silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya

Drs. Sukiniarti, M.Pd.

a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan

b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.

c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui

d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,654 Comments

  1. Nama : SALNITA
    NIM : 859430943
    UPBJJ : Makaassar

    Mengajarkan nilai kejujuran kepada anak usia dini melalui bercerita adalah metode yang efektif dan menarik. Berikut adalah beberapa alasan mengapa bercerita dapat menjadi alat yang ampuh untuk menanamkan nilai kejujuran:
    Dengan menggunakan bercerita sebagai metode, kita tidak hanya mengajarkan nilai kejujuran tetapi juga membuat proses belajar menjadi menyenangkan dan menarik bagi anak-anak. Ini membantu mereka internalisasi nilai tersebut dengan cara yang lebih mendalam.

  2. Nama: Ema Setya Fatmawati
    Nim : 857865554
    UPBJJ : Surakarta

    sesuai dengan judulnya yakni “menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral” video diatas membahas tentang bagaimana menanamkan kejujuran pada anak usia dini melalui cerita moral. Guru menggunakan buku cerita bergambar untuk mengilustrasikan karakter jujur, kemudian mengajak anak-anak berdiskusi mengenai tokoh-tokoh dalam cerita. Bercerita menjadi cara yang menarik dan efektif untuk menanamkan nilai-nilai moral sejak dini. menanamkan nilai kejujuran melalui cerita moral sangat relevan dalam pendidikan anak usia dini. Melalui pendekatan ini, anak-anak tidak hanya mendengar konsep kejujuran, tetapi juga melihat contoh konkret melalui tokoh dalam cerita. Hal ini memperkuat pemahaman mereka tentang pentingnya bersikap jujur dengan cara yang menarik dan mudah dicerna. Strategi ini juga bisa meningkatkan keterlibatan anak dalam diskusi moral yang positif.

  3. Nama : Nuresih
    Nim : 857510776
    Prodi : PGPAUD
    UPBJJ : UT Bandung
    Judul Video : Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral

    Menanamkan kejujuran pada anak usia dini sangatlah penting. Karena kejujuran adalah fondasi yang akan mempengaruhi masa depan seorang anak hingga ia dewasa.
    Dan berbagai faktor yang mempengaruhi sikap dan perilaku anak yaitu lingkungan baik lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat, terutama dari lingkungan keluarga.
    Namun pendidik berperan aktif dalam hal menanamkan kejujuran pada anak dengan berbagai cara, salah satunya seperti pada tayangan video tersebut yaitu dengan metode bercerita. Dimana guru menceritakan bagaimana menanamkan kejujuran melalui cerita moral yang disertai nama-nama tokoh dalam cerita tersebut, sehingga dapat dipahami dan diingat, serta di sukai oleh anak-anak.
    Dari tayangan video tersebut dapat disimpulkan bahwa kejujuran sangat penting dan berpengaruh pada perkembangan kemampuan sosial emosional anak.

  4. Nama : Nani
    Nim. : 857217163
    Video pembelajaran yang berjudul menanamkan kejujuran anak melalu bercerita ,cara menyampaikan ceritanya sangat bagus ,mengunakan buku bergambar hingga mampu menarik minat anak. Intonasi suara guru saat bercerita juga sangat tepat ,mampu menggambarkan tokoh dalam cerita tersebut ,,sehingga sebagian besar anak sangat fokus dalam kegiatan tersebut

  5. vidio di atas berjudul menanamkan kejujuran
    vidio yang sangat menarik vidio seorang guru yang bercerita tentang aku anak jujur di situ secara tidak langsung seorang guru telah mengajak atau menstimulasi kepada anak tentang kejujuran yang mana kejujuran memang harus di tanamkan sejak sedini mungkin agar naka-anak kelak menjadi anak-anak yang selalu berkata jujur, melakukan kejujuran guru menanyakan siapakah tokoh yang ada dalam cerita tadi ? dan anak-anak pun mampu menjawab dengan baik bahwa tokoh dalam cerita tsb adalah ibu, saliha dan seekor kucing miao.

  6. Nama : Viana Florensia Zebua
    NIM : 857518978
    Bagi saya video ini sangat mudah dimengerti dan dipahami. Nilai kejujuran merupakan Hal yang sangat penting dan harus ditanamkan sejak dini. Dari video ini memberikan pengetahuan baru bagi saya mengenaik menanamkan nilai kejujuran anak usia dini dengan cara :
    – pengetahuan tentang kebaikan (knowing the goodness)
    – merasakan mencintai kebaikan (loving the goodness)
    – melakukan perbuatan baik (acting teh goodness)
    Dari video ini juga memberikan Contoh penanaman nilai kejujuran dengan cara yang sangat efektif yaitu dengan metode bercerita yang dapat diterapkan di sekolah. Dengan bercerita guru dapat menanamkan nilai-nilai moral, mengembangkan empati, meningkatkan kemampuan berpikir, meningkatkan kemampuan berbahasa serta meningkatkan days imajinasi.

  7. Nama Mahasiswa : Maria Magdalena Yuyun Mboru
    NIM : 859269672
    Upjj : Kupang

    Menanamkan nilai kejujuran melalui cerita moral merupakan strategi yang efektif dalam pendidikan, terutama bagi anak-anakMenanamkan nilai ini sejak dini membantu anak memahami pentingnya kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.Cerita moral, baik dalam bentuk dongeng, fabel, atau cerita rakyat, berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan pesan moral dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Beberapa keuntungan menggunakan cerita moral untuk menanamkan nilai kejujuran antara lain: Menarik Perhatian karena Cerita dapat menarik perhatian anak-anak dan membuat mereka terlibat secara emosional. Ketika mereka terhubung dengan karakter dalam cerita, mereka lebih cenderung merenungkan tindakan dan keputusan karakter tersebut. Serta sebagai Model Perilaku,Melalui karakter dalam cerita yang menunjukkan atau melanggar nilai kejujuran, anak-anak dapat belajar tentang konsekuensi dari tindakan tersebut. Misalnya, karakter yang jujur biasanya akan mendapatkan imbalan atau pengakuan, sedangkan karakter yang berbohong mungkin menghadapi masalah atau kehilangan kepercayaan.

  8. Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral merupakan pendekatan yang sangat baik dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini. Penggunaan cerita bergambar sebagai media pembelajaran merupakan pilihan yang tepat, karena anak-anak usia dini lebih mudah memahami konsep melalui visual dan narasi sederhana.
    Cerita bergambar mampu menarik perhatian anak-anak dan memberikan gambaran yang jelas tentang konsep kejujuran.
    Pertanyaan yang diajukan guru pada akhir cerita membantu anak-anak untuk mengingat kembali tokoh dan peristiwa dalam cerita, serta merangsang pemikiran kritis mereka.
    Simpulan yang diberikan guru memberikan pemahaman yang jelas tentang nilai kejujuran yang ingin disampaikan.

  9. Nama : Fitriyani
    NIM : 857512382
    Prodi : PG PAUD
    UPBJJ : UT Bandung
    Judul : Menanamkan nilai kejujuran pada anak usia dini melalui bercerita.

    Assalamualaikum wr. wb
    Ijinkan saya mengomentari video tersebut.
    Dari video yang saya lihat diatas, mengajarkan kejujuran pada anak sejak usia dini dengan menerapkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. Berikan keyakinan dan pengetahuan bahwa tuhan maha melihat. Membacakan cerita/mendongengi anak bisa dilakukan untuk menanamkan sikap jujur pada anak sejak dini. cara ini di anggap sangat efektif karena umumnya anak-anak menyukai cerita/dongeng. Apalagi jika dilakukan dengan nada, notasi, mimik muka dan gerakan-gerakan yang bisa membuatnya fokus kepada kita.

    Terimakasih…
    Wassalamualaikum wr. wb

  10. Assalamualaikum
    Nama : Eulis Maesaroh
    Izin menanggapi

    Video tentang menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral merupakan inisiatif yang sangat bermanfaat bagi guru dan orang tua. Pemanfaatan Cerita sebagai Media Edukatif, Cerita moral efektif untuk mengajarkan nilai-nilai karena anak-anak cenderung memahami pesan lebih baik melalui narasi menarik dan contoh konkret. Dengan menempatkan karakter dalam situasi moral tertentu, anak-anak diajak berpikir tentang tindakan yang tepat.
    Video ini juga membantu anak mengembangkan empati dan kemampuan untuk memahami konsekuensi dari perbuatan mereka. Anak belajar bahwa kejujuran tidak hanya tentang mengatakan kebenaran, tetapi juga tentang menjadi pribadi yang dapat dipercaya.
    Pembelajaranyapun Menyenangkan dimana Metode ini lebih mudah diterima oleh anak-anak karena alur cerita menghibur dan tidak terkesan menggurui. Ini membuat proses belajar nilai moral menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berkesan.

Leave a Reply