silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

4,895 Comments

  1. Izin menanggapi video berjudul mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar
    Menurut saya video ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai refrensi kedepan untuk saya bisa menwrapkan di tempat saya mengajar, sebagai guru kita harus peduli dan memperhatikan anak didik kita karna tidak semua anak didik cpt dalam perkembangan ada jg yg lambat makan dari iti peran guru sangat penting dalam hal tersebut.

    Nama: Nadia Adelysa
    NIM : 856634936

  2. Nama : Frity Ardianiza
    Nim : 858455332

    izin menanggapi video
    “mengatasi anak yang belum bisa memengang pensil dengan benar”
    dalam video tersebut mengatasi anak yang belum bisa menulis dengan benar dengan cara memindakan air menggunakan spon menurut saya itu juga melatih motorik halus dengan cara yang menyenang kan karna anak anak suka bermain dengan air Alhamdulillah saat menonton video ini saya mendapatkan ilmu bermain motorik yang baru dan insyaAllah saya akan menerapkan kepada anak anak saya di sekolah nantinya terimakasih.

  3. Dari video tersebut dapat diambil plajaran bahwa mengajari anak agar dapat memegang pensil dengan benar bisa dengan beberapa tahapan yaitu :
    1. Meremas spon basah
    2. Membuka dan menutup kunci
    3. Memasang dan membuka kancing baju
    agar koordinasitangan anak semakin kuat

  4. NAMA : MAYSITA PUTRI LENTARI
    NIM : 858709879
    dalam video tersebut memaparkan video tentang anak yang belum bisa memegang pensil secara baik dan benar, cara anak memegang pensil tersebut biasanya belum stabil dan terkadang membuat tekanan yang sangat kuat dan membuat kertas menjadi sobek, hal ini biasanya banyak di temui pada anak kelompok A di awal-awal pembelajaran bulan pertama anak paud. dalam video tersebut juga memberikan solusi cara menangani anak yang masih belum mampu memegang pensil dengan benar melalui beberapa permainan stimulus yaitu : memindahkan air dari mangkuk kemangkuk lain menggunakan spon, membuka dan menutup gembok, membuka dan mengunci sekrup,memasang dan membuka kancing.

  5. NAMA : GIAN RATNA SARI
    NIM : 856261512
    izin menanggapi, video ini sangat menarik bagi saya, sebelumnya saya kurang mengetahui teknik teknik yang ada pada video tersebut,, setelah saya pahami dan telah saya praktekan pada anak saya di sekolah, ternyata anak didik saya sangat antusias dan semangat untuk mengikuti teknik ini,, di sini saya mencoba teknik yang memasang dan membuka kancing baju,, ternyata kegiatan ini sangat memberikan dampak yang sangat bagus terhadap perkembangan motorik anak,

  6. Assalamualaikum
    Izin menjawab
    Nama : Rodiah
    Nim : 858454197
    Video ” mengatasi anak belum bisa memegang pensil dengan benar ”
    Ada beberapa cara untuk melatih anak supaya bisa memegang pensil diantaranya yaitu memindahkan air ke dalam wadah dengan menggunakan spon, membuka dan menutup gembok, dan memasukkan dan melepas kancing baju.

  7. Nama : Nurhidayah
    NIM : 859429132

    Izin menanggapi video pembelajaran “Mengatasi Anak Yang Belum BIsa Memegang Pensil Dengan Benar”. Menurut saya, dari video tersebut terlihat jelas bahwa setiap anak memiliki tingkat perkembangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebagai guru PAUD, sebaiknya memiliki kreativitas yang cukup untuk mengikuti pertumbuhan dan perkembangan anak. Penyebab umum anak tidak dapat memegang pensil dengan benar adalah otot jari yang lemah, koordinasi yang buruk, dan otot bahu yang lemah. Video tersebut menunjukkan contoh berbagai teknik untuk melatih otot-otot halus anak, termasuk memindahkan air dari satu mangkuk ke mangkuk lain dengan spons, membuka dan menutup gembok, dan memasang kancing. Dan saya menambahkan bahwa meremas kertas hingga membentuk bola kertas juga dapat membantu melatih keterampilan motorik halus anak. Metode dalam video ini mencerminkan bahwa pembelajaran keterampilan motorik halus harus dilakukan secara bertahap dan terus-menerus. Guru tidak hanya mengajarkan anak memegang pensil, tetapi membimbing mereka melalui proses eksplorasi yang dapat membangun kepercayaan diri dan keterampilan dasar.

  8. Nama : Ni Ayu Putu Kartini
    Nim : 859045364

    Vidio yang saya amati adalah tentang Bagaimana anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar

    Solusi dari permasalahan dari anak yang tidak dapat memegang pensil dengan benar adalah ssb :
    1. melatih anak dengan memindahkan air dari baskom dengan menggunakan spon
    2. melatih anak memasang dan membuka kancing baju
    3. melatih anak untuk membuka dan menutup kunci gembok

  9. Nama: Manzilatur Rohmiah
    Nim : 877598353

    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
    Maaf izin menanggapi

    Hasil analisis yang saya dapatkan dari video pembelajaran yang berjudul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar” terdapat permasalahan dan solusi yang dipaparkan dalam video tersebut.
    Permasalahan yang terdapat video pembelajaran tersebut yaitu anak belum terlatih dalam kemampuan motorik halus, anak masih kesulitan dalam memegang pensil dengan baik dan benar. Hal ini diperlihatkan dari video tersebut terdapat anak yang masih bingung saat mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh gurunya dalam membuat garis melengkung. Akibatya anak tersebut akhirnya membolongi kertas atau mematahkan pensil saat menulis.
    Adapun solusi yang dipilih mengenai permasalahan yang terdapat di dalam video pembelajaran tersebut sudah sangat tepat dan sesuai. Agar terlatih atau terangsang motorik halus anak, solusi yang dilakukan guru dalam video pembelajaran tersebut ialah:
    1. Guru memberi latihan kepada anak untuk melakukan kegiatan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya dengan menggunakan spon
    2. Guru memberi latihan kepada anak untuk membuka dan menutup gembok kunci
    3. Guru memberi latihan kepada anak untuk membuka dan memasangkan kancing baju.
    Dari pemaparan diatas, video ini memberikan pengetahuan yang sangat bermanfaat baik itu bagi para guru maupun orang tua atas solusi dari permasalahan anak yang belum terlatih dalam kemampuan motorik halus. Solusi dari permasalahan tersebut juga diberikan contoh latihan yang mudah untuk diaplikasikan kepada anak. Sehingga jika latihan tersebut diterapkan secara rutin anak akan dapat dengan mudah memegang pensil dengan benar.

    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

  10. Nama : Ruba Marasi Munthe
    NIM : 878368843
    Izin menanggapi video pembelajaran “Mengatasi Anak Yang Belum BIsa Memegang Pensil Dengan Benar”
    Video tersebut menjelaskan bagaimana perkembangan AUD khususnya kemampuan AUD memegang pensil dengan benar.
    Banyak kasus yang saya temukan sebagai seorang tenaga pendidik. Banyak anak cepat dalam menulis tapi tidak sedikit pula anak belum mampu menulis khususnya dalam memegang pensil dengan benar. Untuk itulah kita hadir untuk mengetahui titik permasalahan mengapa anak tersebut tidak dapat memegang pensil dengan benar. Sehingga sebagai guru kita dapat mengetahui tindakan yang tepat bagi AUD. Apabila hal tersebut terjadi karena anak memiliki otot yang lemah kita dapat membantu anak dengan tahap-tahap seperti yang tertera dalam video. Hal tersebut tidak cukup hanya dilakukan satu kali atau dua kali tetapi membutuhkan ke konsistenan guru dalam membimbing AUD untuk mencapai hasil yang maksimal.

Leave a Reply