silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya
Drs. Sukiniarti, M.Pd.
–
–
a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan
b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.
c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui
d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.
Evanigustiningtyas
Nama: Siti Nurhayati
NIM:856 837498
Prodi :PG PAUD
Setelah saya memahami video dari gpo tentang menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral. Penanaman kejujuran harus dilakukan sejak usia dini.salah satunya dengan bercerita menanamkan kejujuran pada anak melalui pemberian pengetahuan tentang kebaikan, merasakan, mencintai kebaikan, melakukan perbuatan baik.kegiatan yang paling nyata yaitu dengan memberikan cerita teladan seperti tokoh pahlawan dan tokoh masyarakat.diharapkan guru bisa memberikan cerita yang berisi pesan moral berdiskusi tentang cerita tersebut melibatkan anak untuk memahami perilaku jujur,karena poin tersebut dapat meningkatkan karakteristik anak dalam berperilaku jujur serta meningkatkan pengetahuan anak. Terimakasih
Nama : Arik Suciati
NIM. : 877325329
PRODI : PGPAUD
Berdasarkan dari vidio diatas tentang ” Menanamkan Kejujuran Anak melalui Cerita ” memiliki peran yang baik dalam mendidik anak tentang kejujuran, melalui cerita yang disampaikan guru di sekolah. Dengan bercerita melalui buku cerita, penyampaian guru, intonasi dalam bercerita dapat mengajak anak- anak untuk memahami isi cerita, dan anak dapat menjawab pertanyaan yang diajukan guru, sehingga isi pesan dari cerita tersebut dapat tersampaikan ke anak, bercerita dengan buku bergambar juga lebih mudah dipahami oleh anak, sehingga anak lebih mudah menangkap pesan-pesan yang disampaikan. Kegiatan bercerita ini sangat efektif untuk digunakan guru, dalam penanaman nilai- nilai moral pada anak sejak usia dini.
Nama : Teti Suharyati
Nim : 857488083
Smester : 6
Pokjar : Indramayu
Assalamualaikum Wr Wb
Ijin menanggapi video
Berdasarkan video di atas yang berjudul “Menanamkan Kejujuran Anak melalui Cerita” dalam video pembelajaran di atas peran pendidik untuk mengajak anak-anak mendengarkan cerita sudah sangat baik. Pendidik menyampaikan cerita yang sederhana dengan intonasi yang sesuai dan dapat dimengerti oleh anak, pemilihan buku cerita juga sudah bagus, yaitu dengan menampilkan gambar-gambar yang dapat menarik minat anak sehingga anak dapat mendengarkan dan menyimak cerita dengan antusias. Menanamkan kejujuran melalui bercerita sangat efektif digunakan untuk PAUD hal ini dapat di jadikan pembiasaan secara tidak langsung dan metode ini dapat di gunakan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Dengan metode bercerita dan menggunakan objek yang menarik biasanya akan di ingat oleh anak. Pendidik juga sudah melakukan recalling dengan baik, di akhir pendidik menanyakan kembali apa yang telah didengar anak dalam cerita dan mematik pertanyaan kepada anak sehingga membuat anak berpikir untuk mengutarakan pendapatnya. Di akhir cerita pendidik memberikan kesimpulan dan pesan moral yang terkandung di dalam cerita tersebut. dengan seiring waktu anak-anak pun akan senantiasa dapat membedakan perilaku yang baik dan perlu di contoh dalam kehidupan sehari-hari.
Terimakasih
Wasallamualaikum Wr Wb
Nama : fitria Hamama
Nim : 857488653
Semester : 6 (PG PAUD)
UPBJJ : Indramayu
Dalam video diatas terlihat guru sedang menanamkan kejujuran melalui metode bercerita.
Menurut pendapat saya yang sudah dilakukan guru dalam menambah kejujuran dengan metode bercerita sudah tepat.
Dengan metode bercerita yang guru lakukan anak terlihat lebih tertarik pada cerita yang disampaikan.
Kelebihan dari video diatas adalah :
– anak lebih mudah memahami nilai-nilai kejujuran dengan sebuah cerita yang disampaikan
– guru menggunakan intonasi suara yang berbeda beda ini yang membuat anak lebih tertarik dan memperhatikan ketika guru menyampaikan
– guru juga memberikan motivasi saat bercerita untuk bersikap jujur
– buku yang digunakan cukup menarik dengan gambar gambar yang menarik perhatian anak
Kekurangan dalam video tersebut adalah :
– buku yang guru gunakan terlalu kecil sehingga ada beberapa anak yang tidak begitu terlihat dengan jelas
Dalam video diatas sangat membantu para guru anak usia dini dalam menanamkan kejujuran dengan metode bercerita.
Terimakasih.
Nama : Rida kholilah nuraini
NIM : 857487794
Berdasarkan vidio yang saya lihat mengenai “Menanamkan Kejujuran Anak melalui Cerita”
Dalam pembelajaran diatas, peran pendidik dalam mengajak anak-anak mendengarkan cerita sangat baik. Penyampaian cerita yang sederhana dengan intonasi yang tepat dapat dimengerti oleh anak, pemilihan buku cerita yang tepat menampilkan gambar-gambar yang dapat menarik minat anak terbukti dari anak-anak dengan seksama mendengarkan cerita dengan antusias.
Menanamkan kejujuran melalui cerita sangat efektif digunakan untuk anak PAUD.
Pembiasaan secara tidak langsung salah satuya adalah dengan cerita, biasanya anak akan lebih mudah untuk mengingatnya. Diakhir cerita pendidik dapat menanyakan kembali apa yang telah didengar anak dalam cerita dan membuat kalimat pertanyaan yang membuat anak berpikir, untuk mengutarakan pendapatnya. Selain itu tidak lupa pendidik pun memberikan pesan moral yang terkandung di dalam cerita tersebut, dengan seiring waktu anak-anak pun akan senantiasa dapat membedakan perilaku yang baik dan perlu di contoh dalam kehidupan sehari-hari .
Nama: Indah Nurjohariah
Nim. :857481295
Dari Vidio yang saya lihat mengenai”Menanamkan Kejujuran anak melalui cerita”
Dalam Vidio yang saya lihat peran pendidik dengan mengajak anak untuk mendengarkan cerita sangatlah baik.Intonasi dan gaya bahasa yang di sampaikan sangat menarik dan membuat anak sangat antusias untuk mendengarkan.
Buku yang di gunakannya sangatlah bagus karena berisi gambar-gambar yang menarik.
Kekurannya adalah buku yang digunakan ibu guru kurang besar sehingga ada beberapa anak harus melihat gambar secara dekat.
Dari Vidio tersebut juga kita dapat menyimpulkan bahwa kejujuran harus di terapkan dari sejak Dini,agar anak tidak terbiasa berbohong.
Nama : Iim Nuryamsiyah
NIM : 857475592
Tayangan video mengenai penanaman moral yaitu tentang kejujuran melalui cerita yang sesuai dengan dunianya dan dikemas dalam cerita yang sederhana yang dekat dengan anak memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi anak . Dengan media buku cerita bergambar menjadikan anak lebih tertarik untuk menyimaknya dan dapat menstimulasi banyak aspek perkembangan selain aspek moral anak, juga aspek Bahasa, yakni kemampuan menyimak , aspek kognitif / berpikir kritis anak juga terstimulasi, yakni pada saat guru bertanya tentang siapa saja tokoh yang ada dalam cerita, anak distimulasi untuk mengingat, dan menyimpulkan sebab akibat. Terimakasih..
Nama : Dea Sagita
Nim :857480888
Assalamualaikum izin menanggapi video pembelajaran ” Menanamkan nilai kejujuran pada anak ”
Dalam pembelajaran pada seri paud sangat baik menurut saya karena guru dengan intonasi yang jelas memberikan metode bercerita kepada siswa ,posisi duduk yang di tata baik sehingga anak dapat memperhatikan dengan jelas cerita yang di berikan oleh guru tetapi mungkin alangkah lebih baik jika buku cerita yang di berikan harus 3D atau besar agar anak lebih memahami apa yang di sampaikan atau pesan moral tersebut.Tentunya secara keseluruhan video
pembelajaran tersebut sangat baik karena dengan bercerita menggunakan buku pesan moral yang di berikan pun sangat baik jika di berikan pada anak ,agar mereka bisa menangkap jalan cerita yang di berikan guru sesuai imajinasinya dan pesan moralnya dapat mereka terapkan di kehidupan mereka sehari-hari.
Nama: Utiah
Nim; 857484688
Assalamualaikum…ijin menjawab diskusi, berdasarkan video diatas tentang ”menanamkan kejujuran pada anak AUD” Kita sebagai pengajar harus sering mengajarkan anak untuk bercerita/ dogeng tentang moral tetapi harus dibikin semenarik mungkin agar anak mau mendengarkan cerita yang kita bacakan di antaranya buku dengan gambar besar dan menarik serta bisa di mengerti anak, penuh dengan warna, bercerita dengan mode melingkar tidak membelakangi anak, guru harus mengetahui bagaimana agar anak bisa menyimak cerita dengan baik, pesan yang diajarkan dalam video tersebut anak harus belajar jujur untuk berkata apa yang terjadi masalah di lingkungan kita agar kita sebagai pendidik dan orang tua bisa memahaminya dan bisa menyelesaikan masalahnya, pesan untuk orang tua dalam video tersebut agar bisa mengontrol emosi ketika berbicara dan berkata kepada anak supaya anak tidak takut untuk mengakui apa yang terjadi pada dirinya dan berani bertanggung jawab sesuai kemampuannya contohnya dengan berkata jujur.
Nama Desi Alfinursani
NIM 857487493
Dari video yang saya lihat mengenai menanamkan kejujuran anak melalui cerita
Dalam pembelajaran di atas seorang pendidik sudah sangat bangun dalam menyampaikan cerita nya,dengan menggunakan intonasi bahasa yang sangat jelas,posisi duduk anak dengan cara melingkar sehingga anak anak akan focus dan memperhatikan nya,dan buku bergambar, sayangnya bukunya terlalu kecil sehingga bagi anak yang duduknya berjauhan dengan ibu guru ga terlihat,cuma bisa mendengarkan nya
Dalam penyampaian di akhir seorang pendidik sudah sangat bagus menanyakan cerita apa yang baru saja di ceritakan,ada siapa saja tokoh yang berperan dalam bercerita,dan menyimpulkan tentang anak yang jujur, secara langsung seorang pendidik telah menanamkan sikap kejujuran pada anak usia dini