. Posisi duduk anak kurang efektif melingkar, sehingga anak yang duduk sebelah guru tidak dapat melihat buku cerita tersebut. Guru pendamping kurang mengkondisikan anak yang tidak mendengarkan cerita guru.
F I T R I
859409908
PGPAUD
Ass Wr Wb
Seri menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral …
Menanamkan kejujuran pada anak PAUD melalui cerita moral merupakan metode yang efektif karena anak anak pada usia ini cenderung lebih tertarik belajar melalui cerita dan pengalaman yang menyenangkan. setelah mendengarkan cerita anak anak dapat memberikan respon pada bacaan, selain itu anak juga dapat bermain peran menceritakan kisah dibuku tersebut. Beberapa langkah untuk menanamkan kejujuran moral melalui cerita , pilih cerita yang relevan atau yang secara khusus mengajarkan nilai kejujuran seperti “Si Kancil anak nakal ” atau “pinokio” .
Terima kasih
assalamu alaikum wr wb..
nama : Nur aini
NIM :858722197
mau izin menjawab..dalam video tersebut cara dalam mengajarkan dan menanamkan kejujuran pada anak dengan cara bercerita sangatlah bagus beberapa teknik mengajarkan kejujuran pada anak usia dini dengan cara menerapkan dalam kehidupan sehari- hari,memberikan pengetahuan dan kenyakinan bahwa tuhan maha melihat,memberikan pemahaman bahwa jujur itu nikmat