silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya
Drs. Sukiniarti, M.Pd.
–
–
a. Cara guru membuka biasa pada umumnya, baik membacakan cerita, memberikan respon pada bacaan
b. Strategi yang di gunakan cukup baik, bermain drama memerankan
tokoh2 di dalam buku cerita itu, dan akan lebih mengena ketika anak
dilibatkan dalam cerita itu, sehingga pembelajaran tentang kejujuran
lebih tepat sasaran.
c. Ini bisa dilakukan untuk anak usia dini 4-6 tahun melalui
d. Jika disesuaikan pada kurikulun K13 saat ini adanya tingkat
pencapaian perkembangan anak usia 4-6 tahun. Atau yang sesuai dengan
kemampuan anak.
Evanigustiningtyas
Nama : Siti Munfatiah
NIM : 859699337
Dalam video ini menceritakan tentang kejujuran pada anak usia dini. Dalam pembelajaran pada tutorial ini guru bercerita tentang anak yang jujur menggunakan buku cerita bergambar. Pada akhir cerita guru menanyakan pada siswa, siapa-siapa saja tokoh dalam cerita tersebut, isi akhir program guru menyimpulkan tentang anak yang jujur sehingga melalui cerita, tentang kejujuran, secara tidak langsung guru telah menanamkan kejujuran pada peserta didiknya.
Pengembangan karakter jujur pada anak-anak berusia antara 4 dan 6 tahun sangatlah penting karena masa ini dikenal sebagai “usia emas”. Namun, hanya sedikit yang benar-benar mempraktikkan teknik bercerita
Ketidakjujuan nampaknya sudah merajalela di banyak kalangan. Menanamkan kejujuran pada anak usia dini dapat dilakukukan melalui cara sebagai berikut:
– Pemberian pengetahuan tentang kebaikan
– Merasakan, Mencintai kebaikan
– Melakukan perbuatan baik
Pada saat ini salah satu kegiatan kongkrit untuk memberikan pengetahuan tentang kejujuran adalah melalui kisah keteladanan pahlawan, tokoh nasional, toko daerah serta puisi. Pelaksanaan kegiatan terdiri dari beberapa sesi yang meliputi pembacaan dongeng interaktif, diskusi tentang pesan moral yang terkandung dalam cerita, serta penjelasan sederhana mengenai pentingnya kejujuran dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pendekatan ini, anak-anak tidak hanya mendengarkan cerita, tetapi juga dilibatkan dalam diskusi yang membangun pemahaman mereka tentang dampak kebohongan dan pentingnya berkata jujur. Penggunaan metode mendongeng sebagai bagian dari pembelajaran rutin dalam mengajarkan nilai-nilai moral kepada anak-anak.
NAMA: SITI HUMAIROH
NIM: 860187646
Metode bercerita sangat efektif untuk anak usia dini karena mereka cenderung belajar melalui cerita dan contoh konkret. Cerita yang disampaikan dalam video ini memberikan contoh perilaku jujur dan tidak jujur dengan alur yang sederhana dan mudah dipahami. Anak-anak dapat belajar dari tokoh-tokoh dalam cerita mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Dengan begitu, nilai kejujuran tidak hanya disampaikan secara teoritis, tetapi ditanamkan melalui pengalaman emosional yang dibangun dari cerita tersebut.
Sangat bermanfaat. Video ini memberi inspirasi konkret bagaimana nilai kejujuran bisa diajarkan secara menyenangkan dan efektif. Guru-guru PAUD bisa mengambil metode dari video ini untuk diterapkan di kelas masing-masing
Assalamualaikum WR.WB.
Nama : Jumriati
Nim : 859371255
Judul Video : Menanamkan kejujuran anak melalui cerita moral
komentar :
Dari video tersebut menggambarkan seorang guru menceritakan tentang bersikap jujur melalui buku cerita kepada anak-anak.
dari video tersebut dapat dipahami bahwa bersikap jujur, baik kepada diri sendiri ataupan kepada orang lain sangat penting untuk dilakukan agar berdampak positif untuk diri sendiri dan orang lain.
Nama : wardatul ahmar
Nim : 858984054
Manfaat : memberi inspirasi kepada saya dan guru lainnya untuk menerapkan pendekatan yang serupa, membantu saya untuk meningkatkan kompetensi pedagogic dan kreativitas dalam mengajar, dapat dicontoh untuk pembelajaran paud, dapat dijadikan refrensi dalam mengajarkan nilai – nilai moral.
Saran dan masukan : sebaiknya gunakan media pembelajaran yang menarik untuk anak contohnya seperti boneka tangan, kartu bergambar.
Nama : Vivi Ana Faradillah
Nim : 860141168
Pendapat saya dalam video tersebut menggunakan cerita moral yang menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak, sehingga dapat membuat mereka lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar tentang kejujuran. Video tersebut membantu mengembangkan karakter anak, seperti kejujuran, yang sangat penting dalam pembentukan karakter anak.
NAMA: SITI SURIYANNI
NIM : 855902127
Assalamu’alaikum
Izin menanggapi
Video ini sangat membantu dan memberikan saya pemahaman dan pembelajaran yang sangat baik sehingga dapat saya jadikan contoh di kelas untuk menanamkan kejujuran pada anak dengan cara bercerita agar anak tidak lupa.
Terimakasih
Video yang di tampilkan sudah sangat baik dan memotivasi.
Video tersebut sangat menginspirasi. Guru menanamkan nilai kejujuran melalui bercerita dan mengajak anak mendiskusikan permasalahan yang ada dalam buku tersebut. Menanamkan nilai kejujuran memang sangat penting untuk dilakukan sejak usia dini. Sebagai orang tua maupun guru, kami sangat terinspirasi untuk melakukan hal yang sama yakni menanamkan nilai-nilai kejujuran dengan cara yang menarik dan interaktif. Terimakasih.
Nama : FERLIANA DESFIAN RAHMADANY
NIM : 878188568
Video di atas sangat menginspirasi bagi saya pribadi, namun menurut saya mungkin dapat di sesuaikan dengan kondisi saat ini yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Jika buku cerita yang dipunya di sekolah kurang memadai kita dapat menggunakan teknologi yang ada untuk bercerita contohnya adalah penggunaan cerita dari media online, bisa dengan video tayangan yang sesuai dengan perkembangan anak.