silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,916 Comments

  1. Assalamualaikum wr wb..
    Menurut saya pada video tersebut memberikan penjelasan dan strategi yang dilakukan oleh guru sangatlah bagus dan sesuai dengan kebutuhan anak didik, anak kesulitan dalam memegamg pensil maka guru memberikan strategi dengan cara memasang kancing baju, meremas- remas spon membuka dan menutup skrup botol. Video tersebut sangatlah menginspirasi kita sebagai pendidik, karena anak2 terlibat langsung dalam melatih motorik halus anak, dapat juga melenturkan jari anak.

    1
    0
  2. Nama : Nuraeni
    Nim : 859420071
    Prodi : S1 PGPAUD
    UPBJJ MAKASSAR

    Assalamu alaikum.
    Kesulitan anak dalam memegang pensil bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk perkembangan motorik halus yang belum optimal.
    Pada vidio latihan menulis awal di atas kegiatan seperti memeras spon, membuka dan menutup kunci gembok, membuka dan memasang mor, membuka dan memasang kancing. Kegiatan ini mendukung perkembangan motorik, kognitif, dan sensorik yang penting bagi keterampilan anak dalam memegang pensil dan aktivitas-aktivitas lainnya.
    Berikut beberapa contoh kegiatan lain yang dapat membantu anak dalam kegiatan melatih keterampilan motorik halus dan memperkuat otot-otot tangan serta jari :

    1. Latihan Motorik Halus: Berikan aktivitas yang melibatkan jari dan tangan seperti merobek kertas, bermain lilin atau tanah liat, menyusun balok, atau menggunakan penjepit.
    2. Memilih Alat Tulis yang Tepat: Gunakan pensil yang lebih pendek atau pensil dengan pegangan (grip) yang lebih besar untuk memudahkan genggaman.
    3. Latihan Pegangan Pensil: Ajarkan anak cara memegang pensil dengan teknik yang benar, misalnya pegangan tripod (tiga jari), di mana ibu jari, telunjuk, dan jari tengah digunakan.

    Terimah Kasih 🙏

  3. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Nama : Norhidayanti
    Nim : 858319839
    Dalam video menunjukkan anak berjuang menggambar garis lengkung dengan pensil namun genggaman pensilnya tidak stabil serta gerakan tangan nya kaku dan hasil gambar tidak memuaskan. Ibu guru mengatasi kesulitan anak dengan pendekatan yang sangat menarik, kreatif dan lebih interaktif serta menyenangkan. Melalui berbagai aktivitas yang berfokus pada pengembangan keterampilan motorik halus, anak tidak hanya belajar cara memegang pensil dengan benar tetapi juga mengembangkan rasa percaya diri dan kemampuan untuk menghadapi tantangan baru serta meraih kemajuan yang signifikan.

  4. Dari video pembelajaran “mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar” :
    Saya sangat setuju dengan kegiatan yang dilakukan guru tersebut dalam video untuk menstimulasi atau merangsang motorik halus anak dalam mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar dengan pendekatan secara bertahap. kegiatan yang ditunjukkan dalam video menurut saya cukup efektif dalam mengembangkan keterampilan motorik halus pada anak. dalam video tersebut terdapat beberapa kegiatan bermain sambil belajar yang sangat menarik, kreatif dan disukai oleh anak-anak. Aktivitas seperti memindahkan air dengan menggunakan spons, membuka dan menutup gembok, serta membuka dan memasang kancing baju membantu memperkuat otot-otot kecil di tangan dan jari anak, yang pada akhirnya akan memudahkan mereka dalam memegang pensil dengan lebih baik. Pendekatan ini juga sangat menyenangkan dan melibatkan pengalaman langsung yang bisa membuat anak lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar. Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya meningkatkan keterampilan fisik, tetapi juga melibatkan aspek kognitif seperti koordinasi, konsentrasi, dan pemecahan masalah. Metode seperti ini sangat ideal untuk perkembangan anak, terutama di usia dini.

    terimakasih

  5. Assalamualaikum Warahmatullahi wa barakatuh, menurut saya pada video tersebut sangat menginspirasi untuk membantu para guru untuk mengatasi anak belum bisa memegang pensil dengan baik .
    Dalam video tersebut seorang guru menstimulasi agar bisa memegang pensil Dengan benar, melalui cara yaitu: Melatih ketentuan jari anak dengan cara meredam spons kedalam mangkok yang berisi air kemudian memindahkan spons tersebut ke mangkok yang lain lali diremas .
    Melatih kemampuan anak dalam memegang objek dengan cara melatih membuka gembok dan melatih anak mengencangkan sekrup.

  6. Assalamualaikum
    Nama : Mawaddatul Kharimah
    NIM. :856208043
    UPBJJ: Pekanbaru
    Mohon izin untuk menanggapi video tentang bagaimana cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar,dari video diatas terlihat bagaimana seorang guru berusaha agar anak didiknya bisa memegang pensil dengan benar, didalam video ini terlihat sangat guru menggunakan cara yang kreatif dan menarik sehingga mudah ditiru oleh anak didiknya, seperti memindahkan air dari satu mangkok kemangkok lainnya menggunakan spons lalu anak meremas spons yang sudah basah,kemudian membuka kunci gembok,laly memasang kancing baju, kegiatan ini dapat merangsang motorik halus anak,kemudian juga bisa melatih emosional nya dalam melakukan kegiatan memasang kancing,dan kegiatan ini menurut saya sangat membantu dalam mengatasi anak yang masih kesusahan dalam memegang ataupun menggunakan pensil dengan benar, sekian terimakasih.

  7. Assalamu’alaikum, setelah saya menyaksikan video tersebut saya semakin mendapatkan berbagai strategi dan juga solusi untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara-cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap.

  8. Nama : Rina Herlina
    NIM : 857521747
    UTBBJ : Bandung
    Assalamu’alaikum, Wr. Wb
    Dalam video tersebut diperlihatkan bagaimana seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Setelah menyaksikan video tersebut saya semakin tahu cara-cara yang dilakukan yaitu dengan melatih motorik halus anak secara bertahap.

  9. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Izin menanggapi video di atas🙏
    Saya Iis Sukaesih, Nim:856637544
    Prodi PGPAUD.
    Strategi yang di gunakan sangat bagus untuk perkembangan motorik halus anak dengan cara meremas spon, memasang kancing baju, karena anak akan lebih tertarik apabila kita sebagai guru mempasilitasi anak dengan praktik motorik halus sesuai dengan yg ada di vedio.
    Terimakasih 🙏
    Wa’alaikumussalam wr. wb.

  10. Nama : Anita sari
    NIM : 857767237

    Setelah menonton video dengan judul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” di atas, guru memberikan beberapa strategi bagaiaman cara mengatasi anak yang belum dapat memegang pensil dengan benar dengan memberikan beberapa stimulus kepada anak membuat saya lebih termotivasi untuk melakukan hal yang sama ketika saya menjumpai anak didik saya yang juga mengalami hal sama seperti kasus dalam video.

Leave a Reply