silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Saran saya durasi pembelajaran dalam video mungkin dapat ditambah. Tidak hanya sekedar 5 menit yang mana hal ini tidak sesuai dengan implementasi waktu di lapangan.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

389 Comments

  1. Nama :RIZAL ALDIN BATUBARA
    Nim : 856028109
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar: Tebing Tinggi
    Sesuai Pengamatan saya,Guru tersebut sudah dapat memahami materi dengan jelas dan baik dalam menyampaikan materi . Guru juga sudah menyampaikan pembelajaran dengan langsung menggunakan alat peraga yang ada di sekitarnya dan tujuannya nanti akan mudah difahami oleh peserta didik untuk melihat atau mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh murid dengan murid dan pensil dengan buku. sebagian siswa pun sangat memahami penjealasan tentang tema yang di sampaikan oleh guru akan tetapi sebagian lagi ada yag masih tidak fokus pada penjelasan guru karena asik bermain dengan teman.

    KELEBIHANNYA adalah tidak memulai pengajaran dengan berdoa , tidak mengabsen kehadiran siswa, cara penyampaian materi yang sangat jelas dengan menggunakan media nyata yang ada di sekitar. guru juga mampu memberikan umpan balik sehingga siswa mampu menjawab pertanyaan yang diberikan.

    KELEMAHANNYA adalah guru masih kurang memeperhatikan siswa yang tidak fokus dalam belajar dan guru tidak melakukan kegiatan penutup.

    RENCANA PERBAIKAN ,Menurut saya agar kegiatan belajar lebih menarik dan seluruh siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran sebaiknya guru menyelipkan ice breaking atau bernyanyi gembira kepada siswa sesuai dengan tema yang diajarkan supaya siswa tidak jenuh dan pastinya akan lebih bersemangat dalam belajar.

  2. Nama : Mahadi Pratama
    NIM : 856758719
    Prodi : S1-PGSD
    Tujuan : Pemenuhan Tugas PKM

    Reaksi siswa pada saat pembelajaran ialah siswa sangat aktif,serta cepat tanggap pada saat proses pembelajaran.
    Respon aktif siswa pada saat guru menjelaskan saat berjalan nya pembelajaran dimulai,sangat ceria menanggapi pada saat guru memberikan penjelasan pembelajaran tsb.
    Siswa selalu cepat tanggap didalam penyebutan benda berat dan ringan.
    Siswa sangat gembira sekali pada saat guru beberapa kali menunjuk mereka untuk maju kedepan mempraktekkan pembelajaran berat benda.

    Kelebihan pada saat Pembelajaran yaitu :

    1.Guru memakai alat peraga
    2.Guru menjelaskan dengan menyenangkan
    3.Guru memberikan suatu tantangan kepada siswanya
    4.Guru menggunakan metode yang tepat
    5.Guru mengapresiasi siswanya pada saat Praktek selesai
    6.Guru menggunakan teknik PAKEM
    7.Guru sangat bagus dalam kegiatan inti

    Kelemahan pada saat pembelajaran ialah

    1.Guru tidak menggunakan media pembelajaran teknologi
    2.Minimnya Fasilitas dan alat media
    3.Guru tidak menggunakan pendahuluan seperti salam,dan tujuan pembelajaran.

    Hal yang unik pada proses pembelajaran yaitu :

    1.Guru menggunakan media anak cepat tanggap serta aktif mengikuti nya
    2.Guru memberikan tantangan ke siswanya untuk membedakan berat benda
    3.Guru memberikan pertanyaan ke siswanya.

    Upaya yang perlu dilakukan ialah

    a.Mengevaluasi pada saat pendahuluan sebaiknya ada selama proses pembelajaran berlangsung karena mengecek kesiapan siswa dalam belajar serta siswa mengetahui apa tujuan pembelajaran tsb dimulai
    b.sebaiknya guru harus lebih bervariasi memberikan solusi agar kelasnya tidak jenuh dalam proses KBM
    c.sebaiknya guru memberikan dampak positif dalam kegiatan KBM berlangsung seperti bernyanyi,bermain peran agar diselang belajar adanya sesi yang menyenangkan.

  3. NAMA : TIWI SANDIANI
    NIM : 858071217
    setelah menonton video pembelajaran tersebut saya melihat :
    1. reaksi siswa ada yang fokus memperhatikan dan ada juga yang sibuk dengan urusannya sendiri, ada juga yang terlihat kurang bersemangat dan ngantuk.
    2. kelemahan guru dalam proses pembelajaran adalah kurang nya media pembelajaran yang lebih menarik dan berwarna, guru hanya menggunakan media yang ada di sekitar saja.
    3. kelebihan guru dalam proses pembelajaran adalah guru menjelaskan dengan bahasa yang mudah di mengerti oleh siswa dan menggunakan siswa sebagai media pembelajaran agar lebih mudah di pahami.
    4. hal unik yang saya lihat adalah siswa yang terlihat malu-malu saat maju ke depan kelas.
    5. upaya yang dapat guru lakukan untuk lebih meningkatkan semangat belajar siswa dalah dengan menambahkan media pembelajaran yang lebih menarik dan guru juga bisa menambahkan media alat ukur berat seperti neraca agar siswa lebih paham.

  4. Nama : Rezza
    NIM : 857109565
    Prodi : S1 PGSD
    Tujuan : Tugas PKM
    Respon daripada siswa sangat aktif dalam pembelajaran tersebut dan siswa sangat cepat mengerti apa yang disampaikan saat proses pembelajaran sedang berlangsung. Begitu pula dengan guru yang menyampaikan materi tersebut dengan benda-benda di sekitarnya yang mudah siswa pahami.
    Kelebihan dalam Pembelajaran tersebut Guru memakai alat peraga, Guru menjelaskan dengan detail dan menyenangkan, Guru mengapresiasi siswa saat selesai Praktek.
    Kelemahan dalam pembelajaran tersebut adalah dengan tidak adanya sapaan awal di pembelajaran tersebut, Guru tidak menggunakan media pembelajaran teknologi.

  5. Nama : Atika Febriyanti
    NIM : 856577764
    UPBJJ : UT-Jambi
    Pokjar : Kota Jambi

    Dalam pengamatan saya guru sudah baik dalam hal penyampaian materi secara singkat, siswa juga aktif dan reaktif terhadap pembelajaran ini.

    Kelemahannya : Dalam kegiatan pembukaan guru tidak mengulang materi sebelumnya dan mengaitkan materi sebelumnya ke materi yang akan diajarkan, dan dalam kegiatan penutup guru tidak menyimpulkan materi uang telah di pelajari siswa.

    Kelebihannya : Dalam video tersebut guru menjelaskan dengan singkat dan jelas serta memberikan contoh yang mudah dipahami siswa, dan guru mengambil contoh yang ada di sekitar kelas dan bisa dilihat dan dipahami siswa.

    Hal unik yang terdapat dalam video : guru mengambil contoh berupa beberapa siswa.

    Alternatif lain yang dapat ditenpuh : guru melakukan pembukaan terhubung, setelah akhir pembelajaran guru melakukan diskusi reflektif, guru juga bisa memberikan kuis singkat, dan juga guru harus merangkum materi yanv telah diajarkan kepada siswa.

  6. Nama : Evi Herliani
    NIM : 858824648

    Reaksi siswa pada saat pembelajaran ialah siswa sangat aktif,serta cepat tanggap pada saat proses pembelajaran.
    Respon aktif siswa pada saat guru menjelaskan saat berjalan nya pembelajaran dimulai,sangat ceria menanggapi pada saat guru memberikan penjelasan pembelajaran tsb.
    Siswa selalu cepat tanggap didalam penyebutan benda berat dan ringan.
    Siswa sangat gembira sekali pada saat guru beberapa kali menunjuk mereka untuk maju kedepan mempraktekkan pembelajaran berat benda.

    Kelebihan pada saat Pembelajaran yaitu :

    1.Guru memakai alat peraga
    2.Guru menjelaskan dengan menyenangkan
    3.Guru memberikan suatu tantangan kepada siswanya
    4.Guru menggunakan metode yang tepat
    5.Guru mengapresiasi siswanya pada saat Praktek selesai
    6.Guru menggunakan teknik PAKEM
    7.Guru sangat bagus dalam kegiatan inti

    Kelemahan pada saat pembelajaran ialah

    1.Guru tidak menggunakan media pembelajaran teknologi
    2.Minimnya Fasilitas dan alat media
    3.Guru tidak menggunakan pendahuluan seperti salam,dan tujuan pembelajaran.

    Hal yang unik pada proses pembelajaran yaitu :

    1.Guru menggunakan media anak cepat tanggap serta aktif mengikuti nya
    2.Guru memberikan tantangan ke siswanya untuk membedakan berat benda
    3.Guru memberikan pertanyaan ke siswanya.

    Rencana perbaikan/upaya yang perlu dilakukan ialah

    a.Mengevaluasi pada saat pendahuluan sebaiknya ada selama proses pembelajaran berlangsung karena mengecek kesiapan siswa dalam belajar serta siswa mengetahui apa tujuan pembelajaran tsb dimulai
    b.sebaiknya guru harus lebih bervariasi memberikan solusi agar kelasnya tidak jenuh dalam proses KBM
    c.sebaiknya guru memberikan dampak positif dalam kegiatan KBM berlangsung seperti bernyanyi,bermain peran agar diselang belajar adanya sesi yang menyenangkan.

  7. Nama: Akhirul Siska Septiyani.
    Nim : 859763124
    Prodi : PGSD S1
    UPBJJ: Kendari

    Dari hasil analisis saya, dalam video yang telah di tampilkan dibatas reaksi siswa pada saat pembelajaran siswa sangat aktif, sehingga siswa lebih cepat tanggap pada saat proses pembelajaran. Dan guru juga menggunakan alat bantu peraga untuk menyampaikan materi tersebut dengan benda-benda yang ada disekitarnya sehingga siswa pun muda dalam memahami

    Kelebihan:
    1.Guru memakai alat peraga
    2.Guru menjelaskan dengan menyenangkan
    3.Guru memberikan suatu tantangan kepada siswanya
    4.Guru menggunakan metode yang tepat
    5.Guru mengapresiasi siswanya pada saat Latihan selesai
    6.Guru menggunakan teknik PAKEM
    7.Guru sangat bagus dalam kegiatan inti

    Kelemahan dalam pembelajaran tersebut adalah dengan tidak adanya sapaan awal dalam pembelajaran tersebut, Guru tidak menggunakan media pembelajaran teknologi.

  8. Nama : Ayu Nadila
    NIM : 859764885
    Fakultas : FKIP S1 PGSD
    Semester : 6
    Pokjar : Tonggoni Pomalaa
    UPBJJ : KENDARI

    berdasarkan hasil pengamatan saya terhadap vidio tersebut,Guru tersebut sudah dapat memahami materi dengan jelas dan baik dalam menyampaikan materi . Guru juga sudah menyampaikan pembelajaran dengan langsung menggunakan alat peraga yang ada di sekitarnya dan tujuannya nanti akan mudah difahami oleh peserta didik untuk melihat atau mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dsebagian siswa pun sangat memahami penjealasan tentang pelajaran yang di sampaikan oleh guru akan tetapi sebagian lagi ada yag tidak fokus pada penjelasan guru karena asik bermain dengan teman.

    kekuranganya, Dalam kegiatan pembukaan guru tidak mengulang materi sebelumnya dan mengaitkan materi sebelumnya ke materi yang akan diajarkan, dan dalam kegiatan penutup guru tidak menyimpulkan materi uang telah di pelajari siswa.

  9. BismiLLAH
    Nama : Ummu Salamah (859764853)
    UPBJJ : Kendari
    Pokjar : Tonggoni Pomalaa

    Dari pengamatan saya diatas. guru dala video diatas sudah memahami tentang penggunaan Media pembelajaran dan memberikan pemahaman terhadap sisiwa.

  10. Nama: Andi Putri Maharani
    Nim: 859764506
    Pokjar: Kendari

    Menurut pengamatan saya setelah menonton video tersebut, diawal pembelajaran guru melakukan pembukaan pembelajaran tidak diawali dengan berdoa dan mengecek kehadiran siswa. Guru tidak memberikan apresiasi sebelum kegiatan belajara dimulai. Namun, dalam hal ini menyampaikan materi guru sudah baik dan menarik perhatian siswa dengan cara menggunakan benda atau alat peraga yang ada disekitar ruangan kelas sehingga siswa mudah memahaminya.

Leave a Reply