silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakter anak tersebut, anak kelas 1 SD tidak akan mudah memahami hal-hal yang abstrak, tetapi mereka akan lebih mudah memahami apa bila konsep atau teori diberikan dalam wujud nyata seperti yang ditayangkan dalam video ini. Guru kelas 1 SD dalam menyampaikan materi tentang “Berat Benda” menyampaikan pembelajaran dengan contoh nyata menggunakan alat peraga yang ada dan dikenal oleh peserta didik untuk mengamati, merasakan, dan mengevaluasi benda mana yang lebih ringan dan berat dengan contoh pensil dan buku, siswa yang tinggi badannya berbeda sehingga dapat menyimpulkan sendiri bahwa yang lebih besar memiliki bobot yang lebih berat dan yang kecil lebih ringan.

Sudah cukup baik, Metode yang digunakan bisa ditambah dengan games atau bernyanyi.

Materi yang disampaikan dan metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan peserta didik.

Materi dan metode juga sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Saran saya durasi pembelajaran dalam video mungkin dapat ditambah. Tidak hanya sekedar 5 menit yang mana hal ini tidak sesuai dengan implementasi waktu di lapangan.

Mohammad Zulkarnain Jamil, S.Pd.

Similar Posts

389 Comments

  1. NAMA : RISMA
    NIM : 859762004

    Setelah saya menonton dan menganalisis video tentang mengajar berat benda, saya melihat pada awal kegiatan pembukaan tidak diawali dengan berdoa, guru tidak mengecek kehadiran/mengabsen siswa, guru juga tidak memberiakn motivasi pada siswa. Tidak adanya pembahasan tentang materi yang akan dipelajari siswa diajak langsung ke materi. Tetapi saya melihat guru menggunakan media pembelajaran denagn menggunakan alat peraga yang ada di sekitar sehingga dengan cara itu lebih emmudahkan bagi siswa dalam memahami materi. Materi yang di sampaikan dan metode yang digunakan juga sudah sesuai denagn perkembangan peserta didik.

  2. Nama : Helda Pratiwi
    Nim : 857006106
    Pokjar : SALUT WAY TUBA

    Setelah Saya menonton dan menganalisis video tentang mengajar berat benda, Saya melihat pada awal kegiatan pembukaan tidak diawali dengan salam dan berdoa. Guru juga tidak mengabsen kehadiran siswa atau pun menanyakan kabar siswa. Tidak adanya mengait kan materi kemarin yang telah diketahui siswa atau dialami dengan apa yang akan dipelajari siswa (Apersepsi). Dan guru langsung ke mengajarkan materi pelajarannya. Tetapi saya melihat di sini guru menggunakan media pembelajaran dengan menggunakan alat peraga yang ada di sekitar sehingga bagi siswa lebih mudah memahami materi.

  3. Nama : Imelda Cindo Pratiwi
    Nim : 857002979
    UPBJJ – UT : Bandar Lampung

    Setelah melihat video pembelajaran mengenai materi berat benda tersebut, menurut saya pembelajaran sudah terlaksana dengan cukup baik karena cara penyampaian guru mudah diterima oleh siswa.
    Hanya saja dalam video pembelajaran tersebut tentu ada beberapa kelemahan, kelebihan, hal unik yang terjadi dan sebagainya.
    Kelemahan dari video tersebut menurut pendapat saya, guru tidak melakukan absensi, serta tidak menanyakan kondisi para siswa yang ada di dalam kelas, guru kurang memperhatikan para siswa didalm kelas sehingga ketika sedang menjelaskan mengenai materi yang di ajarkan ada nak yang kurang berkonsentrasi, bermain dengan teman sebnagkunya bahkan adanya terlihat seperti mengantuk.
    Ada kelemahan tentu ada pula kelebihan, guru menyampaikan materi dengan bahasa yang ringan dan contoh-contoh yang jelas melalui benda-benda yang ada di dalam ruang kelas tersebut. Guru bahkan melibatkan siswa sebagai contoh dari materi yang disampaikannya.
    Ada pula beberapa hal unik yang saya kihat dari video pemebelajaran tersebut, ada anak yang sedang bermain mainannya, ada yg sangat memperhatikan penjelasan guru, ada yang sibuk dengan jepit dirambutnya dan banyak hal lainnya.
    Ada pun upaya yang dapat dilakukan oleh guru menurut saya, agar kegiatan belajar lebih menarik dan seluruh siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran sebaiknya guru menyelipkan ice breaking atau bernyanyi gembira kepada siswa sesuai dengan tema yang diajarkan supaya siswa tidak jenuh dan pastinya akan lebih bersemangat dalam belajar.

  4. Nama : ema suryanti
    Nim : 87001709
    Pokjar : way tuba
    UPBJJ : Bandar lampung

    Setelah menyaksikan video tersebut saya menyimpulkan bahwa,pengajaran yang di lakukan oleh guru sudah cukup baik,dimana dapat dilihat siswa mengikuti kelas dengan cukup baik dan kondusif, serta menyenangkan sebab di sertai dengan lagu untuk menjelaskan benda-benda dan materi yang akan di sampaikan,
    Adapun kelemahan dari video tersebut dimana guru tidak melakukan absensi dan salam
    Kelebihan guru mengajar dan menjelaskan materi pelajaran yang menjelaskan benda-benda dengan lagu

  5. Nama : Maulana Ihwanul Yakin
    Nim : 857002259
    Pokjar : Salut Way Tuba
    Upjj : Bandar Lampung
    Semester : PGSD 6.B
    1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran tersebut terlihat antusias dan bersemangat.
    2. Kelemahan video pembelajaran yaitu: tidak ada salam pembuka, tidak ada absensi, tidak ada menanyakan kabar siswa, tidak ada apersepsi, evaluasi individu dan salam penutup.
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah menjelaskan materi dengan jelas dan mudah dipahami oleh siswa, serta metode dan media belajar sangat menarik.
    4. Hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah siswanya yang sangat bersemangat, dan juga menggunakan media konkret didalam kelas untuk membandingkan berat benda
    5. Upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang beragam untuk memenuhi gaya belajar siswa yang berbeda, karena dalam video tersebut terdapat beberapa siswa yang tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru

  6. 1. Reaksi anak terhadap pembelajaran yang dilakukan :
    Reaksi anak pada saat melakukan pembelajaran sangat antusias dan semangat, walaupun ada anak yang sibuk sendiri tapi tetep mendengarkan guru saat menjelaskan materi pembelajara.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran :
    a. Pada awal dan akhir kegiatan guru tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu
    b. Guru tidak mengecek/mengabsen siswa
    c. Guru tidak memberikan motivasi belajar pada siswa
    d. Guru tidak mengajak siswa mengulas pembelajaran sebelumnya lebih dulu
    e. Guru tidak melakukan pembahasan materi tapi langsung pada contoh materi
    f. Guru tidak menyimpulkan pembelajaran pada akhir kegiatan
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran :
    a. Media pembelajaran menggunakan benda-benda konkret yang ada disekitar kelas
    b. Guru menggunakan bahasa yang mudah di pahami siswa
    c. Siswa berantusias dalam belajar
    4. Hal unik yang ditemukan dalam kegiatan pembelajaran :
    Dalam proses kegiatan terdapat anak yang sibuk menulis, bermain, dan sibuk dengan rambutnya.
    5. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya :
    Upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya yaitu bisa dengan melengkapi langkah-langkah pembelajaran, memberikan motivasi pada siswa, dan metode pembelajaran yang lebih menarik agar siswa semua aktif dan semangat.

  7. Nama : Sindy Wahyuni
    NIM : 857002692
    UPBJJ : Bandar Lampung
    1. Reaksi anak terhadap pembelajaran yang dilakukan :
    Reaksi anak pada saat melakukan pembelajaran sangat antusias dan semangat, walaupun ada anak yang sibuk sendiri tapi tetep mendengarkan guru saat menjelaskan materi pembelajara.
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran :
    a. Pada awal dan akhir kegiatan guru tidak mengajak siswa berdoa terlebih dahulu
    b. Guru tidak mengecek/mengabsen siswa
    c. Guru tidak memberikan motivasi belajar pada siswa
    d. Guru tidak mengajak siswa mengulas pembelajaran sebelumnya lebih dulu
    e. Guru tidak melakukan pembahasan materi tapi langsung pada contoh materi
    f. Guru tidak menyimpulkan pembelajaran pada akhir kegiatan
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran :
    a. Media pembelajaran menggunakan benda-benda konkret yang ada disekitar kelas
    b. Guru menggunakan bahasa yang mudah di pahami siswa
    c. Siswa berantusias dalam belajar
    4. Hal unik yang ditemukan dalam kegiatan pembelajaran :
    Dalam proses kegiatan terdapat anak yang sibuk menulis, bermain, dan sibuk dengan rambutnya.
    5. Upaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya :
    Upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran selanjutnya yaitu bisa dengan melengkapi langkah-langkah pembelajaran, memberikan motivasi pada siswa, dan metode pembelajaran yang lebih menarik agar siswa semua aktif dan semangat.

  8. NAMA : MIFTAHUL LAELA
    NIM SISWA : 857002306
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG

    Setelah melihat vidio tersebut menurut analisis saya reaksi anak dalam pembelajaran tersebut sangat bersemangat dalam pelajaran berlangsung, pembelajaran pada vidio ini sudah cukup. menurut analisis saya yang ada di dalam vidio tersebut tidak ada pengecekan kehadiran siswa, siswa tidak disiplin dalam pelajaran, maka dari itu mengganggu kosentrasi siswa, kelebihan pada vidio tersebut pembelajaran cukup baik dan berjalan dengan lancar karna guru menjelaskan dengan kata-kata yang mudah sehungga siswa cukup memahami materi yang telah diberikan guru.

  9. NAMA: HIDAYATUN MUFIDAH
    NIM: 857001984
    UPBJJ: Bandar Lampung
    1. Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran tersebut terlihat antusias dan bersemangat.
    2. Kelemahan video pembelajaran yaitu: tidak ada salam pembuka, tidak ada absensi, tidak ada menanyakan kabar siswa, tidak ada apersepsi, evaluasi individu dan salam penutup.
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran tersebut adalah menjelaskan materi dengan jelas dan mudah dipahami oleh siswa, serta metode dan media belajar sangat menarik.
    4. Hal-hal unik yang saya temukan dalam video tersebut adalah siswanya yang sangat bersemangat, dan juga menggunakan media konkret didalam kelas untuk membandingkan berat benda
    5. Upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang beragam untuk memenuhi gaya belajar siswa yang berbeda, karena dalam video tersebut terdapat beberapa siswa yang tidak memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru.

  10. Nama : Habibah Nur Ulya
    Nim : 857002986
    UPBJJ – UT : Bandar Lampung

    Setelah melihat video pembelajaran mengenai materi berat benda tersebut, menurut saya pembelajaran sudah terlaksana dengan cukup baik karena cara penyampaian guru mudah diterima oleh siswa.
    Hanya saja dalam video pembelajaran tersebut tentu ada beberapa kelemahan, kelebihan, hal unik yang terjadi dan sebagainya.
    Kelemahan dari video tersebut menurut pendapat saya, guru tidak melakukan absensi, serta tidak menanyakan kondisi para siswa yang ada di dalam kelas, guru kurang memperhatikan para siswa di dalam kelas sehingga ketika sedang menjelaskan mengenai materi yang di ajarkan ada nak yang kurang berkonsentrasi, bermain dengan teman sebangkunya bahkan adanya terlihat seperti mengantuk.
    Ada kelemahan tentu ada pula kelebihan, guru menyampaikan materi dengan bahasa yang ringan dan contoh-contoh yang jelas melalui benda-benda yang ada di dalam ruang kelas tersebut. Guru bahkan melibatkan siswa sebagai contoh dari materi yang disampaikannya.
    Ada pula beberapa hal unik yang saya kihat dari video pemebelajaran tersebut, ada anak yang sedang bermain mainannya, ada yg sangat memperhatikan penjelasan guru, ada yang sibuk dengan jepit rambutnya dan banyak hal lainnya.
    Ada pun upaya yang dapat dilakukan oleh guru menurut saya, agar kegiatan belajar lebih menarik dan seluruh siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran sebaiknya guru menyelipkan ice breaking atau bernyanyi gembira kepada siswa sesuai dengan tema yang diajarkan supaya siswa tidak jenuh dan pastinya akan lebih bersemangat dalam belajar

Leave a Reply